20+ Plugin WordPress Terbaik yang Perlu Diinstal di Website

20+ Plugin WordPress Terbaik yang Perlu Diinstal di Website

Ada banyak plugin WordPress yang wajib diinstal untuk website berbasis WordPress. Plugin sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu menambahkan fitur-fitur tertentu tanpa harus menguasai ilmu coding.

Artinya, plugin WordPress dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu dalam mengelola website. Namun, jangan sampai kamu memasang lebih dari satu plugin padahal memiliki fungsi yang sama persis. Demi menghindari kesalahan tersebut, berikut ini Dewaweb sudah memilih plugin terbaik untuk WordPress yang wajib kamu instal agar website berjalan lebih optimal. Apa saja sih? Yuk, cari tahu di sini.

1. Jetpack

Satu plugin Jetpack dapat memberikan banyak keuntungan untukmu. Pasalnya, plugin yang satu ini berupa bundling yang berisi sekitar 30+ fitur di dalamnya. Mulai dari statistik pengunjung, blog subscriber hingga fitur keamanan yang akan melindungi situs kamu dari ancaman Brute Force yang mencoba login ke CMS secara terus menerus.

Plugin keamanan Jetpack memiliki dua fitur keamanan, yaitu Protect dan Monitor. Keduanya bekerja secara maksimal untuk memberitahu langsung apabila server atau website tidak dapat diakses atau down.

Baca juga: LiteSpeed Cache Plugin: Tutorial dan Review

2. LiteSpeed Cache

Plugin LiteSpeed Cache merupakan management tool caching. Tujuannya untuk mempercepat waktu loading website karena dilengkapi dengan fitur optimasi yang memadai. Dampaknya, website memiliki skor kecepatan loading yang lebih tinggi dibandingkan dengan situs lain. Plugin WordPress yang wajib di-install ini berbasis PHP, open source, dan bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis.

3. Yoast SEO

Selain dipengaruhi oleh kecepatan loading website, kamu juga harus bersaing untuk bisa muncul di halaman awal mesin pencari. Persaingan ini umumnya melalui keyword atau kata kunci.

Nah, agar website yang dikelola lebih mudah ditemukan di peringkat terbaik mesin pencari, kamu bisa meningkatkan SEO dengan sebuah plugin bernama Yoast SEO. Ini adalah jenis plugin yang paling populer karena mudah digunakan, termasuk bagi para pemula yang baru belajar optimasi SEO dalam mengelola website.

Baca juga: Yoast SEO WordPress Plugin (Panduan Lengkap)

4. Pop-up Maker

Tahukah kamu bahwa ternyata pop-up tidak selalu dihindari oleh para pengunjung. Sebaliknya, kehadiran pop-up yang menarik bisa menambah nilai conversion rate-mu. Beberapa ide pop-up yang bisa kamu gunakan adalah pengisian formulir, penawaran diskon, atau program-program berhadiah yang bisa digunakan untuk menawarkan langganan newsletter dari websitemu.

5. Akismet

Plugin penting untuk WordPress berikutnya yaitu Akismet. Berbekal plugin ini, kamu bisa menyaring atau bahkan menghapus komentar spam di halaman website. Sebagai pemilik sekaligus pengelola situs, kamu bisa memilih akan menampilkan atau menghapus komentar-komentar yang diberikan oleh pengunjung.

Plugin ini juga bekerja secara optimal dalam mengecek seluruh komentar yang datang dari script otomatis. Artinya, spam tidak terhubung dengan konten yang ada di halaman tersebut.

Baca juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

6. Keyy Two Factor Authentication

Yap, huruf “y”nya memang ada dua, Keyy Two Factor Authentication bisa kamu pasang di website-mu agar ketika seorang hacker berhasil memecahkan username dan password di website, kamu tetap dapat melarangnya untuk mengakses akunmu melalui telepon genggam.

Fitur ini membuat akses Dashboard WordPress-mu terkoneksi dengan ponsel yang memungkinkanmu mengontrol sendiri keamanan website-mu melalui ponsel dengan menggunakan sidik jari atau password lain yang kamu tentukan sendiri. Pro tips, jangan samakan password website dengan password Keyy Two Factor Authentication-mu, ya!

7. Contact Form 7

Sebaiknya, kamu juga memasang plugin Contact Form 7 pada website. Plugin WordPress yang wajib diinstal ini memudahkan pengunjung untuk menghubungi kamu sebagai pemilik website.

Biasanya, jenis plugin ini banyak digunakan oleh website company profile, blog, maupun toko online. Dilengkapi dengan fitur upload file, reCaptcha, serta terintegrasi langsung dengan Akismet, Contact Form 7 dapat digunakan untuk mengelola banyak satu form kontak sekaligus.

Baca juga: Contact Form 7: Plugin Contact Form Terbaik WordPress

8. UpdraftPlus

Backup merupakan suatu tindakan penting yang wajib kamu lakukan demi menjaga keamanan data website-mu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan plugin UpdraftPlus untuk melakukan backup yang terjamin aman dan mudah. Tapi, plugin ini hanya bisa kamu dapatkan hanya jika kamu melakukan pembelian paket hosting murah terbaik mulai dari paket Warrior di Dewaweb.

Baca Juga: 10 Plugin Advertising WordPress Terbaik

9. Wordfence

Plugin WordPress terbaik berikutnya yang harus kamu install yaitu Wordfence. Wordfence merupakan salah satu plugin keamanan yang bisa membantu melindungi WordPress kamu.

Plugin ini dapat melindungi baik dari serangan hacker, malware, maupun kejahatan lainnya. Wordfence akan mengirimkan email ketika terjadi aktivitas yang mencurigakan, misalnya seperti IP address yang tidak dikenal hingga percobaan login berkali-kali.

Dengan fitur keamanan tersebut membuat Wordfence sudah aktif digunakan hingga 1 juta pengguna di WordPress.

10. WP re-Captcha

WP re-Captcha merupakan plugin yang dapat membantu mencegah munculnya spam komentar pada postingan kamu. Spam komentar biasanya dikirim oleh bot otomatis.

Perlu kamu tahu bahwa komentar spam pada sebuah website dapat menurunkan ranking pada search engine dan akibatnya traffic website akan turun juga.

Penggunaan plugin ini cukup mudah, kamu hanya perlu memasangnya pada akun WordPress. Apabila sudah aktif, maka setiap pengguna yang ingin berkomentar, mereka harus memasukan kombinasi angka dan huruf atau captcha. Untuk memastikan bahwa yang mengirim komentar benar-benar manusia bukan bot.

Baca Juga: Rekomendasi Plugin WordPress Anti Spam Captcha

11. All in One SEO Pack

All in One SEO atau AIO SEO merupakan salah satu plugin WordPress terbaik untuk mengoptimasi website. Plugin ini cukup mirip dengan Yoast SEO, yaitu menyediakan berbagai fitur SEO yang dibutuhkan.

Selain fitur SEO standar, AIO SEO juga sekaligus terhubung dengan Google Search Console dan Google Analytics. Kemudian salah satu yang menarik dari plugin ini adalah fitur auto meta description, sehingga kamu tidak perlu membuatnya manual.

Baca Juga: 12 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Tingkatkan Trafik Website

12. Redirection

Biasanya pada setiap website pasti ada saja broken link, padahal link yang rusak seperti itu dapat merusak ranking situs pada search engine. Untuk mengatasinya maka kamu perlu mengganti link yang rusak dengan link yang aktif.

Namun, proses mengganti link tersebut pasti akan repot jika dilakukan satu persatu. Maka dari itulah kamu perlu menggunakan plugin redirection.

Plugin ini dapat membantu mengatasi broken link, ditambah terdapat fitur WP CLI yang akan membantu proses ekspor impor data secara otomatis.

13. Broken Link Checker

Jika plugin sebelumnya dapat membantu dalam mengganti link yang rusak, maka Broken Link Checker memungkinkan kamu dalam memantau situs dari link yang rusak atau gambar yang hilang.

Ketika ada link rusak atau gambar yang hilang, maka Broken Link Checker akan mengirimkan notifikasi via email, setelah itu kamu bisa langsung memperbaikinya.

14. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin WordPress terbaik untuk kamu yang ingin meningkatkan kecepatan website tanpa harus menambah bandwidth

Cara kerja dari W3 Total Cache yaitu akan menyimpan semua informasi yang diminta pengunjung website di browser. Sehingga ketika ada pengguna yang meminta informasi yang sama, maka informasi bisa langsung ditampilkan tanpa perlu mencari di server.

Karena tidak perlu repot mencari di server, maka performa website bisa menjadi lebih baik serta menghemat resource.

Baca Juga: 12 Cara Mempercepat Website WordPress Paling Ampuh

15.  WP Rocket

Sama seperti sebelumnya, plugin ini juga dapat membantu proses loading website menjadi semakin cepat. WP Rocket adalah salah satu plugin WordPress terbaik yang dapat membuat situs kamu menjadi ringan.

Dengan memasang plugin tersebut, secara otomatis file HTML, JavaScript, dan CSS bisa lebih berkurang. Sehingga kita pengunjung mengakses situs kamu, mereka bisa  membuka secara cepat.

16. Imagify

Mungkin sebelumnya kamu juga sudah sering mendengar, bahwa gambar yang diunggah pada website sebaiknya ukurannya jangan terlalu besar, karena dapat membuat loading web semakin lama.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu dapat memasang plugin Imagify yang dapat mengkompres gambar secara otomatis. 

Pada Imagify, terdapat 3 opsi level kompres gambar yaitu normal, aggressive, dan ultra. Apabila sudah dikompres, kamu dapat mengembalikan ke versi aslinya dengan cara di-backup.

Baca Juga: 10+ Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto

17. Sassy Social Share

Salah satu cara untuk membantu meningkatkan traffic website yaitu membagikan konten ke media sosial. Kamu dapat membagikannya secara mudah dengan bantuan plugin Sassy Social Share. 

Plugin ini akan memunculkan icon beragam jenis media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan masih banyak yang lain. 

Sehingga apabila ada pengunjung yang ingin share, mereka tinggal mengklik icon tersebut. 

18. NextGEN Gallery

NextGEN Gallery merupakan plugin WordPress terbaik yang cocok digunakan pada website dengan kebutuhan gambar yang banyak. Contohnya seperti website desain grafis, fotografi, atau yang lain.

Plugin ini memiliki beragam fitur yang bermanfaat seperti edit thumbnail, mengatur foto, hingga membuat slideshow. Dengan fitur-fitur tersebut membuat NextGEN Gallery banyak diunduh pengguna serta menjadi pilihan yang tepat untuk membangun galeri gambar pada website.

Baca Juga: 17 Rekomendasi Plugin Galeri Foto untuk WordPress

19. WooCommerce

Apabila kamu seorang pemilik usaha atau bisnis, maka penting untuk memiliki website toko online sendiri. Solusinya yaitu menggunakan WooCommerce.

WooCommerce memang menjadi salah satu plugin WordPress terbaik untuk kategori toko online. Di sana terdapat berbagai fitur yang dapat memudahkan kamu dalam mengelola situs.

Diantaranya seperti fitur metode pembayaran, laporan penjualan, shopping rule, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

20. BackWPup Free – WordPress Backup

BackWPup merupakan plugin WordPress terbaik yang memungkinkan kamu mem-backup data website dengan berbagai format. Selain itu, kamu juga dapat memilih file mana yang akan disimpan pada penyimpanan tertentu.

Sampai saat ini terdapat lebih dari 600 ribu pengguna aktif yang menggunakan plugin tersebut. Dengan BackWPup, situs akan dibackup secara otomatis dan terjadwal. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika di kemudian hari datanya hilang, karena bisa langsung restore.

21. MonsterInsights

MonsterInsights merupakan plugin WordPress terbaik yang dapat menghubungkan situs WordPress dengan Google Analytics. Dengan adanya fitur ini, maka kamu tidak perlu membuka Google Analytics terlebih dulu ketika ingin melihat performanya.

Karena plugin ini dapat diakses langsung melalui dashboard website kamu. MonsterInsights akan memberikan data lengkap seperti jumlah kunjungan, halaman yang sering dikunjungi, dan masih banyak data lainnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memasang Google Analytics di Website WordPress

22. Really Simple SSL

Plugin terakhir yaitu Really Simple SSL, plugin ini akan membantu kamu mengganti URL dari HTTP ke HTTPS hanya dengan sekali klik saja. Mengapa harus diganti ke HTTPS? Karena website dengan protokol HTTPS dianggap lebih aman oleh search engine. Walaupun URL-nya diganti, tapi kamu tidak perlu khawatir karena tidak akan terjadi perubahan pada databasenya. 

Manfaatkan Plugin WordPress untuk Website Lebih Maksimal!

Itulah tujuh plugin WordPress yang wajib diinstal untuk kamu yang memiliki situs dengan CMS WordPress. Agar plugin yang terpasang di website-mu bisa semakin optimal, jangan gunakan dua plugin dengan fungsi yang sama agar tidak dianggap mencurigakan oleh mesin pencari.

FYI kamu juga bisa mendapatkan gratis plugin di atas hanya dengan membeli paket cloud hosting mulai dari paket Warrior yang sudah terbukti cepat, aman, dan dapat diandalkan untuk mendukung website-mu.