9+ Fitur Website yang Wajib Dipasang Agar Lebih SEO Friendly

9+ Fitur Website yang Wajib Dipasang Agar Lebih SEO Friendly

Bagi kamu para pemilik website, fitur website adalah hal yang penting kamu perhatikan untuk keberlangsungan dan kesuksesan situs. Pasalnya, memasang fitur-fitur penting dapat mengoptimalkan SEO website itu sendiri.

Nah, situs yang ramah SEO tentu saja berpengaruh terhadap visibilitas website di hasil pencarian atau SERP. Semakin optimal SEO website-nya maka semakin mudah situs kamu muncul pada peringkat atas mesin pencari.

Pada artikel kali ini, Dewaweb akan memberikan rekomendasi beberapa fitur yang wajib kamu pasang di situsmu untuk memaksimalkan SEO-nya. Langsung saja simak sampai akhir yuk!

Baca Juga: Mengenal Apa itu SEO & Manfaatnya untuk Traffic Website

1. Mobile Friendly

Saat ini banyak pengguna yang beralih dari desktop ke perangkat mobile untuk mengakses web. Dalam hal ini, kecepatan loading halaman web menjadi faktor yang sangat penting, terutama ketika diakses melalui perangkat mobile.

Koneksi internet yang terbatas dan kecepatan jaringan yang lebih rendah pada perangkat mobile menjadi kendala dalam mengakses situs web. Pengunjung mobile menginginkan pengalaman pengguna yang responsif dan cepat saat mengakses situs web, maka dari itu penting untuk memastikan bahwa website-mu sudah responsif saat dibuka melalui perangkat mobile seperti HP atau tablet.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Website Mobile Friendly untuk Tingkatkan SEO

2. Loading Cepat

Kecepatan loading halaman sangat penting dalam hal SEO karena mesin pencari, seperti Google, mempertimbangkan kecepatan halaman sebagai salah satu faktor dalam menentukan peringkat situs web. Di bawah ini terdapat beberapa alasan mengapa kecepatan loading halaman berhubungan erat dengan SEO:

  1. Pengguna cenderung meninggalkan situs web jika halaman tidak memuat dengan cepat. Apabila halaman membutuhkan waktu lama untuk memuat, pengguna cenderung akan meninggalkan situs dan mencari alternatif yang lebih cepat.
  2. Mesin pencari menggunakan robot (crawler) untuk menjelajahi dan mengindeks situs web. Robot tersebut memiliki waktu terbatas untuk mengunjungi dan mengindeks setiap halaman dalam situs. Jika halaman memuat dengan lambat, robot tidak dapat mengindeks seluruh konten yang ada. Alhasil konten situs web tidak terlihat dalam hasil pencarian.
  3. Menyambung poin ke-2, kecepatan loading halaman yang buruk juga dapat menghambat robot dalam menjelajahi dan mengindeks situs. Jadi, beberapa bagian situs web milikmu mungkin tidak terlihat atau terindeks dengan baik, hal ini berdampak pada keterlihatan situs web dalam hasil pencarian.
  4. Kecepatan loading halaman juga berdampak pada persaingan dengan situs web lain. Jika situs web kamu memuat dengan lambat, situs web lain yang lebih cepat akan memiliki keunggulan. Situs web yang lebih cepat memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian dan menarik lalu lintas organik lebih banyak.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

Nah, untuk mendukung kecepatan loading halaman, kamu dapat menggunakan cloud hosting dari Dewaweb. Hosting ini sudah pasti cepat karena menggunakan web server LiteSpeed Enterprise dan terbukti 40x lebih cepat dari Apache web server serta didesain untuk menangani volume traffic website yang sangat tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Hosting Sebagai Tempat Mengelola Website

3. Keamanan

Keamanan website menggunakan SSL memiliki dampak signifikan pada SEO karena Google telah mengumumkan bahwa faktor peringkat dalam algoritma pencarian salah satunya adalah penggunaan HTTPS. Dengan kata lain, situs web yang menerapkan protokol HTTPS melalui penggunaan SSL cenderung memiliki peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Hosting pada Dewaweb telah dilengkapi SSL, dengan spesifikasi premium Anti DDoS Protection yang dapat melindungi web dari serangan DDoS L3/L4, Imunify360 WAF yang melindungi dari ancaman malware, Dewaguard Web Defense yang mampu melakukan security hardening dan vulnerability assessment, Free Secure SSL Grade A, dan telah bersertifikat ISO 270001.

Baca Juga: Kenalan dengan SSL yang Bisa Memaksimalkan Kerja Website

4. Navigasi Website

Navigasi yang mudah dimengerti sangat penting dalam sebuah situs web. Fungsi utamanya yaitu mengelompokkan produk menjadi beberapa kategori. Jadi, navigasi yang baik akan membantu pengguna menemukan informasi dengan mudah.

Dengan menggunakan menu yang jelas dan teratur, pengguna dapat dengan cepat menuju halaman yang mereka cari. Selain itu, navigasi yang intuitif juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mempertahankan traffic situs web.

menu navigasi website

Dalam hal SEO, navigasi yang baik dapat membantu mesin pencari memahami struktur situs web. Oleh karena itu, pemilik situs web harus memperhatikan navigasi yang mudah dimengerti saat merancang dan mengembangkan situs web mereka.

Baca Juga: Mengenal Struktur Navigasi Web, Jenis-Jenis, dan Tips Membuatnya

5. Fitur Pencarian

Fitur penting berikutnya yang perlu dipasang yaitu fitur pencarian. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian data, dokumen, atau hasil lainnya dari satu tempat tanpa perlu memeriksa sumber-sumber yang berbeda secara terpisah.

Pencarian dapat digunakan dalam berbagai konteks, misalnya pada platform e-commerce untuk mencari produk dari berbagai penjual, atau dalam sistem manajemen berkas untuk mencari dokumen dari berbagai folder yang berbeda. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menghemat waktu dan upaya dalam mencari informasi yang mereka butuhkan dengan cara yang mudah dan cepat.

fitur website - pencarian

6. Fitur Interaktif

Selanjutnya adalah fitur website interaktif yang dapat menghubungkan antara pemilik situs dengan pengunjung. Ada dua fitur yang dapat kamu gunakan, berikut diantaranya.

Live chat dengan customer service

Fitur live chat adalah fitur yang memungkinkan komunikasi antara penyedia layanan dan pengguna. Dengan fitur live chat, pengguna dapat bertanya secara real-time kepada penyedia layanan terkait produk maupun kendala yang dihadapinya. 

Seperti Dewaweb yang menyediakan fitur live chat dengan customer service langsung, bukan bot yang membalas otomatis dengan pesan yang cenderung template. Sehingga hal ini akan meningkatkan kepuasan layanan pengguna karena kendala mereka dapat diatasi secara cepat.

fitur website chat 24 jam

 

Social sharing

Social sharing button adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten dari situs web ke platform media sosial mereka, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang mengetahui konten dan mengunjungi situs kamu, hal ini tentu akan turut meningkatkan traffic website.

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

Kolom komentar

Fitur kolom komentar di bagian bawah postingan artikel dapat memberikan kesempatan pada pengguna untuk berinteraksi langsung, baik dengan pengguna lain maupun pemilik situs. Hal ini juga menjadi kesempatan pengguna untuk memberikan umpan balik atau pertanyaan seputar konten. Sehingga hal ini dapat meningkatkan hubungan baik antara pengguna dan pemilik website.

7. Anti Spam

Komentar yang masuk ke website biasanya tidak hanya satu, melainkan banyak sekaligus dan itu biasanya adalah spam. Maka dari itu fitur anti spam dibutuhkan pada website untuk memfilter komentar spam yang merusak dan mengganggu kenyamanan website kamu. Dengan fitur website tersebut, situs kamu akan terhindar dari komentar-komentar spam yang kurang penting dan tidak bermanfaat.

Sementara dari sisi pemilik website, fitur anti spam sangat berguna untuk memblokir email-email spam yang mengganggu. Selain itu, fitur anti spam akan menghindari email yang kamu kirim masuk ke folder spam penerima. Nah, untungnya hosting dari Dewaweb bisa mengatasi itu semua.

Dilengkapi dengan SpamExperts & MailChannels Protection, incoming email ke inbox kamu dijamin bersih dari spam, virus, dan phising. MailChannels juga akan melakukan pengiriman email dari server Dewaweb dengan lancar dan masuk ke Inbox penerima, bukan ke Junk/Spam folder. Produktivitas kerja kamu menjadi maksimal dan semakin lancar!

8. Caching

Fitur caching dapat membantu meningkatkan kecepatan website. Sebab caching adalah proses penyimpanan sementara data atau halaman web yang telah dimuat sebelumnya. Dengan adanya cache, pengunjung yang hendak membuka kembali halaman yang sudah pernah dibuka, proses pemuatannya akan lebih cepat.

Selain itu caching juga dapat menghemat memori server. Dengan caching, server tidak perlu memproses secara penuh karena konten sudah ada pada cache. Adapun hosting Dewaweb sudah dilengkapi Redis DB Caching, yaitu teknologi caching database objects di RAM yang performanya lebih cepat dari teknologi sebelumnya (memcached).

Baca Juga: Apa Itu Cache? Penjelasan dan Cara Menghapus Cache di Perangkatmu

9. Backup Data

Backup dan restore data adalah hal yang krusial dalam dunia teknologi, terutama dalam konteks SEO. Backup data merpakan pembuatan salinan data untuk mengantisipasi kehilangan atau kerusakan.

Dengan melakukan backup secara teratur, kita dapat melindungi informasi dan usaha kita dari risiko kehilangan yang tidak terduga. Di sisi lain, restore data merupakan proses mengembalikan data yang telah di-backup.

Pada konteks SEO, backup dan restore data memiliki peran penting karena kehilangan atau kerusakan data dapat berdampak negatif pada performa situs web dan peringkat di mesin pencari. Oleh karena itu, penting untuk menjalankan proses backup dan restore data secara berkala untuk menjaga kelangsungan bisnis online kamu.

Baca Juga: Apa Itu Backup? Pengertian, Manfaat dan Cara Backup Data Website

Hosting Dewaweb telah dilengkapi Automatic Cloud Backup yang secara otomatis mem-backup setiap hari dan diarsip sampai 2 minggu ke belakang. Apabila terjadi insiden, kamu tinggal masuk ke cPanel untuk restore files, database, atau email dengan mudah. Selain itu juga dilengkapi Software Defined Storage yang menggunakan teknologi penyimpanan data terbaru. Canggih ‘kan?

10. Analitik Website

Fitur analitik website memiliki peran penting dalam bisnis online. Dengan fitur ini, pemilik website dapat melacak dan menganalisis data pengunjung, lalu lintas website, sumber lalu lintas, serta tingkat konversi. Dengan data-data ini, kamu dapat memahami perilaku pengguna, mengidentifikasi tren, dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.

Fitur analitik berkontribusi secara signifikan mengoptimasi mesin pencari. Data yang dikumpulkan melalui analitik dapat memberikan informasi tentang kata kunci yang efektif dan cara meningkatkan traffic organic website. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan visibilitas bisnis online, bersaing dengan lebih baik, dan mencapai kesuksesan di dunia digital. Salah satu tools analitik yang populer dan banyak digunakan yaitu Google Analytics.

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Analytics & Manfaatnya untuk Bisnis

Fitur Website Penting untuk Optimalkan SEO

Sekarang kamu sudah tahu fitur website apa saja yang harus dipasang agar website lebih SEO friendly. Situs yang ramah SEO dapat memberikan pengaruh besar terhadap visibilitas mesin pencari. Dengan begitu, website kamu akan lebih mudah ditemukan dan berpeluang bertengger di peringkat tertinggi hasil pencarian.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya! Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya, jangan lupa ikuti update artikel pada blog Dewaweb, mengikuti webinar gratis di Dewatalks, serta ikuti program afiliasi untuk mendapatkan tambahan income. Salam sukses online!

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.