7 Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik Serta Tipsnya

7 Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik Serta Tipsnya

Cara membuat konten Instagram yang menarik menjadi salah satu hal yang harus dipahami bagi para content creator, sebab konten Instagram mampu menjadi kunci untuk membangun branding dan meningkatkan engagement.

Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat konten di IG yang tepat. Artikel Dewaweb kali ini akan membantu kamu membuat konten Instagram yang menarik beserta tips lengkapnya! Yuk, simak sampai akhir!

Cara Membuat Konten Instagram yang Menarik

Instagram memiliki lebih dari 2 miliar pengguna setiap bulannya, 71,9% kontennya adalah postingan foto. Dengan banyaknya konten yang di posting setiap hari, penting untuk kamu membuat konten yang unik dan menarik agar membedakan dari postingan lainnya.

Ada beberapa langkah untuk membuat konten Instagram yang menarik seperti mengenali audiens, membuat content plan, menambahkan filter, hingga membuat caption yang menarik.

1. Kenali audiens

Langkah pertama adalah mengenali audiens yang akan dituju, mulai dari umur, gender, preferensi atau hal yang disukai. Dengan memahami audiens secara lebih dalam kamu akan mengetahui look dan voice konten kamu.

Look merupakan tema konten seperti apa yang akan dibuat, mulai dari font dan color palette, kamu juga bisa sesuaikan menggunakan warna brand. Sedangkan voice adalah cara bagaimana kamu akan berinteraksi dengan audiens nantinya.

2. Buat content plan

Setelah memahami audiens, buat content plan. Content plan membantu kamu mengatur dan menjadwalkan posting dengan lebih efisien. Mulai dari menyusun ide konten untuk setiap harinya, desain konten yang dibutuhkan, menentukan caption, dan jam posting. Sehingga ketika hari-H, kamu tidak akan kebingungan mencari ide, hanya tinggal siapkan desain dan posting konten sesuai yang sudah dijadwalkan.

3. Gunakan jenis konten yang sesuai

Terdapat berbagai jenis konten Instagram yang dapat kamu pilih sesuai dengan goals apa yang akan dicapai. Mulai dari feed Instagram Stories, IGTV, dan masih banyak lagi. Pilih jenis konten yang paling sesuai dengan pesan yang akan disampaikan dan preferensi audiens. Misalnya, jika kamu ingin berbagi cerita sehari-hari, Instagram Stories mungkin menjadi pilihan terbaik.

4. Buat konten trendjacking

Trendjacking adalah cara yang masih relevan untuk menarik perhatian audiens. Dalam hal ini kamu perlu membuat konten yang berkaitan dengan tren yang sedang berlangsung. Cara ini dapat membantu kamu mendapatkan perhatian lebih banyak audiens dan meningkatkan interaksi mereka.

5. Pakai foto HD

Cara membuat konten Instagram berikutnya yaitu gunakan foto HD. Kualitas gambar sangat penting pada konten Instagram. Pastikan foto yang kamu posting memiliki resolusi tinggi. Foto-foto berkualitas tinggi cenderung memiliki hasil yang jernih dan jelas sehingga lebih menarik perhatian dan memberikan kesan profesional.

Baca Juga: 11+ Cara Ubah Foto Jadi HD, Mudah Tanpa Aplikasi!

6. Percantik dengan filter

Filter Instagram dapat memberikan sentuhan tambahan pada konten atau foto kamu. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai filter untuk menemukan gaya khusus pada konten agar terlihat lebih kece dan menarik. Namun, pastikan filter yang dipilih sesuai dengan brand dan pesan yang akan disampaikan.

7. Selalu gunakan caption

Konten dan caption adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dengan caption, audiens akan lebih memahami konteks konten tersebut. Maka dari itu selalu gunakan caption pada setiap postingan serta perhatikan panjang pendeknya.

Faktanya, teks yang lebih panjang menghasilkan interaksi yang lebih baik. Namun, pastikan untuk membuat caption tetap menarik dengan teknik storytelling, sehingga audiens tidak bosan membacanya.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

Tips Agar Konten Instagram Mendapat Engagement Tinggi

Setelah mengerti apa saja cara membuat konten Instagram yang menarik, selanjutnya kamu juga harus tahu bagaimana tips agar konten Instagram bisa mendapatkan engagement yang tinggi. Beberapa tipsnya seperti memanfaatkan reels, pakai tagged location, hingga posting saat prime time.

1. Manfaatkan reels

cara membuat konten instagram - konten reels

Berdasarkan data Instagram stats yang diterbitkan oleh Socialpilot. Jenis konten reels mendapatkan interaksi 22% lebih banyak dibandingkan postingan video standar. Di samping itu, 61% pengguna yang menghabiskan waktu menonton reels adalah para Generasi Z.

Hal ini dapat dijadikan kesempatan untuk membuat konten Instagram, khususnya bagi kamu yang target audiens-nya para Gen Z. Apalagi, reels telah menjadi fitur favorit pengguna Instagram, dengan rata-rata engagement rate sebesar 1,95%. Dengan begitu, memanfaatkan reels membantu meningkatkan interaksi dengan audiens.

Baca Juga: Panduan Reels Instagram, Fitur-Fitur, dan Cara Membuatnya

2. Posting harian di Instagram Story

instagram story

Instagram stories adalah cara yang tepat untuk tetap terhubung dengan audiens. Cobalah untuk posting secara rutin di story, bisa berupa cuplikan sehari-hari, sneak peek, atau konten eksklusif yang tidak dapat ditemukan di postingan feed Instagram kamu.

Stories membantu menjaga audiens terlibat secara konsisten karena 70% orang menonton stories setiap hari. Selain itu, ketika kamu mengiklankan produk terus menerus melalui story, barangkali calon pelanggan akan mulai tertarik, karena terdapat studi yang memaparkan bahwa 62% pengguna tertarik pada suatu merek setelah melihatnya di Instagram story.

3. Tambahkan hashtag

cara membuat konten instagram - tambahkan hashtag

Hashtag menjadi cara yang efektif untuk membuat konten IG lebih menarik dan meningkatkan jangkauan konten. Pastikan gunakan hashtag yang relevan. Selain itu, jangan ragu untuk mencampurkan hashtag populer dengan hashtag khusus untuk meningkatkan visibilitas.

Namun, penggunaannya juga harus tetap diperhatikan karena terlalu banyak hashtag juga tidak baik karena akan terbaca sebagai spam.

4. Gunakan tagged location

Postingan dengan tagged location terbukti mampu memberikan engagement lebih besar dibandingkan tanpa tag, yaitu sekitar 79%. Ketika kamu menandai lokasi dalam postingan Instagram, mungkin saja postingan itu dapat muncul di halaman lokasi tersebut. Hal ini dapat membantu kamu menjangkau audiens lokal yang mungkin berminat dengan konten kamu. 

5. Posting di jam ramai

Ketika hendak memposting konten, cobalah untuk mengikuti jadwal posting Instagram, jadwal ini mampu membawa engagement yang lebih tinggi karena banyak orang yang membuka IG pada jam-jam tersebut. Meski begitu, setiap akun memiliki jam ramainya masing-masing jadi kamu bisa melakukan eksperimen dan pantau analitik untuk menentukan waktu terbaik untuk posting.

Baca Juga: Panduan Lengkap Algoritma Instagram, Tips dan Cara Kerjanya

Siap Buat Konten Instagram yang Menarik?

Bagaimana, sekarang kamu sudah lebih tahu kan bagaimana cara membuat konten Instagram yang menarik serta tips agar mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Yuk, segera ikuti cara dan tips di atas dalam membuat konten Instagram. Serta jangan lupa tentukan ide-ide konten Instagram menarik seperti testimoni dari pelanggan, behind the scene, atau banyak ide lainnya.

Untuk info dan panduan Instagram lain, kamu bisa temukan di blog Dewaweb. Jangan lupa untuk ikuti terus update artikel terkini kami agar tak ketinggalan ya! Selamat mencoba!

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.