Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula

Di dunia serba digital saat ini, banyak sekali UMKM yang mulai menjamah pasar online untuk menjual produk atau jasa mereka. Namun, sebagian besar dari mereka sangat bergantung pada media sosial dan marketplace.

Memang benar, tak ada salahnya berjualan di media sosial dan marketplace. Namun sayangnya, kamu tidak memiliki kebebasan untuk mengatur desain, logo, metode pembayaran, dan aspek lain sesuai keinginan kamu.

Dengan membuat website toko online sendiri, kamu tak hanya akan mendapatkan keleluasaan dalam mengelola toko dan produk, namun kamu juga akan mendapat data analitik lebih akurat yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnismu.

Banyak juga orang yang berpikir bahwa membuat website sendiri itu memerlukan kemampuan teknis. Jangan khawatir, dengan Content Management System (CMS) seperti WordPress, kamu dapat membuat toko online dengan tampilan sesuai keinginanmu tanpa perlu belajar koding.

Nah, jika kamu ingin membuat toko online untuk bisnismu, simak artikel di bawah ini ya!

Baca juga: Cara Membuat Website dari Nol Sampai Jadi

Kenapa Perlu Membuat Website Toko Online?

Saat ini ada berbagai opsi untuk menjual produk secara online. Mulai dari marketplace, Instagram Shopping, TikTok Shop, bekerja sama dengan dropshipper, dan sebagainya.

Namun semua contoh di atas mengharuskan kamu untuk bergantung pada pihak ke tiga dalam menjual produkmu. Artinya, kamu tidak bisa mengkustomisasi desain, fitur, atau hal lain dari toko online kamu. Lihat saja contoh toko online milik Converse di bawah ini:

Mereka menyediakan berbagai fitur penyaringan yang disesuaikan dengan katalog produk mereka seperti jenis sepatu, katalog edisi terbatas, jenis kelamin, dan sebagainya. Dengan begitu, pengalaman pengguna saat berbelanja di website mereka akan lebih baik.

Jika dibandingkan dengan marketplace, tentu saja toko online buatan sendiri akan memiliki fitur yang jauh lebih sesuai untuk memasarkan produk kamu. Terlebih lagi, marketplace juga menampilkan produk dari brand lain — termasuk kompetitor kamu.

Marketplace juga akan mengenakan biaya administrasi yang dipungut dengan hitungan persentase penjualan. Semakin banyak penjualan kamu, semakin besar pula biaya yang akan dipotong oleh marketplace.

Dengan memiliki website sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya flat untuk hosting, domain, dan operasional website yang tentunya akan meningkatkan margin keuntungan.

Memiliki toko online sendiri juga membuka pintu untuk mengakses pasar internasional sehingga peluang untuk ekspansi bisnis akan semakin meningkat. Hal ini karena website kamu dapat diakses oleh siapa saja dari mana saja.

Di sisi lain, marketplace seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee hanya dapat diakses di beberapa negara tertentu saja.

9 Langkah untuk Membuat Website Toko Online

Saat ini, kamu tak perlu menguasai kemampuan koding untuk membuat toko online kamu sendiri. Selama kamu bisa mengoperasikan komputer dan memiliki akses internet, kamu bisa membuat toko online sesuai keinginanmu dengan bermodal klik-klik saja.

Ada delapan langkah yang akan kamu tempuh dalam membuat toko online kamu:

  1. Pilih web hosting dan domain
  2. Instal CMS WordPress
  3. Sesuaikan pengaturan website
  4. Ubah tampilan website
  5. Pasang plugin WooCommerce
  6. Unggah produk ke website
  7. Aktifkan payment gateway

Untuk penjelasan lebih lengkap, simak kelanjutannya di bawah ini ya!

1. Pilih web hosting dan domain

Langkah pertama dalam pembuatan website toko online adalah memesan web hosting dan domain yang ingin kamu gunakan. Web hosting merupakan layanan yang menyediakan penyimpanan data website, sedangkan domain adalah alamat website yang akan diketik ketika membuka sebuah website (seperti dewaweb.com).

Jika kamu belum memiliki layanan web hosting dan domain, paket Warrior dari Dewaweb dapat menjadi opsi terbaik kamu. Paket ini cocok untuk toko online karena memiliki penyimpanan SSD yang cukup besar untuk katalog produk dan bandwidth yang mumpuni untuk menerima ratusan pengunjung sekaligus.

Selain itu, kamu juga mendapat dukungan penuh untuk pengaturan plugin toko online seperti WooCommerce dan PrestaShop. Sebagai bonus, Dewaweb juga memberikan pilihan 1 tema dan 1 plugin berbayar agar toko online kamu tampak lebih profesional.

Untuk memesan hosting dan domain di Dewaweb, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kunjungi halaman hosting Dewaweb
  2. Kamu akan melihat empat paket hosting. Di contoh ini kami menggunakan paket Warrior tahunan dengan gratis domain. Jika sudah memilih, klik Order Sekarang.
  3. Tentukan nama domain yang ingin kamu gunakan, lalu klik Check Domain untuk memastikan ketersediaannya.
  4. Geser kebawah untuk memilih lokasi server dan mengaktifkan auto install WordPress beserta kredensial login yang ingin kamu gunakan. Jika sudah, klik Tambahkan ke Cart.
  5. Di halaman cart, kamu dapat menggunakan kode promo SIPALINGAMAN untuk mendapatkan diskon 20% berkelanjutan.
  6. Lanjutkan ke proses pembayaran dengan meng-klik Checkout.
  7. Isi detail informasi kamu dan metode pembayaran yang ingin digunakan.
  8. Lanjutkan proses pembayaran sesuai dengan arahan. Setelah proses pembayaran berhasil, tunggu beberapa saat untuk menerima login cPanel di email kamu.

2. Instal CMS WordPress

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas, maka CMS WordPress akan sudah otomatis terinstal di domain yang kamu pilih.

Namun jika kamu melewatkan langkah tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke website kamu melalui namadomain.com/cpanel
  • Gunakan kredensial cPanel yang telah dikirim ke email kamu
  • Buka Softaculous App Installer
  • Klik tombol Install Now
  • Pilih domain yang ingin diinstall dan pilih WordPress
  • Atur detail nama dan deskripsi website
  • Atur username dan password WordPress
  • Tunggu proses instalasi hingga selesai

3. Sesuaikan pengaturan website

 

cara membuat toko online wordpress

  1. Pilih Plugins lalu klik “Add New” untuk menambahkan plugin baru. Cari plugin WooCommerce, lalu klik “Install Now” dan “Activate” setelah selesai terinstal.
    cara membuat website toko online install woocommerce
  2. Sekarang, plugin WooCommerce sudah terinstal di CMS WordPress-mu. Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa formulir terkait website toko onlinemu, seperti detail toko, alamat, detail bisnis, tipe produk yang dijual hingga tema.
    Asset Blog Dewaweb
  • Instalasi tema

Kamu juga bisa menemukan tema Storefront untuk membuat website toko online dengan cara berikut:

  1. Dari menu bar sebelah kiri dashboard WP Admin, pilih “Appearance” lalu klik “Themes”. Setelah itu, klik “Add New” seperti pada gambar.
    cara membuat website toko online add new theme
  2. Ketikkan “storefront” di kolom pencarian tema, lalu klik “Install” di tema Storefront dan “Activate” setelahnya.
    cara membuat website toko online tema storefront
  3. Saat ini, website toko online milikmu yang dibuat dengan plugin WooCommerce dan tema Storefront sudah selesai.
  • Menambahkan produk

Setelah plugin dan tema dari WooCommerce telah selesai terinstal, kamu sudah mulai bisa mendesain website toko online milikmu atau menambahkan produk. Berikut ini adalah cara menambahkan produk di toko onlinemu:

  1. Di menu bar pada halaman dashboard WP Admin, arahkan kursor ke menu “Products” lalu klik “Add New”.
    membuat website toko online cara menambahkan produk
  2. Lengkapi informasi produk, mulai dari nama, deskripsi, harga, berat barang, status ketersediaan, dan sebagainya. Scroll ke bawah untuk menemukan section Product Data.
    section product data
  3. Jika sudah selesai, klik “Publish” di sebelah kanan atas halaman. Kamu bisa mengubah data yang sudah dimasukkan kapan saja, bahkan setelah produk diunggah.
    publish produk

Baca Juga: 12 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

  • Membuat Website Toko Online dengan Dewastore

Pembuatan website toko online dengan cara di atas mungkin bisa dilakukan, tapi cukup tricky. Jika kamu tak memiliki banyak waktu untuk membuat website toko online dengan plugin dan tema WordPress, kamu bisa mengandalkan Dewastore. Kelebihannya, kamu tak perlu repot mengurus instalasi CMS WordPress dan sertifikat SSL, jadi kamu bisa lebih fokus menambahkan produk dan mendesain toko onlinemu.

Cara ini bisa dilakukan jika kamu belum memiliki website sama sekali untuk membuat toko online. Tapi jika sudah mempunyai website, kamu bisa langsung melakukan migrasi ke Dewaweb untuk mendapatkan cashback tambahan sebesar 30%. Ikuti cara berikut untuk membuat website toko online menggunakan Dewastore.

  1. Kunjungi Dewastore lalu klik “Buat Website Sekarang”.
    cara membuat website toko online dewastore
  2. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mencoba bulanan terlebih dulu, atau segera menggunakan paket tahunan untuk mendapatkan domain populer gratis. Saat menentukan domain, pastikan kamu menggunakan nama yang unik dan mewakili brand-mu, karena nama domain tak bisa diubah lagi.
    cara membuat website toko online dewastore katalog
  3. Isi data yang diperlukan, seperti nama domain dan username untuk mengelola CMS.
    cara membuat website toko online isi data dewastore
  4. Di halaman Checkout, jangan lupa masukkan kode promo DEWASTORE untuk mendapatkan diskon berulang sebesar 50% khusus untuk pembelian hosting periode tahunan.
    kode promo DEWASTORE
  5. Ikuti langkah pembayaran hingga selesai. Jika sudah, cek emailmu dan klik link yang mengarahkanmu ke dashboard WP Admin. Masukkan username atau alamat email yang tadi kamu daftarkan beserta password admin WordPress.
    login website baru
  6. Selanjutnya, kamu bisa mempelajari berbagai tutorial lengkap cara mengelola website toko online dari halaman tutorial Dewastore.
    cara membuat website toko online tutorial dewastore
  7. Sekarang, website toko online milikmu yang dibuat secara otomatis sudah selesai. Tenang, jika masih ada pertanyaan terkait Dewastore atau pembuatan website toko online, kamu bisa segera menghubungi kami dengan mengklik lingkaran di sebelah kanan bawah halaman Dewastore seperti gambar berikut.
    customer service dewastore

Simpulan

Asset Blog Dewaweb

Meski tricky, tapi cara membuat website toko online gampang, ‘kan? Jangan berhenti di sini, tapi pelajari juga bagaimana cara membuat desain website toko online yang ideal agar produkmu tak hanya enak dilihat, tapi juga bisa menarik pembeli hingga menaikkan conversion rate. Selain memajang produk, kamu juga bisa membuat blog berisi artikel yang relevan dengan brand atau produkmu.

Baca juga: Digital Marketing VS Traditional Marketing, Mana yang Lebih Baik?

Jika memutuskan untuk membuat halaman blog pada website-mu, jangan lupa buatlah tulisan yang berkualitas dan informatif, ya. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa website-mu sudah menggunakan hosting yang cepat dan aman agar website-mu selalu bisa diandalkan. Selamat berbisnis, salam sukses online!