Cara Mudah Membuat Blog untuk Pemula

Seringkali kamu mendapat ide konten menarik yang mungkin dapat dieksekusi alias do-able untuk dijadikan konten blog. Jangan sampai ide tersebut terlewat begitu saja hanya karena kamu tidak tahu cara membuat blog.

Tapi, apakah blog masih patut dilirik di tahun 2020? Menurut Oozlemedia.com, 67% orang perlu membaca sekitar 3-5 blog untuk mengetahui topik utama atau produk yang ditawarkan oleh website sehingga jawaban singkatnya adalah “Ya, blog masih patut dilirik.” Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui tujuanmu menggunakan blog, ragam jenis hingga cara membuat blog.

Cara Membuat Blog

Setelah mengetahui apa saja jenis blog yang bisa kamu buat, kini kamu bisa segera mempelajari bagaimana cara membuat blog. Ada enam langkah yang bisa kamu lakukan, mulai dari cara menentukan topik utama, tips memilih hosting terbaik, serta cara instalasi hingga dapat digunakan untuk menulis artikel. Simak cara membuat blog berikut ini:

1. Tentukan Topik Utama Sesuai Minat

Tak hanya memahami cara membuat blog, tapi salah satu faktor yang bisa turut mempertahankan konsistensi sebuah blog adalah komitmen dari si pembuat konten. Oleh karena itu, kamu harus bisa memacu semangatmu sendiri dengan mencari topik yang sesuai dengan minat yang kamu miliki. Dari beberapa jenis blog di atas, sekarang kamu bisa mulai mencari niche untuk blogmu terlebih dulu. Setelah itu, lakukan cara membuat blog selanjutnya, yaitu memilih platform blog.

2. Pilih Platform Blog

Agar dapat mengelola konten, blogmu perlu wadah yang dinamakan “platform” atau Content Management System (CMS). Ada berbagai jenis platform yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti WordPress, Blogger, Wix, Medium, bahkan micro-blogging seperti Tumblr. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan versi gratis WordPress sebagai platform blog:

Kelebihan WordPress:

  1. Hanya butuh beberapa menit untuk mempersiapkan blog.
  2. Cocok jika blog yang kamu buat hanya untuk membuat tugas yang tidak memerlukan SEO.
  3. Interface CMS WordPress mudah dipahami.
  4. Gratis.

Kekurangan WordPress:

  1. Tidak ada domain.
  2. Tema terbatas dan tidak bisa menginstal plugin.
  3. Sulit mengubah blog menjadi SEO-friendly hingga bisa muncul di peringkat teratas Google Search Engine Result Page (SERP).
  4. Kurang kredibel.

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu tahu bahwa ada dua jenis platform WordPress, yaitu WordPress.org yang bisa menyediakan segala fasilitas layaknya website dan WordPress.com yang memberikan layanan blogging gratis. Namun, di balik segala kelebihan dan kekurangan, WordPress masih menjadi pilihan paling tepat jika kamu ingin membuat blog.

Meski begitu, perlu diketahui juga bahwa kamu perlu merogoh kocek setidaknya Rp1,3 juta per tahun untuk mendapatkan layanan ini. Selain itu, ketika menghadapi masalah, kamu akan lebih sulit bertanya jika tak mempunyai orang lain (baca: Ninja Support) untuk membantumu menyelesaikan masalah tersebut.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan rencana lainnya, yaitu menggunakan platform WordPress dengan self-hosting alias memasang hosting sendiri. Tenang, kamu tidak benar-benar sendirian, tapi kamu bisa menggunakan jasa penyedia hosting. Langkah selanjutnya akan membahas lebih lanjut.

3. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Ibarat kartu memori, hosting bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan data yang kamu miliki di blogmu. Tentunya, kamu ingin sistem penyimpanan memori yang aman, ‘kan? Selain keamanan, kemampuan untuk memastikan kecepatan loading halaman blog juga merupakan hal penting, karena Google akan menilai faktor-faktor ini ketika menentukan peringkat di Google SERP.

Tak hanya itu, kecanggihan teknologi cloud hosting juga patut kamu pertimbangkan. Sebab, selain keamanan dan kemudahan akses data, cloud hosting juga menawarkan kecepatan backup lebih tinggi ketika website-mu bermasalah. Di Dewaweb, kamu bisa menikmati semua layanan ini, plus bantuan 24/7 dari Ninja Support yang siap membantu kamu. Ditambah lagi, kamu juga bisa mendapatkan domain gratis.

Baca Juga: 12 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Ikuti langkah berikut untuk memesan layanan hosting dan domain di Dewaweb:

  • Kunjungi halaman cloud hosting Dewaweb.
  • Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • klik “Order Sekarang” (tip: pilih paket Warrior minimal selama setahun untuk mendapatkan domain, plugin, dan tema premium gratis).
    cara membuat blog halaman hosting murah terbaik
  • Isi informasi yang diperlukan, seperti nama domain baru, ekstensi yang diinginkan, serta CMS yang ingin digunakan.
  • kamu bisa melewati langkah Auto Install Aplikasi Web jika kamu masih bingung dengan pilihanmu. Kamu dapat melakukan instalasi manual sesuai panduan di bawah.
  • Jika sudah selesai, klik “Tambah ke Cart”.
    cara membuat website paket warrior
  • Perhatikan kembali biaya yang harus kamu bayarkan. Jangan lupa klik “Click here to add it” untuk menambahkan kode voucher dari promo yang sedang berlangsung.
    cara membuat blog kode promo
  • Klik “Checkout”. Login atau daftar akun jika belum memiliki membership Dewaweb.
  • Jangan lupa beri tanda centang pada persetujuan syarat dan ketentuan.
  • Klik “Selesaikan Order”.
    cara membuat blog checkout
  • Ikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk menjalankan proses pembayaran dan pilih metode pembayaran sesuai keinginanmu seperti gambar berikut.
    cara membuat website langkah pembayaran
  • Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima email konfirmasi pembayaran, informasi pesanan, dan link untuk login cPanel.
  • Untuk akses cPanel, kamu dapat mengakses (namadomainmu).com/cpanel di web browser.

4. Instalasi WordPress

Kini kamu sudah mempunyai dua hal yang diperlukan untuk membuat website untuk blog, yaitu hosting dan domain. Jika tadi kamu belum memilih CMS di Auto Install Aplikasi Web, berikut ini adalah cara instal CMS WordPress agar kamu bisa membuat konten untuk diunggah di blog nanti:

  • Klik link pada email untuk mengakses login cPanel
  • Login menggunakan username dan password-mu.
    cara membuat blog cpanel
  • Scroll ke bawah, lalu klik “WordPress” di kolom Softaculous Apps Installer atau cari “Softaculous” dan klik “WordPress”.
    cara membuat blog cpanel2
  • Di halaman CMS WordPress, klik Install Now.
    cara membuat blog cpanel3
  • Isi data yang diperlukan, terutama nama dan deskripsi situs, profil admin, plugin, dan tema.
  • Jika sudah, klik tombol “Install”.
  • Dalam beberapa waktu, tampilan cPanel akan terlihat seperti di bawah ini.

cara membuat blog cpanel4

5. Mulai Menulis

You’re all set! Saat ini, kamu sudah bisa mulai membuat artikel blog pertamamu. Buatlah konten yang sesuai dengan niche-mu dan jika kamu ingin membuat variasi topik, jangan sampai terlalu jauh dari topik blogmu, ya! Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin hingga kamu bisa memaksimalkan blog yang kamu miliki.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

6. Persiapkan Website-mu untuk Dipromosikan

Ketika menulis artikel, pastikan kamu telah memaksimalkan kualitas kontenmu dengan keyword yang relevan dan jumlah cukup, jangan sampai kurang atau berlebihan. Setelah itu, tingkatkan SEO off-page untuk blogmu, yaitu kegiatan pemasaran alias promosi website dan pertukaran backlink. Semoga beruntung!

Baca Juga: Strategi Marketing untuk Meningkatkan Trafik Web & Blog

Cara Optimasi Blogmu untuk Mendapatkan Traffic

Riset keyword

Kata kunci alias keyword adalah satu hal penting dalam cara membuat blog yang bisa menaikkan peringkat blogmu di Google SERP. Oleh karena itu, pastikan kamu memahami cara mencari kata kunci yang tepat sehingga artikel yang hendak kamu buat relevan dengan topik utama halaman blogmu.

Ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset keyword, mulai dari yang mengandung informasi mendetail hingga tools untuk menambah inspirasi kata kunci website-mu, simak dari artikel “Rekomendasi SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword”.

SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi salah satu poin utama yang perlu dipahami oleh pengelola website, baik pemilik blog, pengurus website, marketer, atau pemilik bisnis yang mempunyai website. Pasalnya, SEO perlu digunakan untuk menaikkan peringkat blog atau website di halaman mesin pencari Google.

Jika website-mu sudah berhasil mencapai peringkat tinggi di Google, akan ada banyak keuntungan yang kamu peroleh, mulai dari peningkatan awareness, traffic hingga conversion rate. Ada beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan ketika menulis artikel agar bisa teroptimasi oleh mesin pencari, yaitu:

  • Judul relevan

Ketika menulis artikel, pastikan kamu telah menentukan judul terlebih dulu. Ibarat tiang pancang, judul juga berfungsi sebagai fondasi kuat yang harus dapat menopang isi artikel. Tapi, jangan sampai membatasi dirimu dengan judul yang kaku dan terlalu formal.

Pasalnya, jika konten blogmu mirip dengan Mojok.co mungkin kamu akan memerlukan judul yang agak nyeleneh. Di samping itu, kamu juga tak boleh lupa untuk menyertakan kata kunci di judul artikelmu. Agar dapat mempermudah penulisan artikelmu, kamu bisa menginstal plugin Yoast di blogmu.

  • Kata kunci

Setidaknya, focus keyword dan keyword density adalah dua elemen yang akan sering kamu perhatikan ketika menulis artikel. Sebab, kedua elemen ini bisa mempermudah GoogleBot melakukan crawling, indexing, dan serving di blog yang bisa kamu cek menggunakan Google Search Console.

  • Gambar

Pastikan setiap artikel mempunyai konten visual, seperti gambar, GIF, atau video. Pasalnya, dalam sebuah analisis BuzzSumo pada kurang lebih satu juta artikel, setiap artikel yang menambahkan gambar di setiap 75-100 kata bisa meningkatkan engagement berupa share daripada artikel yang tidak menambahkan gambar.

Nah, kalau kamu bingung jenis gambar apa saja yang cocok ditambahkan ke dalam artikel, simak artikel ini: Tips SEO Strategi Konten Visual Marketing 2020.

  • Meta description

cara membuat blog metadesc

Ketika melakukan pencarian menggunakan Google, mungkin kamu sering melihat tulisan berwarna abu di bawah judul seperti kotak merah pada gambar di atas. Tulisan ini disebut dengan “meta description”, isinya adalah rangkuman singkat mengenai isi artikel dalam link yang tertera di atasnya.

Meta description juga menjadi faktor penting untuk menaikkan peringkat blog, karena Google turut membaca isi deskripsi ini untuk menentukan kualitas informasi yang terdapat dalam artikel tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu juga menyertakan kata kunci artikelmu ketika menulis meta description, ya!

  • Jumlah kata

Jumlah kata pada artikel juga memengaruhi banyaknya kata kunci, gambar, dan kemampuan Google menilai kepantasan artikel untuk meraih peringkat di mesin pencari. Menurut Yoast, setidaknya kamu harus menulis 300 kata dalam sebuah artikel agar dapat “dianggap” oleh GoogleBot.

Gali informasi lebih dalam terkait plugin Yoast dari “Yoast SEO WordPress Plugin (Panduan Lengkap)”.

  • Link internal dan eksternal

Poin yang satu ini tak hanya berguna untuk menaikkan peringkat artikelmu, tapi juga bisa kamu gunakan sebagai sarana promosi artikel lain dalam blogmu. Yap, kamu perlu melampirkan external dan internal link di setiap unggahan blogmu.

External link biasa berguna untuk menambahkan informasi atau statistik dari website lain dan internal link berguna untuk mempromosikan artikel blog lain. Jika dilakukan secara konsisten, nantinya blogmu akan secara otomatis saling “mempromosikan” satu sama lain.

Kecepatan Website

Tak kalah penting, kecepatan website menjadi salah satu faktor penilaian Google untuk menentukan peringkat blog atau website. Setiap website hanya mempunyai waktu kurang dari tiga detik untuk menyajikan konten yang diinginkan pengunjung. Inilah “loading page” yang harus selalu dioptimasi oleh pengelola website.

Caranya, kamu bisa mengoptimasi website menggunakan plugin LiteSpeed Cache yang bisa didapatkan secara gratis untuk setiap pembelian web hosting di Dewaweb. Mulai dari optimasi halaman utama hingga optimasi gambar, semua bisa dilakukan oleh plugin yang satu ini.

Optimasi Mobile (AMP)

Menurut QuoraCreative.com, perangkat digital menyumbang 90% waktu yang dihabiskan oleh orang Indonesia di internet. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan blogmu dalam daftar halaman yang sering dikunjungi orang Indonesia secara mobile, yaitu dengan menggunakan AMP.

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah halaman artikel pada blog atau website yang sudah disesuaikan dengan perangkat mobile sehingga loading page blog atau website-mu akan lebih cepat ketika diakses melalui HP. Pelajari cara instal plugin AMP dari artikel “Panduan Lengkap Instalasi Plugin AMP WordPress”.

Penggunaan Google Analytics dan Search Console

Sebagai pemilik blog yang harus memahami cara membuat blog sekaligus bertindak sebagai pengelola, pemasar, serta ahli SEO, kamu perlu menggunakan dua fitur Google ini. Sama-sama berguna untuk memonitor keadaan website bukan berarti kamu hanya membutuhkan salah satunya saja, lho.

Pasalnya, Google Analytics berguna untuk mengecek jumlah pengunjung, kelangsungan proses pemasaran yang sedang kamu jalankan, serta bagaimana perilaku para pengunjung di website-mu. Hasil analisis ini bisa kamu gunakan untuk menilai seberapa banyak traffic website-mu.

Di sisi lain, Google Search Console (GSC) berfungsi untuk membantumu sebagai pemilik website, ahli SEO, sekaligus developer. Sebab, Google Search Console bisa kamu gunakan untuk mengetahui performa blogmu di Google SERP dan mengimprovisasi tampilan di Google Search untuk mendapatkan traffic yang relevan ke situs mereka.

Kedua alat ini saling bersinergi dan wajib digunakan jika kamu benar-benar ingin mengelola blogmu. Sebab, jika Google Analytics bisa memonitor jumlah pengunjung, GSC berguna untuk memantau crawling, indexing, serta serving hingga menentukan peringkat website di mesin pencari (ranking).

Monetisasi Blog dengan Google AdSense

Ini adalah bagian yang menguntungkan dari blog yang telah kamu buat. Ya, kamu bisa menghasilkan uang dari blog alias memonetisasi blog. Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog yang bisa kamu pelajari dari artikel “Tips Monetisasi Blog”.

Selain melalui beberapa tips monetisasi blog di atas, kamu juga bisa mempromosikan blogmu dengan memasangkan iklan melalui Google AdSense karena lebih mudah diakses dan dibaca oleh Google. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan sebelum mempromosikan blog menggunakan Google Ads, seperti:

  • Umur

Google Ads hanya akan menerima pengajuan iklan jika umurmu sudah di atas 18 tahun.

  • Kualitas konten

Pastikan kamu membuat konten yang tak hanya informatif, tapi juga menarik dan original, karena Google juga akan mengecek apakah tulisanmu pernah diunggah oleh orang lain sebelumnya.

  • Identitas website lengkap

Agar pengajuan iklanmu diterima oleh Google Ads, sediakan informasi selengkap mungkin sehingga Google mampu memverifikasi bahwa blog tersebut bukan spam atau blog berbahaya, setidaknya lengkapi website-mu dengan halaman About Us dan Contact.

  • Periksa konten

Tentu saja, Google akan segera memblokir blog yang berisi konten pornografi, SARA, hoax, tutorial hacking, dan sebagainya, pastikan kontenmu tidak seperti itu, ya!

Setelah mengecek kompetensi blogmu, pelajari cara mendaftarkan Google Ads dari artikel “Cara Daftar Google AdSense”. Jangan lupa, pastikan juga untuk tidak melampirkan iklan terlalu banyak agar tak mengganggu tampilan dan kecepatan halaman website-mu.

Baca Juga: Bagaimana Memindahkan Blogger ke Self-Hosted WordPress

Simpulan

Bagaimana, ternyata cara membuat blog tidak sesulit itu, ‘kan? Selain mengurus hal-hal teknis, kamu juga harus memperluas wawasan dengan mencari bahan bacaan dari berbagai referensi. Kunjungi blog yang bisa menginspirasimu dan jangan batasi bacaan hanya dari blog yang mirip denganmu. Siap berkreasi? Semangat, salam sukses online!