dewaweb-blog-apa-itu-ux-user-experience

Istilah User Experience (UX) biasanya lebih akrab dipakai dan dibahas di kalangan pengembang website/developer. Apa sebenarnya UX itu? Mengapa UX disebut-sebut sebagai faktor yang sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan Anda? Apakah UX sepenting itu? Mari cari tahu jawabannya lewat artikel kali ini!

Apa itu User Experience?

User Experience adalah bagaimana seorang pengguna internet mengakses website, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari website tersebut. Ontoh User Experience adalah mengeksplorasi semua fitur website yang ada, melihat tampilan website-nya, dan melakukan prosedur hingga berhasil transaksi produk/jasa. User Experience ini juga biasa disebut dengan singkatan UX yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pengalaman pengguna.

Bidang-bidang yang Terkait dengan Pengembangan UX

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, UX adalah salah satu bidang yang sedang sangat berkembang akhir-akhir ini seiring dengan pertumbuhan ecommerce. Menciptakan desain yang berpusat pada si pengguna seharusnya menyertakan strategi di bidang-bidang berikut:

  • Project Management

Bidang satu ini berfokus ke perencanaan dan pengorganisasian proyek serta sumber daya yang ada. Project management juga termasuk mengidentifikasi dan mengelola siklus yang akan digunakan nantinya. Selain itu, juga dalam menerapkannya ke proses desain yang lagi-lagi sesuai istilah UX yaitu yang berpusat pada kepuasan dan kenyamanan pengguna. Tak sampai di situ, bahkan manajemennya termasuk juga merumuskan siapa yang termasuk kedalam tim proyek dan memandu tim itu secara efisien hingga proyeknya selesai.

  • User Research

Ini adalah riset yang berfokus pada pemahaman perilaku pengguna. Apa saja kebutuhan pengguna dan motivasinya apa. User research dilakukan dengan teknik observasi, analisis, dan metodologi mencari feedback yang lainnya.

  • Usability Evaluation

Evaluasi ini berfokus pada seberapa baik pengguna bisa belajar cepat dan memakai fitur fitur website yang ada demi mencapai tujuan mereka. Hal ini juga sebenarnya mengacu pada seberapa puas pengguna dengan proses pemakaian tersebut.

  • Information Architecture

Bidang satu ini berfokus pada bagaimana informasi bisa diatur menjadi terstruktur dan kemudian disajikan kepada pengguna website.

  • User Interface Design

Desain UI ini berfokus untuk mengantisipasi apa yang mungkin perlu dilakukan oleh pengguna website pada saat penggunaan. Selain itu, juga memastikan bahwa interface-nya punya elemen yang mudah untuk diakses dan dipahami, agar mudah dipakai seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Interaction Design

Desain satu ini maksudnya adalah proses pembuatan sistem interaktif yang menarik bagi si pengguna website dengan suatu konsep interaksi yang telah dipikirkan dengan matang dan logis.

  • Visual Design

Desain visual ini berarti memastikan interface/tampilan website-nya yang artistik tetap sejalan dengan tujuan brand dari perusahaan Anda.

  • Content Strategy

Strategi konten ini berfokus pada penulisan dan kurasi konten yang berguna bagi si pengguna website-nya, baik untuk memahami apa produknya atau kelebihannya maupun juga tips berguna lainnya yang terkait produk. Strategi ini dilakukan dengan merencanakan pembuatan, penyampaian dan tata kelolanya seperti apa.

  • Web Analytics

Web analytics ini berfokus pada pengumpulan, pelaporan, dan analisis data dari suatu website.

Anda belum memiliki website? Silakan pelajari cara membuatnya dengan membaca:

Cara Membuat Website dengan WordPress

Apa Pentingnya User Experience?

Panduan User Experience Lengkap dari Dewaweb

Sekarang, Anda sudah tahu kan apa arti UX. Tapi, mengapa sih UX itu penting? Jika Anda adalah seorang pebisnis dan mencoba menarik lebih banyak pembeli lewat website atau aplikasi Anda, UX memang jadi sangat penting. Berikut adalah data penelitian yang mendukung argumen bahwa UX merupakan faktor sangat penting untuk sukses di era serba digital!

  • Menurut penelitian dari Imaginovation, sebuah lembaga penelitian berbasis di Amerika: Jika konten Anda tidak dioptimalkan dengan baik, sebanyak 79% pengunjung akan keluar dari website Anda dan mencari konten/produk lainnya.
  • Menurut penelitian dari lembaga riset HubSpot: pengguna ponsel 5X lebih punya kecenderungan untuk meninggalkan website Anda jika website tidak dioptimalkan agar sesuai dengan perangkat yang mereka punya. (Gawat kalau setidaknya ada 2/3 pelanggan yang akses website Anda dari ponsel mereka sebenarnya ingin melakukan pembelian pada hari itu juga)
  • Menurut penelitian dari lembaga riset MindTouch: Ini kasus nyata, pendapatan dari website ESPN.com melonjak 35% setelah mereka mendengarkan keluhan pengguna mereka dan mendesain ulang homepage mereka.
  • Menurut Adobe: 39% orang akan berhenti mengakses website jika gambar tidak dimuat-muat atau terlalu lama loading-nya.
Dewaweb cashback 30%

Jadi intinya, website Anda sekarang ini fungsinya mirip seperti toko. Bayangkan user sebagai seorang calon pembeli yang masuk ke toko Anda. Jika mereka mengalami pengalaman yang buruk, contohnya si calon pembeli ini tidak bisa menemukan apa yang mereka butuhkan. Tak hanya itu, bisa juga pihak toko tidak berhasil menjangkau calon pembelinya, maka si calon pembeli pasti akan pergi dan tidak akan kembali lagi.

Pengembangan UX ini mungkin melibatkan tim web developer yang punya tarif fantastis. Tapi, sesungguhnya, dengan waktu atau uang ataupun tenaga yang sudah dihabiskan itulah conversion rate/tingkat penjualan Anda kemungkinan besar akan naik. Mengapa? Sekali lagi, mari baca beberapa riset soal UX yang sudah kami jelaskan di poin sebelumnya.

Google sendiri telah mengumumkan bahwa UX merupakan salah satu faktor dalam peringkat mesin telusurnya. Mereka menyatakan diri ingin memberikan hasil yang relevan dan bagus di mata pelanggan, sehingga makin banyak yang pakai mesin telusur Google. Menaikkan peringkat website yang payah tidak akan membuat pengguna Google puas. Jadi sebuah website memang harus mudah digunakan, dinavigasi serta dipahami oleh pengunjungnya (web visitor).

Ingin tahu lebih lanjut soal pembuatan desain web? Silakan baca:

Panduan Membuat Desain Web

Lalu, apa sih tren terbaru dari Desain Web? Coba baca:

10 Tren Desain Website Terkini

Simpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda bisa mengenali lebih dalam soal pentingnya UX bagi pengembangan bisnis maupun website Anda. Bagaimana? Apakah Anda setuju? Tinggalkan komentar Anda di kolom yang tersedia. Selain artikel ini, kami juga kerap memberikan konten-konten berkualitas soal pengembangan bisnis dan website di blog Dewaweb. Ini adalah bentuk komitmen kami kepada Anda sebagai provider hosting murah dan vps profesional dari Indonesia yang telah disertifikasi secara internasional .

Kami memiliki misi untuk membantu Anda sukses di era digital. Tak hanya lewat konten, kami juga memiliki program Dewatalks yang akan diadakan lagi pada 6 September mendatang. Dewatalks kali ini akan dihadiri para pakar ternama di bidangnya. Kami akan mengedukasi Anda bagaimana cara meraih lebih banyak keuntungan dengan meningkatkan Web/Apps Security Anda. Selamat mengembangkan usaha Anda dan semoga berhasil ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia