Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

Sejak pandemi Covid-19, tak sedikit yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Namun, tak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk memulai bisnis. Jika kamu adalah satu orang yang sedang memulai bisnis dan ingin mempromosikan produk di Instagram, artikel ini cocok untukmu. Pelajari cara mengaktifkan Instagram Shopping dan menambahkan website dari pembahasan berikut!

Mengenal Instagram Shopping

Instagram adalah platform media sosial yang setidaknya digunakan oleh 1 miliar orang di seluruh dunia per bulannya. Menurut Hootsuite, Indonesia menempati peringkat ke-4 pengguna Instagram terbanyak, yakni mencapai 59 juta pengguna per kuartal ketiga di tahun 2019.

Masih dari penelitian yang sama, Hootsuite juga mencatat 200 juta pengguna Instagram setidaknya mengunjungi satu akun bisnis setiap harinya.

Sudah menyadari sesuatu? Yap, ini adalah kesempatan emas bagi kamu yang ingin mempromosikan produk di Instagram. Apalagi, data dari TechCrunch menyebutkan bahwa penggunaan Instagram terlihat meningkat hingga lebih dari 40% sejak dimulainya pandemi.

Selain mempromosikan produk menggunakan Instagram atau Facebook Ads, fitur tak kalah penting yang bisa kamu manfaatkan adalah Instagram Shopping.

Mungkin kamu pernah melihat beberapa akun bisnis di Instagram yang memajang foto produk sekaligus menambahkan price tag seperti pada gambar berikut.

contoh ig shopping price tag

Namun jika ingin menggunakan fitur Instagram Shopping, Instagram telah menambahkan syarat kelayakan baru, yaitu bisnismu harus memiliki website terlebih dulu.

Tapi tenang, kamu bisa sekaligus mempelajari cara mudah membuat website untuk toko onlinemu dari artikel ini. Mari simak!

Baca Juga: Intip Iklan Kompetitor Pakai Facebook Ads Library, Ini Caranya

Persyaratan Instagram Shopping

Sebelum memulai cara mengaktifkan Instagram Shopping, kamu harus terlebih dulu memenuhi persyaratan yang ada. Sebab tak sembarang akun bisnis Instagram dapat membuat Instagram Shopping. Oleh karena itu, perhatikan beberapa persyaratan berikut yang perlu kamu patuhi agar permintaanmu diterima oleh Instagram.

  • Bisnis berlokasi di area yang didukung oleh fitur Instagram Shopping
  • Pastikan produk yang dijual memenuhi syarat Instagram
  • Bisnis harus mematuhi perjanjian pelapak dan kebijakan perdagangan Instagram
  • Bisnis memiliki website yang akan digunakan untuk berjualan

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Sebelum mengaktifkan Instagram Shopping, ada beberapa cara membuat online shop di Instagram yang harus dilakukan. Kamu harus memiliki halaman Facebook dan memiliki website terlebih dulu sebagai persyaratan untuk mengaktifkan Instagram Shopping.

Setelah itu, ikuti cara mengaktifkan Instagram Shopping berikut:

  1. Ubah akun menjadi akun bisnis atau kreator
  2. Buat website
  3. Buat halaman Facebook dan tambahkan katalog
  4. Aktifkan Instagram Shopping dan hubungkan ke katalog Facebook
  5. Buat konten yang bisa ditindaklanjuti
  6. Tambahan: Bantuan untuk menghubungkan katalog
  7. Tambahan: Verifikasi domain

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnis

Berikut ini adalah penjelasan lengkap cara membuat toko online di Instagram Shopping:

  1. Aktifkan Akun Bisnis Instagram

    Untuk mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis atau kreator, ikuti langkah-langkah berikut:

    • Login ke akun Instagram
    • Buka pengaturan
    • Pilih ‘Account’
    • Pilih ‘Switch to a Professional Account’
    • Tekan ‘Continue’
    • Atur kategori bisnis
    • Pilih ‘Done’
  2. Buat Website

    Langkah berikutnya yang wajib kamu dilakukan adalah membuat website. Selain meningkatkan kredibilitas toko atau brand-mu, membuat website juga dapat mempermudah proses pembuatan Instagram Shopping nanti.

    Kamu tak perlu repot melakukan berbagai instalasi manual, cukup kunjungi halaman Dewastore atau klik gambar di bawah ini, pilih paket sesuai kebutuhan, lalu Dewastore akan membantu proses pembuatan toko online kamu. Setelah melakukan pembayaran, kamu hanya perlu login dan langsung masukkan produkmu ke katalog website.langsung ke dewastore

    Jika masih ada hal yang kurang kamu pahami dari penggunaan website, kamu bisa mengunjungi halaman tutorial Dewastore kapan pun untuk menuntunmu menggunakan website toko online milikmu. Mudah ‘kan? Cara lainnya, kamu bisa mempelajari cara membuat website dari artikel “Cara Membuat Website Toko Online buat Kamu yang Masih Pemula“.

  3. Buat halaman Facebook dan tambahkan katalog

    Sekarang, kamu perlu membuat halaman Facebook untuk menempatkan katalog produkmu.

    • <p”>Buat akun pengelola halaman Facebook di Pengelola Bisnis Facebook dan login menggunakan akun Facebook milikmu.instagram shopping pengelola bisnis
    • Isi informasi yang diminta untuk membuat akun bisnis baru.instagram shopping daftar
    • Pilih Pengaturan Bisnis seperti pada gambar.instagram shopping pengaturan bisnis baru
    • Klik Sumber Data lalu pilih menu Katalog dan klik Tambahkan untuk membuat katalog baru seperti yang ditunjukkan oleh gambar.instagram shopping tambahkan katalog
    • Buat nama dan jenis produk dalam katalog, lalu klik Buat Katalog.instagram shopping buat katalog
    • Tentukan siapa yang akan mendapatkan akses standar atau akses admin untuk katalog ini, jika belum ada, kamu bisa memilih dirimu sendiri. Pastikan orang yang akan mengurus bisnis ini setidaknya sudah mempunyai akun Facebook. Jika sudah, klik Tetapkan.cara mengaktifkan instagram shopping tetapkan
    • Saat ini, katalogmu masih kosong. Agar dapat menautkan ke akun bisnis Instagram dan mengaktifkan Instagram Shopping, kamu harus mengisi katalogmu terlebih dulu dengan mengklik “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.instagram shopping katalog kosong
    • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Tambahkan Produk”.instagram shopping saluran tambah produk
    • Pilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali jika kamu sudah menambahkan Facebook Pixel di website-mu, maka kamu dapat memilih “Gunakan Pixel”, lalu klik Selanjutnya.instagram shopping tambah manual
    • Isi informasi produk yang diperlukan. Jika belum mempunyai tautan untuk disertakan ke kolom “Tautan situs web”. Di sinilah fungsi website, kamu bisa lebih mudah menambahkan katalog produk menggunakan Facebook Pixel atau lakukan secara manual. Jika sudah, klik Tambahkan Produk.
      instagram shopping new product
    • Selesai! Katalogmu sudah jadi dan dapat dihubungkan ke akun bisnis Instagram.
  4. hubungkan ke Katalog di Facebook

    Setelah memasukkan katalogmu ke halaman Facebook dan website, kini saatnya kamu mengaktifkan Instagram Shopping melalui aplikasi Instagram. Cara mengaktifkan Instagram Shopping berikut ini hanya dapat kamu lakukan secara mobile melalui tablet atau HP.

    • Klik Business di pengaturan.
      business settings
    • Pilih Sign Up for Shopping
      instagram shopping sign up shopping
    • Ikuti langkah-langkah yang diminta, seperti menautkan akun ke Facebook hingga menautkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah itu pilih Facebook Catalog Manager, lalu klik “Check for Catalog”.
      instagram shopping sign up processes
  5. Tunggu Peninjauan Akun

    Setelah proses pendaftaran selesai, kamu perlu menunggu proses peninjauan dari pihak Instagram.  Jika tak ada masalah, seharusnya akun Instagram bisnismu sudah dalam pengamatan Instagram dan kamu hanya perlu menunggu hingga mendapat izin untuk membuat Instagram Shopping.

  6. Aktifkan fitur Shopping

    Setelah akun kamu disetujui oleh Instagram, kamu dapat mengaktifkan fitur Shopping. Jika pilihan fitur Shopping belum ada di pengaturan, berarti akun kamu masih dalam proses peninjauan atau masih belum disetujui.
    aktifkan ig shopping

  7. Tambahkan Label Produk

    Setelah disetujui oleh Instagram, maka kamu akan dapat membuat konten yang dapat ditindak lanjuti dengan cara tap pada konten tersebut untuk melihat produk-produk yang ada di dalamnya.

    Kamu dapat melakukan ini dengan cara yang tak berbeda dengan menandai produk selayaknya kamu menandai akun Instagram temanmu. Ikuti langkah-langkah berikut.

    • Setelah memilih foto yang akan diungga, klik “Tag Products” seperti tampilan berikut:konten yang bisa ditindaklanjuti 1
    • Klik sekali pada produk yang ingin kamu tandai, lalu pilih produk dari katalogmu. Agar tidak berlebihan hingga menjadi spam, saat ini Instagram membatasi tag hanya sampai 5 produk saja, pertimbangkan baik-baik, ya.konten yang bisa ditindaklanjuti 2
    • Aktifkan Facebook jika kamu ingin sekaligus mengunggah konten di dua media sosial. Setelah itu, klik Share atau Bagikan.konten yang bisa ditindaklanjuti 3
    • Jangan lupa untuk terus melakukan promosi, semoga berhasil! Jika kamu kesulitan memikirkan ide untuk mengembangkan iklan, kamu bisa mengunjungi halaman tips Instagram Bisnis.

konten yang bisa ditindaklanjuti 4

Baca juga: Cara Hapus Akun IG Secara Permanen atau Sementara

Menghubungkan katalog Instagram Shopping dengan katalog Facebook

Jika kamu masih kebingungan menghubungkan akun bisnis Instagram dengan katalog Facebook, mungkin kamu dapat mengunjungi halaman Pengelola Katalog yang dapat diakses dengan cara berikut:

  • Kunjungi halaman Pengaturan Facebook Bisnis lalu pilih halaman Facebook tokomu. Kamu bisa menggunakan tautan ini untuk mengunjungi halaman pengaturan berikut kapan pun. Setelah di halaman Pengaturan Bisnis, klik Sumber Data (Data Sources) lalu Katalog (Catalogs).
  • Kemudian klik “Buka di Pengelola Katalog” seperti ditunjukkan oleh gambar.
    katalog kosong
  • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, lalu Klik “Hubungkan Profil” seperti pada gambar.
    instagram shopping hubungkan profil
  • Setelah itu klik tanda “+” dan login ke akun bisnis Instagrammu. Semoga berhasil!

Verifikasi domain

Di beberapa kasus, Facebook masih memerlukan verifikasi domain website-mu. Verifikasi domain merupakan langkah untuk mengklaim kepemilikan bisnismu di pengelola bisnis Facebook.

Kepemilikan ini memungkinkanmu mengatur siapa saja yang bisa melakukan tindakan tertentu di halamanmu. Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan akun bisnismu di Facebook.

Namun, verifikasi domain secara lebih spesifik hanya akan diberlakukan jika:
  • Kamu memiliki banyak halaman Facebook secara manual melalui tag markup Open Graph.
  • Kamu menggunakan Business Manager untuk mengelola aset tokomu.
  • Kamu dapat mengunggah berkas HTML ke web root directory atau dapat mengedit DNS TXT records.
  • Kamu bisa mengedut Link Page Posts yang mengarahkan ke kontenmu—kepemilikan ini akan menentukan siapa yang memiliki akses untuk mengedit tautan.
  • Kamu menginginkan kendali untuk mengatur siapa saja yang bisa mengedit deskripsi tautan di iklan yang mengarahkan ke domainmu.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang verifikasi domain, kamu dapat mengunjungi halaman Dokumentasi Verifikasi Domain Facebook Bisnis.

Mengapa Menggunakan Instagram Shopping?

Instagram Shopping bisa kamu manfaatkan sebagai cara baru untuk melakukan promosi dan memajang produk di ‘etalase’ online. Bagaimana tidak, Instagram yang awalnya ditujukan menjadi platform media sosial sudah memiliki berbagai fitur yang kamu perlukan untuk mendekatkan diri dengan calon pembelimu.

Misalnya, fitur IG Story dan Direct Message (DM) untuk berinteraksi langsung dengan followers-mu atau fitur IG TV dan Live Streaming yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan iklan atau tayangan edukatif seperti webinar untuk followers.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur ini untuk meningkatkan brand awareness dari bisnismu, tergantung seberapa kreatif kamu mengaturnya.

Selain itu, penggunaan jasa influencer juga bisa memberikan dampak yang lebih besar karena mereka hanya perlu mengarahkan audiens ke akun Instagram bisnismu. Kamu bisa menggunakan program endorsement, tapi jangan lupa untuk menyesuaikan influencer dengan produk yang kamu tawarkan, ya. Ketahui cara memilih influencer dari webinar Dewatalks dengan SociaBuzz berikut:

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

Simpulan

Meski cukup memakan waktu untuk mempelajari cara memasang hingga mengutak-atik Instagram Shopping, namun semuanya itu sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan nantinya.

Selain menggunakan Instagram Shopping, kamu juga bisa mempromosikan produk menggunakan Facebook/Instagram Ads yang bisa kamu pelajari dari artikel Tutorial Lengkap Cara Membuat Iklan di Facebook.

Bisnis yang dapat dipercaya alias kredibel adalah bisnis yang mempunyai identitas yang jelas. Tak hanya untuk memperkuat nama brand, kamu juga bisa mendapatkan pelanggan yang loyal.

Langkah terpenting yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuat akun media sosial di platform yang relevan dan menggunakan website sebagai toko online utama yang bisa kamu desain sedemikian rupa sesuai keinginanmu.

Tapi, ketika membuat website, pastikan website-mu cepat dan aman agar selalu bisa diandalkan oleh para pelanggan dan kamu pun tak perlu khawatir lagi. Psst, pastikan juga hosting yang kamu gunakan mempunyai customer support yang siap membantu selama 24 jam setiap hari, ya. Selamat mencoba!