Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis

Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis

Maraknya penggunaan media sosial oleh hampir semua kalangan masyarakat di era serba digital saat ini membuat pelaku bisnis mulai menggunakan media sosial sebagai cara untuk menjual produk mereka. Salah satunya adalah Instagram bisnis dimana akunmu diubah dan di-setting untuk keperluan promosi bisnis.

Pelajari bagaimana cara membuat Instagram bisnis melalui beberapa langkah di bawah ini!

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis

Cara membuat Instagram bisnis

Dengan beberapa fitur yang akan memudahkanmu mengontrol perkembangan bisnis yang kamu jalankan, kini saatnya beralih ke cara membuat Instagram bisnis. Sebenarnya langkah yang harus ditempuh sangat mudah. Terlebih bila kamu sudah memiliki akun Instagram sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke halaman profil, kemudian klik menu hamburger (☰) garis Pengaturan/Setting yang ada di pojok kanan atas.
    akun instagram bisnis
  2. Pilih menu Pengaturan/Setting di sebelah kanan bawah layar. Kemudian pilih menu Account.
  3. Geser ke bawah hingga kamu menemukan menu Switch to Professional Account/Beralih ke Akun Bisnis, kemudian ketuk pada menu tersebut.
    akun instagram bisnis
  4. Lanjutkan proses pengubahan jenis akun dengan menekan tombol Continue/Lanjutkan.
    akun instagram bisnis
  5. Pilih kategori akunmu dari pilihan yang sudah disediakan, lalu ketuk Done/Selesai.
    kategori akun bisnis instagram
  6. Kemudian tentukan jenis akunmu antara akun bisnis/kreator. Pilih bisnis jika kamu ingin berjualan/membuat akun untuk usaha. Pilih kreator jika kamu membuat konten digital.
  7. Jika kamu memilih kreator, maka kamu hanya perlu melengkapi profil. Jika kamu memilih bisnis, lanjutkan ke langkah berikut.
    akun bisnis atau kreator instagram
  8. Lakukan konfirmasi alamat email dan nomor telepon bisnis.
    ubah informasi kontak instagram
  9. Hubungkan profil Instagram bisnismu ke laman Facebook. Jika tidak ada, klik pilihan skip. 
  10. Akunmu sudah beralih menjadi akun bisnis.
  11. Lengkapi profil akun Instagram bisnis (jika belum).

Baca juga: Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen dan Sementara

Setelah melakukan cara membuat akun bisnis di Instagram di atas, selanjutnya bisa juga tambahkan Instagram Ads untuk meningkatkan traffic website, meningkatkan brand exposure, dan mengumpulkan leads baru.

Instagram Ads adalah sebuah cara untuk menjaring audience yang lebih luas serta mendapatkan target yang sudah dispesifikkan. 81% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka tertarik untuk melakukan transaksi setelah melihat sebuah postingan.

Baca Juga: Engage Customer di Media Sosial (Tips dan Trik Penting Untuk Anda)

Fitur utama Instagram bisnis yang membantu kelancaran usaha

Sebelum membahas tentang cara membuat Instagram bisnis, terlebih dahulu kamu harus memahami bagaimana Instagram bisa membantu meningkatkan penjualan produk dari bisnismu.

  1. Content Insight
    Fitur ini berguna untuk memonitor aktivitas dan keterlibatan orang dengan postingan yang kamu buat. Dengan begitu kamu bisa melihat postingan mana yang bisa menjangkau banyak audience serta mengetahui alasan di balik kesuksesan postingan tersebut.
  2. Audience Insight
    Fitur ini dapat membantumu bisa melihat demografi orang yang melihat setiap postinganmu entah itu di feed atau story. Audience insight membuatmu tahu persebaran usia, jenis kelamin, dan lokasi dari orang-orang yang melihat postinganmu. Dengan begitu kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk mengunggah konten dan merencanakan konten yang menarik.
  3. Activity Insight
    Fitur ini dapat membuat kamu tahu berapa jumlah action yang dilakukan orang-orang terhadap tautan yang kamu cantumkan pada postingan. Jumlah klik tombol untuk melihat profil, klik panggilan, email, dan maps juga akan ditampilkan. Sehingga kamu bisa menganalisa seberapa banyak audience yang dijangkau.

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

Berikut Video Tutorial Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Jadi, itulah cara membuat Instagram bisnis yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Tambahkan dengan Instagram Ads, bisnis yang kamu jalankan tentu akan semakin lancar dan berkembang. Selamat mencoba!