8 Cara Membuat Blog di Blogger Mudah & Cocok untuk Pemula

8 Cara Membuat Blog di Blogger Mudah & Cocok untuk Pemula

Mengetahui tentang bagaimana cara membuat blog di Blogger dapat menjadi langkah awal untuk membangun bisnis online ataupun sekedar menyalurkan hobi dan minat menulis pribadi. 

Blogger merupakan salah satu platform selain WordPress yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan blog. Platform blogging ini bahkan salah satu yang paling lawas di dunia yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1999 dan kemudian diakuisisi oleh Google pada 2003.

Dikenal sebagai platform blogging yang sangat ramah bagi pemula, Blogger didukung oleh antarmuka sederhana serta ketersediaan template siap pakai yang memudahkan proses pembuatan blog. Bagi kamu yang tertarik mengetahui cara membuat blog di Blogger, yuk simak terus artikel Dewaweb kali ini hingga akhir!

Baca Juga: Blogger: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

1. Tentukan Nama Domain dan Niche Blog

Cara membuat blog di Blogger yang pertama adalah menentukan nama domain dan niche blog yang akan dibuat. Nama domain merupakan alamat website dari blog kamu. Sementara itu, niche adalah topik atau tema utama yang akan dibahas dalam blog tersebut. Berikut, beberapa tips dalam memilih nama domain:

  • Gunakan kata deskriptif
  • Mudah dieja atau dibaca
  • Hindari penggunaan angka
  • Buat nama yang singkat

Nama domain yang menarik dapat mempermudah pengunjung dalam mengingat dan menemukan blog kamu. Beberapa ekstensi domain yang sering dipakai untuk blog yaitu .com, .my.id, .co, dll.

Sedangkan niche yang sesuai dengan minat dan keahlian akan memudahkan kamu dalam pembuatan konten yang berkualitas. Beberapa tips menentukan niche.

  • Pilih topik yang kamu kuasai dengan baik atau paling tidak kamu minati. 
  • Pilih topik yang berpotensi menarik banyak pembaca
  • Cek peluang keuntungan topik jika kamu berencana monetisasi

Baca Juga: Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

2. Install Blogger

Setelah menentukan nama domain dan niche blog yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah menginstal Blogger. Kamu tidak perlu khawatir karena proses instalasi Blogger sangat mudah dan tentunya gratis, tidak ada biaya yang dikenakan sama sekali. 

Untuk memulainya, buka situs blogger.com melalui mesin pencari. Setelah itu jangan lupa login menggunakan akun Google yang kamu miliki.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

3. Membuat Blog

cara membuat blog di blogger - create your blog

Setelah berhasil login ke Blogger.com selanjutnya klik pada tombol “Create Your Blog” untuk memulai. Pastikan di sini kamu sudah login dan akan diarahkan ke halaman untuk mengisi detail blog yang akan dibuat. Masukkan judul blog yang diinginkan pada kolom “Title”. Judul ini akan menjadi nama utama blog kamu.

pilih kolom 'title'

Selanjutnya, kamu perlu menentukan alamat website atau domain blog dengan mengisi kolom “Address“. Pilihlah nama alamat yang unik dan belum pernah digunakan sebelumnya di Blogger. Jika alamat sudah digunakan, kamu akan diminta untuk memilih nama lain.

Setelah mengisi judul dan alamat blog, klik tombol “Create Blog“. Sampai sini blog kamu telah berhasil dibuat! Kamu akan langsung diarahkan ke dashboard Blogger tempat di mana kamu dapat mengelola dan mengoperasikan blog.

cara membuat blog di blogger - klik 'create blog'

 

Baca Juga: 9 Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

 

4. Membuat Postingan dan Halaman

Setelah menginstal Blogger dan membuat blog, langkah selanjutnya adalah membuat konten berupa postingan dan halaman untuk blog kamu. Di sinilah kamu dapat menuangkan ide, informasi, cerita, atau apapun yang ingin dibagikan.

 

Untuk membuat postingan baru kamu perlu masuk ke dashboard Blogger kemudian pilih New Post. 

cara membuat blog di blogger - pilih kolom 'new post'

 

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman editor seperti berikut. Di sini kamu bisa langsung memasukan judul, menuliskan konten, mengatur format teks, menambah gambar, video, tautan, dll. 

Selain itu di sisi kanan editor kamu juga dapat mengatur label, permalink, lokasi, dan waktu publikasi konten tersebut.

cara membuat blog di blogger - buat konten

 

Selanjutnya, kamu juga dapat membuat halaman statis di blog seperti halaman “Tentang”, “Kontak” atau yang lain untuk menampilkan informasi tertentu. Caranya, pilih menu “Pages” di sebelah kiri lalu muncul halaman editor seperti berikut.

Masukkan judul halaman dan isi kontennya di editor kemudian atur tampilan dan format teksnya. Setelah itu klik “Publish” untuk membuat halaman baru di blog.

klik 'publish'

 

Jangan lupa untuk selalu menyimpan draf jika belum siap mempublikasikan konten agar tidak hilang.

 

5. Mengatur Tampilan

Tampilan blog/website merupakan salah satu hal penting, terutama bagi kamu yang membuat blog untuk kepentingan bisnis. Tampilan yang menarik dan sesuai dengan tema blog dapat meningkatkan daya tarik dan kenyamanan bagi pengunjung.

Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan tema yang sesuai dengan blog tersebut. Misalnya, jika blog kamu membahas tentang makanan, gunakan tema dengan desain yang berhubungan dengan kuliner.

 

Untuk mengatur tampilan di Blogger, buka dashboard dan pilih menu Theme, setelah itu muncul tampilan seperti berikut yang menunjukkan tema yang digunakan saat ini.

cara membuat blog di blogger - klik 'theme'Gulir ke bawah untuk melihat pilihan tema lain yang disediakan Blogger. Jika ingin mengganti tema, cukup klik pada tema yang diinginkan kemudian kamu dapat menyesuaikan lebih lanjut seperti tata letak, warna, font dll di menu.

Namun, jika tema bawaan Blogger kurang sesuai, kamu juga bisa mengunduh dan menginstal tema pihak ketiga, caranya sebagai berikut.

  1. Cari tema Blogger yang diinginkan di situs penyedia tema seperti BTemplates, TemplateClue, dsb
  2. Unduh file tema dalam format XML
  3. Di dasbor, klik tanda panah di sebelah Customize pada tema kamu 
  4. Pilih Restore > Upload
  5. Unggah file XML tema yang diunduh tadi
  6. Tunggu proses pemuatan selesai
  7. Tema baru akan terpasang di blog 

tombol ‘Customize’, kemudian pilih ‘Restore’ > ‘Upload’

Setelah tema dipasang, kamu dapat menyesuaikan lebih lanjut seperti mengganti header, background, menambah widget, mengatur tata letak, dan lain-lain sesuai keinginan.

Baca Juga: Daftar Kode Warna HTML CSS Terlengkap untuk Membuat Desain Website

6. Mengatur Tata Letak Blog

Tata letak atau layout yang baik dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat membaca konten di blog. Jika tata letaknya rapi, konten mudah dibaca, dan elemen-elemen penting seperti menu navigasi, widget, formulir langganan tersusun dengan teratur, pengunjung akan merasa nyaman berlama-lama di blog kamu.

Selain meningkatkan pengalaman pengguna, struktur tata letak blog yang simpel dan user friendly juga berperan penting dalam SEO atau optimasi mesin pencari. Tata letak yang intuitif, responsif, dan ramah pengguna dapat membantu Google mengindeks konten di situs kamu dengan lebih baik. Sehingga kamu dapat meningkatkan peringkat dan visibilitas blog di hasil pencarian.

Pada Blogger, kamu bisa mengatur tata letak blog dengan sangat mudah melalui menu Layout, setelah itu akan muncul struktur blog seperti berikut. 

cara membuat blog di blogger - klik 'save arrangement'

Untuk mengaturnya, cukup drag & drop elemen-elemen seperti header, posting utama, sidebar, footer ke posisi yang diinginkan. Kamu juga bisa mengubah tata letak dengan pengaturan lanjutan seperti menampilkan sidebar di kanan/kiri, menambah baris dengan lebar tertentu, dll.

Jika ingin menambahkan widget, klik Add a Gadget untuk menambahkan widget seperti kotak pencarian, iklan, media sosial, dsb. Jika sudah selesai pilih Save untuk menyimpan perubahan.

Baca Juga: 15 Desain Website Layout Inspiratif yang Menarik Pengunjung

7. Pengaturan Tambahan

Setelah mengatur tampilan dan tata letak blog, ada beberapa pengaturan tambahan yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk memaksimalkan blog kamu.

a. Pengaturan dasar

pengaturan dasar

Untuk mengatur setelan dasar, buka dashboard Settings kemudian pilih Basic. Di sini kamu dapat mengedit judul pada kolom Title, kemudian isi Description sesuai dengan apa yang akan dibahas pada blog kamu. Untuk meningkatkan pencarian di mesin pencari, pada Privacy pilih Visible to search engines agar blog kamu dapat dicari melalui mesin pencari.

b. Bahasa dan pemformatan

bahasa dan performatan

Untuk mengatur bahasa, masuk ke kolom Blog language kemudian pilih bahasa default yang diinginkan untuk blog. Selain itu kamu juga bisa mengubah format zona waktu yang diinginkan pada kolom Time zone di bagian Formatting.

c. Pengaturan postingan, komentar, dan sharing

pengaturan postingan, komentar, dan sharing

Untuk mengatur opsi-opsi terkait postingan, komentar, dan berbagi konten, kamu dapat pergi ke menu Settings > ”Post and comments”. Di sana, kamu akan menemukan beberapa opsi penting:

Pada bagian Post, kamu dapat mengatur berapa banyak postingan yang akan ditampilkan di halaman utama blog melalui kolom Max posts shows on main page. Semakin sedikit postingan yang ditampilkan, semakin cepat halaman utama blog dimuat.

Kemudian pada bagian Comments, kamu dapat mengatur lokasi ditampilkannya komentar, apakah di bawah setiap postingan atau di halaman terpisah. Serta kamu juga dapat mengatur siapa saja yang boleh berkomentar (semua pengunjung, hanya akun Google, atau hanya blogger itu sendiri).

Di halaman yang sama, kamu dapat mengaktifkan opsi untuk berbagi postingan melalui tombol berbagi di media sosial. Pengunjung dapat dengan mudah membagikan konten ke platform seperti Facebook, Twitter, dan lainnya.

d. Pengaturan SEO

pengautran seo

Blogger menyediakan beberapa pengaturan untuk mengoptimalkan blog di mesin pencari atau SEO. Salah satunya adalah mengatur meta tags yang bertindak sebagai deskripsi singkat untuk hasil pencarian.

Pada menu “Settings” > “Other” > “Meta tags”, kamu dapat mengaktifkan opsi “Enable search description”. Setelah diaktifkan, kamu dapat mengisi kolom “Search description” dengan ringkasan atau deskripsi umum mengenai isi konten blog maksimal 150 karakter. Deskripsi ini akan ditampilkan di hasil pencarian ketika seseorang menemukan blog kamu.

Selain meta tags, kamu juga dapat mengatur tampilan halaman error 404 dan melakukan redirect kustom melalui pengaturan “Errors and redirects”. Halaman 404 yang menarik dapat mengurangi kebosanan pengunjung saat mereka tidak menemukan halaman yang dicari.

Di bagian “Crawlers and indexing”, tersedia opsi untuk mengaktifkan file robots.txt kustom. File ini berisi instruksi untuk mesin pencari agar mengindeks konten dengan lebih baik. Biasanya file robots.txt digunakan untuk mengizinkan atau melarang crawler mesin pencari mengakses bagian tertentu dari situs web.

e. Pengaturan pengguna

 

pengaturan pengguna

Blogger memungkinkan kamu untuk mengatur profil pengguna secara detail melalui menu “Edit User Profile”. Di sini, kamu dapat mengatur privasi, identitas, serta mengunggah foto profil yang akan ditampilkan di blog.

Pada bagian “Privacy”, kamu dapat mengatur beberapa opsi keamanan seperti:

  • Share my profile: Menentukan apakah profil akan ditampilkan atau disembunyikan dari publik
  • Show my email address: Memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan alamat email kamu
  • Show my blogs: Memilih blog mana saja yang akan tampil di profil kamu
  • Show sites I follow: Menentukan apakah situs yang kamu ikuti akan ditampilkan di profil

Sementara di bagian “Identity”, terdapat detail identitas seperti:

  • Username: Nama pengguna yang terhubung dengan akun Google kamu
  • Email address: Alamat email yang bisa digunakan pembaca untuk menghubungi kamu
  • Display name: Nama yang akan ditampilkan sebagai penulis dari postingan blog kamu

Kamu juga dapat mengunggah atau mengubah foto profil yang akan menjadi gambar pengenal sebagai pemilik blog melalui opsi “Profile Photo”.

Selain itu, terdapat banyak pengaturan lain yang dapat diakses dan ubah sesuai kebutuhan seperti lokasi, pekerjaan, bio singkat, situs web pribadi, dan tautan media sosial.

8. Publikasi Blog

Terakhir, untuk publikasi konten di Blogger terlebih dahulu kamu perlu membuat konten baru seperti pada langkah 4, apabila postingan konten sudah selesai dibuat kamu bisa langsung mempublikasinya.

Caranya, buka salah satu konten yang ingin di-publish, misalnya pada contoh artikel berikut. Untuk mempublikasi, kamu hanya perlu klik icon Publish. Apabila postingan telah di publish, kamu tetap bisa memperbaruinya sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Sudah Tahu Cara Membuat Blog?

Sampai sini kamu sudah tahu bagaimana cara membuat blog di Blogger secara mudah dan ramah pemula. Blogger terbukti menjadi platform blogging yang ramah digunakan karena antarmuka sederhananya serta banyak fitur menarik seperti kemampuan menyesuaikan tampilan, tata letak, pengaturan SEO, hingga manajemen konten yang fleksibel. 

Meski gratis, Blogger tetap mampu menghasilkan blog yang profesional dan menarik jika kamu mau menguasai berbagai pengaturan yang tersedia. 

Agar blog kamu bisa dinikmati lebih banyak pengunjung, Dewaweb menyediakan layanan hosting dan domain berkualitas tinggi yang ideal untuk blogging. Dengan hosting Dewaweb, blog kamu akan memiliki performa akses yang cepat, uptime terjamin, serta bandwidth dan fitur lengkap seperti SSL gratis, panel kontrol cPanel, dan antarmuka website builder yang mudah digunakan. 

Nikmati juga manfaat registrasi domain gratis pada beberapa paket hosting tertentu. Yuk, daftarkan domain kamu segera dan wujudkan blog impianmu!