Mengenal Apa itu Ahrefs, Software yang Bermanfaat untuk SEO

Mengenal Apa itu Ahrefs, Software yang Bermanfaat untuk SEO

Ahrefs adalah salah satu tools yang dibutuhkan untuk mengecek optimasi SEO, mulai dari melakukan analisis domain, riset keyword, analisis backlink, dan lain sebagainya. Seperti yang diketahui, SEO memiliki peran yang sangat penting untuk konten dalam website. Sebab, dengan melakukan optimasi SEO, website memiliki peluang untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak dari mesin pencari.

Ahrefs sendiri menyediakan berbagai macam fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mendukung SEO On Page atau Off Page, seperti Site Explorer, Backlink Data, Content Explorer, hingga Rank Tracker. Supaya pemanfaatannya semakin maksimal, kamu bisa menggunakan layanan-layanan yang diberikan oleh Ahrefs, namun ada sejumlah biaya yang perlu disiapkan, biaya tersebut mulai dari Rp1.370.000 hingga Rp13.880.000an tergantung dari kebutuhan masing-masing website.

Supaya kamu tidak asing dengan fitur-fitur ketika menggunakan Ahrefs, berikut Dewaweb sudah memberikan rangkuman lengkapnya pada artikel di bawah ini. Selamat membaca, ya!

Baca juga: Cara Optimalkan SEO WordPress untuk Tingkatkan Ranking Website

Apa itu Ahrefs?

ahrefs adalah

Ahrefs termasuk tools SEO yang diluncurkan pada tahun 2010 oleh Dmitry Gerasimenko. Lebih lengkapnya, Ahrefs adalah tools SEO yang digunakan untuk menganalisa performa SEO seperti trafik, kata kunci, backlink, pencarian konten baik untuk analisa pada website milik pribadi atau bahkan juga bisa untuk menganalisa performa SEO milik kompetitor.

Tidak hanya itu, Ahrefs juga menjadi tools SEO yang sering digunakan oleh para profesional untuk melakukan analisa performa SEO pada website. Dibandingkan dengan tools SEO yang lainnya, Ahrefs memiliki database yang lengkap dan lebih cepat update. Hal ini memudahkan para data analyst untuk menganalisa suatu data. Dengan begitu, data yang dihasilkan pun lebih akurat dan minim dari kesalahan.

Baca juga: 10 Tools Social Media Analytics Terbaik untuk Melacak Performa Akun

Fungsi Ahrefs

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas, fungsi Ahrefs bisa dimanfaatkan untuk menganalisa performa SEO. Namun tidak hanya itu, ada berbagai macam fungsi Ahrefs lainnya yang perlu kalian ketahui, di antaranya:

  • Melakukan analisis domain dengan melihat bagaimana kualitas domain, keyword apa saja yang unggul, dan seberapa banyak traffic yang didapatkan dari domain tersebut.
  • Menentukan kata kunci apa saja yang akan digunakan untuk menarik lebih banyak pengunjung dan meningkatkan link.
  • Menganalisis backlink milik kamu dan kompetitor, melihat anchor text apa saja yang digunakan untuk link halaman tersebut, dan melihat apakah ada URL tersebut rusak atau tidak.

Baca juga: 12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Tingkatkan Trafik Website

Fitur Ahrefs

Ahrefs memiliki berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi kinerja SEO dalam suatu website. Ingin tahu apa saja fitur-fitur Ahrefs yang disediakan untuk marketing professional? Berikut beberapa fitur-fitur Ahrefs untuk meningkatkan SEO.

1. Site Explorer

Fitur Site Explorer pada tools Ahrefs dapat membantu kamu dalam menganalisis backlinks dan memberikan informasi tentang seberapa banyak backlinks yang terlihat. Selain itu, kamu juga bisa membandingkannya dengan backlinks kompetitor. Pada Site Explorer, terdapat dua tools utama, di antaranya organic research traffic tool dan backlink checker tool.

  • Organic research traffic tool, dapat membantu pengelola website untuk melihat konten apa yang audiens butuhkan, sehingga pengelola website dapat mengoptimasi situsnya.
  • Backlink checker tool, dapat membantu pengelola website dapat mengetahui mana link situs yang memiliki kualitas tinggi dan dapat menambah kredibilitas.

2. Keyword Explorer

Keyword Explorer adalah salah satu fitur Ahrefs yang dapat digunakan untuk mencari keywords yang terkait dengan konten dalam situs kita. Ketika kamu mencari suatu kata kunci, fitur ini akan memberikan estimasi traffic yang berisikan informasi seberapa sering orang-orang mencari keyword tersebut.

Fitur Keyword Explorer menyediakan lebih dari 3 juta daftar di dalam databasenya, sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila tidak mendapatkan solusi. Tidak hanya itu, Keyword Explorer juga menyajikan hasil pencarian keyword yang ada di lebih dari 100 negara, sehingga dapat menguntungkan untuk bisnis dengan target pasar internasional.

Baca juga: Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO

3. Rank Tracker

Fitur selanjutnya dari Ahrefs adalah Rank Tracker. Rank Tracker ini berfungsi untuk memperlihatkan ranking situs baik dari desktop maupun mobile di lokasi pilihan. Fitur ini termasuk hal yang penting dalam SEO, karena tujuannya sendiri untuk meningkatkan posisi peringkat sebuah situs. Melalui fitur ini, Rank Tracker akan mengirimkan laporan harian, mingguan, dan bulanan. Hal tersebut akan membantu melihat jumlah ‘klik’ dari organic traffic.

4. Site Audit

Supaya menjalankan praktek SEO bisa berjalan dengan baik, dibutuhkan fitur Site Audit yang bisa ditujukan untuk memastikan website berjalan dengan baik. Sebab, fitur ini akan menganalisis dan mengecek masalah yang mungkin timbul di dalam website. Apabila ada masalah di website, Site Audit akan memberikan peringatan, sehingga kamu bisa melakukan antisipasi. Tidak hanya itu, Site Audit juga dapat melaporkan hasil analisis kesehatan yang dimiliki oleh situs website kalian.

5. Content Explorer

Fitur lainnya dari Ahrefs adalah Content Explorer. Fitur ini dapat menganalisis berbagai macam topik dalam internet
dan melihat popularitasnya di tengah masyarakat. Fitur ini akan membantu kamu untuk mencari suatu topik tertentu, sebab kamu akan menyajikan daftar artikel paling terkenal di antara 2 juta artikel dari database. Content Explorer ini didasari oleh berbagai macam faktor, mulai dari konten, organic traffic, dan jumlah situs link yang mengutip artikel tersebut.

Baca juga: Panduan Yoast SEO dan Cara Setting Yoast di WordPress, Lengkap!

Harga Ahrefs

Ahrefs menyiapkan berbagai macam paket yang dapat digunakan dengan membayar sejumlah biaya. Paket-paket tersebut mulai dari Lite, Standard, Advanced, hingga Agency. Paket tersebut dibandrol dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari Rp1.370.000 hingga Rp13.880.000an tergantung dari kebutuhan masing-masing website. Lebih jelasnya, berikut jumlah biaya yang dibutuhkan untuk mengakses fitur dan layanan yang dibutuhkan sesuai dengan paket Ahrefs.

  • Paket Lite. $99 AS atau Rp1.370.000 per bulan
  • Paket Standard. $179 AS atau Rp2.480.000 per bulan
  • Paket Advanced. $399 AS atau Rp5.540.000 per bulan
  • Paket Agency. $999 AS atau Rp13.880.000 per bulan

Baca juga: 10 Tools CRM Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

Sudah Paham Apa itu Ahrefs?

Ahrefs adalah tools SEO yang digunakan untuk menganalisa performa SEO seperti trafik, kata kunci, backlink, pencarian konten baik untuk analisa pada website milik pribadi atau bahkan juga bisa untuk menganalisa performa SEO milik kompetitor.

Tools ini memiliki berbagai macam fitur di dalamnya, mulai dari Site Explorer, Keyword Explorer, Rank Tracker, Site Audit, hingga Content Explorer. Fitur-fitur tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk mengoptimasi SEO dalam suatu website.

Itu dia penjelasan lengkap tentang Ahrefs yang sudah Dewaweb rangkum untuk kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang baru mengenal tools Ahrefs, ya. Selamat mencoba!