Cara Optimalkan SEO WordPress untuk Tingkatkan Ranking Website

Cara Optimalkan SEO WordPress untuk Tingkatkan Ranking Website

Berkat layanan hosting Indonesia, semua orang dapat dengan mudah membangun website. Selain memilih layanan hosting murah berkualitas yang menjamin situs sahabat Dewaweb bekerja prima setiap saat, diperlukan sejumlah langkah agar situs kamu ramai dikunjungi, salah satunya melalui optimasi SEO. Maka itu, kamu perlu tahu cara meningkatkan SEO WordPress website agar trafik semakin meluap.

Yuk, langsung saja simak beberapa cara optimalkan SEO WordPress situs kamu berikut ini!

Baca Juga: Panduan Yoast SEO dan Cara Setting Yoast di WordPress, Lengkap!

1. Ciptakan Konten Berkualitas

Cara meningkatkan SEO WordPress pertama yang dapat dilakukan pengguna hosting murah adalah membuat konten berkualitas, menarik, mudah dipahami, relevan, dan mampu menjawab pertanyaan calon pelanggan. Selain itu, buat pula konten secara berkala agar memanjakan para pengunjung yang setia dengan informasi yang dibutuhkan oleh mereka saat membuka situs kamu.

Baca juga: Teknik On-Page SEO: Anatomi Web Page yang Optimal

2. Riset Keyword

Penggunaan keyword sangat penting bagi SEO WordPress, karena dengan adanya keyword, konten berkualitas yang telah dibuat dapat dibaca oleh lebih banyak orang. Dengan menggunakan keyword, maka konten dapat lebih mudah terindeks oleh mesin pencarian seperti Google.

Ada berbagai situs yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci, salah satunya Ubersuggest. Kamu bisa menggunakan versi gratis ataupun berbayar jika menginginkan fitur yang lebih lengkap. Kalau mau tahu lebih lanjut cara pemakaiannya, baca di artikel Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO.

ubersuggest

3. Desain Web yang Baik

Agar tidak membuat visitor bosan membaca konten, buatlah website semenarik mungkin, membuatnya dapat bekerja dengan responsif, memiliki tata layout user friendly dan penggunaan font yang nyaman dibaca. Tidak lupa, buat situs sahabat Dewaweb dapat diakses dengan baik menggunakan smartphone, dimana hampir setiap orang saat ini lebih sering membuka situs menggunakan perangkat mobile.

Salah satu hal yang menjadikan WordPress sangat populer digunakan oleh pengguna hosting Indonesia adalah pilihan theme yang berlimpah, dan sahabat Dewaweb dapat memanfaatkannya untuk mempercantik halaman website dan membuatnya menarik dimata para visitors.

Baca Juga: 15 Desain Website Layout Inspiratif yang Menarik Pengunjung

4. Manfaatkan Plugins

Di WordPress, ada banyak sekali plugin yang dapat sahabat Dewaweb gunakan, termasuk untuk keperluan SEO. Untuk mengoptimalkan gambar konten, kamu dapat menggunakan plugin WordPress SEO Friendly Image. Sementara itu, ada pula plugin populer seperti WordPress SEO Yoast dan Plugin All in One SEO untuk meningkatkan SEO pada WordPress Anda dengan cara lain.

Baca Juga: 12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Tingkatkan Trafik Website

5. Buat Sitemap dan Permalink

Langkah selanjutnya adalah membuat file sitemap.xml dan input (masukkan/daftarkan) file ini ke dalam Bing Mastertool atau Google Webmaster Tools, sehingga website Anda masuk ke dalam mesin pencarian. Kemudian, buat pula permalink yang SEO friendly, mengubah permalink tersebut sehingga menjadi url yang cantik dan disukai oleh search engine.

6. Manfaatkan Sosial Media

Memanfaatkan sosial media menjadi trik terakhir yang dapat kamu lakukan untuk optimalkan SEO WordPress. Sosial media sebenarnya berbeda dengan SEO, namun demikian sosial media memiliki pengaruh terhadap setiap tindakan SEO yang kita lakukan.

Setiap kali Anda mengupdate konten terbaru pada websitemu, kamu dapat mempromosikannya melalui sosial media, dan Anda pun dapat menambahkan plugin share sosial ke dalam situs agar memudahkan pengguna yang juga ingin membagikan artikel menarik Anda ke banyak orang.

Baca juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

7. Optimalkan Kecepatan Website

Kecepatan website juga menjadi faktor yang mempengaruhi Google dalam menentukan peringkat situs. Hal ini tentunya juga berpengaruh pada sisi UX pengunjung website. Jika sebuah website memiliki kecepatan loading yang buruk, maka pengunjung tentu akan tidak nyaman untuk mengeksplor situs tersebut.

Ada metrik-metrik penting yang dinilai Google dalam menganalisa kecepatan website, di antaranya LCP dan FID. LCP adalah Largest Contentful Paint yakni, perkiraan waktu saat konten utama halaman web dimuat. LCP yang ideal adalah 2,5 detik sejak halaman website mulai dimuat.

Sedangkan FID adalah First Input Delay, yakni waktu interaksi pengguna dengan website pertama kali. Contohnya seperti mengklik link atau tombol pada situs, lalu browser mulai memproses responsnya. Nilai FID yang baik adalah kurang dari 100 milidetik.

8. Update Konten secara Rutin

Untuk mengoptimalkan SEO WordPress, kamu juga perlu rutin melakukan konten update. Kalau kamu memiliki banyak konten di dalam situs, ada baiknya kamu mengupdate konten-konten tersebut secara rutin.

Google menyukai website dengan konten yang selalu up-to-date. Hal ini meningkatkan aspek relevansi pencarian. Jika postingan atau halaman blog berisi informasi yang sudah lama tidak dibaharui, Google kemungkinan besar akan menyingkirkannya dari SERP. Maka dari itu, kamu perlu meninjau dan merevisi kembali halaman dan postingan konten website secara rutin.

9. Gunakan Tema yang SEO-friendly

Desain memang memainkan peran penting dalam sebuah website. Tapi, perlu kamu perhatikan juga kalau desain website yang baik tidak hanya berpatokan pada tampilan situs, melainkan juga dari aspek SEO-nya. Bayangkan bila kamu sudah mendesain website sebagus mungkin, tapi elemen-elemen di dalamnya malah memberatkan website sehingga menurunkan nilai SEO-nya.

Solusinya, pilihlah tema website yang SEO-friendly. Artinya, pilihan tema website yang kamu pilih tidak memberatkan performa situs kamu ketika dikunjungi. Hal ini juga berdampak baik bagi aspek SEO website.

Baca Juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

10. Aktifkan Breadcrumb WordPress

Selanjutnya, untuk meningkatkan SEO WordPress, kamu juga perlu mengimplementasi breadcrumb pada postingan blog atau halaman web. Bagi kamu yang belum familiar, breadcrumb adalah link yang menunjukkan lokasi pengunjung saat mereka sedang mengunjungi sebuah website. Hal ini tentunya akan memudahkan navigasi bagi pengunjung.

Selain itu, breadcrumb juga berfungsi bagi search engine untuk memudahkan memahami hubungan antar halaman website kamu. Dengan begitu, proses indeksasi Google bisa lebih terbantu.

11. Optimasi Konten Gambar

Konten dalam bentuk visual, seperti gambar dan grafis dapat membuat artikel jadi lebih menarik dibaca. Selain itu, adanya gambar bisa membantu search engine untuk lebih mudah mengindeks konten kamu.

Tapi, hal ini tidak bisa terjadi begitu saja. Ada beberapa usaha yang perlu kamu lakukan ketika menambahkan gambar ke dalam artikel. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mengoptimasi gambar adalah:

cara optimasi seo wordpress - optimasi gambar

  • Mengompres file agar tidak memberatkan loading website
  • Memberikan alt text untuk gambar yang memungkinkan mesin pencari untuk menemukan keterkaitannya dengan suatu keyword tertentu
  • Mengubah nama file gambar menjadi mudah dibaca karena dpat membantu mesin pencari memahami gambar. Gunakan nama yang deskriptif, pastikan menyertakan keyword jika memungkinkan, disarankan menulis nama file dalam huruf kecil dan mengganti spasi dengan tanda hubung

12. Optimasi SEO Konten

Langkah selanjutnya adalah mengoptimasi SEO konten-konten yang ada di website kamu. Apa maksudnya optimasi SEO konten? Secara sederhana, kamu perlu melakukan langkah-langkah yang membuat konten kamu mudah ditemukan pengunjung di mesin pencarian.

Beberapa cara dalam optimasi SEO konten website adalah:

  • Lakukan riset keyword. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, riset keyword bertujuan agar konten kamu bisa memberikan jawaban untuk tiap kata kunci yang diketik audiens di Google, dan relevan dengan website atau bisnismu.
  • Buat artikel SEO-friendly. Pastikan kamu menulis artikel yang disukai Google sehingga mudah diindeks. Cari tahu lebih lanjut tips dan cara menulis artikel yang SEO-friendly.
  • Sisipkan focus keyword di konten. Salah satu tips menulis artikel atau membuat konten yang SEO-friendly adalah menyisipkan keyword ke dalamnya. Namun, perlu kamu perhatikan jangan sampai terjadi keyword stuffing atau penggunaan keyword berlebihan. Biasanya, keyword mencakup 0,5% dari seluruh jumlah kata dalam artikel.
  • Gunakan Heading yang tepat. Penggunaan heading juga berperan penting untuk SEO konten. Heading yang tepat akan membantu memberikan struktur yang tersusun secara logis pada konten. Dengan begitu, informasi yang disajikan terlihat lebih rapi dan mesin pencari lebih mudah memahami poin utama kontenmu.
  • Tambahkan link internal dan eksternal. Penambahan link baik internal, yakni halaman lain yang masih ada dalam website, dan juga eksternal, yakni dari luar website sangat membantu optimasi SEO konten.
  • Manfaatkan konten video. Menambahkan video ke dalam konten kamu adalah solusi yang bagus. Pastikan mengambil video dari sumber yang populer seperti YouTube.

13. Cegah Komentar Spam

Komentar spam adalah salah satu yang perlu dihindari pada konten website. Pasalnya, pengirim komentar spam biasanya akan memberikan link yang mengarah ke situs lain dengan harapan menghasilkan backlink dari website dengan authority yang lebih tinggi. Cara mengatur komentar spam di WordPress adalah sebagai berikut:

  1. Buka dashboard WordPress
  2. Klik menu Settings > Discussion
  3. Centang pada kolom Comment must be manually approved.
  4. Kemudian scroll ke bawah, lalu Save changes

Selain mengatur secara manual seperti di atas, kamu juga bisa mencegah spam dengan bantuan plugin. Beberapa plugin yang bisa kamu gunakan untuk spam adalah Akismet, Antispam Bee, Titan Anti-spam & Security.

Penutup

Para pengguna layanan hosting gratis Dewaweb, langkah-langkah di atas dapat kamu lakukan untuk meningkatkan SEO pada website WordPress. Selain menjalankan tips SEO WordPress di atas agar situs sahabat Dewaweb ramai dikunjungi, tetap gunakan layanan hosting termurah yang mampu mendukung semua kebutuhan sahabat Dewaweb dalam mengelola website, ya!