15 Plugin Translate WordPress Terbaik untuk Websitemu

15 Plugin Translate WordPress Terbaik untuk Websitemu

Sebagai salah satu platform populer, WordPress saat ini telah digunakan oleh jutaan website di seluruh dunia. Sayangnya, WordPress hanya bisa digunakan dalam satu bahasa saja sehingga pengguna tidak dapat membuat postingan multibahasa. Diperlukan plugin translate WordPress terbaik untuk menerjemahkan seluruh halaman website secara otomatis.

Sebenarnya, untuk membuat website atau konten multibahasa, kamu dapat menerjemahkannya sendiri secara manual. Tetapi cara ini dinilai kurang efisien karena memakan waktu cukup lama. Terlebih jika situs web sudah memuat banyak konten, melakukan manual translate jelas sangat melelahkan.

Lalu, apa saja rekomendasi plugin terjemahan WordPress? Ada banyak jenis plugin dengan fitur dan kelebihannya masing-masing. Tanpa berlama-lama, di bawah ini adalah beberapa plugin translate terbaik versi Dewaweb yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. Simak artikelnya sampai akhir, ya!

Baca Juga: 10 Cara Cek Harga Website Paling Praktis dan Mudah, Wajib Tahu

1. WP Multilang

plugin translate wordpress terbaik - wp multilang

WP Multilang merupakan sebuah plugin translate yang bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis post, halaman, hingga REST, PHP, dan lain sebagainya. Kompatibilitas WP Multilang cukup luas dan dapat diintegrasikan dengan Contact Form, WooCommerce, WPBakery, Mailchimp, TablePress, dan lain-lain. Plugin satu ini dapat digunakan secara free alias gratis, kamu dapat mengunduhnya langsung di WordPress.org.

Harga: Gratis

2. Loco Translate

plugin translate wordpress terbaik-loco

Loco Translate merupakan plugin yang cukup populer dan banyak digunakan para pemilik website. Pengaya ini tercatat telah digunakan oleh jutaan pengguna dengan rating sempurna, yakni bintang 5.

Loco Translate terintegrasi secara langsung dengan layanan terjemahan automatic sehingga mampu menerjemahkan bahasa pada browser. Selain itu, Loco Translate menawarkan fitur menarik lainnya seperti update file bahasa, integrasi API terjemahan, WP admin editor, keyboard shortcut, dan lain-lain.

Harga: Gratis, terdapat fitur berbayar dengan harga mulai dari US$5,9 per bulan

3. My WP Translate

plugin translate wordpress terbaik-mywp

Rekomendasi selanjutnya merupakan plugin besutan MyThemeShop, yakni My WP Translate. Meski hadir sebagai plugin gratisan, My WP Translate menawarkan layanan yang tak kalah menarik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya fitur-fitur lumayan lengkap untuk menunjang website multibahasa. Sebut saja seperti export import string, tanpa coding, hingga terjemahan dari back-end, plugin, dan tema apapun.

Harga: Gratis

Baca Juga: 10+ Plugin LMS WordPress Terbaik untuk Website E-Learning

4. Polylang

plugin translate wordpress terbaik-polylang

Plugin translate WordPress rekomendasi lainnya yaitu Polylang yang merupakan besutan dari WP SYNTEX. Hadir dengan desain simpel, Polylang memungkinkan pengguna menambahkan terjemahan website secara praktis dan mudah. Bukan itu saja, Polylang bahkan mampu membuat Uniform Resource Locator (URL) yang lebih ramah Search Engine Optimization (SEO) untuk bahasa yang dipilih.

Harga: Gratis

5. Lingotek Translation

plugin translate wordpress terbaik-lingotek

Berbeda dari sebelumnya, Lingotek Translation merupakan pengaya terjemahan berbasis cloud. Lingotek memungkinkan pengguna mengatasi masalah proses penerjemahan yang cenderung memakan banyak waktu. Adapun fitur plugin ini terdiri dari automatic translate, terjemahan profesional, dan translate dari komunitas. Untuk mengunduh Lingotek Translation, kamu dapat langsung mengunjungi WordPress.org.

Harga: Hubungi pihak developer terkait harga penjualan

6. Google Language Translator

google language translator

Jika kamu mencari pengaya terjemahan yang ringan, Google Language Translator mungkin bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Plugin ini merupakan bagian dari GTranslate dan telah dipasang oleh ratusan ribu pengguna. Sesuai namanya, pengaya sudah terintegrasi secara langsung dengan layanan Google. Selain itu, Google Language Translator memiliki fitur terjemahan dimana pengguna dapat melakukan penyesuaian pada bagian menu, page, post, widget, dan lain sebagainya.

Harga: Gratis, terdapat fitur berbayar dengan harga mulai dari US$7,9 per bulan

7. Transposh

transposh

Transposh dikenal sebagai widget yang memiliki fitur penggabungan terjemahan manusia dan terjemahan otomatis. Kinerja fitur tersebut cukup baik dimana hasil terjemahan terlihat lebih human friendly. Untuk urusan kelengkapan kosakata, plugin satu ini terhubung dengan API dari Google, MSN, serta layanan translator profesional lainnya. Kamu dapat menempatkan widget Transposh di lokasi manapun agar pengunjung dapat memilih bahasa yang ingin mereka gunakan.

Harga: Gratis

Baca Juga: 15+ Contoh Website Sekolah yang Menarik dan Inspiratif

8. TranslatePress

translatepress

TranslatePress memungkinkan kamu melihat preview terjemahan secara langsung mulai dari halaman, konten, meta, dan sebagainya tanpa harus merubah interface website. Pasalnya, fitur terjemahan TranslatePress memang didesain agar dapat diakses dari halaman front-end. Menariknya, kompleksibilitas plugin ini sangat tinggi sehingga dapat dipasang pada semua template dan plugin WordPress.

Harga: Fitur berbayar dengan harga mulai dari US$96 per tahun

9. Weglot

weglot

Sama seperti Lingotek, Weglot merupakan plugin translate WordPress berbasis cloud. Salah satu kelebihan Weglot adalah fitur terjemahan yang telah dioptimalkan untuk SEO. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir karena ranking situs web tidak akan menurun setelah melakukan proses penerjemahan. Selain itu, terdapat lebih dari seratus pilihan bahasa dengan waktu penerjemahan hanya dalam hitungan detik saja.

Harga: Gratis, terdapat fitur berbayar dengan harga mulai dari US$120 per tahun

10. WPML

wpml

Tak kalah populer, WPML merupakan multilingual plugin berbayar yang telah dipasang dan digunakan oleh jutaan website di seluruh dunia. WPML memungkinkan kamu menerjemahkan website ke lebih dari 60 bahasa berbeda pra-registrasi tanpa memerlukan keahlian coding. Plugin ini menawarkan banyak fitur menarik seperti automatic translation, terjemahan memori, spell checker, dan glosarium.

Harga: Fitur berbayar dengan harga mulai dari US$39 per tahun

11. Babble

babble

Babble merupakan pengaya terjemahan yang kompatibilitasnya dirancang sedemikian rupa agar kompatibel dengan seluruh fungsi inti WordPress. Hal tersebut bertujuan agar pengguna dapat membuka website dalam bahasa apapun sesuai keinginan mereka. Sampai saat ini, Babble memiliki komunitas open-source aktif sehingga bisa terus berkembang dan menghadirkan fitur-fitur baru. Menurut situs resminya, performa generating page Babble diklaim 20% lebih cepat daripada plugin premium pada umumnya.

Harga: Gratis

Baca Juga: Cara Pasang Iklan Banner di Website dengan Mudah dan Cepat

12. Lokalise

lokalise

Lokalise merupakan salah satu plugin translate WordPress terbaik yang menawarkan toolkit paling lengkap untuk proses translation situs web. Lokalise cukup mudah dipelajari karena sudah menggunakan sistem manajemen terjemahan yang cepat. Dengan lebih dari 50 integrasi, plugin ini sangat cocok dengan semua alur kerja yang ada pada WordPress. Kelebihan Lokalise yang tidak dimiliki oleh plugin lain yaitu optimasi SEO internasional.

Harga: Gratis (trial), terdapat fitur berbayar dengan harga mulai dari US$230 per bulan

13. MultilingualPress

multilingual

Selain WordPress, versi terbaru MultilingualPress menawarkan dukungan plugin tingkat lanjut untuk WooCommerce. Fitur utama pengaya satu ini adalah toleransi tinggi untuk mencegah terjadinya kehilangan data, termasuk halaman yang telah diterjemahkan sebelumnya. Fitur tersebut sangat bermanfaat guna menghindari proses penerjemahan ulang ketika terjadi penghapusan secara tak sengaja.

Harga: Fitur berbayar dengan harga mulai dari US$99 per tahun

14. Google Website Translator

google web translator

Rekomendasi pengaya multilingual lainnya yaitu Google Website Translator. Digunakan dalam bentuk widget atau kode pendek, plugin ini benar-benar ringan karena tidak bergantung pada CSS eksternal maupun JavaScript. Selain itu, pengaya memungkinkan kamu menerjemahkan halaman ke lebih dari seratus bahasa berbeda.

Google Website Translator juga sangat cocok untuk website kompleks yang cenderung berisi konten-konten berat. Semua pengaturan disimpan dalam sebuah database sehingga proses penerjemahan hampir tidak berdampak terhadap pemuatan halaman situs. Alhasil, website bisa diterjemahkan dalam waktu sangat singkat.

Harga: US$50 satu kali biaya

15. GTranslate

gtranslate

Sama seperti Google Language Translator dan Google Website Translator, GTranslate juga menggunakan fitur Google Translate dalam proses penerjemahannya. Tetapi, GTranslate sedikit berbeda dimana plugin dapat menyembunyikan beberapa tampilan sesuai kehendak pengguna.

GTranslate versi berbayar sudah mendukung 103 bahasa berbeda dengan kompatibilitas SEO secara penuh. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir karena proses penerjemahan tidak akan mempengaruhi ranking website. Selain itu, GTranslate merupakan layanan berbasis cloud yang menawarkan kinerja super cepat.

Harga: Gratis, terdapat fitur berbayar dengan harga mulai dari US$7,9 per bulan

Baca Juga: 10+ Plugin Keamanan WordPress Terbaik yang Wajib Diinstal

Manfaatkan Plugin Translate WordPress untuk Website!

Itulah rekomendasi plugin translate WordPress terbaik sebagai bahan referensi yang mungkin dapat kamu pilih. Baik gratis maupun berbayar, semua memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, ya. Sedikit tips, sebaiknya jangan terlalu banyak memasang plugin karena akan berdampak buruk terhadap performa website.