Apa itu Influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Apa itu influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Dalam memperkuat pemasaran dan promosi menggunakan media digital, tentu ada banyak hal yang diperhatikan. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa seorang influencer.

Pada dasarnya influencer adalah seseorang yang memiliki followers atau pengikut yang banyak di media sosial. Contohnya seperti seorang selebritis, selebgram, blogger dan lainnya. Mereka pun memiliki pengaruh bagi para pengikutnya tersebut untuk melakukan sesuatu.

Agar tidak salah pilih influencer dalam berbisnis, ada beberapa tips memilih yang tepat. Apa sajakah? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

Tips memilih Influencer

Influencer memang banyak dibutuhkan oleh berbagai bisnis dalam memasarkan atau mempromosikan sebuah barang dan jasa.

Namun, untuk memilih mana yang terbaik tentu kamu memerlukan sebuah seleksi yang tidak sederhana. Setidaknya lima kriteria utama dalam menentukan seorang influencer adalah sebagai berikut.

  • Lihat jumlah followers-nya

Pertama, kamu bisa melihat dari seberapa banyak jumlah followers yang dimilikinya. Sudah menjadi cara umum dalam memilih influencer yakni semakin banyak jumlah pengikutnya maka semakin banyak pula audience atau khalayak yang melihat produk yang ditawarkan.

Namun, perlu diingat di sini adalah followers tersebut sebaiknya asli dan jangan sampai membeli follower. Dengan kata lain, follower yang ada adalah fiktif. Jelas ini tidak akan efektif untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa.

  • Pilih yang sesuai dengan spesifikasi bisnis

Kedua, setelah kamu memutuskan memilih seorang influencer yang tepat, penting pula melihat apakah ia relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Mengingat, setiap influencer memiliki potensi tersendiri di bidangnya masing. Seperti traveller, food enthusiast, dan beauty enthusiast.

Jika kamu memiliki produk kecantikan, maka memilih influencer yang berlatar beauty enthusiast adalah langkah tepat.

Sebab, selain memahami seluk beluk produk, keberadaan beauty enthusiast ini juga menjadi tolok ukur konsumen mempercayai sebuah produk yang ditawarkan.

Kebanyakan konsumen lebih memilih dan mempercayai produk yang ditawarkan oleh beauty enthusiast daripada yang tidak.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

  • Reputasi influencer

Poin ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan reputasi seorang influencer itu sendiri. Ingat, influencer adalah cerminan dari seseorang yang dianggap memiliki potensi mempengaruhi orang lain.

Jadi, agar citra bisnismu baik maka pilihlah influencer yang memiliki rekam jejak baik pula. Pastikan ia tersebut tidak pernah tersandung kasus tertentu. Sebab, ini akan berpengaruh pada keberlangsungan bisnis dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Biaya jasa yang dibutuhkan

Kemudian, poin keempat adalah memperhatikan berapa biaya jasa yang diperlukan untuk endorse. Tarifnya pun beragam dan tergantung seberapa terkenalnya orang tersebut. Contohnya bila kamu memiliki bisnis fashion dan ingin meng-endorse Syahrini tentu biaya yang disiapkan pun harus lebih besar.

Maka, kamu perlu melakukan segmentasi pasar dan tentukan berapakah biaya yang dibutuhkan dan tidak membebani bisnis ke depannya. Memang, biaya influencer cukup besar namun bila kamu menyiasatinya dengan tepat maka, biaya tersebut bisa dialihkan untuk keperluan bisnis lainnya bukan?

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan Produk Untuk Bisnis Berskala Kecil

  • Tingkat engagement

Terakhir atau poin kelima dalam menentukan influencer adalah dengan memprediksi tingkat engagement. Engagement penting untuk kamu perhatikan untuk melihat berhasil atau tidaknya produk yang ditawarkan menggunakan influencer tersebut.

Contohnya membandingkan jumlah likes dan komentar di setiap postingan. Sebab, jika influencer memiliki semisalnya ribuan followers namun jumlah likes tidak mencapai 100 atau komentarnya hanya 10 saja. Maka patut dipertanyakan keberadaannya.

Untuk mengetahui seberapa jauh dan seberapa kuat pengaruhnya, ini ada website untuk mengeceknya, salah satu yang bisa kamu gunakan adalah triberr.com

Dari ulasan di atas, kesimpulannya influencer adalah orang yang sangat penting dalam mengembangkan bisnis terutama dalam pemasaran.

Namun, di era digital tidak hanya masalah influencer saja. Kamu juga tetap harus memperhatikan website perusahaan atau bisnis yang sedang dirintis dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

Maka, kamu pun memerlukan penyedia web hosting yang terpercaya di Indonesia seperti hosting murah berkualitas dari Dewaweb.