[Terbaru] Syarat dan Cara Daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube

Salah satu cara monetisasi atau mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan menyambungkan akun AdSense agar video kamu dapat menayangkan iklan. Program monetisasi YouTube ini hanya dapat diikuti oleh peserta program partner Youtube.

YouTube Partner Program (YPP) adalah fitur yang memberikan akses lebih kepada para pemilih channel untuk mendapat berbagai referensi dan fitur YouTube, salah satunya melakukan monetisasi konten. Sayangnya, tidak semua channel di YouTube dapat bergabung sebagai partner.

Ada persyaratan yang harus dipenuhi serta harus melalui tahap peninjauan dari pihak YouTube untuk bisa terdaftar.

Di artikel ini, Dewaweb akan menjelaskan persyaratan terbaru dan cara mendaftar akun AdSense supaya channel kamu dapat dimonetisasi. Simak panduan lengkapnya di bawah ini ya!

Baca Juga: Panduan Lengkap untuk Memahami YouTube Analytics

Syarat Pendaftaran AdSense untuk Monetisasi YouTube

Jika ingin melakukan monetisasi YouTube, kamu perlu mendaftarkan channel-mu terlebih dahulu ke AdSense. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua akun dapat mendaftar. Dilansir dari sumber, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendaftar AdSense. Simak apa saja syaratnya di penjelasan berikut ya!

1. Memiliki minimal 1000 subscriber

Salah satu syarat daftar AdSense untuk monetisasi YouTube adalah memiliki total 1000 subscriber. Subscriber adalah penonton yang menyukai kanal YouTube-mu dan ingin menonton lebih banyak konten-konten yang kamu buat.

Jika dilihat dari total pengguna YouTube tahun 2020 yang mencapai 2,3 miliar, jumlah 1000 subscriber tidak  terlihat besar. Meski begitu, mendapatkan subscriber tidak semudah yang dibayangkan. Ada usaha yang perlu kamu lakukan untuk memproduksi konten-kontenmu berkualitas, unik dan menarik banyak pengunjung untuk subscribe ke channel kamu.

meme subscriber youtube

Beberapa cara memaksimalkan konten di channel YouTube-mu bisa dilakukan dengan rajin mengupload konten video terbaru, memanfaatkan tren yang ada, menerapkan SEO YouTube, menambahkan subtitle pada video, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Video Marketing: Panduan Lengkap

2. Memperoleh 4000 jam tayang

Syarat selanjutnya adalah channel YouTube telah mencapai 4000 jam tayang. Yang dimaksud 4000 jam tayang adalah jam penayangan yang kamu peroleh dalam 12 bulan terakhir di channel YouTube. Syarat ini untuk memastikan bahwa subscriber yang kamu miliki adalah aktif. Kemungkinan besar, hal ini untuk mencegah adanya kasus kecurangan membuat subscriber palsu agar bisa memenuhi syarat pertama tadi.

Untuk meraih total jam penayangan tersebut, kamu tentunya harus rajin membuat konten dan menguploadnya ke kanal YouTube. Dengan begitu, kamu akan memperoleh jumlah jam tayang dari subscriber atau penonton yang menonton videomu. Pastikan para subscriber selalu disuguhi konten-konten terbaru darimu.

3. Mengikuti kebijakan dan ketentuan fitur monetisasi YouTube

Jika ingin melakukan monetisasi YouTube, kamu harus mematuhi kebijakan yang telah diatur. Kebijakan tersebut berlaku bagi siapa saja yang ingin mendaftar atau tergabung dalam Program Partner YouTube. Beberapa peraturan di dalamnya adalah:

Pedoman komunitas

Meliputi hal-hal yang diizinkan dan tidak diizinkan bagi semua jenis konten di platform YouTube, termasuk video, komentar, link dan thumbnail. Ada beberapa konten yang dilarang untuk melindungi pengguna YouTube, misalnya konten spam, penipuan, konten sensitif dan kekerasan, menampilkan senjata api, narkotika dan sebagainya.

Persyaratan layanan

Persyaratan layanan meliputi seluruh ketentuan (terms of service) dan penjelasan mengenai perjanjian hubungan antara pihak YouTube dengan kamu sebagai pengguna layanannya.

Hak cipta YouTube

Para kreator tidak boleh mengupload video yang bukan karya sendiri, atau dengan kata lain berhak cipta milik orang lain. Hal ini termasuk cuplikan program dengan hak cipta, trek musik, dan video lain yang tidak diperoleh izinnya. Kreator diizinkan untuk mengunggah video orang lain jika mereka memiliki izin penggunaan.

youtube monetization meme

Kebijakan program AdSense

Kreator wajib mematuhi kebijakan program AdSense. Jika tidak, pihak AdSense berhak menonaktifkan akun AdSense kamu kapan saja. Untuk mengetahui apa saja kebijakan yang diatur, baca selengkapnya di sini.

4. Tinggal di Wilayah YouTube Partner

Syarat selanjutnya adalah pendaftar tinggal di wilayah YouTube Partner Program. Ada beberapa negara yang termasuk dalam daftar wilayah YouTube Partner. Di persyaratan ini, kamu tak perlu khawatir karena Indonesia termasuk salah satu di antaranya.

Cara Pendaftaran AdSense untuk Monetisasi YouTube

Nah setelah memenuhi syarat-syarat di atas, kamu bisa melanjutkan ke tahap pendaftaran AdSense sebagai cara monetisasi YouTube.

Dengan kata lain, jika channel YouTube-mu berhasil mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, inilah waktunya kamu mendaftar AdSense agar bisa memperoleh uang dari YouTube. Berikut penjelasan cara daftar AdSense untuk Monetisasi YouTube terbaru.

Baca juga: 12 Aplikasi Video Editor Terbaik untuk YouTuber Pemula

1. Login akun YouTube, klik icon profile

Langkah pertama, buka YouTube di browser kamu. Kemudian klik icon profile yang terletak di pojok kanan atas laman.

cara monetisasi youtube - daftar adsense

2. Pilih YouTube Studio, klik Monetisasi

Langkah selanjutnya, pilih opsi ‘YouTube Studio’ dan kamu akan langsung diarahkan ke dashboard studio channel YouTube-mu. Pada  menu bar sebelah kiri, cari dan klik opsi ‘Monetisasi’.

cara monetisasi youtube - klik youtube studio

cara monetisasi youtube - klik monetisasi

 

3. Klik ‘Daftar Sekarang’

Pada tahap ini, jika channel kamu sudah berhasil mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang akan muncul opsi ‘Daftar Sekarang’. Kamu tinggal klik opsi tersebut untuk melanjutkan.

cara monetisasi youtube - daftar adsense

Namun apabila channel-mu belum memenuhi persyaratan, kamu belum bisa mendaftar dan melanjutkan ke tahap berikutnya. Sambil menunggu tercapainya persyaratan, tetaplah rajin memproduksi konten-konten berkualitas guna meningkatkan jumlah subscriber dan jam tayang. Kamu bisa klik opsi untuk mengaktifkan pemberitahuan lewat email jika channel-mu sudah memenuhi syarat untuk mendaftar.

4. Setujui Persyaratan Program Partner

Kalau kanal YouTube sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftar, maka kamu diizinkan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Di bagian ini kamu diharuskan untuk melakukan peninjauan terhadap persayaratan program partner YouTube dan menyetujuinya.

cara monetisasi youtube - setujui persyaratan

Ceklis pada kolom Persetujuan Persyaratan, kemudian klik Setujui.

5. Daftar atau Sambungkan ke AdSense

Tahap selanjutnya, kamu akan diarahkan pada laman monetisasi channel. Kemudian klik ‘Mulai’ pada bagian Daftar ke Google AdSense.

daftar adsense

Jika sudah memiliki akun AdSense, di tahap ini kamu tinggal menghubungkan akun AdSense milikmu dengan klik opsi ‘Sudah memiliki akun AdSense’, kemudian lanjut untuk proses menghubungkannya.

pilih daftar atau sambungkan adsense

Namun apabila kamu belum memiliki akun AdSense, kamu bisa ikuti cara daftar akun AdSense untuk monetisasi YouTube berikut ini.

Cara Daftar akun AdSense

  • Pilih opsi ‘Tidak memiliki akun AdSense’, kemudian klik ‘Lanjutkan’.
  • Masuk ke akun Google.
  • Setujui persyaratan dan ketentuan, klik ‘Buat Akun’.
  • Lengkapi identitas diri seperti, nama, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon. Klik ‘Kirim’.
  • Klik ‘Alihkan’. Selesai! Kamu sudah berhasil mendaftar akun AdSense.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Pendaftaran Google AdSense

6. Tunggu Peninjauan Channel dari YouTube

Langkah selanjutnya, kamu tinggal menunggu proses peninjauan dari pihak YouTube. YouTube akan melakukan peninjauan terhadap setiap channel yang mendaftar. Hal ini untuk memastikan bahwa channel tersebut sudah mematuhi kebijakan monetisasi YouTube. Pemberitahuan akan dikirim melalui email, biasanya dalam waktu satu bulan.

Jika sudah berhasil diterima sebagai partner YouTube, kamu bisa mulai melakukan monetisasi dengan mengatur preferensi iklan dan mengaktifkan monetisasi di konten-konten videomu. Tapi apabila kamu belum berhasil, kamu dapat kembali mendaftar ulang 30 hari setelah pernyataan penolakan.

Baca Juga: Tips Monetisasi Blog di Tahun 2021

Sudah Siap Dapat Uang dari YouTube?

Cara daftar Adsense untuk monetisasi YouTube tidaklah sulit. Hanya saja, kamu perlu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Sambil menunggu tercapainya jumlah subscriber dan jam penanyangan, pastikan selalu membuat konten-konten video yang menarik. Jangan lupa tetap patuhi kebijakan monetisasi YouTube supaya channel kamu akhirnya lolos peninjauan sebagai partner YouTube. Semoga berhasil!