Panduan Cara Membuat Website di WordPress, Tanpa Coding!

Panduan Cara Membuat Website di WordPress, Tanpa Coding!

Banyak orang berpikir cara membuat website di WordPress itu rumit dan memakan banyak waktu. Padahal sebaliknya, platform content management system (CMS) ini justru memudahkan siapa pun untuk membangun situs web tanpa pemahaman coding sama sekali.

WordPress menyediakan berbagai fitur menarik untuk menunjang pengembangan web menggunakan cara sederhana. Dengan platform ini, kamu bahkan bisa membuat situs web hanya dalam hitungan menit saja. Cukup menarik bukan?

Lalu, bagaimana cara buat website di WordPress? Cari tahu informasi selengkapnya di sini. Dewaweb akan jelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai proyek website-mu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Website yang Ada di Internet, Mana yang Cocok Untuk Kamu?

Cara Mudah Buat Website di WordPress

Cara membuat website dari WordPress pada dasarnya dapat dilakukan dalam 9 langkah mudah, yaitu:

  1. Tentukan nama domain
  2. Pilih hosting
  3. Install WordPress
  4. Masuk ke dashboard WordPress
  5. Pilih tema website
  6. Tambahkan plugin WordPress
  7. Atur tampilan website
  8. Kelola konten
  9. Mengoptimalkan SEO website

Supaya lebih paham, kami akan jelaskan masing-masing step-nya sejelas mungkin menggunakan kalimat yang mudah dicerna. Yuk, simak dan ikuti panduan cara membuat website WordPress di bawah ini.

1. Tentukan nama domain

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan nama domain. Nama domain adalah alamat unik yang merepresentasikan brand atau website milikmu, sehingga perlu pertimbangan matang untuk memilih nama beserta ekstensinya.

Bagi yang belum tahu, ekstensi domain adalah struktur paling akhir dalam domain atau dikenal dengan istilah top level domain (TLD). Misalnya “dewaweb.com”, dewaweb merupakan nama domain, sedangkan ekstensinya adalah .com.

Selain ekstensi .com, ada banyak jenis TLD yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Misalnya, .org untuk organisasi, .go.id untuk goverment atau pemerintah, .watch untuk media streaming, .net untuk network, .id, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

2. Pilih hosting

Sama seperti domain, hosting adalah aspek penting yang wajib ada ketika mengembangkan website. Layanan ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan aset dan seluruh data situs milikmu.

Jika belum memilikinya, saat ini Dewaweb punya promo paket beli hosting gratis domain, lho! Sekarang, ketika membeli paket Hunter ke atas selama minimal satu tahun, kamu bisa mendapatkan domain tertentu secara gratis. Domain tersebut bisa digunakan untuk seterusnya selama kamu memperpanjang paket. Yuk cek sekarang!

Baca Juga: Cara Membeli Hosting dan Domain di Dewaweb

3. Install WordPress

Setelah membeli hosting, selanjutnya kamu perlu menginstall WordPress. Jika sudah menggunakan layanan hosting WordPress maka CMS WordPress sudah terpasang. Jadi, tidak perlu menginstalnya secara manual.

Untuk instalasi secara manual, kamu dapat menginstall WordPress melalui Softaculous App Installer. Berikut adalah cara instal WordPress untuk website kamu:

  1. Buka cPanel melalui namawebsite.com/cpanel.
  2. Masukkan Login ID dan Password.
  3. Ketik Softaculous Apps Installer di kolom pencarian.
  4. Cari WordPress di interface Softaculous.
  5. Klik Install.
  6. Isikan informasi yang diperlukan, jangan lupa atur username dan password.
  7. (Opsional) Pilih tema yang ingin digunakan.
  8. Klik Install di bagian bawah halaman.

Jika kamu belum paham, silakan kunjungi artikel cara install WordPress di cPanel yang dilengkapi dengan gambar.

4. Masuk ke dashboard WordPress

Cara membuat website WordPress selanjutnya adalah masuk ke dashboard. Alat ini merupakan tempat pengelolaan akun WordPress yang mencakup penerbitan konten, instalasi plugin, pemasangan tema, dan lain-lain.

Untuk membukanya, kamu dapat menambahkan “wp-admin” tepat di belakang nama domain, contohnya: www.domainkamu.com/wp-admin. Selanjutnya, kamu cukup login menggunakan email dan password akun WordPress-mu. Tampilannya akan seperti ini:

WordPress login Dewaweb

5. Pilih tema website

Setelah masuk ke dashboard, cara membuat website dengan WordPress berikutnya adalah memilih tema. Kabar baiknya, WordPress menyediakan ribuan koleksi tema, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Perlu diketahui bahwa penggunaan tema berpengaruh besar terhadap kenyamanan dan minat baca pengunjung. Oleh sebab itu, pilihlah tema yang cocok dengan gaya dan tujuan website. Berikut cara pilih temanya:

  1. Setelah masuk ke dashboard, pilih Appearance > Themes > Add New yang berada di sebelah kiri tampilan dashboard. Kemudian, pilih dari ratusan tema gratis yang tersedia.
  2. Jika tema sudah terpasang, jangan lupa untuk mengaktifkannya sebagai tema website kamu.
  3. Setelah memasang tema, kamu perlu menyesuaikan tampilan website kamu agar tampak lebih profesional. Kamu dapat melakukan ini melalui Dashboard > Appearance > Customize.

Jika langkah di atas kurang mudah dipahami, kamu bisa mengunjungi artikel Cara Install Tema Website WordPress [Cepat & Mudah] yang memberikan langkah lebih detail beserta gambarnya.

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

6. Tambahkan plugin WordPress

Plugin WordPress adalah kode software yang berfungsi untuk menambahkan atau menjalankan fitur tambahan. Misalnya, plugin untuk mendukung search engine optimization (SEO), membership, peningkatan fitur online shop, dan banyak lagi.

Plugin berperan penting dalam pengelolaan situs web. Keberadaannya sangat dibutuhkan karena mampu mengoptimalkan kinerja website, baik dalam segi fungsionalitas, performa, dan keamanan.

Meskipun membawa dampak positif, penggunaan plugin tidak seharusnya dilakukan secara berlebihan. Memasang plugin terlalu banyak dapat mengakibatkan penurunan performa dan berpotensi menimbulkan masalah keamanan. Jadi, sebaiknya install plugin yang dianggap penting saja.

Baca Juga: 15 Plugin WordPress yang Wajib Diinstal di Website Kamu

7. Atur tampilan website

Tampilan website merupakan salah satu aspek penting dalam web design untuk memberikan user experience (UX) yang lebih baik. Oleh sebab itu, kamu perlu memahami tren berdasarkan preferensi pengguna agar tampilan halaman tetap menarik, relevan, dan efektif dalam mencapai tujuan website.

Setidaknya, perhatikan empat elemen utama ketika mengatur tampilan website, yakni layout, warna, tipografi, dan gambar. Supaya hasilnya memuaskan, kamu dapat menerapkan beberapa tips berikut:

  • Gunakan layout dengan navigasi sederhana untuk memudahkan pengguna.
  • Pilih kombinasi warna yang menarik dan mewakili website.
  • Gunakan tipografi yang sesuai dengan gaya halaman untuk meningkatkan keterbacaan teks.
  • Gunakan gambar berkualitas dan relevan untuk meningkatkan daya tarik pengguna.

Terlepas dari itu, jika sudah memiliki kemampuan coding, kamu juga bisa memanfaatkan DOM untuk mempercantik tampilan website, lho!

Baca Juga: Mempercantik Tampilan Website Menggunakan DOM

8. Kelola konten

Jika website sudah jadi, langkah berikutnya adalah mengelola konten. Tugas ini tergolong penting guna memastikan isi halaman tetap relevan dan tertata dengan baik. Isi halaman yang dimaksud meliputi format konten, struktur navigasi, pembaruan halaman, dan sebagainya.

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah membuat artikel SEO friendly, informatif, menarik, dan ramah pengguna. Nah, hubungan antara SEO dengan website akan diulas di pembahasan selanjutnya, simak terus ya!

9. Mengoptimalkan SEO website

Secara garis besar, SEO adalah serangkaian upaya untuk meningkatkan visibilitas dan trafik website. Upaya optimalisasi ini sangat penting dilakukan agar situs web bisa menempati peringkat tertinggi di hasil pencarian search engine atau SERP.

Untuk memulainya, kamu dapat mempromosikan website atau konten yang telah di-publish di media sosial. Pastikan untuk menulis dan memperbarui konten secara rutin setidaknya 2-3 bulan sekali jika memang sudah tidak relevan.

Kamu juga perlu memasang plugin Google Analytics untuk memantau perkembangan situs. Dengan metrik yang lengkap, kamu bisa mengetahui bagaimana cara pengunjung mengakses website dan menerapkan strategi yang tepat di masa mendatang.

Baca Juga: 13 Cara Optimasi SEO WordPress guna Meningkatkan Ranking

Sudah Tahu Cara Buat Website dari WordPress?

Sampai di sini, kamu tentu sudah tahu cara membuat website di WordPress. Sangat mudah, bukan? Sekarang giliran kamu untuk membangun situs web sendiri dengan menerapkan langkah-langkah di atas.

Jadi, situs apa yang ingin kamu buat? Apakah e-commerce, blog, company profile, atau jenis website lainnya? Apa pun jenis website yang kamu inginkan, semua bisa didukung dengan layanan hosting Dewaweb.

Dewaweb menyediakan hosting andal dengan teknologi server terbaru untuk menghasilkan kecepatan super tinggi. Nikmati layanan cloud hosting terbaik yang dilengkapi Anti DDoS dari Cloudflare Magic Transit & Firewall untuk memastikan keamanan website-mu. Yuk, beli hosting Dewaweb sekarang!

Oh ya, kamu dapat mengeksplor artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga bisa join webinar gratis dari Dewatalks atau mengikuti program afiliasi Dewaweb untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat!