Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya untuk Brand Awareness?

Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya untuk Brand Awareness?

Email marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan promosi, kampanye, atau konten melalui email secara massal kepada daftar pelanggan. Email marketing telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif untuk menjangkau pelanggan potensial dan membangun brand awareness. 

Keberadaan email marketing terbukti sangat berpengaruh dalam dunia pemasaran. Studi terbaru Campaign Monitor menunjukkan sebanyak 64% usaha kecil menggunakan email marketing untuk menjangkau pelanggan mereka. Artinya, email marketing dianggap sebagai saluran yang efektif dalam mempromosikan produk atau layanan, serta membangun hubungan yang erat dengan pelanggan.

Di artikel kali ini Dewaweb akan membahas secara lebih lengkap mengenai pengertian email marketing, jenis-jenis hingga manfaatnya untuk bisnis!

Baca Juga: Yuk, Belajar Membuat Konten Email Marketing yang Menarik dari 5 Brand Ini

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah strategi digital marketing dengan cara mengirimkan pesan promosi melalui email secara massal kepada daftar pelanggan atau prospek yang telah memberikan izin untuk menerima informasi tersebut. 

Manfaat utama dari email marketing adalah mampu menjangkau audiens yang luas dengan biaya yang relatif rendah. Selain itu, email marketing juga memungkinkan kamu untuk mempersonalisasi pesan, melacak dan menganalisis kinerja campaign.

Data HubSpot menunjukkan bahwa 31% marketers menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran utama mereka. Fakta ini menegaskan bahwa email marketing masih dipercaya sebagai salah satu opsi untuk menjalankan campaign produk mereka, baik itu mempromosikan produk berupa informasi promo, diskon atau sekadar informasi berita atau artikel terbaru.

Baca Juga: Apa itu Email Blast? Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Manfaat Email Marketing

Email marketing telah terbukti menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang efektif dan menguntungkan. Meskipun terdengar sederhana, namun email marketing memiliki banyak manfaat yang dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis kamu, berikut diantaranya.

1. Hemat biaya

Keunggulan utama dari email marketing adalah biayanya yang relatif murah dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya. Untuk memulai kampanye email marketing, kamu hanya perlu membayar biaya langganan layanan email marketing yang kamu pilih. Biaya ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan biaya iklan di media cetak, televisi, atau bahkan media digital lainnya.

Selain itu, dengan email marketing, kamu tidak perlu terus-menerus membayar untuk menjangkau audiens yang sama seperti halnya dengan iklan berbayar di media sosial atau mesin pencari. Hal ini tentu sangat menghemat anggaran promosi.

2. Hasil yang terukur

Email marketing dapat melacak dan mengukur hasil secara akurat. Dengan menggunakan alat analitik yang tersedia pada platform email marketing, kamu dapat memantau metrik seperti tingkat pembukaan email, klik tautan, tingkat konversi, dan lainnya secara mudah. Sehingga kamu dapat mengevaluasi efektivitas kampanye dan melakukan penyesuaian untuk ke depannya jika diperlukan.

Sebagai contoh, kamu dapat melihat subjek email mana yang paling menarik bagi audiens, atau konten apa yang paling banyak diklik. Dengan informasi ini, kamu dapat meningkatkan strategi email marketing untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa mendatang.

3. ROI tinggi

ROI (Return on Investment) adalah metrik yang mengukur seberapa banyak keuntungan yang diperoleh dari setiap biaya yang diinvestasikan. Dalam konteks email marketing, ROI yang tinggi artinya dapat menghasilkan pendapatan atau keuntungan yang besar dengan biaya yang relatif rendah.

Menurut studi Litmus Report, email marketing memiliki ROI yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 4200% atau $42 untuk setiap $1 yang diinvestasikan. 

Tingginya ROI email marketing ini disebabkan oleh biaya yang rendah serta mampu untuk menjangkau audiens secara tepat sasaran. Dengan strategi yang tepat, kamu dapat memaksimalkan ROI kampanye email marketing kamu.

4. Meningkatkan brand awareness

Semakin sering pelanggan melihat atau berinteraksi dengan merek, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengingat dan mempertimbangkan produk atau layanan kamu saat membutuhkannya.

Email marketing adalah sarana yang efektif untuk meningkatkan brand awareness. Dengan mengirimkan email secara teratur kepada audiens, kamu dapat memastikan bahwa merek produk kamu akan selalu berada di benak mereka. 

5. Menghasilkan traffic untuk website

Dalam setiap email yang dikirimkan, kamu dapat memasukkan tautan yang mengarah ke halaman website tertentu, seperti halaman produk, blog, atau halaman penjualan.

Dengan menyediakan konten yang menarik dan relevan, kamu dapat membuat audiens tertarik untuk mengklik tautan tersebut dan mengunjungi website bisnis kamu. Selain itu, email marketing juga bermanfaat untuk mempromosikan konten baru, produk, atau penawaran khusus secara langsung kepada audiens yang tertarget, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mengunjungi website.

Dengan meningkatnya traffic ke website, tentu berpeluang besar untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Manfaat Email dengan Nama Domain Sendiri

Jenis-Jenis Email Marketing

Email marketing terbagi dalam beberapa jenis, namun, tidak semua jenis email marketing memiliki tujuan yang sama. Berikut adalah beberapa jenis email marketing yang umum digunakan.

1. Survey Email

jenis-jenis email marketing - survey email

Survey email adalah jenis email marketing yang bertujuan untuk mengumpulkan feedback atau masukan dari pelanggan. Email ini biasanya berisi beberapa pertanyaan terkait produk, layanan, atau pengalaman pelanggan secara umum. 

Dengan mengumpulkan data ini, perusahaan dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, serta mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

2. Seasonal Marketing Email

seasonal marketing email

Seasonal marketing email adalah jenis email yang dikirimkan pada waktu atau momen tertentu, seperti liburan, perayaan, atau musim tertentu. Email ini biasanya berisi promosi, penawaran khusus, atau konten yang relevan dengan momen tersebut. 

Tujuannya adalah untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan selama periode tersebut.

3. Promotion Email

jenis-jenis email marketing - promotion email

Promotion email adalah jenis email yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau penawaran khusus dari perusahaan. Email ini biasanya berisi informasi tentang diskon, promosi terbatas, atau produk baru. Tujuan utamanya adalah untuk mendorong penjualan dan meningkatkan minat pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Newsletter Email

newsletter email

Newsletter email adalah jenis email yang berisi informasi, tips, atau konten yang relevan dengan bisnis atau industri tertentu. Email newsletter ini dikirimkan secara berkala, biasanya setiap minggu atau setiap bulan. Tujuannya adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mempertahankan kesadaran merek pelanggan terhadap brand tersebut.

5. Welcome Email

jenis-jenis email marketing - welcome email

Welcome email adalah jenis email yang dikirimkan kepada pelanggan baru yang baru saja mendaftar atau berlangganan layanan atau produk dari perusahaan. Email ini bertujuan untuk mengucapkan selamat datang, memberikan informasi tentang produk atau layanan, serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan baru tersebut.

Jenis-jenis email marketing ini dapat digunakan secara terpisah atau dikombinasikan sesuai dengan tujuan pemasaran dan kebutuhan bisnis. Pemilihan jenis email yang tepat dan penyampaian konten yang relevan akan membantu memaksimalkan hasil dari strategi email marketing tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Email Marketing yang Sukses Menarik Pembaca

Penutup

Email marketing adalah strategi pemasaran digital dengan cara mengirimkan pesan promosi melalui email secara massal. Cara ini terbukti menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif dan menguntungkan bagi bisnis. Strategi ini berfungsi menjangkau audiens potensial, membangun brand awareness, serta meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Dalam menggunakan strategi tersebut, penting untuk memilih jenis email marketing yang umum digunakan, hal ini karena akan berpengaruh terhadap kampanye email marketing bisnis kamu.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi seputar digital marketing, website, bisnis, dan masih banyak lagi. Ikuti terus update artikel blog Dewaweb dan jangan lewatkan informasi-informasi menarik yang dapat membantu kesuksesan bisnis kamu. Semoga membantu ya!