Search Engine: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis Mesin Pencari

Search Engine: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis Mesin Pencari

Tidak mungkin ada dari Anda yang tidak pernah menggunakan search engine atau mesin pencari. Mungkin Anda juga menemukan artikel ini dengan menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing.

Di artikel kali ini kami akan membahas semua tentang search engine, termasuk pengertian, cara kerja, SEO, dan macam-macam search engine atau mesin pencari selain Google.

Pengertian Search Engine atau Mesin Pencari

Program mesin pencari dalam komputer disebut juga dengan search engine. Secara lengkap, mesin pencari atau search engine adalah website yang mengumpulkan dan mengorganisir konten dari seluruh bagian internet untuk dapat ditelusuri oleh penggunanya. Untuk menggunakan mesin pencari, Anda tinggal memasukkan apa yang ingin Anda cari dan mesin pencari akan memberikan Anda berbagai link ke konten yang sesuai dengan apa yang dicari.

Hasil pencarian search engine disebut juga search engine results page (SERP). Halaman ini memberikan hasil kepada Anda dari konten yang paling relevan hingga paling tidak relevan. Penentuan urutan konten ini menggunakan berbagai algoritma teknis dan non-teknis yang berubah-ubah.

Tujuan setiap search engine adalah untuk mengerti bagaimana users menggunakan search engine dan memberi mereka jawaban yang terbaik untuk pencarian mereka. Dengan begitu, search engine bisa memberikan jawaban yang berkualitas tinggi dan paling relevan.

Cara Kerja Mesin Pencari

Setelah mengetahui apa yang dimaksud search engine, kini Anda perlu tahu cara kerjanya. Mesin pencari web bekerja dengan cara menggunakan program yang sering disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers untuk mencari konten dari seluruh sudut internet. Hasil-hasil pencarian crawler ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index internet.

Sebagian besar mesin pencari akan memberi tahu Anda tentang cara meningkatkan peringkat halaman Anda di halaman hasil pencarian, algoritma yang mereka gunakan dijaga dengan baik dan sering berubah untuk menghindari penyalahgunaan.

Tetapi dengan mengikuti beberapa teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang sudah terbukti, Anda dapat memastikan bahwa website Anda terindeks dengan baik dan tetap tinggi dalam peringkat.

Google Search Engine Mesin Pencari Dewaweb

Search Engine Optimization (SEO)

Mungkin banyak dari Anda yang sudah familiar dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. SEO sendiri bisa diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan untuk meningkatkan ranking website Anda di halaman hasil pencarian. Untuk mencapai ranking tinggi Anda perlu melakukan beberapa hal. Aktivitas ini terbagi menjadi dua yaitu strategi on-page dan off-page.

On-page SEO

On-page SEO adalah hal-hal yang berhubungan dengan apa yang ada di website Anda. Faktor-faktor yang mempengaruhi on-page SEO termasuk pengaturan teknikal, kualitas coding Anda, konten text dan visual, serta seberapa user-friendly website Anda.

Karena on-page SEO berhubungan dengan apa yang ada di website Anda, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengaturnya. Jika Anda membuat website yang bagus, website Anda akan mulai masuk peringkat Google.

Selain itu, dengan fokus pada on-page SEO, Anda juga membantu strategi off-page SEO Anda sehingga kemungkinan website Anda mendapat peringkat tinggi juga lebih tinggi.

Baca juga: On-Page SEO: Anatomi Web Page yang Optimal

Off-page SEO

Off-page SEO adalah faktor-faktor SEO yang berasal dari luar website Anda. Misalnya, backlinks dari website berkualitas lainnya, social media, dan kegiatan marketing di luar website Anda. Jika Anda ingin fokus ke off-page SEO, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan backlink dari website lain sebanyak-banyaknya.

Tetapi perlu diingat bahwa website yang menaruh URL ke website Anda harus website berkualitas. Semakin relevan link yang Anda dapatkan, semakin tinggi ranking Anda di Google. Ingin belajar lebih banyak tentang link-building? Anda bisa membaca artikel kami tentang Link Building SEO: Panduan Terlengkap untuk Pemula.

Baca juga: Off-Page SEO (Panduan Bagi Pemula)

Contoh Mesin Pencari

Berikut ini adalah beberapa contoh search engine yang popular di internet. Penggunaan search engine ini sendiri memang sama, yaitu Anda tinggal memasukkan kata kunci dan tekan tombol enter. Tetapi mereka bisa memberikan hasil serta fitur-fitur yang berbeda-beda.

Google

Siapa yang tidak kenal Google? Saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Google memproses jutaan pencarian setiap harinya. Search engine Google sendiri tersedia dalam 123 bahasa.

Google sendiri mengumpulkan jutaan informasi dari penggunanya dan menggunakannya untuk menambahkan fitur untuk mesin pencarinya. Sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan, Google mengontrol 90% pasar mesin pencarian. Ini menjadikan Google jauh lebih besar jika dibanding dengan kompetitor.

Baca juga: 7 Cara Cepat Agar Website di Index Oleh Google

Bing

Bing Search Engine Mesin Pencari Dewaweb

Bing adalah search engine dari Microsoft. Sebelum ada Bing, Microsoft memiliki MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Bing adalah search engine terbesar kedua di Amerika Serikat.

Bing memegang 20% dari keseluruhan volume pencarian, di belakang Google yang memegang 64% dan Yahoo dengan 12% dari keseluruhan volume pencarian di Internet.

Baca juga: Bing Webmaster Tools – SEO Tools Untuk Website

Yahoo!

Contoh lainnya dari mesin pencari atau search engine adalah Yahoo!. Sebelum Google menguasai pasar mesin pencari, Yahoo! adalah salah satu mesin pencari terbesar dunia. Sejak tahun 2011, mesin pencari Yahoo sudah dijalankan oleh Bing. Untuk saat ini, Yahoo adalah mesin pencari terbesar ketiga di US setelah Google dan Bing.

Ask.com

Sebelum dikenal dengan namanya sekarang, Ask.com dikenal dengan nama Ask Jeeves. Ask.com sebenarnya memiliki format yang berbeda dengan search engine lainnya.

Mesin pencari yang satu ini memiliki format tanya/jawab dimana pertanyaan-pertanyaannya nantinya akan dijawab oleh user lainnya. Selain tanya/jawab ada juga format polling.

DuckDuckGo

DuckDuckGo Search Engine Mesin Pencari Dewaweb

DuckDuckGo adalah private search engine yang paling popular. Private search engine sendiri adalah mesin pencari yang tidak melacak penggunanya dan menampilkan halaman hasil pencariannya dengan perlindungan tambahan. User bisa menggunakan DuckDuckGo tanpa melihat advertisements atau iklan.

Yandex.ru

Menurut data dari Alexa, Yandex.ru adalah Yandex.ru adalah salah satu dari 30 situs web paling populer di Internet. Selain itu, Yandex.ru juga menempati posisi peringkat 4 dalam website berbahasa Rusia.

Yandex menampilkan diri sebagai perusahaan teknologi yang membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin. Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu.

Baca juga: 20 Mesin Pencari Berkualitas Selain Google

Simpulan

Kami sudah membahas pengertian mesin pencari atau search engine dan berbagai hal tentangnya. Bagi sebuah bisnis, mesin pencari tentunya memberi banyak kemudahan; agar mereka bisa ditemukan banyak orang hanya dengan satu kali klik saja. Di artikel ini kami juga sudah membagikan artikel yang bisa Anda baca untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

Selain itu, kami juga sudah memberi tahu Anda beberapa search engine selain Google, meskipun Google masih tetap memegang predikat sebagai search engine terbaik dan paling popular.

Memang ada kemungkinan search engine lain akan menjadi lebih terkenal, bahkan mungkin saja akan ada berbagai search engine baru yang nantinya akan muncul. Tetapi untuk saat ini, Google dan Bing masih memegang predikat search engine paling popular dan paling banyak digunakan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengetahuan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu!