ilustrasi programmer adalah

Programmer: Penjelasan, Pekerjaan, dan Syarat Menjadi Programmer

Programmer adalah salah satu profesi yang menjanjikan saat ini. Bagaimana tidak, perkembangan dunia IT membuat banyak perusahaan berbasis teknologi semakin bermunculan. Kebutuhan akan programmer pun semakin meningkat dengan tawaran gaji yang tinggi.

Artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu programmer, pekerjaannya, jenis-jenis programmer dan skill apa yang harus dikuasai untuk menjadi programmer yang handal. Yuk simak!

Programmer adalah

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah profesi bagi seseorang yang merancang rangkaian kode untuk menciptakan program perangkat lunak. Seorang programmer merancang kode dan mengubahnya menjadi instruksi yang dapat diikuti oleh komputer.

Kode yang ditulis programmer akan dipahami oleh komputer dan nantinya dapat membuat perangkat bekerja sesuai instruksi. Kode atau bahasa pemrograman yang dimaksud seperti Python, Java, PHP, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Belajar Coding untuk Pemula

Tugas dan Pekerjaan Programmer

Sederhananya, seorang programmer bertugas membuat sistem atau program di website, desktop, atau aplikasi mobile. Dalam menciptakan sebuah program yang fungsional, tentu ada proses panjang yang dilakukan. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang programmer.

1. Menganalisa kebutuhan program

Programmer harus paham terhadap kebutuhan program yang akan dibuatnya. Maka dari itu, melakukan analisa dan mengidentifikasi masalah penting dilakukan terlebih dahulu agar bisa menciptakan program yang sesuai dengan kebutuhan.

Para programmer perlu memikirkan kemudahan user menggunakan program, bagaimana pondasinya, bentuk tampilan, dan kemungkinan-kemungkinan lain yang terkait dengan program. Hal ini berguna agar program yang dibuat menjadi efisien untuk memenuhi kepentingan perusahaan.

Untuk proyek skala besar, programmer biasanya dibantu oleh system analyst yang bertugas menganalisis keseluruhan sistem dan bisnis proses di tahapan ini. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau programmer juga melakukan analisa kebutuhan karena proyek yang dikerjakan sederhana/berskala kecil.

2. Merancang alur dengan flowchart

Pasti kamu pernah memakai aplikasi atau program yang dirasa praktis dan mudah digunakan. Hal tersebut tak terlepas dari tugas programmer yang bertanggung jawab merancang alur program, supaya lebih mudah dimengerti penggunanya.

Rancangan tersebut biasanya dibuat dalam bentuk-bentuk flowchart, UML, atau ERD. Dengan adanya flowchart, para programmer dapat membayangkan alur kerja program dan mendapat gambaran mengenai tampilan UI dan UX nya. Namun untuk proyek dengan skala besar, tugas ini juga biasanya diambil alih oleh para system analyst.

3. Coding

Penulisan kode atau coding adalah tugas inti programmer. Coding merupakan kegiatan menulis serangkaian kode ke dalam komputer, yang nantinya menjadi perintah untuk sebuah program.

Coding adalah pekerjaan yang identik bagi seorang programmer. Setelah selesai merancang alur flowchart, proses coding dilakukan untuk mengubah alur tersebut menjadi sebuah program melalui bahasa pemrograman yang telah ditentukan.

Baca Juga: Keunggulan Memahami Bahasa Pemrograman Python

4. Debugging

Setelah selesai melakukan proses coding, ada satu tahapan lagi sebelum sebuah program siap diuji coba. Para programmer biasanya melakukan pengecekan terhadap kemungkinan adanya kesalahan pada bahasa pemrograman. Misalnya salah penulisan kode yang tidak dapat dipahami komputer.

Debugging adalah proses mencari bug atau gangguan yang ada dalam program yang telah dibuat. Hal ini penting untuk menghindari eror pada program yang nantinya bisa menyebabkan kesalahan yang fatal.

5. Pengujian dan Pengelolaan

Tahapan selanjutnya yang menjadi tugas programmer adalah melakukan pengujian program. Proses ini berguna untuk melihat apakah program yang dibuat dapat berjalan dengan baik atau tidak. Selain itu, mereka juga dapat mengetahui apakah program sudah bisa dipakai atau masih perlu perbaikan.

Pada proses ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah, seperti tampilan yang terlalu rumit, program terlalu berat sehingga menghabiskan daya baterai perangkat, atau memakan memori yang terlalu besar.

Proses ini wajib dilakukan untuk memperbaiki program sebelum nantinya digunakan khalayak luas. Biasanya untuk proyek dengan skala atau instansi besar, tanggung jawab ini dilakukan oleh seorang quality assurance.

Baca juga: Penjelasan dan Belajar jQuery untuk Pemula

Syarat Menjadi Programmer

Dengan berkembangnya dunia IT, tugas dan tanggung jawab programmer semakin kompleks. Maka dari itu, jika ingin menjadi programmer yang handal setidaknya kamu perlu memiliki skill-skill berikut. Yuk simak satu per satu!

1. Menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman

Untuk menjadi programmer, kamu tentu wajib menguasai bahasa pemrograman. Ada banyak bahasa pemrograman yang ada. Misalnya, C++, Java, PHP, Javascript, dan semacamnya. Tiap bahasa pemrograman memiliki fungsi dan cara penggunaan yang berbeda.

Bahasa pemrograman adalah dasar bagi programmer. Untuk itu seorang programmer wajib menguasai satu bahasa pemrograman. Sebenarnya, menguasai satu atau lebih dari satu bahasa pemrograman memiliki sisi positifnya masing-masing. Pastikan kamu sudah mahir dalam satu bahasa pemrograman terlebih dahulu sebelum mempelajari yang lainnya.

2. Menganalisa masalah

Skill satu ini penting dimiliki seorang programmer. Kemampuan menganalisa dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah pada program yang dibuat. Hal ini tak lepas dari tugas pekerjaannya dalam menjalankan tanggung jawab seorang programmer.

Skill menganalisa yang baik harus dibarengi dengan kemampuan problem solving atau menemukan solusi terhadap permasalahan. Para programmer harus mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan cara efektif yang paling tepat untuk memecahkan masalah tersebut.

3. Keterampilan membaca kode

Selain menulis kode, para programmer juga harus terampil dalam membaca source code. Mereka harus memahami logika dalam membaca kode sehingga bisa memahami proyek-proyek open source. Selain itu, pengetahuan terhadap berbagai bahasa pemrograman adalah salah satu penunjang skill membaca kode.

4. Ketelitian

Skill ini juga penting dimiliki seorang programmer. Ketelitian adalah salah satu kunci untuk menjadi programmer yang handal. Sebab, dalam dunia programming kesalahan satu titik koma atau typo saja sudah bisa menyebabkan eror. Hal ini bisa berakibat kesalahan yang fatal.

Baca juga: Panduan Lengkap Kode Warna HTML

5. Penyelesaian masalah

Kemampuan menyelesaikan masalah merupakan salah satu keterampilan utama bagi programmer. Ketika melakukan pekerjaannya, programmer dituntut untuk bisa menemukan bug atau gangguan-gangguan pada program sebelum dilakukan uji coba, yang dikenal dengan debugging.

meme programmer

Seorang programmer perlu memiliki skill debugging untuk memahami masalah yang ada pada program, mencari eror pada source code, dan menganalisanya untuk menemukan solusi perbaikan yang tepat.

Baca Juga: API: Penjelasan Lengkap, Jenis, dan Cara Kerjanya

6. Skill Bahasa Inggris

Menguasai Bahasa Inggris adalah salah satu skill yang setidaknya harus dimiliki seorang programmer. Sebab, hampir semua bahasa program dirancang menggunakan Bahasa Inggris.

Jika pada proses pembuatan program ditemui masalah, maka kamu perlu mencari referensi dan dokumentasi yang bisa membantumu. Dokumen-dokumen tersebut biasanya ditulis dalam Bahasa Inggris. Maka itu penting bagi seorang programmer untuk setidaknya menguasai Bahasa Inggris yang pasif sekalipun.

7. Menguasai jaringan komputer

Seorang programmer ada baiknya jika menguasai dasar-dasar jaringan komputer. Menguasai jaringan komputer sebetulnya bukan satu hal yang wajib untuk seorang programmer. Namun, hal tersebut penting terlebih ketika memasuki internet dan cloud computing. Seorang programmer setidaknya perlu mengetahui cara menghubungkan aplikasi atau program ke jaringan lokal atau internet.

Baca Juga: Mengenal “Hello, World!” yang Sering Digunakan di Bahasa Pemrograman

Jenis-jenis Programmer

Dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak pula jenis-jenis pekerjaan programmer yang ada saat ini. Ruang lingkup dalam industri programming menjadi lebih luas, karena kebutuhan dan ranah yang berbeda satu dengan lainnya.

Jika kamu ingin menjadi programmer, fokuslah pada salah satu bidang yang ingin ditekuni. Berikut ini ada beberapa jenis pekerjaan programmer yang perlu kamu ketahui.

1. Software developer

Seorang software developer fokus pada perancangan dan pengelolaan perangkat lunak atau software yang terdapat di sebuah program atau komputer.

Sekarang, setiap perusahaan membutuhkan software untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Misalnya saja untuk inventaris barang, absensi, keperluan akuntansi dan lainnya. Maka itu seorang software developer semakin banyak dibutuhkan jasanya.

Tidak hanya dalam penulisan kode saja, mereka perlu mengorganisir kode-kode agar bisa digunakan kembali. Mereka juga harus menganalisa kebutuhan pengguna untuk merancang solusi terbaik yang bisa diterapkan pada software.

2. Database developer

Jenis programmer lainnya adalah database developer. Sesuai dengan namanya, pekerjaan yang ditangani berhubungan dengan kumpulan data atau database. Menurut sumber, beberapa skill database developer yang harus dimiliki seperti memahami software administrasi database, kemampuan mengintegrasi data, dan tentunya menguasai bahasa pemrograman.

Setiap perangkat lunak yang di dalamnya melibatkan pemrosesan data biasanya menggunakan database sebagai media penyimpanan. Oleh karena itu, database developer diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja dan meminimalisir kompleksitas data sehingga dapat diakses program.

Baca Juga: MySQL: Penjelasan, Cara Kerja, dan Kelebihannya

3. Web developer

Ada juga jenis programmer yang khusus memiliki ranah dalam merancang dan memodifikasi website, yaitu web developer. Web developer biasanya terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

Front-end

Seorang front-end developer bertugas dalam mengeksekusi ide-ide desain UI/UX. Mereka menangani hal-hal yang berkaitan dengan menyajikan tampilan program untuk dilihat langsung oleh pengguna. Bisa dibilang, mereka bertugas menerjemahkan desain menjadi tampilan yang nyata untuk dimengerti pengguna.

Para front-end developer menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS, HTML dan Javascript untuk merancang interface website agar interaktif, dan terlihat mobile friendly.

Back-end

Jika front-end fokus membangun kerangkanya, seorang back-end developer menangani bagian data dan server website. Bisa dibilang back-end developer bertugas di belakang layar. Tanggung jawab mereka di antaranya, mengolah database, web server, integrasi API, mengelola CMS, membangun software server, dan semacamnya.

Para back-end developer biasanya menguasai bahasa pemrograman Python, PHP, Javascript, Framework dan lainnya.

Full-stack

Fullstack developer memiliki lingkup tanggung jawab yang kompleks, yakni gabungan antara front-end dan back-end. Seorang full stack developer bertanggung jawab menangani desain website hingga pengolahan database dan server.

4. Mobile app developer

Seorang mobile developer memiliki spesialisasi dalam teknologi mobile, seperti membuat aplikasi untuk Android, iOS, dan lain sebagainya. Mereka menguasai bahasa pemrograman yang menunjang pengembangan software pada platform mobile yang dipilih.

Masing-masing platform mobile menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda, misalnya untuk Android menggunakan Java, sedangkan iOS menggunakan Objective-C. Maka dari itu mobile app developer seringkali dikhususkan sesuai kategori, misalnya Android developer, iOS developer, atau video game developer.

Baca Juga: Kotlin vs Java: Mana yang Lebih Baik untuk Aplikasi Android?

Sudah Siap Belajar Jadi Programmer?

Programmer adalah salah satu profesi yang banyak diminati di era digital. Skill dan pengetahuan seorang programmer sangat mendukung untuk kemajuan bisnis, terutama yang mengarah ke digital. Tak heran, para programmer selalu dicari oleh banyak perusahaan.

Itulah penjelasan singkat mengenai programmer dan seluk-beluknya yang dirangkum ke dalam artikel ini. Semoga bermanfaat ya! Jangan lupa, selalu andalkan Dewaweb untuk urusan hosting, server, dan website!