30 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari HP [Lengkap & Terbaru 2022]

30 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari HP [Lengkap & Terbaru 2022]

Ingin menghasilkan uang namun hanya punya modal HP? Tidak perlu khawatir, di era serba digital ini ada banyak sekali peluang besar untuk mencari cuan, bahkan dengan modal HP saja.

Nah, di artikel kali ini Dewaweb akan berbagi informasi tentang berbagai cara menghasilkan uang dari HP yang dapat kamu coba.

Untuk kamu para pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau karyawan yang sedang mencari pekerjaan sampingan, yuk langsung saja simak!

1. Menjadi Dropshipper

Kamu jago jualan namun tidak punya modal besar? Bisnis dropship bisa jadi solusinya.

Dengan menjadi dropshipper, kamu tidak perlu menyetok barang dagangan sehingga kamu tidak perlu beli terlebih dulu ke supplier.

Cara melakukannya juga mudah, kamu hanya perlu mencari barang yang ingin dijual lalu posting foto produk di sosial media kamu dan tunggu hingga ada yang memesan. Jika sudah ada, kamu langsung hubungi supplier untuk memproses pesanannya.

Pembeli akan mentransfer uangnya ke kamu, dan kamu tinggal melanjutkan pembayaran ke supplier, mudah sekali kan?

Baca Juga: 4 Rekomendasi Bisnis Online yang Menguntungkan dengan Modal Minim

2. Membuka Jasa Titip/Jastip

Jika kamu termasuk orang yang sering keluar kota atau ke luar negeri tidak ada salahnya jika coba membuka jasa titip. Banyak orang yang ingin beli produk luar negeri namun tidak bisa ke sana langsung, maka dari itu bisa kamu gunakan kesempatan ini.

cara menghasilkan uang dari hp - buka jastip

Sistemnya, kamu harus memberitahu dulu jika tanggal sekian hendak ke sana, setelah followers kamu titip untuk dibelikan barang, jangan lupa untuk memasang tarif sebagai ongkos pembelian.

Tarif inilah yang bisa menjadi keuntungan kamu. Kamu dapat mengatur tarif per pembeli, atau per item yang mereka inginkan — semuanya terserah kamu.

3. Mengikuti Survei Berbayar

Cara menghasilkan uang dari HP kali ini sangatlah mudah, bahkan tidak membutuhkan skill khusus. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan survei online yang perlu diisi oleh banyak orang.

Pengisi survei nantinya akan mendapat kompensasi bisa berupa uang bahkan dollar, hadiah, voucher dan masih banyak lagi.

Meskipun tidak langsung menghasilkan uang yang besar, namun jika kamu tekuni bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan. Ada beberapa website survei berbayar, diantaranya seperti:

4. Menjadi Influencer

Cara menghasilkan uang dari HP selanjutnya yaitu dengan menjadi influencer. Banyak orang yang bercita – cita menjadi influencer, mengapa? Tentu karena mereka mengira jika influencer pasti memiliki penghasilan yang fantastis.

Hal itu memang benar, influencer atau selebgram yang biasa kamu lihat di Instagram bisa mendapatkan jutaan rupiah per sekali posting.  Bayangkan jika setiap harinya terdapat beberapa job postingan, maka kamu bisa meraup hingga puluhan juta. 

Namun perjalanan menjadi influencer juga tidak mudah, perlu proses yang panjang. Jika memang kamu berminat, cobalah untuk posting konten – konten menarik dan jangan lupa untuk konsisten aktif di sosial media.

Baca Juga: Apa itu influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

5. Menawarkan Jasa Admin

Semakin populernya sosial media saat ini membuat hampir semua orang menggunakannya. Namun, tidak semua orang juga sanggup mengurus akun mereka sendiri.

Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menawarkan jasa sosial media admin. Kamu bisa menawarkan pada individu, pemilik bisnis atau bahkan para influencer tadi.

Jasa ini bisa dilakukan secara freelance, full time, ataupun part time tergantung waktu yang kamu miliki. Selain itu, kamu tidak hanya bisa mengurus satu akun saja, namun bisa lebih dari satu, sehingga akan lebih banyak penghasilan kan?

6. Kontributor Foto

Untuk kamu yang hobi ambil gambar atau video sebuah objek, kamu bisa coba kirimkan hasilnya ke situs penyedia foto.

Kamu tidak membutuhkan modal banyak untuk melakukan hal ini, cukup memiliki HP dengan kualitas kamera yang cukup baik dan dipadukan dengan skill mengambil gambar.

Kamu bisa upload hasil foto – foto tersebut ke beberapa situs berikut:

Sedangkan untuk video, bisa ke situs berikut ini:

Apabila foto atau video kamu diterima oleh mereka dan suatu saat ada yang menggunakan, maka kamu akan mendapatkan fee dari situs tersebut.

7. Membuka Toko Online

Berbeda dengan bisnis dropship, kali ini kamu akan berjualan mulai dari nol yaitu dengan membuka toko online sendiri. Tenang saja, karena kamu tidak membutuhkan modal yang besar kok.

Karena membuka toko online bisa dilakukan dengan mudah lewat marketplace, di sosial media seperti IG Shop atau TikTok Shop. Salah satunya seperti toko online di Instagram berikut.

cara menghasilkan uanh dari hp - membuat toko online

Kamu bisa membeli barang murah lalu dikemas yang menarik dan tentukan harga jual yang lebih tinggi. Sehingga kamu akan mendapat untung dari penjualan tersebut.

Namun, yang perlu kamu ingat kamu juga harus mempelajari cara jualan online agar cepat ludes.  

8. Menggunakan Aplikasi Penghasil Uang

Cara menghasilkan uang dari HP selanjutnya yaitu dengan mengunduh aplikasi. Dengan aplikasi tersebut kamu harus menyelesaikan instruksi atau misi yang diminta oleh aplikasi.

Baik itu membaca artikel, berita, mengisi survei, men-download aplikasi dan menggunakannya, hingga menonton video.

Setelah semua perintah tersebut dilakukan nantinya kamu akan mendapatkan komisi dari sana. Nah, jika kamu tertarik mencoba, berikut beberapa aplikasi penghasil uang.

9. Investasi

Cara selanjutnya cukup berbeda dengan yang lain, untuk cara ini kamu harus memiliki modal terlebih dulu tidak perlu banyak – banyak 100 ribu saja sudah cukup. Nah, seperti yang kamu tahu juga bahwa investasi ini dapat menumbuhkan uang.

Maka dari itu kamu bisa coba cara ini untuk menghasilkan uang hanya dari HP. Di mana saja kamu bisa investasikan? Diantaranya beberapa instrumen investasi berikut.

Dari semua instrumen di atas, yang paling penting adalah ketika investasi gunakan “uang dingin” atau uang yang memang tidak kamu pakai, apalagi jika pada instrumen yang berisiko tinggi seperti crypto. Selain itu, kenali juga profil risiko kamu.

10. Membuat Video/Menjadi Youtuber

Mungkin melihat para Youtuber Indonesia yang memiliki subscriber jutaan dan penghasilan ratusan juta membuat kamu tertarik untuk mengikuti jejaknya. 

Apabila kamu gemar membuat video dan senang berada di depan kamera, kamu bisa coba buat video atau vlog sendiri. Sebelum itu kamu harus menentukan tema apa yang akan kamu pilih dan jenis video apa yang kamu buat, misalnya seperti.

  • Video tutorial
  • Vlog
  • Video edukasi dan masih banyak pilihan lain

Berikut terdapat salah satu channel dengan konten yang berisi edukasi.

cara menghasilkan uang dari hp - menjadi youtuber

Dukung pembuatan video tersebut dengan kamera yang berkualitas bagus dan audio yang jernih agar penonton nyaman ketika melihat.

Setelah itu, konsistenlah dalam membuat konten Youtube, karena menjadi Youtuber bukan hal yang mudah dan cepat. Jika jam tayang kamu sudah banyak, kamu bisa daftar monetisasi Youtube dan hasilkan uang dari Youtube. 

11. Bisnis Afiliasi

Kamu gemar belanja online di marketplace? Kamu bisa coba ikut program afiliasi atau affiliate marketing, sistemnya kamu harus review dan rekomendasikan barang tersebut ke orang lain bisa lewat website ataupun sosial media.

Jangan lupa untuk sertakan link afiliasi kamu, jika ada orang yang beli lewat link tersebut maka kamu akan mendapat komisinya juga.

Jika tertarik, kamu juga bisa join program affiliate Dewaweb dan dapatkan komisinya langsung.

12. Menjual Barang Preloved

Cara mendapatkan uang dari HP selanjutnya yaitu dengan menjual barang preloved. Bisnis tersebut saat ini sedang populer, khususnya di kalangan anak muda.

Mereka biasa menyebutnya dengan thrifting atau thrift shop. Yaitu menjual barang bekas yang masih layak pakai, kekecilan atau justru kebesaran.

Kamu bisa menjual barang kamu sendiri atau milik orang lain, dan jangan lupa untuk tetapkan harga yang wajar. Berikut terdapat situs thrift yang bisa kamu gunakan.

Selain menjual di situs tersebut, kamu juga bisa jualan di Instagram misalnya seperti gambar berikut.

cara menghasilkan uang dari hp - menjual preloved

menjual barang preloved

13. Membuat Podcast

Untuk kamu yang gemar mengobrol atau wawancara seseorang kamu bisa coba menjadi podcaster. Podcast disukai banyak orang karena bisa menjadi teman perjalanan.

Yang perlu kamu perhatikan dalam membuat podcast yaitu audio yang jernih dan tema obrolan. Kamu bisa upload ke Spotify atau iTunes, semakin banyak followers dan semakin sering di dengar maka akan semakin banyak penghasilan yang kamu dapatkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik untuk Android dan iOS

14. Game Penghasil Uang

Cara menghasilkan uang dari HP berikutnya adalah bermain game yang menghasilkan uang, daripada kamu hanya bermain namun tidak menghasilkan apa – apa. Lebih baik cari game penghasil uang.

Ada banyak game jenis itu di play store, diantaranya yaitu.

  • Money Whale
  • ClipClap
  • Coin Republic dan yang lainnya

Di sana kamu hanya perlu menyelesaikan misi atau perintah game tersebut, kumpulkan koin dan biasanya bisa ditukarkan menjadi uang lewat e-wallet.

Baca Juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari PlayStore yang Bisa Kamu Coba

15. Menawarkan Jasa Tutor Online

Perkembangan teknologi membantu para expert, guru atau coach dalam menjual ilmu yang mereka miliki, misalnya seperti course online.

Untuk kamu yang memiliki keahlian baik itu pandai berbahasa Inggris, menulis, pandai mata pelajaran, ahli SEO dan yang lain saat ini bisa membuka jasa tutor sendiri.

Nah, pengajarannya nanti bisa lewat Zoom, Skype, Telegram atau yang lainnya. Sehingga bisa dilakukan dari mana saja.

16. Menawarkan Jasa Kelola Konten Medsos

Tidak semua pemilik media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook ataupun LinkedIn bisa membuat konten sendiri. Nah, apabila kamu memiliki keahlian mengelola konten, seperti layouting, membuat desain yang menarik atau yang lain kamu bisa coba tawarkan jasa ini.

Perlu kamu tahu, jasa kelola medsos ini tidak sebatas hanya di Indonesia saja, kamu bisa coba mengambil job luar dengan bayaran dollar namun tetap mengerjakan secara remote. 

17. Mengikuti Kuis dan Giveaway

Cara menghasilkan rupiah selanjutnya yaitu dengan mengikuti kuis dan giveaway seperti gambar di bawah.

cara menghasilkan uang dari hp - ikut giveaway

Cara ini tentu tidak membutuhkan skill apapun, kamu hanya perlu HP, jaringan internet dan rajin – rajinlah berburu kuis dan giveaway dari akun apapun.

Kamu hanya perlu aktif menjawab kuis dan menjawab di kolom komentar. Semakin banyak yang kamu ikuti maka semakin besar peluang kamu mendapat hadiah, bisa berupa uang tunai, voucher belanja hingga elektronik.

18. Menyelesaikan Misi TikTok

Cara menghasilkan uang dari HP selanjutnya yaitu menyelesaikan misi di TikTok. Bagi kamu pengguna setia TikTok apakah sudah tahu jika ada cara dapat uang di TikTok? Ada sebuah permainan misi TikTok yang bisa kamu mainkan, misi tersebut harus kamu selesaikan apabila ingin mendapat hadiah.

Hadiah tersebut berupa koin yang dapat ditukarkan dengan uang, 10 koin bernilai Rp1. Jadi apabila kamu memiliki 10.000 koin kamu bisa mendapat Rp1.000 lho.

Baca Juga: Panduan Lengkap Iklan TikTok Ads untuk Bisnismu

19. Menawarkan Jasa Desain

Saat ini kebutuhan akan desain sedang meningkat, khususnya untuk konten media sosial. Bagi kamu yang punya skill desain atau menggambar, coba tawarkan jasa ini ke perusahaan atau individu.

Kamu bisa menawarkan jasa graphic design, illustrator, hingga UI Designer. Tapi setidaknya kamu sudah menguasai beberapa tools design seperti Photoshop, Figma, Canva atau CorelDraw. 

Perlu kamu tahu jika saat ini jasa desain sangat dibayar mahal dan banyak dicari.

20. Menjual Akun Media Sosial

Saat ini banyak orang yang mencari akun media sosial yang sudah memiliki banyak followers. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini dengan cara memelihara banyak akun, setelah itu optimasi akun tersebut dengan beberapa cara seperti.

  • Membuat konten yang menarik
  • Follow public figure
  • Dan tingkatkan followers

Setelah followers dan konten banyak, kamu bisa mulai tawarkan akun tersebut kepada yang membutuhkan. Jadi, mereka hanya tinggal mengganti username dan kontennya saja.

21. Menjadi Food Vlogger

Daripada hanya sekedar membeli makan, bagaimana jika makanan tersebut sekaligus kamu buat menjadi konten? Kamu bisa review tempat makan atau mereview makanan seperti salah satu channel Youtube berikut.

food vlogger

Review dan berikan testimoni makanan tersebut, bisa berupa foto atau video, setelah itu posting di media sosial kamu entah itu Instagram atau Youtube. Dari sana kemungkinan besar kamu akan mendapat endorse dari produk makanan lainnya. 

22. Menyediakan Jasa Penulisan

Selain konten desain, konten berupa tulisan juga sangat dibutuhkan saat ini. Itulah mengapa saat ini sedang populer jasa content writing, artikel SEO, hingga jasa pembuatan copywriting.

Peluang ini dapat kamu jadikan cara mendapatkan uang dari HP Karena tidak membutuhkan modal banyak, hanya HP dan jaringan internet, namun lebih baik lagi jika memiliki laptop.

Pelajari cara menulis konten menarik dan buka jasa penulisan baik itu artikel atau yang lainnya. Tawarkan pada bisnis atau para pemilik website yang butuh konten.

23. Menjadi Atlet E-Sport

Bagi kamu yang hobi bermain game e-sport seperti Mobile Legends, PUBG, atau yang lain sebaiknya jangan hanya asal bermain saja. Jika memang memiliki skill di atas rata – rata ada baiknya kamu asah terus sehingga profesional di game tersebut dan menjadi atlet e-sport.

Saat ini banyak pertandingan e-sport dengan hadiah mencapai puluhan juta rupiah, apabila kamu sudah jago maka kamu bisa coba untuk ikutan.

Selain itu, sekarang juga terdapat situs live streaming game untuk para gamers profesional. Dan perlu kamu tahu, live streaming seperti itu tentu dibayar bahkan tidak murah.

24.  Menjadi Blogger

Mungkin kamu juga pernah mendengar cerita sukses seorang Blogger yang memiliki website pribadi. Menjadi Blogger juga bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari HP.

Sebelumnya, kamu harus tahu lebih dulu cara membuat blog, setelah itu isi blog kamu dengan konten – konten menarik dan informatif. 

Selanjutnya, kamu bisa coba cara daftar ke Google Adsense agar muncul iklan di blog dan mendapatkan dollar dari sana. Selain dari adsense, kamu juga bisa menerima jasa blog placement, dan sponsorship.

25. Bisnis Kuliner Rumahan

Kamu hobi masak dan buat cemilan rumahan? Coba sesekali promosikan makanan buatan kamu di sosial media, bisa WhatsApp, Instagram, ataupun Facebook.

Buat strategi promosi bisnis sebaik mungkin agar para teman kamu tertarik untuk membeli secara online, jika sudah kamu bisa mengantarkannya langsung, menggunakan jasa kurir atau COD.

Nah, dari sini kamu sudah bisa mendapatkan uang dengan promosi hanya lewat HP kan?

Baca Juga: 10 Strategi Bangun Bisnis Kuliner dan Ide Usaha Kuliner Kekinian

26. Menjadi Proofreader

Selain jasa penulisan, jasa korektor atau proofreader juga dibutuhkan saat ini. Terlebih untuk para penerbit buku, jobdesk jasa ini yaitu mengecek kualitas teks, dari mulai kesalahan penulisan (typo), tanda baca, format penulisan dan yang lainnya.

Kamu bisa melamar ke perusahaan atau membuka jasanya sendiri dan menerima pesanan dari klien.

27. Mengundang Teman Daftar Aplikasi

Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan istilah referral atau kode referral. Kode ini biasanya diberikan pengguna ke pengguna lainnya yang baru akan mendaftar sebuah aplikasi.

Jika teman kamu berhasil daftar aplikasi tersebut, maka dia dan kamu biasanya sama – sama akan mendapat fee. Besarnya fee tergantung dari kebijakan aplikasi.

Jadi, semakin banyak teman yang kamu undang, semakin banyak juga uang yang bisa kamu hasilkan.

28. Membaca Artikel

Membaca artikel atau berita di sebuah aplikasi juga salah satu cara menghasilkan uang dari HP. Apabila kamu hobi membaca, cobalah cara ini.

Kamu hanya perlu ponsel, jaringan internet lalu pasang aplikasi tertentu untuk membaca artikel. Diantaranya seperti.

  • BacaPlus
  • KubikNews
  • CashZine dan masih banyak yang lain

Setelah membaca kamu akan mendapat koin yang nantinya dapat ditukar uang tunai.

29. Menjadi Reseller

Selain menjadi dropshipper, kamu juga bisa mencoba jadi reseller. Jika dropship tidak perlu menyetok barang, maka berbeda dengan reseller ini.

Kamu perlu membeli barang dan menyetoknya terlebih dulu, baru setelah itu promosikan barang tersebut di media sosial. Kelebihan menjadi reseller yaitu kamu bisa tahu stok barangnya langsung, sehingga tidak akan ada miss komunikasi.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula, Panduan 2021!

30. Menawarkan Jasa Freelancer

Pekerjaan freelance saat ini memang sedang ramai, ditambah dengan adanya WFH ini, pekerjaan jadi bisa dilakukan dari manapun.

Ada banyak situs freelance baik Indonesia maupun luar negeri, misalnya seperti.

Ada banyak jenis pekerjaan di situs tersebut, dari mulai freelance writer,graphic design, translator, virtual assistant, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan keahlianmu.

Siap Sukses Menghasilkan Uang dari HP?

Bagaimana, ada lebih dari 30 cara menghasilkan uang dari HP, kamu bisa pilih mana yang paling sesuai. Cara di atas bisa  dilakukan oleh siapapun, entah itu pelajar, mahasiswa atau ibu rumah tangga. Selain itu kamu bebas akan menjadikan sebagai pekerjaan utama ataupun sampingan.

Yang terpenting yaitu konsistenlah dalam bekerja atau mencari uang. Karena prosesnya pasti tidak cepat untuk mendapat penghasilan yang besar.