15+ Contoh Website Sekolah yang Menarik dan Inspiratif!

15+ Contoh Website Sekolah yang Menarik dan Inspiratif!

Di era digital seperti sekarang, keberadaan website kini dimanfaatkan sekolah untuk berbagai tujuan, termasuk media promosi, informasi, hingga pembelajaran. Ada banyak contoh website sekolah di Indonesia dengan desain dan fungsionalitas yang baik. Website berguna sebagai sarana meningkatkan kualitas mutu sekolah, baik dari sisi akademik maupun strategi pemasaran. Semakin bagus desain dan kemudahan aksesnya, maka profesionalitas dan daya tariknya tentu lebih tinggi.

Dalam pembuatannya, website sekolah mesti dibangun secara profesional tidak sembarangan. Tujuannya yaitu agar pengunjung betah saat mengeksplorasi atau mencari informasi yang mereka butuhkan. Selain performa, tampilan dan kompleksibilitas navigasi juga perlu diperhatikan agar website bisa berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari inspirasi pembuatan web sekolah, di artikel ini Dewaweb bagikan beberapa contoh yang mungkin bisa dijadikan referensi. Simak terus sampai akhir, ya!

SMP-SMA Al Izzah Batu Malang

contoh website sekolah - al izzah

SMP-SMA Al Izzah merupakan islamic boarding school bertaraf internasional yang terletak di Batu Malang, Jawa Timur. Tampilan website sekolah ini didesain untuk memudahkan distribusi dan akses informasi kepada pengguna, baik itu siswa, wali, dan masyarakat luas. Pengguna bahkan dapat mendaftarkan calon peserta didik secara langsung melalui website sekolah.

SMA Virgo Fidelis Bawen

contoh website sekolah - virgo fidelis

SMA Virgo Fidelis terletak di daerah Bawen, Jawa Tengah. Tampilan website sekolah dibuat simpel dengan warna dominan putih. Meski sederhana, desain website sama sekali tidak memberikan kesan kuno, melainkan lebih nyaman dilihat. Uniknya, header website menampilkan logo sekolah dan yayasan dimana hal ini sangat jarang ditemui pada kebanyakan website sejenis lainnya.

SMP Xaverius 2 Bandar Lampung

contoh website sekolah - xaverius

Tampilan website SMP Xaverius 2 Bandar Lampung bisa dikatakan sangat sederhana dan pendek. Namun, semua informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah pada menu website. Perpaduan warna putih dan biru muda tidak berlebihan membuatnya nyaman dilihat. Selain itu, tampilan pendek memberikan kesan website yang tertata rapi.

SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga

contoh website sekolah - nidaul hikmah

SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga memiliki website dengan tampilan yang elegan dan modern. Selain desain, informasi yang dimuat pun cukup lengkap mulai dari profil, berita, lokasi, dokumentasi, dan lain sebagainya. Pengguna akan merasa nyaman ketika mengeksplor website SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga.

Baca Juga: 15+ Contoh Website Undangan Terbaik sebagai Inspirasi

SMPIT Harapan Ummat Purbalingga

contoh website sekolah - harapan ummat

Tampilan website SMPIT Harapan Ummat Purbalingga didominasi warna putih dan hijau, dimana warna tersebut umumnya identik dengan lembaga pendidikan islam. Header setiap kategori dibuat simpel namun memiliki animasi sehingga terlihat menarik dan rapi. Sejumlah informasi seperti profil, galeri, berita, dan sebagainya bisa dibuka secara mudah oleh pengguna. Selain itu, SMPIT Harapan Ummat Purbalingga membuat fitur PPDB online serta tautan ke beberapa media sosial populer, diantaranya termasuk Facebook, Instagram, dan Twitter.

SDN 21 Betung

contoh website sekolah - sdn 21

SDN 21 Betung terletak di Kecamatan Betung, Banyuasin, Sumatera Selatan. Tampilan website sekolah memiliki kesan simpel, responsif, namun tetap menarik dengan perpaduan warna putih dan biru. Di halaman beranda, pengguna akan melihat sambutan dari kepala sekolah disusul sejumlah berita terbaru tentang SDN 21 Betung. Pada bagian sidebar terdapat beberapa informasi penting seperti kontak dan alamat sekolah.

SD Muhammadiyah 1 Krian

sdn muhammadiyah

Sama seperti website sekolah pada umumnya, SD Muhammadiyah 1 Krian menempatkan fitur slider berukuran besar di bagian beranda. Terdapat beberapa menu informatif yang berguna untuk memudahkan pengguna mengakses informasi-informasi tertentu. Selain itu, SD Muhammadiyah 1 Krian menambahkan fitur PPDB dimana pengguna dapat mendaftarkan calon peserta didik secara online di website sekolah.

SMP-SMA Luqman Al Hakim Surabaya

website sekolah sma luqman a

Sebagai salah satu boarding school favorit di Surabaya, SMP-SMA Luqman Al Hakim memiliki website yang menarik, baik desain, navigasi, maupun fungsionalitasnya. Tampilan website terlihat responsif dan modern dengan perpaduan beberapa warna yang ciamik dari background, teks, dan sejumlah fitur lainnya. Adapun fitur untuk mengunduh buku data peserta didik, reservasi penginapan, pembiayaan, hingga pendaftaran.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

ACS Jakarta

acs jakarta

ACS Jakarta merupakan salah satu sekolah internasional untuk usia 3-18 tahun yang terletak di Kelurahan Setu, Jakarta Timur. Tampilan website secara keseluruhan tertata sangat rapi, modern, dan responsif baik dari sisi desain maupun layout. Website didominasi warna putih dengan header dan footer berwarna biru. Sementara untuk hoover tombol, website ini menggunakan warna orange.

SMK SMF Indonesia Yogyakarta

smk smf indonesia jogja

SMK SMF Indonesia merupakan sekolah dengan program keahlian unggulan farmasi yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tampilan website didominasi warna putih dan biru gelap dengan hoover tombol warna biru muda. Bagian header diisi dengan beberapa menu profil, kurikulum, kontak, dan galeri. Selain itu, terdapat beberapa fitur berbasis online seperti PSB, Post Test, Alumni, Sistem Informasi STF, dan lain sebagainya.

SMAN 2 Kebumen

sman 2 kebumen

Website sekolah yang dibuat SMAN 2 Kebumen memiliki tampilan menarik dengan dominasi warna putih dan hijau. Desain dan layout tertata sangat baik sehingga pengguna tidak akan bingung ketika mengeksplor website. SMAN 2 Kebumen menyeimbangkan fungsionalitas dan desain sehingga selain memudahkan pencarian informasi, website sekolah pun enak dilihat.

SMAN 1 Yogyakarta

sman 1 jogja

Berbeda dengan contoh website sekolah pada umumnya, SMAN 1 Yogyakarta menyuguhkan semacam form pencarian berlatar belakang video di halaman depan website. Tidak ada foto atau gambar slider, namun tetap terlihat elegan, modern, dan rapi. Ada beberapa fitur yang ditampilkan jika pengguna scroll ke bagian bawah, misalnya tenaga pendidik, alumni, prestasi, profil, ekskul, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 20+ Plugin WordPress Terbaik yang Perlu Diinstal di Website

SMKN 12 Jakarta

smkn 12

SMKN 12 Jakarta memiliki tampilan website yang terlihat cantik dan modern. Jika kebanyakan sekolah meletakkan logo di bagian samping, lain halnya SMKN 12 Jakarta yang menempatkannya tepat di bagian tengah. Kemudian disusul dengan beberapa menu seperti Beranda, Galeri, Sejarah Singkat, dan E Learning. Ketika pertama kali membuka situs, pengguna disuguhkan dengan ucapan selamat datang berlatar belakang daerah perkotaan.

SMKN 8 Jakarta

smkn 8 jakarta

SMKN 8 Jakarta membuat website yang cukup menarik dan sederhana. Tampilannya sangat didominasi warna putih dipadukan beberapa fitur berwarna hitam dan abu-abu. Meski tidak colorfull namun tetap enak dipandang. Kamu tidak akan menemukan logo sekolah di bagian header, melainkan tulisan Smkn8Jkt.id berwarna biru.

SMAN 8 Yogyakarta

sman 8 jogja

Sebagai salah satu sekolah dengan akreditasi A, SMAN 8 Yogyakarta memiliki tampilan website yang sudah modern. Logo ditampilkan lengkap dengan nama sekolah di bagian samping, disusul beberapa menu utama di bagian header. Selain itu, terdapat beberapa informasi yang dikemas menarik menggunakan thumbnail, misalnya widget pengumuman, berita, sarana prasarana, ekstrakurikuler, dan lain sebagainya.

SMAN 78 Jakarta

sma 78

Contoh website sekolah selanjutnya yaitu SMAN 78 Jakarta dimana tata kelola sekolah ini sudah berbasis ICT. Dengan tampilan modern dan responsif, pengguna akan lebih nyaman ketika mencari informasi di website sekolah satu ini. Bukan itu saja, SMAN 78 Jakarta juga sudah menerapkan E-KBM, E-Point, dan E-Learning.

SMKN 1 Cimahi

smkn 1 cimahi

Contoh website sekolah yang terakhir yaitu SMKN 1 Cimahi. Sekolah dengan program keahlian rekayasa perangkat lunak dan sistem jaringan aplikasi ini memiliki tampilan website yang tertata dengan baik. Tampilan keseluruhan sangat enak dipandang, presisi, tanpa mengabaikan performa kecepatan. Latar belakang website didominasi perpaduan warna putih, biru tua, dan orange. Ketika membuka halaman depan, pengguna disuguhkan foto peserta didik bersama Ridwan Kamil, gubernur Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

Mana Contoh Website Sekolah Favorit Kamu?

Sebenarnya masih banyak contoh website sekolah di Indonesia yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Website sekolah di atas merupakan segelintir contoh yang mungkin bisa dijadikan sebagai inspirasi atau referensi. Agar website terlihat profesional, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya termasuk fitur, desain, layout, dan beberapa menu penting seperti profil sekolah, kontak, berita, pengumuman, dan sebagainya. Semoga bermanfaat dan salam sukses online, ya!