Mengenal Apa itu SERP, Fitur, dan Kaitannya dengan SEO

Mengenal Apa itu SERP, Fitur, dan Kaitannya dengan SEO

Sesuai namanya, search engine results page (SERP) adalah sebuah halaman yang muncul setelah seseorang melakukan pencarian pada search engine seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Setiap keyword yang dicari pengguna, hasilnya akan tampil pada SERP.

Hasil pencarian tersebut bisa beragam, bukan hanya situs biasa. Hal itulah yang dinamakan dengan fitur SERP. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut apa itu SERP dan kaitannya dengan SEO, yuk simak terus artikel Dewaweb kali ini sampai akhir ya!

Apa Itu SERP?

Search engine results page atau SERP adalah halaman yang tampil pada search engine setelah pengguna melakukan pencarian dengan memasukkan keyword. Seperti yang disebutkan di atas, hasil pencarian pada SERP akan berbeda-beda setiap pengguna, meskipun kata kunci yang dimasukkan sama. 

hasil serp

Hal ini karena dipengaruhi beberapa faktor pada pengguna, seperti alamat, umur, jenis kelamin, riwayat pencarian, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, hasil pencarian antara beberapa pengguna bisa jadi beda padahal menggunakan keyword yang sama.

Baca Juga: Tips SEO: Google SERP Snippet untuk Meningkatkan Traffic Website

Fungsi SERP

Tidak hanya sekedar menampilkan hasil pencarian saja, SERP juga berfungsi untuk mengukur kualitas sebuah blog atau website. Semakin bagus kualitas website tersebut, maka semakin tinggi posisi web tersebut dalam SERP. Selain itu, situs tersebut  juga akan lebih sering muncul dalam hasil pencarian.

Namun, untuk mencapai hal tersebut kamu perlu rutin mengupdate konten atau artikel website. Dengan begitu konten akan selalu fresh dan mesin pencari akan terus merekomendasikan situs kamu untuk ditampilkan.

Fungsi SERP juga dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu pengguna dan webmaster. 

  • Pengguna: menurut pengguna, hasil pencarian pada SERP adalah hal yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas sebuah situs atau kontennya. Misalnya berita yang muncul pada halaman pertama mesin pencari akan menunjukkan bahwa situs tersebut sering dibaca dan dikunjungi.
  • Webmaster: yang kedua, fungsi SERP adalah menjadi patokan atas keberhasilan dari optimasi SEO sebuah website. Apabila situs berhasil muncul pada halaman pertama mesin pencari, artinya keyword yang ditargetkan berhasil dioptimasi.

Baca Juga: 8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Kaitan SERP dan SEO

SEO dan SERP adalah dua hal yang saling berkaitan, SEO adalah upaya yang dilakukan pemilik website untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari, sehingga situs tersebut dapat muncul pada halaman pertama SERP.

Dari penjelasan di atas kita bisa lihat bahwa SERP dan SEO saling berkaitan. Bedanya, SEO merupakan metode atau teknik yang dilakukan, sedangkan SERP adalah hasil penerapan dari metode tersebut.

Dengan mengoptimasi website lewat SEO agar tampil pada ranking tertinggi SERP, mampu membawa banyak manfaat untuk situs kamu, diantaranya seperti. 

Manfaat tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi situs kamu. Maka dari itu jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai istilah-istilah SEO dan bagaimana cara penggunaannya, kamu bisa ikuti event SEOCON 2023, yaitu konferensi SEO tahunan terbesar di Indonesia yang mengundang banyak pakar SEO serta digital marketing.

Di sana kamu akan belajar langsung bersama praktisi masing-masing bidang yang berasal dari perusahaan-perusahaan besar Asia Tenggara.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM untuk Pemula Digital Marketing

Fitur-Fitur SERP

Seperti yang disebutkan sebelumnya, SERP menampilkan hasil pencarian pengguna dalam berbagai bentuk, yakni tidak hanya website saja hal ini yang disebut dengan fitur SERP.

contoh tampilan fitur serp

Lalu apa saja fitur SERP yang ada dan banyak ditemukan pada mesin pencari? Berikut di antaranya:

1. Organic search results

Organic search results adalah hasil pencarian organik yang muncul pada SERP. Fitur SERP tersebut berisi judul konten, URL, dan meta description. Untuk bisa posisi ini kamu perlu melakukan optimasi pada kata kunci tersebut. Fitur SERP ini pure karena keberhasilan pemilik situs dalam menerapkan teknik SEO nya.

fitur serp - organic search result

2. Paid search results

Paid search results adalah hasil pencarian iklan berbayar. Dalam hal ini, pengiklan membayar mesin pencari, seperti Google Ads atau Bing Ads, untuk menampilkan iklan mereka ketika kata kunci yang relevan dengan iklan dicari oleh pengguna. Perhitungan pembayaran pada fitur ini menggunakan sistem PPC (Pay per Click), yaitu membayar sejumlah klik yang dilakukan pengguna.

Iklan berbayar tersebut sering ditandai dengan label “Ad” atau “Ads” untuk membedakannya dari hasil organic search results.

fitur serp - paid search result

3. Featured snippets

Featured snippets adalah cuplikan ringkasan jawaban langsung yang diambil dari halaman web yang dianggap relevan dengan pertanyaan atau keyword yang dicari pengguna. Fitur ini bertujuan untuk memberikan informasi yang cepat dan mudah dilihat kepada pengguna tanpa harus mengklik tautan situs web.

Bagi pemilik situs web, memiliki konten yang masuk sebagai featured snippet dapat memberikan keuntungan dalam meningkatkan visibilitas dan peningkatan traffic ke situs web.

fitur serp - featured snippet 

Baca Juga: 10 Cara Optimasi SEO On-Page untuk Tingkatkan Trafik Website

4. Knowledge cards

Knowledge cards adalah fitur SERP yang menampilkan jawaban secara singkat. Fitur SERP ini dirancang untuk memberikan jawaban langsung kepada pengguna tanpa harus mengklik tautan situs web. Contohnya di sini kita akan mencoba memasukan kata kunci luas Indonesia, maka hasil pencariannya kurang lebih seperti berikut, SERP akan langsung menampilkan berapa luasnya.

fitur serp - knowledge card

5. Knowledge panel

Knowledge panel adalah fitur SERP yang menampilkan informasi terperinci tentang kata kunci yang dicari pengguna. Mereka muncul di sebelah kanan halaman hasil pencarian Google dan menyediakan gambar, ringkasan, data, fakta, URL  terkait, ulasan, dan informasi lainnya yang relevan dengan subjek tersebut. Contohnya pada gambar di bawah ini:

knowledge panel

6. Local pack

Local pack adalah fitur yang menampilkan daftar bisnis atau tempat lokal yang relevan dengan lokasi serta keyword yang dicari pengguna.

Local pack biasanya menampilkan informasi penting tentang bisnis, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam operasional, testimoni pengguna, review, dan tautan web. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang mencari produk atau layanan di daerah tertentu, seperti restoran, hotel, tempat wisata, atau tempat lainnya.

local pack

Mirip dengan local pack juga terdapat fitur local teaser pack yang menampilkan informasi lebih lengkap seperti harga dan fasilitas.

local teaser pack

7. Image Pack

Fitur SERP selanjutnya adalah image pack, yang menampilkan serangkaian gambar terkait dengan kata kunci atau pertanyaan yang dicari oleh pengguna.

Ketika pengguna mencari sesuatu yang berhubungan dengan gambar atau visual, seperti tempat wisata, produk, desain, atau visual lainnya, image pack dapat memberikan galeri gambar yang relevan.

image pack

8. Top stories

Top stories adalah fitur yang menampilkan berita terkini dan relevan berkaitan dengan topik yang dicari oleh pengguna. Top stories memberikan hasil pencarian tentang berita terkini yang sedang tren atau signifikan dalam waktu dekat. Dapat mencakup berbagai topik, seperti berita politik, berita bisnis, berita teknologi, berita hiburan, dan topik lainnya yang beragam.

SERP - top stories

9. Related question

Related question adalah fitur search engine results page yang menampilkan serangkaian pertanyaan beserta jawaban yang relevan dengan keyword. Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengguna opsi tambahan untuk mengeksplorasi atau mendapatkan informasi lebih lanjut tentang topik yang mereka minati.

related question

10. Shopping results

Shopping results merupakan fitur yang menampilkan hasil pencarian produk. Fitur ini menyajikan daftar produk dengan gambar, judul, harga, dan tautan ke situs web atau toko online yang menjual produk tersebut. Sistem pembayaran yang digunakan adalah metode PPC, artinya penjual membayar hanya ketika pengguna mengklik pada produk mereka dalam hasil pencarian.

shopping results

11. Site link

Site links pada SERP adalah tampilan yang menampilkan link atau navigasi internal yang lebih spesifik ke halaman-halaman penting pada sebuah situs web yang muncul dalam hasil organic search results. Fitur ini ditujukan untuk memudahkan pengguna dalam menavigasi langsung ke bagian-bagian penting dari sebuah situs web tanpa harus melalui halaman beranda.

SERP - sitelinks

12. Tweet

Tweet adalah fitur SERP yang menampilkan kolom dengan tweet terbaru yang relevan dengan keyword yang dicari. Biasanya, Google akan memberikan prioritas pada tweet yang berasal dari akun resmi atau terverifikasi.

tweet

Baca Juga: 20 Mesin Pencari Selain Google yang Baik dan Aman

Kesimpulan

Sampai sini kamu sudah lebih paham apa itu SERP. SERP adalah halaman yang tampil pada mesin pencari ketika pengguna melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci. Hasil pencarian SERP pada masing-masing pengguna akan berbeda tergantung pada faktor umur, jenis kelamin, history, dan berbagai faktor lainnya.

Dalam menampilkan hasil pencarian, SERP memiliki berbagai fitur yang masing-masing memiliki bentuk yang berbeda.

Bagi kamu yang ingin mengoptimasi website agar muncul pada halaman pertama SERP, sebaiknya segera optimasi situs dan konten artikel kamu. Jangan lupa ikuti SEOCON 2023 agar kamu dapat belajar langsung dengan berbagai pakar SEO dunia!