7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

Ketika memposting feed Instagram, foto yang bagus bukanlah satu-satunya kunci untuk mendapatkan engagement yang tinggi. Tetapi, peran caption justru yang dapat berpengaruh besar terhadap meningkatnya engagement media sosial kamu.

Caption yang menarik dapat menarik konsumen untuk lanjut berinteraksi di kolom komentar, dari situlah perlahan engagement Instagram kamu akan meningkat.

Maka dari itu, penting untuk kamu ketahui cara membuat caption di Instagram yang dapat membantu meningkatkan engagement. Yuk, langsung saja simak di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Font Bio di Instagram Jadi Makin Keren

7 Tips untuk Menulis Caption Instagram yang Menarik Engagement

Di bawah ini terdapat 7 tips yang bisa kamu praktekkan ketika membuat caption agar membantu menarik engagement sosial media kamu.

1. Kenali Target Pasar

Baik memasarkan produk atau hanya sekedar memposting foto, kamu harus tahu siapa target audiens yang berpotensi mengikuti sosial media kamu. Dari situ kamu bisa menyesuaikan gaya caption yang akan dibuat.

Apakah target audiens kamu remaja generasi millenial, ibu-ibu, pengusaha, atau yang lain? Setelah kamu mengetahuinya, tentukan strategi penulisan caption sesuai dengan jenis konten bisnis kamu.

Selalu sesuaikan dengan target market kamu, jadi jangan sampai audiens kamu ibu-ibu, tapi kamu menggunakan gaya bahasa yang hanya diketahui anak-anak jaman sekarang. Karena percuma saja, mereka tidak akan paham value dari caption tersebut.

Baca Juga: Pengertian Riset Pasar, Jenis, Tujuan dan Tips Melakukannya

2. Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Branding Bisnis

Tips membuat caption selanjutnya yaitu gunakan gaya bahasa sesuai branding bisnis kamu sendiri. Kamu tidak perlu ikut-ikutan brand lain ketika menyusun caption, cukup buat sesuai dengan gaya kamu.

Maka dari itu, sebelum membangun brand penting untuk kamu memikirkan akan seperti apa branding bisnis kamu.

Apakah kamu ingin membuat persona bisnis dengan karakter yang lucu, santai, profesional, atau yang lainnya. Dari persona itulah kamu bisa terapkan ketika membuat caption Instagram juga.

Contohnya pada brand fashion berikut, dia memiliki sebutan sendiri untuk admin medsosnya, yaitu “Minda”. Selain itu, pembawaannya juga terkesan feminim karena memang menyesuaikan dengan bisnisnya.

cara membuat caption di instagram - sesuaikan gaya bahasa

Jadi, penulisan caption tidak hanya sekedar menulis biasa, tetapi juga harus mengandung branding bisnis. Hal ini juga yang akan membedakan dengan brand lainnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Berjualan di Instagram

3. Gunakan Kalimat Pembuka yang Kuat

Tentu kamu tahu jika di Instagram, caption yang panjang hanya akan muncul kalimat awal-awal saja setelah itu untuk membaca lebih lanjut, pengguna harus menekan ‘more’ atau ‘lainnya’.

Agar mereka tertarik menyimak sampai akhir, maka penting untuk membuat kalimat pembuka caption yang menarik dan menggugah.

Sehingga pengguna akan melanjutkan membaca caption, dan berpotensi juga melanjutkan interaksi di kolom komentar. Ada beberapa ide kalimat pembuka caption, diantaranya seperti berikut.

Menggunakan penawaran promo, giveaway, atau yang lain.

cara membuat caption di instagram - contoh kalimat pembuka

Membuat gimmick marketing, atau trik untuk mendapat perhatian.

cara membuat caption di instagram - contoh kalimat pembuka

Baca Juga: Cara Hapus Akun Instagram

4. Gunakan Caption Singkat dan Padat

Caption yang informatif, lengkap, atau mengandung cerita yang menarik memanglah bagus. Namun, caption yang terlalu panjang juga tidak dianjurkan.

Hal ini karena Instagram merupakan sosial media yang sangat visual. Sehingga pastikan fokus audiens tetap pada postingan, reels atau stories.

Maka dari itu, penting untuk menerapkan teknik copywriting pada cara membuat caption di Instagram. Konsepnya sama, harus membuat kalimat seefektif mungkin namun tetap menarik audiens untuk melakukan aksi lebih, misalnya ikut berkomentar.

Baca Juga: Ukuran Feed Instagram Terbaik untuk Setiap Jenis Post

5. Sertakan Call-to-Action (CTA)

Call-to-action merupakan salah satu teknik digital marketing yang mengajak audiens untuk melakukan action, dapat berupa tanggapan, reaksi, pendapat, atau sesuatu yang kamu inginkan.

Penerapan CTA ini diantaranya seperti ajakan diskusi, berbagi pendapat, ajakan membeli produk, dan masih banyak lagi. Pastikan, buat CTA kamu sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai.

Misalnya kamu sedang menargetkan komentar yang banyak. Maka contoh CTA yang bisa digunakan seperti “Berikan tanggapan produk ini di kolom komentar ya!” atau yang lainnya.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh CTA pada caption Instagram milik beberapa brand.

cara membuat caption di instagram - contoh CTA

cara membuat caption di instagram - contoh CTA

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan di Instagram Ads dari Nol

6. Gunakan Tagar yang Relevan

Untuk membantu postingan kamu dijangkau lebih banyak orang, penambahan tagar/hashtag pada caption merupakan salah satu strategi marketing Instagram untuk bisnis kamu.

Tagar merupakan salah satu penerapan metode SEO pada Instagram. Tagar dapat mengaitkan dan mengumpulkan konten yang serupa. Dengan menggunakan hashtag, postingan kamu juga bisa berpotensi muncul di halaman search dan explore.

Dengan begitu, orang yang sebelumnya tidak tahu bisnis kamu menjadi tahu dan akhirnya membantu meningkatkan followers.

Namun perlu kamu ingat, jangan asal menggunakan tagar yang sedang trending ya! Pastikan tetap gunakan tagar yang relevan dengan postingan serta bisnis kamu. Misalnya seperti tagar pada postingan Gojek berikut ketika mengucapkan hari perempuan.

menerapkan hashtag

7. Hindari Typo

Tips cara membuat caption di Instagram yang terakhir yaitu hindari typo sebisa mungkin. Percuma kalau kamu sudah mengikuti tips-tips di atas dengan baik, namun ketika penulisannya terdapat typo.

Meskipun bisa di-edit, namun tetap saja akan ada satu dua orang yang notice dengan typo tersebut. Jadi, sebelum memposting biasakan baca ulang secara teliti untuk meminimalisir kekeliruan dan segera memperbaikinya.

Sekalipun itu hanya typo huruf. Apalagi jika menyangkut nama atau informasi kejadian yang nantinya dapat menimbulkan mispersepsi.

Baca Juga: Cara Download Video Instagram Reels ke Galeri [Terbaru 2022]

Penutup

Itulah tujuh cara membuat caption di Instagram yang efektif untuk membantu meningkatkan engagement sosial media bisnis kamu. Mulai dari mengenali target pasar, menyesuaikan gaya bahasa dengan branding, menggunakan kalimat pembuka yang menarik, caption yang singkat dan padat, menyertakan CTA, menambah tagar, dan menghindari typo.

Setelah mengetahui tips tersebut, sekarang saatnya praktekkan pada caption Instagram kamu dengan mengikuti semua tipsnya.