7 Contoh Konten Interaktif Instagram untuk Sukseskan Bisnis

7 Contoh Konten Interaktif Instagram untuk Sukseskan Bisnis

Jika kamu seorang pebisnis atau digital marketer, penting untuk mengetahui contoh konten interaktif Instagram agar konten yang diunggah bersifat dua arah. Dengan begitu, kamu dapat menjalin interaksi lebih dalam dengan target audiens, di mana hal ini juga akan meningkatkan engagement rate.

Melansir Ideoworks, 62% pelaku marketing B2B sudah menggunakan konten interaktif untuk menarik perhatian audiens. Alhasil, konten interaktif terbukti mampu mendatangkan engagement dua kali lebih baik daripada konten statis.

Namun, membuat interactive content untuk keperluan marketing terbilang cukup sulit. Kamu harus mengemasnya semenarik mungkin agar audiens tidak merasa bosan ketika melihat konten yang kamu posting.

Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa konten interaktif yang sering digunakan oleh para marketer profesional. Yuk, simak ulasannya sampai akhir.

Baca Juga: Jenis-Jenis Konten Instagram untuk Tingkatkan Engagement

Contoh Konten Interaktif di Instagram

Beberapa contoh konten interaktif Instagram yang bisa dijadikan sebagai referensi seperti konten live Instagram, konten QnA, polling, hingga games atau kuis. Simak penjelasan rincinya berikut ini:

1. Konten Live Instagram

Contoh yang pertama adalah konten live Instagram. Konten interaktif ini menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan interaksi pengikut secara realtime.

Dengan siaran langsung, kamu dapat mengadakan sesi tanya-jawab, promosi produk, atau berbagi cerita di balik layar bisnis. Selain itu, kamu juga bisa mengajak influencer atau pelanggan yang pernah melakukan pembelian untuk live bersama. Cara ini seringkali dipakai guna meyakinkan audiens bahwa produkmu dapat diandalkan.

2. Konten QnA

Contoh konten interaktif Instagram selanjutnya adalah “Question and Answer” atau lebih akrab disebut QnA. Konten seperti ini bertujuan untuk membangun koneksi yang lebih baik dengan para pengikut, serta memberikan informasi penting seputar bisnis atau produk yang kamu tawarkan.

Sesi tanya-jawab merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pengikut. Oleh karena itu, berikan kesempatan kepada mereka untuk bertanya tentang topik tertentu, lalu kamu bisa menjawabnya melalui IG story, reels, postingan, ataupun live stream.

Sedikit tips, sebaiknya hindari pertanyaan atau jawaban yang sifatnya terlalu formal atau serius. Kebanyakan audiens bisnis lebih menyukai topik yang lebih ringan dan lucu.

3. Polling Instagram

Fitur polling Instagram merupakan metode untuk mengumpulkan pendapat audiens tentang berbagai topik, seperti layanan, desain, produk baru, konten di masa mendatang, dan lain sebagainya.

Fitur ini memungkinkan kamu mengajukan pertanyaan dengan dua pilihan jawaban, dan meminta followers untuk memilih salah satunya. Meskipun terlihat simpel, namun cara ini membuat pengikutmu merasa terlibat dalam pengambilan keputusan.

contoh konten interaktif instagram - polling story

4. Games atau kuis

Games atau kuis adalah konten interaktif yang mampu meningkatkan engagement di Instagram. Konten ini pada dasarnya bertujuan untuk memancing respons dari audiens sehingga harus dibuat menantang, tapi tidak terlalu sulit.

Kamu dapat menggunakan pertanyaan bergambar, teka-teki silang, atau pertanyaan sederhana seperti “This or That”. Dengan begitu, audiens akan tertarik untuk berpartisipasi dan merasa puas ketika berhasil menjawabnya dengan benar.

5. Konten giveaway

Giveaway merupakan contoh konten interaktif yang dapat mendorong partisipasi dan pertumbuhan jumlah pengikut. Jenis konten Instagram ini sangat disukai oleh audiens karena mereka berkesempatan untuk mendapatkan hadiah.

Ketika mengadakan giveaway, tawarkanlah hadiah menarik dan menggugah audiens untuk berpartisipasi. Namun, jangan lupa tambahkan syarat-syarat tertentu seperti mengikuti akun, membagikan postingan, atau menandai teman mereka. Selain meningkatkan engagement, cara ini juga dapat memperluas jangkauan bisnismu di Instagram.

6. Konten meme yang sedang trend

Bagi yang belum tahu, meme adalah konten berupa gambar, video, atau teks yang mengandung humor atau satir. Konten ini sering kali viral di hampir semua media sosial karena sifatnya menghibur, termasuk di Instagram.

Kamu dapat membuat meme yang berkaitan dengan produk, bisnis, industri, atau membuat parodi tentang meme yang sedang trend. Cara ini dapat membuat audiens terhibur dan memancing mereka untuk memberikan komentar atau like.

contoh konten interaktif instagram - konten meme

7. Testimoni dari audiens

Konten interaktif Instagram yang terakhir adalah testimoni dari audiens. Kebanyakan orang biasanya melihat rating dan ulasan terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk. Artinya, dengan testimoni yang baik, kamu dapat mendorong calon customer agar mau membeli produk milikmu.

Melihat ulasan positif dari pengguna lain merupakan cara yang bagus dalam membangun kepercayaan. Kamu dapat meminta pelanggan yang sebelumnya pernah melakukan pembelian untuk membagikan pengalaman mereka, lalu posting-lah di akun Instagram bisnismu.

Baca Juga: 9+ Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Sukseskan Bisnis

Tingkatkan Engagement dengan Konten Interaktif Instagram!

Itulah tujuh contoh konten interaktif Instagram yang dapat kami sampaikan. Cobalah gunakan salah satu atau beberapa contoh di atas agar rasio engagement bisnismu meningkat. Terlebih jika akunmu merupakan akun bisnis, dengan membuat konten interaktif maka penjualan akan lebih besar.

Kamu dapat memulainya dengan mengadakan siaran langsung, melibatkan pengikut dalam QnA, atau membuat polling yang menarik. Sesekali, buatlah konten giveaway, kuis, atau meme yang sedang trend agar kamu selalu dekat dan terhubung dengan audiens. Semoga bermanfaat, ya!