7 Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding untuk Pemula

7 Cara Membuat Website Gratis & Tanpa Coding untuk Pemula

Cara membuat website gratis cukup mudah dan tidak membutuhkan coding, sehingga bagi kamu yang pemula, tidak perlu merasa kesulitan. Walaupun mudah, menentukan jenis website yang tepat memerlukan pemikiran yang matang. Sebab, memilih jenis website yang tidak sesuai dengan tujuan awal pembuatan akan berpotensi menyebabkan banyak pekerjaan dan perubahan di kemudian harinya.

Oleh karena itu, cara bikin website dapat diawali dengan menentukan jenis website setelah itu platform yang akan digunakan. Lebih lengkapnya, Dewaweb sudah merangkum informasi tentang cara membuat website sendiri secara gratis dan tanpa menggunakan coding. Yuk, simak sampai akhir!

1. Tentukan jenis website

cara membuat website gratis - jenis-jenis website

Cara membuat website gratis yang pertama adalah menentukan jenis website. Dengan begitu, kamu dapat menghemat waktu kamu dalam mengatur prioritas dalam proses pembuatan website. Misalnya, jika kamu sudah menentukan bahwa ingin berjualan pakaian melalui website, maka kamu dapat memfokuskan upaya perbaikan pada halaman katalog.

Berbeda lagi jika kamu ingin membuat sebuah blog pribadi, maka kamu tak perlu repot-repot memikirkan desain halaman katalog atau mengalokasikan sumber daya untuk mengatur plugin toko online seperti WooCommerce atau PrestaShop.

Agar kamu lebih mudah dalam menentukan jenis website, pikirkanlah dulu matang-matang apa yang ingin dicapai dari website tersebut. Berikut beberapa jenis-jenis website yang paling umum digunakan.

  • Website personal. Website personal atau website pribadi pada umumnya berisi informasi atau opini mengenai topik sehari-hari. Musisi, artis, dan public figure lainnya seringkali memiliki website personal sendiri.
  • Website toko online. Jenis website toko online ini dibuat dengan tujuan untuk berjualan secara online. Produk yang dijual dapat berbentuk barang fisik, digital, atau jasa. Website toko online memiliki fitur pengamanan transaksi keuangan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Blog. Website dengan jenis blog berisi artikel yang informatif dan terkini, sehingga dapat memberikan bacaan yang menarik untuk pengunjungnya.
  • Website organisasi dan instansi. Jenis website ini pada umumnya dimanfaatkan oleh organisasi umum dan instansi pemerintahan sebagai identitas online mereka.
  • Portal berita. Website portal berita pada umumnya selalu diperbarui dengan berita-berita terbaru dalam waktu yang singkat, sehingga akan ada banyak tumpukan konten.
  • Website regional. Website regional pada umumnya digunakan oleh pemerintahan tingkat kota atau provinsi.
  • Website sekolah. Jenis website yang satu ini digunakan oleh institusi pendidikan dalam bentuk sekolah atau universitas.

2. Pilih platform website

Cara selanjutnya buat website adalah memilih platform website. Platform untuk membuat website biasanya dikenal dengan sebutan Content Management System (CMS). Sebagai informasi, CMS adalah sistem pengelolaan untuk seluruh konten yang diperlukan untuk membuat sebuah website seperti template, gambar, video, logo, teks, dan sebagainya.

Software CMS ini dapat memungkinkan kamu untuk membuat sebuah website tanpa perlu pengetahuan teknis sama sekali. Dalam proses pembuatan website, platform yang paling populer untuk digunakan adalah WordPress. Saat ini, WordPress menguasai pasar CMS dan telah digunakan oleh lebih dari 40% dari seluruh website di dunia.

Adapun beberapa CMS yang dapat digunakan, yakni Drupal, WordPress, Joomla, Shopify, Wix, Blogger, hingga Magento. Pada panduan ini, kami akan menggunakan CMS WordPress sebagai contoh. WordPress sendiri adalah sebuah CMS open-source yang dapat digunakan secara gratis.

Baca juga: Penjelasan, Fungsi, dan Panduan Membeli Web Hosting

3. Mengatur hosting dan domain gratis

Cara membuat website gratis yang selanjutnya adalah mengatur hosting dan domain gratis. Sebetulnya, pembuatan website yang gratis tidak dapat menggunakan nama domain, tetapi kamu akan diharuskan untuk menggunakan domain tambahan di depan penyedia website gratis.

Misalnya, kamu ingin membuat website gratis di WordPress.com, maka website kamu harus menggunakan TLD WordPress (namawebsite.wordpress.com). Selain itu, fitur kustomisasi tampilan dan pengaturan SEO juga sangat dibatasi sehingga kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari website-mu.

Untuk kamu yang baru saja mencoba membuat website, paket unlimited cloud hosting Scout dari Dewaweb dapat menjadi pilihanmu. Cukup dengan Rp20 ribu per bulan (Rp 240 ribu per tahun), kamu dapat menggunakan website dengan domain pilihanmu serta dukungan teknis 24/7 dari Dewaweb. Lebih menariknya kamu juga bisa mendapatkan domain gratis jika kamu memilih durasi penyewaan selama minimal satu tahun.

Baca juga: Apa Perbedaan Domain dan Hosting untuk Website? Ini Penjelasannya

4. Instal dan pasang WordPress

Usai melakukan konfigurasi hosting dan domain selesai, cara bikin website yang selanjutnya adalah memasang WordPress sebagai CMS untuk website kamu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat meminta pemasangan WordPress otomatis pada proses pemilihan web hosting. Lebih mudahnya, kamu bisa memilih aplikasi WordPress pada kolom Auto Instal Aplikasi Web seperti pada gambar berikut ini.

cara membuat website gratis - hosting dewaweb

Namun jika kamu melewatkan opsi tersebut saat proses pendaftaran, kamu dapat menginstal WordPress melalui Softaculous App Installer. Berikut adalah cara instal WordPress untuk website kamu.

  1. Buka cPanel melalui namawebsite.com/cpanel.
  2. Masukkan Login ID dan Password.
  3. Ketik Softaculous Apps Installer di kolom pencarian.
  4. Cari WordPress di interface Softaculous.
  5. Klik Install.
  6. Isikan informasi yang diperlukan, jangan lupa atur username dan password.
  7. (Opsional) Pilih tema yang ingin digunakan.
  8. Klik Install di bagian bawah halaman.

5. Atur tema dan tampilan

Cara bikin website yang selanjutnya adalah mengatur tema dan tampilan yang ingin digunakan. Karena website yang disediakan gratis, pilihan tema yang ada di Softaculous sangatlah terbatas. Selain melalui Softaculous App Installer, kamu juga dapat memasang tema pilihanmu sendiri melalui dashboard WordPress berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke dashboard WordPress melalui cPanel dengan mengunjungi namawebsite.com/wp-admin.
  2. Setelah berhasil masuk ke dashboard, kamu hanya perlu memilih Appearance > Themes > Add New. Kemudian, pilih dari ratusan tema gratis yang tersedia.
  3. Jika tema sudah terpasang, jangan lupa untuk mengaktifkannya sebagai tema website kamu.
  4. Setelah memasang tema, kamu perlu menyesuaikan tampilan website kamu agar tampak lebih profesional. Kamu dapat melakukan ini melalui Dashboard > Appearance > Customize.

Baca juga: 3 Cara Install Tema Website WordPress [Cepat & Mudah]

6. Pasang plugin yang ingin digunakan

Setelah tampilan website kamu sudah tertata rapi, sekarang saatnya meningkatkan fitur dan fungsionalitas website kamu dari segi teknis. Caranya, tentu saja dengan menggunakan plugin. Perlu diketahui, ada beberapa plugin wajib instal yang sebaiknya digunakan, seperti LiteSpeed Cache dan Yoast SEO. Kamu dapat menginstal plugin dengan mengakses Dashboard > Plugins > Add New.

7. Optimasi Website

Usai melakukan cara membuat website gratis seperti yang sudah disebutkan di atas, situs kamu sebetulnya sudah selesai dan kamu dapat mulai menulis konten atau mengunggah katalog. Namun, ada baiknya kamu melakukan optimasi pengaturan website agar performanya semakin baik. Proses optimasi website ini terbagi menjadi dua bagian, yakni optimasi performa website dan optimasi SEO.

a. Optimasi performa website

Tujuan utama dari meningkatkan performa website secara teknis adalah mempercepat loading time (waktu muat) website kamu. Semakin cepat website kamu dapat ditampilkan, maka semakin besar pula kemungkinan pengunjung akan terus membaca konten atau melihat-lihat katalog. 

Sebaliknya, jika website kamu belum termuat dalam beberapa detik, maka kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkannya dan mencari situs lain. Google juga menyatakan bahwa ada 32% kemungkinan orang akan meninggalkan website jika loading timenya mencapai 3 detik atau lebih.

b. Optimasi performa SEO

Search Engine Optimization (SEO) dapat membantu website baru kamu untuk muncul di peringkat teratas pada halaman pencarian Google atau mesin pencari lainnya.

Artinya, ketika seorang pengguna melakukan pencarian untuk sebuah kata kunci atau keyword (contoh: “baju koko murah”) website kamu akan menjadi hasil teratas. Semakin tinggi posisi website kamu di Google, semakin besar kemungkinan pengunjung akan memilih website kamu.

Baca juga: Tools SEO untuk Optimasi Website

Sudah Tahu Cara Membuat Website Gratis?

Itulah cara membuat website gratis yang mudah dilakukan untuk pemula tanpa memerlukan coding. Memang, untuk mendirikan sebuah website yang berkualitas, ada baiknya kamu menggunakan layanan self-hosted seperti WordPress.org. 

Namun kamu juga dapat mencoba-coba cara bikin web gratis dengan menggunakan layanan WordPress, Wix, Blogger, atau Medium. Tentu saja, fitur yang kamu dapatkan akan sangat terbatas.

Jika kamu memiliki niat untuk mengembangkan bisnis online dengan serius, maka sangat direkomendasikan untuk berinvestasi sedikit ke layanan cloud hosting terbaik seperti yang ditawarkan Dewaweb. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang masih bingung membuat website gratis. Salam sukses online!