Cara Membuat Blog Sendiri di Blogger dengan Mudah

Cara Membuat Blog Sendiri di Blogger dengan Mudah

Cara membuat blog sendiri cukup mudah dan praktis, terlebih ada banyak platform yang dapat digunakan, salah satunya adalah Blogger. Langkah awal yang dapat dilakukan dalam membuat blog adalah memilih web hosting yang akan digunakan. Jika kamu khawatir akan ada bahasa pemrograman yang perlu dikuasai, tenang saja, cara buat blog di Blogger maupun platform lainnya jarang ada yang memerlukan bahasa pemrograman.

Supaya kamu lebih handal membuat blog, berikut Dewaweb sudah merangkum beberapa cara membuat blog pribadi maupun untuk organisasi di Blogger. Yuk, simak sampai akhir artikel ini ya!

Cara Buat Blog

Blog adalah sebuah jenis website yang memuat konten berupa tulisan dalam berbagai topik. Pada umumnya, tulisan blog akan ditayangkan dari konten paling baru hingga konten paling lama. Blog sendiri memiliki berbagai macam kategori, seperti majalah digital, jurnal online, artikel pembelajaran, dan tutorial. Meskipun berisikan tulisan, blog juga bisa dilengkapi dengan konten visual, seperti gambar, video, hingga infografis.

Dengan mempelajari cara membuat blog pribadi, kamu juga dapat membangun website portofolio pribadi yang dapat digunakan untuk memajukan karier kamu. Lantas, bagaimana cara buat blog? Berikut informasi lengkapnya.

1. Tentukan niche blog

Sebelum mulai membuat blog, kamu perlu menentukan topik apa saja yang akan dibahas dalam blog tersebut. Jika kamu sedang mengembangkan website untuk bisnis online milikmu, kamu sebaiknya menulis seputar produk atau jasa yang kamu jual. Pemilihan niche blog yang tepat juga dapat membangun reputasi website-mu dalam topik tersebut.

Sebagai informasi, niche adalah sekumpulan topik yang menjadi area fokus dari sebuah blog. Jika kamu menjual jasa digital marketing, menulis blog yang berisi tips, tutorial, dan berita seputar digital marketing akan membantu meningkatkan brand awareness sebagai ahli di bidangnya.

Baca juga: Cara Memilih Niche Market yang Tepat untuk Bisnis Online

2. Pilih platform blogging

Setelah menentukan niche blog, cara buat blog yang selanjutnya adalah memilih platform. Pada dasarnya, platform blogging adalah software yang berfungsi untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten dalam sebuah blog. Secara garis besar, terdapat dua jenis platform blogging, yaitu platform gratis dan platform self-hosted.

Platform gratis yang dimaksud adalah Blogger, WordPress.com, Wix, atau Tumblr. Platform tersebut memang sangat mudah digunakan dan tidak perlu biaya sepeserpun. Sementara itu, platform self-hosted adalah jenis software untuk membuat blog di mana kamu dapat mengubah seluruh pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Tentukan nama domain

Domain adalah alamat URL unik yang dimiliki setiap website agar pengguna lebih mudah mengenalinya. Meskipun tidak secara langsung berdampak terhadap kesuksesan sebuah blog, pemilihan nama domain yang sesuai dengan nama usaha atau konten blog akan berperan penting dalam mempercepat pertumbuhan situsmu.

Jika kamu ingin membuat blog tentang perkebunan, alamat URL yang relevan seperti belajarberkebun.com akan memberikan gambaran yang jelas terhadap pengguna dan search engine mengenai konten yang ada di dalamnya.

Apabila kamu telah memiliki nama domain yang ingin digunakan, kamu dapat memeriksa ketersediaan. harga, dan kemudian membelinya di halaman cek domain Dewaweb.

Baca juga: Daftar Domain Gratis untuk Membuat Website

4. Instal platform blogging

Kini kamu sudah mempunyai dua hal yang diperlukan untuk membuat website untuk blog, yaitu hosting dan domain.  Jika tadi kamu belum memilih CMS (Content Management System) untuk dipasang secara otomatis, kamu dapat melakukannya secara manual dengan mudah. CMS memiliki beberapa manfaat yang sangat penting bagi kamu yang ingin memulai blog atau website sendiri:

  • Membantu membangun website atau blog tanpa pengetahuan programming atau coding.
  • Mempermudah proses penulisan konten secara langsung.
  • Membantu meningkatkan efisiensi pembuatan konten tanpa perlu mengkhawatirkan sisi teknis dari website.
  • Mempermudah penambahan fitur baru dengan plugin.
  • Menyederhanakan proses pengaturan tampilan blog dengan tema atau template gratis.

Saat ini terdapat tiga CMS yang paling populer digunakan di seluruh dunia, yaitu WordPress, Drupal, dan Joomla.

Baca juga: 10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

Cara Membuat Blog di Blogger

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, artikel ini tidak hanya akan membahas cara membuat blog, tetapi juga membahas bagaimana langkah-langkah membuat blog di blogger. 

Sebagai informasi, blogger adalah salah satu platform penyedia layanan untuk menerbitkan sebuah blog. Platform besutan Google ini sangat familiar di kalangan para pemilik blog. Fitur-fitur di dalamnya sangat membantu untuk mengelola aktivitas blogging.

Penasaran bagaimana cara membuat blog di blogger? Berikut panduan lengkap cara membuat blog di blogger hanya untuk kamu.

1. Membuat Akun Blogger

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat blog di Blogger adalah membuat akun. Caranya mudah, kamu hanya perlu akun Google dan pastikan kamu sudah log in dengan akun tersebut. Akun Google diperlukan untuk mengakses semua fasilitas yang ada di Blogger. Setelah kamu login dengan akun Google, kamu bisa memulai untuk membuat blog di Blogger.

2. Membuat Blog

1. Buka Blogger pada browser, kemudian klik ‘Create Your Blog’ untuk memulai. Masuk ke akun Google yang kamu pilih.

cara membuat blog di blogger - create your blog

2. Kemudian kamu akan diminta untuk melengkapi Blog List. Tulis judul blog kamu di kolom ‘Title’ kemudian isi alamat website.

pilih kolom 'title'

3. Untuk alamat website, tentukan nama alamat yang belum pernah diambil oleh pengguna lain di Blogger. Jika alamat website tersebut sudah pernah digunakan, kamu akan diminta untuk mengganti ke nama alamat lainnya.

4. Setelah semua selesai, klik ‘Create Blog’. Blog kamu sudah berhasil dibuat! Kamu akan langsung diarahkan pada tampilan dashboard Blogger seperti berikut.

cara membuat blog di blogger - klik 'create blog'

5. Untuk melihat tampilan blog yang dibuat, kamu bisa klik ‘View Blog’ di sisi kiri bawah dashboard.

Baca juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

3. Membuat Postingan atau Halaman

Setiap blog pasti memerlukan postingan/konten untuk mengisi blog tersebut. Nah, untuk memulainya, kamu bisa klik button bertuliskan ‘New Post’. Kamu akan diarahkan untuk membuat postingan pertama pada blog kamu.

cara membuat blog di blogger - pilih kolom 'new post'
Kamu bisa membuat konten apa saja yang kamu inginkan pada laman buat postingan baru. Ada pengaturan jenis font, text style, ukuran, warna, tata letak dan lainnya untuk mengatur tulisan/konten yang dibuat. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan juga video pada postingan.

cara membuat blog di blogger - buat konten
Yang tak kalah penting, kamu juga bisa mengatur post settings dengan menentukan labels, schedule (untuk mengatur jadwal publish) dan juga permalink pada sisi kanan laman. Setelah semua selesai, klik ‘Publish’ untuk menampilkan postingan tersebut di blog kamu, atau kamu juga bisa menyimpannya sebagai draft dengan klik tanda panah kembali di samping logo Blogger jika belum siap di-publish.

Selain membuat postingan, kamu juga bisa membuat dan mengatur halaman pada blog di Blogger. Pada tab menu, klik ‘Pages’ dan pilih ‘New Page’ untuk membuat halaman baru pada blog kamu.

klik 'pages' dan 'new pages'

Kamu akan diarahkan pada laman editor page. Isi judul halaman kamu di kolom ‘Page’ kemudian tulis informasi yang ingin kamu sampaikan di halaman tersebut. Setelah selesai, klik ‘Publish’ dan halaman kamu sudah berhasil dibuat. Untuk menghapus atau mengedit halaman yang sudah ada, bisa pilih opsi tersebut pada menu edit halaman.

klik 'publish'

4. Mengatur Tampilan

Mengatur tampilan blog pada Blogger dilakukan dengan mengedit tema pada blog. Klik ‘Theme’ pada sisi kiri laman. Setelah diklik, situs akan menunjukkan tema yang sedang digunakan pada blog kamu. Untuk menggantinya, kamu bisa scroll ke bawah laman tersebut jika kamu ingin mengganti tema dari template yang sudah disediakan Blogger.

cara membuat blog di blogger - klik 'theme'

Jika template kurang sesuai, kamu bisa download tema-tema Blogger yang kamu inginkan dari situs lain. Kamu bisa download template tema Blogger di btemplates, templateclue, soratemplates dan lainnya yang bisa kamu cari di Google.

Setelah mengunduh template tema yang kamu inginkan dari situs lain, kamu perlu meng-install tema tersebut di Blogger. File tema yang diunduh biasanya akan memiliki format XML Document.

Langkah pertama meng-install template ialah klik ‘Theme’ pada sisi kiri laman. Setelah itu, situs akan menunjukkan tema yang sedang digunakan pada blog kamu. Klik tanda panah ke bawah di sisi kanan tombol ‘Customize’, kemudian pilih ‘Restore’ > ‘Upload’.

tombol ‘Customize’, kemudian pilih ‘Restore’ > ‘Upload’

Pilih file tema template yang sudah kamu unduh tadi dengan format file XML Document, kemudian klik ‘Open’. Tunggu beberapa saat, setelah berhasil kamu bisa melihat tampilan blog dengan klik ‘View your blog’.

Baca juga: 9 Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

5. Mengatur Tata Letak Blog

Cara untuk mengatur tata letak pada Blogger adalah dengan klik menu ‘Layout’ pada dashboard. Di sini kamu bisa mengatur tata letak blog sesuai keinginan. Setelah klik layout, kamu akan melihat outline dari blog yang kamu miliki. Cara mengaturnya ialah cukup drag kotak-kotak layout tersebut ke tempat yang kamu inginkan. Setelah selesai mengaturnya, klik ‘Save arrangement’.

cara membuat blog di blogger - klik 'save arrangement'

Kamu juga bisa menambahkan fitur dalam blogmu yang bisa digunakan oleh pengunjung, contohnya search box, translate, tombol subscribe, dan lainnya. Caranya, klik ‘Add a gadget’ pada laman edit layout, pilih fitur yang ingin ditambahkan dan klik ‘Save’.

6. Publikasi Blog

Blog-mu sudah berhasil dibuat setelah semua langkah di atas sudah kamu ikuti. Kamu bisa melihat tampilan blog yang sudah jadi dengan klik ‘View your blog‘ pada dashboard.

Baca juga: 10 Platform Blog dan Panduan Memilih Platform Blogging Terbaik

7. Pengaturan Tambahan

Untuk mengatur dan mengkustomisasi segala aspek dari blog baru kamu, kamu dapat menjelajahi beberapa fitur pengaturan tambahan berikut ini.

  • Pengaturan dasar

pengaturan dasar

Untuk membuka setelan pengaturan dasar, klik pada dashboard ‘Settings’ > ‘Basic’. Kamu bisa mengedit judul blog pada kolom ‘Title’ dan isi kolom ‘Description’ dengan menulis apa yang dibahas di blog kamu. Ini akan meningkatkan pencarian di Google. Pada ‘Privacy’ kamu bisa pilih ‘Visible to search engines’ supaya blog kamu bisa dicari pada search engines.

Baca Juga: Cara Membuat Custom Subdomain di Blogger dengan Mudah

  • Bahasa dan pemformatan

bahasa dan performatan

Pengaturan bahasa dan pemformatan bisa dengan mengisi kolom ‘Blog language’. Pilih bahasa yang diinginkan pada blog. Kamu juga bisa mengubah format time zone yang kamu inginkan dengan mengedit ‘Time zone’ pada bagian ‘Formatting’.

  • Pengaturan postingan, komentar, dan sharing

pengaturan postingan, komentar, dan sharing

Untuk mengaturnya, kamu bisa scroll ke bawah pengaturan pada bagian ‘Posts and comments’. Pada kolom ‘Max posts shows on main page’ di bagian ‘Post’, kamu bisa mengatur jumlah postingan yang ditampilkan di laman utama blog.

Pada bagian ‘Comments’ comment location embedded berarti komentar akan tersemat/ditampilkan di bawah postingan. Kamu juga bisa mengatur siapa saja yang bisa komentar, moderasi komentar dan lainnya.

  • Pengaturan SEO

pengautran seo

Pengaturan SEO juga bisa kamu lakukan di Blogger. Atur preferensi penelusuran pada blog dengan scroll ke bawah menu settings pada bagian ‘Meta tags’. Klik ‘Enable search description’ kemudian ssi deskripsi pada kolom ‘Search description’ dengan menulis topik yang dibahas pada blog-mu secara garis besar. Tulisan pada meta tag dibatasi dengan jumlah 150 karakter.

  • Pengaturan pengguna

 

pengaturan pengguna

Pengaturan pengguna dapat dilihat pada menu ‘User settings’. Kamu bisa mengedit user profile pada bagian General. Atur privacy, identity dan foto profil kamu. Selain itu, kamu juga bisa melengkapi lokasi, pekerjaan, dan informasi tambahan lainnya mengenai dirimu. Jika sudah selesai, klik ‘Save settings’ untuk menyimpannya.

Baca juga: Cara Membuat Blog di WordPress, Gratis dan Praktis!

Sudah Tahu Cara Membuat Blog?

Itulah cara membuat blog sendiri dan di blogger. Bagaimana? Tidak sulit bukan membuat blog pribadi? Selain mengurus hal-hal teknis, kamu juga harus memperluas wawasan dengan mencari bahan bacaan dari berbagai referensi. Kunjungi blog yang bisa menginspirasimu dan jangan batasi bacaan hanya dari blog yang mirip denganmu.

Tidak hanya membaca blog referensi, kamu juga perlu menyiapkan domain dan hosting yang terpercaya. Yuk, miliki domain sendiri supaya citra blog/website kamu semakin unggul dan terpercaya.