Intip Jadwal Posting Instagram yang Membawa Engagement

Intip Jadwal Posting Instagram yang Membawa Engagement

Jika kamu seorang content creator, pebisnis, atau pekerja di bidang digital marketing, mengetahui jadwal posting Instagram adalah hal penting untuk mendatangkan engagement. Engagement sendiri merupakan sebuah parameter yang menjadi tolak ukur tingkat keterlibatan user terhadap konten.

Sebagus apa pun konten yang di-upload, semua itu rasanya sia-sia jika nihil interaksi dari pengguna lain. Artinya, membuat konten berkualitas tidaklah cukup, kamu juga perlu mempelajari jadwal upload Instagram yang membawa banyak engagement.

Lantas, kapan waktu terbaik post di IG? Yuk, cari tahu jawabannya di aritkel ini.

Jadwal Posting Instagram

Ketika mem-posting konten di Instagram, penting untuk memperhatikan jamnya. Sebab, waktu publik yang aktif atau terlibat di platform media sosial dapat berbeda-beda.

Seperti yang dilansir di laman Shopify, pertimbangan situasional bukan menjadi perhatian utama bagi brand-brand global. Mereka sering beroperasi di berbagai zona waktu yang berbeda, sehingga jadwal upload Instagramnya pun lebih fleksibel.

Idealnya, waktu posting terbaik adalah ketika audiens sedang online. Hal ini umumnya terjadi saat orang-orang baru bangun tidur dan membuka ponselnya (pagi hari), jam-jam istirahat (siang hari), dan sepulang kerja (malam hari).

Namun, sebuah tool manajemen media sosial bernama “Later”, mengklaim bahwa postingan di pagi hari cenderung lebih baik. Klaim ini diambil berdasarkan analisis timnya yang memantau 11 juta postingan di Instagram. Intinya, pagi hari adalah waktu post IG yang direkomendasikan untuk menjangkau target audiens di berbagai zona waktu.

Memposting di pagi hari berpeluang lebih tinggi untuk muncul di halaman beranda ketika pengguna pertama kali membuka Instagram. Namun, jika target audiens merupakan orang-orang profesional atau B2B (business to business), sebaiknya pilihlah jam-jam makan siang pada hari kerja.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah jadwal posting Instagram paling efektif:

  • Senin: 05.00, 11.00, dan 13.00.
  • Selasa: 09.00, 13.00, dan 14.00.
  • Rabu: 05.00, 09.00, dan 11.00.
  • Kamis: 05.00 to 06.00, 11.00, dan 13.00.
  • Jumat: 07.00, 11.00, dan 14.00.
  • Sabtu: 09.00.
  • Minggu: 01.00, 07.00, 18.00 to 20.00.

intip jadwal posting instagram

Berdasarkan jadwal post instagram di atas, mengunggah konten di pagi hari lebih efektif daripada di malam hari. Hal ini disebabkan karena ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat keterlibatan user. Sebut saja seperti kebiasaan pengguna, tingkat kompetisi, hingga algoritma Instagram itu sendiri.

Baca juga: 15 Strategi Instagram Marketing untuk Sukseskan Bisnis

Sudah Tau Ingin Posting Konten Instagram di Jam Berapa?

Itulah jadwal posting Instagram yang dapat kami sampaikan. Jika kamu berencana mengunggah konten di akhir pekan saja, maka waktu terbaiknya adalah pagi hari antara pukul 07.00 hingga 09.00. Alasannya, banyak orang membuka media sosial saat bangun tidur atau sambil sarapan, sehingga peluang kontenmu muncul di beranda pengikut lebih besar.

Kendati demikian, jam efektif posting Instagram bergantung pada target audiens, tujuan, industri, dan konten yang kamu buat. Oleh karena itu, kenali target audiens dan pengikutmu melalui analisis Instagram. Dari data tersebut, kamu bisa mendapatkan informasi akurat mengenai waktu posting terbaik untuk jenis kontenmu. Semoga bermanfaat, ya!