13 Cara Optimasi SEO WordPress guna Meningkatkan Ranking

13 Cara Optimasi SEO WordPress guna Meningkatkan Ranking

Jika kamu baru saja membuat website berbasis CMS WordPress, penting untuk mempelajari cara optimasi SEO WordPress agar website-mu mendapatkan peringkat atas di mesin pencari.

Dengan optimasi yang baik, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh. Mulai dari peningkatan ranking, trafik organik, brand awareness, dan banyak lagi.

Namun, bagi sebagian orang, konsep optimalisasi mungkin terlihat agak rumit dan merepotkan. Padahal, WordPress dikenal sebagai platform yang SEO-friendly sehingga kamu dapat mencoba berbagai teknik SEO mudah untuk mengoptimalkan kinerja website.

Melalui artikel ini, Dewaweb akan menguraikan beberapa cara optimasi SEO WordPress yang cukup ampuh untuk meningkatkan ranking dan traffic. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Apa itu SEO & Manfaatnya untuk Traffic Website

1. Ciptakan Konten Berkualitas

Cara optimasi SEO untuk WordPress yang pertama adalah membuat konten berkualitas. Dalam hal ini, konten harus dibuat menarik, relevan, mudah dipahami dan dapat menjawab pertanyaan audiens.

Selain kualitas, kamu juga perlu membuat atau mengupdate konten secara berkala agar pengunjung bisa mencari informasi yang mereka butuhkan ketika mengakses situs.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Berkualitas dan Fakta tentang SEO

2. Riset Keyword

Melakukan riset kata kunci sangat penting bagi semua situs, termasuk website berbasis WordPress. Tujuannya adalah untuk menemukan istilah pencarian yang relevan dengan keyword yang diketik oleh audiens di mesin telusur.

Dengan research keyword yang baik, maka konten dapat lebih mudah terindeks oleh search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Ada banyak keyword tools yang bisa kamu manfaatkan, seperti Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush, dan sebagainya. Jika kontenmu menggunakan Bahasa Indonesia, Dewaweb merekomendasikan penggunaan Ahrefs atau Google Keyword Planner.

ubersuggest

Baca Juga: 9 Cara Riset Keyword, Bisa Tembus Halaman Pertama Google

3. Desain Web yang Baik

Desain web yang baik berguna untuk mencegah pengunjung bosan ketika membaca konten. Kamu harus membuat website responsive dengan layout user-friendly guna memudahkan pengguna mengakses situs melalui berbagai perangkat.

Untungnya, WordPress menyediakan banyak tema yang mudah dikustomisasi. Cukup buat outline desainnya, kemudian kamu bisa menyesuaikan tata letak sesuai keinginan pada tema yang dipilih.

Baca Juga: 10 Kesalahan dalam Membuat Desain Website yang Perlu Dihindari

4. Manfaatkan Plugins

Menginstal plugin SEO memudahkanmu melakukan optimasi SEO WordPress. Plugin ini memberikan informasi dan langkah-langkah penting yang diperlukan untuk membuat situs lebih ramah SEO.

Ada banyak pilihan plugin yang disediakan oleh WordPress, seperti Yoast, All in One, atau plugin untuk optimasi konten gambar seperti WordPress SEO Friendly Image.

Baca Juga: 12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Tingkatkan Trafik Website

5. Buat Sitemap dan Permalink

Membuat XML sitemap WordPress dan memasukkannya ke Google Webmaster Tools akan  mempermudah mesin pencari mengindeks konten. File ini mampu mempercepat proses indexing halaman meskipun internal linking-nya belum tertata rapi.

Selain itu, kamu juga perlu membuat permalink yang SEO-friendly. Berdasarkan saran Google, sebaiknya gunakan permalink yang mengandung kata kunci dan dibuat sependek mungkin untuk memaksimalkan performanya.

Baca Juga: 7 Plugin Sitemap Terbaik WordPress

6. Manfaatkan Sosial Media

Optimasi SEO WordPress selanjutnya adalah memanfaatkan sosial media. Meskipun sedikit berbeda dengan search engine optimization, namun trik ini tetap berpengaruh terhadap upaya optimasi yang kamu lakukan.

Caranya, kamu dapat mempromosikan konten terbaru melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan plugin share untuk memudahkan pengguna membagikan konten.

Baca Juga: Tipe Konten yang dapat Menaikkan Engagement di Media Sosial

7. Optimalkan Kecepatan Website

Kecepatan menjadi salah satu indikator penting yang mempengaruhi SEO WordPress. Google sangat memperdulikan kenyamanan pengguna sehingga situs dengan kecepatan tinggi tentu lebih disukai dan berpotensi mendapatkan ranking atas.

Mengingat hal tersebut, penting untuk mengetahui cara mempercepat loading website, seperti memilih hosting yang tepat, caching, maintenance, optimasi database, hingga memperbarui versi CMS.

Ada beberapa metrik yang dinilai Google dalam menganalisa kecepatan, di antaranya LCP dan FID. LCP (Largest Contentful Paint) adalah estimasi waktu pemuatan konten, sedangkan FID (First Input Delay) adalah jeda waktu sebelum pengguna melakukan interaksi seperti mengklik tombol tertentu.

Idealnya, estimasi waktu pemuatan konten yang baik adalah 2,5 detik sejak halaman dimuat dengan nilai FID tidak kurang dari 100 milidetik.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Website dengan Mudah & Akurat

8. Update Konten secara Rutin

Google sangat menyukai situs yang rutin mengupdate konten. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan relevansi pencarian pengguna terhadap informasi terbaru yang mereka cari.

Jika suatu halaman berisi informasi lawas dan tidak pernah diperbarui, kemungkinan besar Google akan menyingkirkan halaman tersebut dari SERP. Oleh sebab itu, kamu harus meninjau, merevisi, atau me-refresh setiap postingan website secara berkala.

Baca Juga: Konten On-Site dan Off-Site untuk Menaikkan Peringkat Website di Google

9. Gunakan Tema yang SEO-friendly

Desain memang berperan penting dalam menunjang kenyamanan pengguna. Namun, sebaiknya jangan fokus pada tampilan saja, kamu juga perlu memperhatikan aspek SEO WordPress pada tema yang diterapkan.

Bayangkan bila kamu sudah mendesain website sebagus mungkin, tetapi masih terdapat banyak elemen tidak penting di dalamnya. Alih-alih keren, hal ini malah membuat website berat dan menurunkan nilai SEO-nya.

Solusinya, gunakan tema SEO-friendly yang mampu memberikan performa lebih baik. Jika memungkinkan, kamu dapat mengurangi penggunaan plugin atau elemen yang dirasa kurang penting.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang cara menggunakan tema yang SEO friendly, kamu bisa bergabung di SEOCON 2023. Di sini, kamu bisa mendapatkan wawasan dan praktik terbaik memanfaatkan tema WordPress untuk meningkatkan ranking website.

Baca Juga: Kriteria Desain Web yang SEO Friendly

10. Aktifkan Breadcrumb WordPress

Langkah optimasi SEO untuk WordPress lainnya adalah mengaktifkan breadcrumb pada postingan atau halaman. Bagi yang belum tahu, breadcrumb adalah link yang menunjukkan informasi geografis pengunjung.

Breadcrumb berguna untuk memudahkan navigasi, terutama bagi website dengan jumlah konten banyak seperti toko online atau e-commerce. Dengan fitur ini, pengguna dapat menemukan halaman tertentu secara mudah untuk mengakses konten terkait lainnya.

Selain itu, penelusuran breadcrumb merupakan salah satu strategi internal linking yang cukup ampuh. Breadcrumb memudahkan search bot memahami hubungan antar halaman sehingga proses indexing lebih terbantu.

Baca Juga: Pengertian Breadcrumbs, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

11. Optimasi Konten Gambar

Konten visual seperti gambar dan grafis membuat artikel jadi lebih menarik dibaca. Adanya konten ini juga membantu search engine mengindeks halaman lebih cepat melalui penelusuran Google Images.

cara optimasi seo wordpress - optimasi gambar

Sayangnya, elemen ini terkadang membuat loading menjadi lama, terlebih jika halaman memuat banyak gambar sekaligus. Untuk mengatasinya, kamu harus mengoptimasi gambar dengan beberapa cara berikut:

  • Mengompres file gambar agar ukurannya lebih kecil.
  • Menambahkan alt text untuk membantu search engine menemukan relevansi keyword tertentu.
  • Mengubah nama file menjadi lebih mudah dibaca, deskriptif, dan mengandung keyword.

Baca Juga: 10 Tools Resize Gambar dan Foto Terbaik Tanpa Kurangi Kualitas

12. Optimasi SEO Konten

Langkah selanjutnya adalah mengoptimasi SEO konten yang ada di website milikmu. Kamu perlu menerapkan cara membuat konten berkualitas agar mendapatkan peringkat atas dan mudah ditemukan oleh pengunjung. Berikut beberapa cara optimasi SEO WordPress pada konten:

  • Riset keyword – Menemukan keyword yang relevan dengan istilah pencarian pengunjung.
  • Artikel SEO-friendly – Buat konten artikel sesuai kaidah SEO dan disukai oleh Google.
  • Focus keyword – Sisipkan keyword utama sekitar 0,5% dari jumlah kata dalam artikel. Sebenarnya tidak ada batasan tertentu, namun sebaiknya jangan sampai terjadi keyword stuffing atau keyword berlebihan.
  • Heading – Buat heading yang tersusun dengan baik pada konten agar terlihat rapi dan ramah bagi search engine maupun pengunjung.
  • Link internal dan eksternal – Tambahkan internal linking (harus) dan external linking (jika memungkinkan) untuk meningkatkan SEO dan otoritas halaman.
  • Konten visual – Tambahkan konten visual seperti gambar, grafis, atau video ke dalam konten. Jangan lupa kompres file gambar terlebih dahulu, sedangkan untuk konten video sebaiknya diambil dari sumber populer seperti Youtube.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Berkualitas dan Fakta tentang SEO

13. Cegah Komentar Spam

Optimasi SEO untuk WordPress yang terakhir adalah mencegah komentar spam. Pengirim komentar ini biasanya mencantumkan link ke situs lain untuk membuat backlink dari website dengan authority tinggi.

Perlu diketahui bahwa komentar spam bersifat manipulatif dan membawa dampak buruk jika dibiarkan begitu saja. Peringkat halaman bisa mengalami penurunan secara keseluruhan karena pengirim spam terkadang menyisipkan link berbahaya dan dibenci oleh Google.

Solusinya, kamu harus mengatur komentar spam dengan cara berikut ini.

  • Buka dashboard WordPress.
  • Klik menu Settings > Discussion.
  • Centang pada kolom Comment must be manually approved.
  • Scroll ke bawah, lalu klik Save Changes.

Selain itu, kamu juga dapat mencegah komentar spam dengan memasang plugin anti-spam, seperti Akismet, Antispam Bee, Titan Anti-spam & Security.

Kesimpulan

Itulah cara optimasi SEO WordPress yang dapat Dewaweb sampaikan. Kamu bisa meningkatkan peringkat dan trafik organik website dengan menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas.

Harap diingat bahwa optimasi SEO merupakan proses jangka panjang dan berkelanjutan. Jadi, kamu harus terus belajar dan mengikuti tren terbaru agar website-mu mampu bersaing dengan kompetitor.

Jika tertarik, ayo bergabung bersama kami di event SEOCON 2023 mendatang dan dapatkan wawasan seputar strategi SEO terbaru dari pembicara ahli seperti Edy Budiman (CEO – Dewaweb), Tim Saulo (CMO – Ahrefs), Sultan Isnainsyah (VP Digital CX – Indosat), Irvan Sanjaya (Head of SEO – Blibli), Cornelia Tjandra (Senior SEO On Page – Toffeedev), dan banyak lagi.

Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dari para ahli ini. Jadikan seluruh halaman website-mu mendominasi peringkat atas mesin pencari dengan teknik-teknik up to date untuk meraih kesuksesan. Yuk, daftar SEOCON sekarang!

Asset Blog Dewaweb
Dewaweb Team

Dewaweb Team menuliskan artikel dengan sepenuh hati. Topiknya mulai dari bisnis online, digital marketing, sampai website development. Yuk daftarkan email kamu ke newsletter Dewaweb di sebelah kanan untuk mendapatkan info terbaru dari Dewaweb!