Asset Blog Dewaweb

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Manfaat Website yang Perlu Kamu Ketahui

Ada berbagai manfaat website yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan. Mulai dari menampilkan profil perusahaan, memamerkan portfolio hingga memudahkan proses berbelanja, tergantung jenis website. Namun sebelum menggunakan website, ada baiknya jika kamu memahami pengertian website hingga fungsi, jenis, dan manfaatnya dari artikel ini.

Pengertian Website

Situs web atau website adalah kumpulan informasi dalam bentuk halaman web yang saling tergabung di sebuah domain atau URL. Contohnya, dalam sebuah website dengan domain cikenblekpaper.com, terdapat berbagai halaman lain, mulai dari blog, menu, halaman kontak, dan sebagainya yang bisa diakses langsung dari halaman beranda (homepage). Kumpulan halaman ini bisa diakses tentunya dengan koneksi internet.

Cara Membuka Website

Setelah mengetahui apa itu website, Anda perlu tahu cara membuka website yang sangat mudah. Kamu hanya memerlukan sebuah browser, seperti Chrome, Firefox, Safari, dan sejenisnya. Setelah itu, ketikkan domain atau URL yang dituju. Cara lainnya, kamu bisa mencari kata kunci sebuah website dari mesin pencari. Misalnya, jika kamu mencari piring keramik, kamu bisa mengetikkan “website piring keramik” untuk menampilkan website terkait pencarianmu.

hasil pencarian google pengertian website

Jumlah Website di Internet

Setidaknya per Januari 2020, sudah ada 1,74 miliar website di internet, sebagaimana dikatakan WebHostingRating. Mengingat banyaknya jumlah ini, maka jenis website pun juga bervariasi dengan fungsi dan manfaat website masing-masing. Oleh karena itu, jika ingin membuat website, pastikan website-mu standout!

Baca Juga: Parallax Website Terbaik untuk Menginspirasi Kamu

Jenis Website

Ada berbagai jenis website yang bisa kamu temukan di internet. Namun, berdasarkan kepemilikannya, jenis-jenis website adalah sebagai berikut:

  1. Website pribadi

Jenis website yang satu ini dikelola perorangan. Biasanya, website pribadi dibuat menjadi sebuah blog gratis menggunakan layanan blogging, seperti WordPress, Blogger, Wix, dan sebagainya. Namun, ada pula website yang digunakan untuk portfolio, seperti galeri fotografi, artikel blog, portfolio video atau desain, dan sebagainya.

Beberapa contoh website yang bisa kamu jadikan patokan sebagai website pribadi adalah galeri foto milik Paul Nicklenwebsite portofolio milik sutradara Lisette Donkersloot, gabungan portofolio foto dan videografi dari Taylor Gray, atau resumé interaktif milik Robby Leonardi.

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Mengapa Kamu Memerlukannya

  1. Website bisnis dan website perusahaan

Jenis website ini dibuat untuk menampilkan informasi terkait brand atau profil perusahaan terkait yang bertujuan untuk menginformasikan kepada pengguna mengenai identitas mereka. Jika kamu berniat membuat website jenis ini, ada baiknya jika kamu membuat halaman khusus yang diisi dengan blog berisi artikel yang SEO-friendly demi meningkatkan popularitas website-mu.

  1. Website komunitas

Website komunitas biasanya menggunakan ekstensi domain “.org”. Tujuan pembuatan website yang satu ini adalah untuk saling berbagi informasi antaranggota, sebagai papan informasi virtual, atau forum untuk sarana diskusi. Kamu bisa mendapatkan domain gratis berekstensi “.org” dengan membeli paket hosting minimal Warrior di Dewaweb.

  1. Website e-commerce

Jenis website yang satu ini mengacu pada situs apa pun yang telah dibuat dengan tujuan untuk menjual barang atau layanan online. Selain menjual barang, kamu juga bisa memanfaatkan website e-commerce untuk menampilkan informasi brand-mu atau campaign yang sedang kamu jalankan dalam bisnismu.

Baca Juga: Online Shop, Marketplace dan E-Commerce: Apa bedanya?

Manfaat Website

Setelah mengetahui pengertian website hingga apa saja jenis website untuk inspirasimu, kini waktunya kamu mengetahui apa saja manfaat website yang bisa kamu dapatkan. Sebagai penyedia informasi yang sering digunakan baik untuk perusahaan, organisasi, atau individu, ternyata website punya beberapa manfaat penting. Berikut fungsi website:

1. Memperluas jangkauan promosi

Baik untuk perusahaan atau individu, website sangat mungkin digunakan sebagai sarana promosi diri. Bagaimana tidak, selain meningkatkan kredibilitas, jika website-mu berhasil masuk di halaman pertama hasil pencarian Google dengan SEO yang baik, bukan tak mungkin website-mu bisa dikenal oleh lebih banyak orang dan dikunjungi banyak pengguna internet. Artinya, peningkatan traffic!

2. Media tanpa batas

Melalui website, kamu dapat menyediakan informasi kepada para pengunjung dan membantu mereka mendapatkan informasi hingga solusi atas masalah yang mereka miliki. Website bisa kamu andalkan sebagai media promosi tanpa batas untuk produk atau jasamu selama 24 jam. Kabar baiknya, ini berarti website juga dapat membantumu menghasilkan konversi yang bagus.

3. Wadah komunitas

Sesuai dengan jenis website di atas, kamu juga bisa memanfaatkan website untuk menjadi wadah komunitas sesuai ketertarikanmu. Misalnya, jika kamu adalah pecinta reptil, kamu bisa membuat website berisi pengetahuan tentang cara merawat reptil hingga mengumpulkan orang-orang dengan ketertarikan yang sama hingga membuat organisasi.

Simpulan

Saat ini, kamu sudah mengetahui mulai dari pengertian website, fungsi, jenis hingga manfaat website. Dari beberapa jenis website yang telah disebutkan di atas, jenis manakah yang ingin kamu buat?

Apapun jenis website yang akan kamu buat, itu semua kembali lagi pada kebutuhhanmu. Namun, pastikan terlebih dulu bahwa kamu sudah menggunakan Cloud hosting terbaik yang cepat dan aman agar selalu bisa diandalkan. Jika kamu bingung saat membuat website, jangan ragu untuk menghubungi Ninja Support Dewaweb, ya. Selamat mencoba, salam sukses online!