Mengenal Pengertian Engagement Media Sosial & Pengukurannya

Mengenal Pengertian Engagement Media Sosial & Pengukurannya

Media sosial saat ini jadi platform yang paling menjanjikan untuk mengenalkan produk ke banyak orang.  Dengan ramainya orang yang gemar menghabiskan waktu di media sosial, engagement adalah hal yang bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Tapi masalahnya, meningkatnya jumlah pengguna medsos juga meningkatkan persaingan untuk mencari engagement yang bermakna. Sehingga, kamu perlu konten yang dapat menarik perhatian orang dengan lebih efektif.

Untuk itu, pengetahuan tentang engagement perlu kamu pelajari agar dapat mengukur seberapa efektif media sosial yang kamu kelola. Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui informasi yang dibutuhkan mengenai engagement di media sosial.

Apa Itu Engagement di Media Sosial?

Engagement adalah segala bentuk interaksi dari orang lain tentang konten yang kamu buat di media sosial. Metrik ini berfungsi untuk mengukur ketertarikan pengguna terhadap postingan. Lalu, mengapa setiap konten yang kamu buat perlu mendapatkan engagement? Bayangkan jika kamu harus membeli sebuah produk yang sama sekali belum pernah dikenal, apakah kamu tidak akan mempertanyakan kualitas produk tersebut?

Semakin banyak interaksi yang terjadi pada konten yang kamu buat, maka popularitas yang kamu dapat akan semakin meningkat. Hal ini tentunya akan mendatangkan kepercayaan kepada produk yang kamu tawarkan. Hingga akhirnya, mendorong orang lain untuk membeli produkmu.

Baca juga: Engage Customer di Media Sosial (Tips dan Trik Penting Untuk Anda)

Jenis Engagement di Media Sosial

Ada 3 jenis interaksi yang termasuk ke dalam engagement di media sosial. Rangkuman berikut akan memudahkan kamu untuk memahaminya:

1. Percakapan

Percakapan yang terjadi setelah kamu mengunggah konten termasuk ke dalam engagement. Biasanya terjadi di kolom komentar maupun Direct Message (DM).

2. Amplifikasi

Membagikan/menyebarkan konten melalui Instagram Story maupun media sosial lainnya juga termasuk ke dalam engagement.

3. Reaksi

Reaksi yang diberikan untuk konten yang kamu unggah, baik dalam bentuk like hingga respons emoji termasuk ke dalam engagement.

Berikut jenis engagement media sosial digambarkan dalam tabel.

FacebookInstagramTwitterLinkedin
PercakapanComments
Stories Reply
Comments
Stories Reply
ReplyComments
AmplifikasiShareShareRetweetShare
ReaksiLike
Stories Reaction
Like
Stories Reaction
LikeLike

Baca Juga: Cara Menghapus Akun IG

Cara Mengukur Engagement Rate di Media Sosial

Engagement rate adalah formula yang digunakan untuk mengukur jumlah interaksi audiens dengan konten yang kamu buat. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui seberapa efektif konten yang telah kamu buat dan apakah sudah sesuai tujuan atau belum.

Supaya mendapatkan pemahaman yang menyeluruh,  saatnya mempraktikan cara mengukur engagement rate di media sosial.

engagement rate di media sosial

1. Engagement Rate by Reach (ERR)

ERR adalah formula yang paling populer digunakan untuk menghitung engagement. Hasil ERR didapat dari hitungan persentase audiens yang berinteraksi berdasarkan jumlah reach dari konten. Kamu bisa menggunakan rumus engagement rate ini untuk menghitung rasio interaksi pada satu postingan.

Rumus menghitung ERR adalah:

ERR = total interaksi per postingan / reach per postingan x 100

Sedangkan rumus untuk mencari nilai rata-rata seluruh postingan:

Average ERR = total ERR / total postingan

2. Engagement Rate by Post (ERP)

ERP digunakan untuk mengukur interaksi followers pada postingan tertentu. Hampir sama dengan ERR, tapi bedanya formula ini menggunakan postingan sebagai parameter pengukurannya, bukan reach seperti pada ERR.

Rumus untuk menghitung ERP:

ERP = Total interaksi pada sebuah postingan / Total followers *100

Rumus untuk menghitung rata-rata ERP:

Average ER by post = Total ER postingan / Total postingan

3. Engagement Rate by View (ER View)

Jika video adalah konten utama dari akunmu, maka ER View cocok digunakan untuk mengukur engagement yang didapat.

Rumus ER View adalah:

ER View = Total engagements postingan video / Total video views *100

Sedangkan rumus untuk menghitung rata-rata ER view adalah:

Average ER view = Total ER View / Total postingan

4. Daily Engagement Rate (Daily ER)

Ingin mengetahui seberapa sering followers kamu berinteraksi dengan akunmu setiap harinya? Dengan mengukur Daily ER, kamu bisa menemukan di hari apa followers lebih sering berinteraksi dengan akunmu, sehingga bisa melakukan penyesuaian strategi berdasarkan hasil tersebut.

Rumus menghitung Daily ER:

Daily ER = Total interaksi satu hari / Total followers *100

Rumus untuk menghitung  rata-rata engagement yang setiap harinya:

Average Daily ER = Total interaksi untuk X hari / (X hari * followers) *100

Baca juga: Strategi Membuat Caption Instagram Untuk Meningkatkan Engagement

Seberapa Bagus Engagement di Medsos Kamu?

Engagament adalah hal penting yang perlu diperhatikan utu mengetahui seberapa banyak interaksi yang dilakukan di media sosial. Dengan begitu, kamu juga bisa mengukur engagement rate di media sosial. Setelah mengetahui cara mengukur engagement rate di media sosial, kamu mungkin bertanya-tanya, berapa nilai yang harus didapat hingga engagement kamu bisa dikatakan bagus?

Umumnya, engagement rate yang baik memiliki nilai antara 1% hingga 5%. Tapi, angka tersebut tentunya akan berbeda tergantung faktor lain seperti niche, demografi audiens, hingga jumlah followers. Semakin banyak followers yang kamu miliki, maka akan semakin sulit untuk mencapai angka engagement rate yang tinggi.

Baca juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

Pemahaman tentang engagement merupakan modal yang sangat penting jika kamu ingin mulai mengelola akun medsos untuk berbisnis. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencoba menghitung formula engagement rate untuk mengetahui efektivitas konten dan mencapai tujuan yang diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!