10 Tools CRM Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

10 Tools CRM Terbaik untuk Meningkatkan Profit Bisnis

Bagi pemilik perusahaan maupun bisnis di era digital, peran teknologi sangatlah membantu dalam pemasaran dan keberlangsungan bisnis. Salah satunya adalah penggunaan tools CRM atau Customer Relationship Management. Secara umum CRM adalah software yang mampu mengatur kontak secara cerdas. Termasuk untuk menjaga interaksi dengan konsumen melalui telepon dan email.

Menggunakan CRM bisa membantu kamu dalam meningkatkan produktivitas, penjualan hingga kepuasan konsumen. Berikut ini Dewaweb berikan beberapa tools CRM yang dapat kamu gunakan. Yuk simak!

Baca Juga: 15 Online Marketing Tools yang Wajib Digunakan untuk Bisnis

1. Salesforce

crm tools salesforce

Tools CRM pertama yang bisa kamu gunakan adalah Salesforce. Tool ini menyediakan berbagai macam kebutuhan untuk mengelola penjualan maupun layanan bisnis yang sedang kamu jalani. Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan kenyamanan penggunaannya, karena tool CRM ini sudah terintegrasi dengan sistem cloud.

Salesforce memiliki fitur seperti sales cloud yang mampu untuk memaksimalkan penjualan, dan meningkatkan pendapatan serta produktivitas bisnis. Layanan konsumen juga terdapat dalam fitur service cloud yang bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Keunggulan lainnya adalah adanya fitur salesforce platform and AppExchange yang berguna untuk membuat aplikasi mobile dan real time yang bisa digunakan oleh lebih dari 100 ribu konsumen.

Baca Juga: 15 SEO Tools Murah, Gratis, dan Terbaik untuk Menganalisis Website Kamu

2. Zoho

crm tools zoho

Bila kamu ingin memiliki fitur manajemen campaign dan email marketing maka Zoho berhak untuk kamu pilih. Keunggulan Zoho untuk CRM adalah dapat melacak pengeluaran marketing. Campaign yang digunakan untuk sebuah produk dapat melalui website, impor data lead dan sebagainya.

Dengan adanya campaign yang terpadu dan otomatis terintegrasi dengan penjualan, bisa membantu kamu dalam mengukur kinerja maupun laba perusahaan. Salah satu fitur dalam Zoho yang sangat membantu CRM adalah adanya fitur reports yang berguna untuk menampilkan laporan mengenai modul seperti sales metrics dan sebagainya.

3. SugarCRM

crm tools sugarcrm

Untuk kategori CRM tools yang berbasis open source, SugarCRM dikenal sebagai yang terbaik. Tool ini dapat digunakan di berbagai perusahaan besar hingga UKM. Keunggulannya adalah memiliki fleksibilitas dan dari segi biaya sangat terjangkau. Hingga saat ini SugarCRM telah diunduh lebih dari 3 juta kali dan digunakan lebih dari 12.000 perusahaan di dunia. Termasuk Starbuck dan First Federal Bank.

Ada beberapa jenis SugarCRM yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu mulai dari yang gratis maupun berbayar. Untuk SugarCRM gratis memiliki dua lisensi yakni SugarCRM Public License dan Microsoft Shared License. Sementara untuk yang berbayar adalah SugarCRM Professional Edition dan Enterprise Edition. SugarCRM pun sangat mendukung pada penggunaan database MySQL dan MS SQL.

Baca Juga: Apa Itu CPA Marketing? Cari Tahu Cara Kerja dan Keunggulannya!

4. Vtiger

crm tools vtiger

Bisa dibilang Vtiger adalah salah satu CRM tools yang paling populer. Vtiger memiliki keunggulan dalam mengorganisir dan memelihara informasi yang berkaitan dengan konsumen.

Fitur-fiturnya pun sangat lengkap dan membantu kinerja perusahaan. Contohnya saja ada fitur customer relationship management yakni fitur yang membantu mengelola data konsumen, seperti akun, kontak, dan prospek dari konsumen tersebut.

Fitur lain yang tak kalah pentingnya adalah analytical reports yang menyediakan laporan teranalisis oleh sistem. Ada pula fitur sychrinization yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk sinkronisasi tool Vtiger dengan aplikasi email yang digunakan oleh perusahaan maupun bisnis.

5. HubSpot CRM

hubspot

Tools CRM yang tidak kalah memiliki fungsi terbaik selanjutnya adalah HubSpot CRM. Bila bisnis kamu tidak terlalu besar. Sehingga cocok untuk bisnis seperti UMKM untuk memasarkan produknya karena sistem dalam HubSpot bisa terintegrasi dengan media sosial. Dengan demikian perusahaan kamu memiliki jangkauan yang lebih luas dengan konsumen. Di samping itu, dalam hal instalasi HubSpot tidaklah sulit dan mudah digunakan di berbagai platform.

6. Freshsales

Rekomendasi tools CRM selanjutnya ada Freshsales. Sesuai dengan fungsinya, Freshsales bisa membantumu mengelola data-data pelanggan. Beberapa fitur unggulan yang disediakannya adalah fitur ticketing, kolaborasi, reporting & analysis, email dan event tracking hingga manajemen sales. Tools ini dirancang untuk kebutuhan bisnis berskala kecil, jadi harga yang ditawarkan pun masih terjangkau.

Selain itu, keunggulan tools ini antara lain menyediakan notifikasi di desktop, memudahkan mengukur performa penjualan, serta tersedia banyak pilihan produk sesuai kebutuhan bisnis.

Baca Juga: 10+ Marketing Trends 2022 yang Wajib Kamu Ketahui

7. Copper

Platform lainnya yang bisa kamu gunakan untuk keperluan CRM adalah Copper. Copper merupakan salah satu aplikasi CRM yang ditujukan untuk perusahaan dalam membantu mengelola kontak, email, file dalam satu panel. Dengan tool ini, kamu juga dapat menganalisis performa penjualan dan peluang baru dengan fitur CRM yang lengkap dari Copper.

Tersedia pula integrasi dengan tools lainnya seperti Slack, Zendesk, HubSpot, Quickbooks, Xero, Docusign, Mailchimp, dan sebagainya. Copper menawarkan fitur report, manajemen sales, pipeline dan sales funnel.

8. Qontak

Selain pilihan tools di atas, kamu juga bisa menggunakan Qontak sebagai aplikasi CRM andalan. Qontak menyediakan tools CRM terbaik yang lengkap untuk memantau penjualan. Dengan Qontak, kamu dapat menyederhanakan proses penjualan, mengelola data pelanggan, hingga mengecek kinerja kerja sama tim.

Beberapa fitur yang ditawarkan Qontak adalah customization, analytical reporting, KPI tracking, integrasi omnichannel seperti WhatsApp, media sosial, call center dan sebagainya. Qontak bisa kamu gunakan dengan berlangganan mulai dari Rp 200.000 per pengguna/bulan.

Baca Juga: Apa itu Direct Marketing? Penjelasan Terlengkap Direct Marketing di 2022

9. Agile

Kamu bisa menggunakan Agile sebagai aplikasi CRM untuk bisnis. Sama seperti software CRM lainnya, Agile bisa dimanfaatkan untuk menyederhanakan proses penjualan, pemasaran, pengelolaan dan layanan kepada pelanggan dalam satu platform.

Agile menawarkan fitur manajemen kontak, email marketing, project management dan fitur reporting. Tools ini dikenal mudah dan praktis digunakan, terlebih lagi berkat adanya dukungan layanan berbasis cloud untuk mobile. Dengan begitu, aplikasi ini dapat diakses melalui mobile sehingga mempermudah memperbarui data secara real time. Kamu bisa menikmati fitur yang ditawarkan Agile dengan membayar biaya mulai dari $ 8,99 per bulan. Tersedia juga fitur gratis yang bisa kamu manfaatkan secara terbatas.

10. Insightly

Masih kurang dengan pilihan tools di atas? Kamu bisa mencoba aplikasi CRM dari Insightly. Mirip dengan tools CRM lainnya, Insightly berfungsi untuk melacak performa penjualan dan data-data yang berkaitan dengan pelanggan. Fitur yang ditawarkan antara lain mobile access, lead management, email  dan workflow automation.

Aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis kecil/UMKM dalam membantu membangun hubungan pelanggan dan mengelola project. Insightly mampu menyimpan dan merekam data penjualan secara otomatis. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang disediakannya dengan harga mulai dari $299 per bulan.

Baca Juga: Intip 5 Contoh Newsletter Ini untuk Inspirasi Email Marketingmu

Sudah Tahu Tools CRM Terbaik?

Setidaknya tools CRM di atas bisa membantumu untuk meningkatkan bisnis kamu. Selain itu, untuk mendukung kegiatan bisnis yang optimal diperlukan pula layanan hosting murah berkualitas untuk keperluan website bisnis yang oke. Oleh karena itu, kamu juga perlu mempertimbangkan memilih penyedia web hosting Indonesia yang terpercaya.