Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi jaringan tanpa menggunakan alamat Internet Protocol (IP), mengingat IP biasanya terdiri dari angka-angka yang sulit dihafal. Di dunia internet, domain adalah salah satu elemen penting untuk membuat sebuah website, terlebih jika itu adalah domain gratis. Fungsi domain yaitu sebagai alamat yang memudahkan calon pengunjung untuk mengenal dan mengingat suatu halaman website. 

Bagaimana tidak, domain ibarat sebuah alamat rumah, yang digunakan untuk menyematkan halaman pada sebuah website sehingga dapat menggantikan alamat IP. Selain itu, melalui domain pula kamu bisa membuat website untuk membuat portfolio, mendapatkan keuntungan dari website toko online, atau membuat website profil untuk bisnismu. Tak sampai di situ, kamu juga bisa membuat email profesionalmu sendiri yang diakhiri dengan nama domainmu.

Namun, berapa perkiraan harga domain?

Sebelum itu, kamu harus tau, ada beberapa jenis generic top-level domain (gTLD) yang mempunyai fungsi masing-masing, yaitu:

  • .com: biasa dipakai untuk keperluan komersial atau perusahaan. Harga per tahun: Rp145 ribu.
  • .org: biasa dipakai oleh website organisasi. Harga per tahun: Rp190 ribu.
  • .biz: biasa dipakai untuk keperluan bisnis. Harga per tahun: Rp260 ribu.
  • .name: bisa dipakai untuk keperluan website profil pribadi. Harga per tahun: Rp150 ribu.
  • .id: cocok dipakai jika target pasarmu adalah orang Indonesia. Harga per tahun: Rp250 ribu.

Untuk informasi harga domain yang lebih lengkap, kamu bisa cek disini.

Selain harga domain, kamu juga masih perlu mempertimbangkan harga hosting untuk membuat website. Tapi tak perlu cemas. Jika kamu ingin mencoba membuat website tanpa mempedulikan kredibilitas, ada beberapa domain gratis yang bisa kamu coba.

Domain Gratis untuk Membuat Website

Berikut ini ada beberapa domain gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat website. Domain gratis berikut berasal dari beberapa country code top-level domain (ccTLD). Kalau kamu belum tau apa itu country code top-level domain atau general top-level domain seperti yang telah disebutkan di atas, pelajari dari sini, ya!

  • .tk

Domain .tk adalah salah satu domain gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan eksperimen untuk website. Nama .tk adalah singkatan dari Tokelau, daerah di sekitar Selandia Baru. Domain ini cocok kamu gunakan sebagai simulasi website, karena .tk hanya dapat menerima jumlah traffic di website yang tidak terlalu tinggi.

  • .ml

Domain gratis yang satu ini berasal dari salah satu daerah di Afrika Barat, yaitu Mali. Karena gratis, mau tak mau domain .ml mempunyai batasan tertentu, seperti jumlah traffic yang terbatas, nama domain yang terbatas, serta kredibilitas yang kurang meyakinkan. Namun demi fungsinya untuk melakukan eksperimen pada website, ekstensi domain ini masih bisa kamu gunakan.

  • .ga

Sama seperti Mali, .ga juga berasal dari benua yang sama, Afrika, tepatnya dari daerah Gabon. Penggunaan domain ini bisa berbayar jika menggunakan jenis domain spesial, yaitu domain yang mempunyai jumlah huruf sedikit sehingga lebih mudah diingat. Harga yang dibanderol untuk domain spesial ini sekitar US$ 6.95 per tahun atau sekitar Rp100 ribuan.

  • .cf

Nama .cf adalah singkatan dari Central African atau Afrika Tengah. Sama seperti domain gratis lainnya, .cf juga mempunyai batasan tertentu. Kamu juga bisa membeli domain .cf jika ingin menggunakan nama domain premium. Tapi jika target sasaranmu adalah pengunjung website dari Indonesia, yakin kamu ingin membelinya?

  • .gq

Berdasarkan informasi dari freenom.com, domain gratis yang berasal dari Guinea Ekuator (Equatorial Guinea) ini juga menyediakan domain spesial yang dibanderol dengan harga sama dengan tiga ekstensi domain lainnya, kecuali .tk. Pasalnya, jika ekstensi domain lain dapat dibanderol seharga US$ 6.95, .tk mungkin bisa lebih mahal.

Setelah mengetahui apa saja domain gratis yang bisa kamu pakai, ada baiknya kamu mengetahui juga kelebihan dan kekurangan domain gratis. Kelebihannya, tentu kamu tak perlu memikirkan biaya tambahan untuk domain jika kamu hanya ingin mencoba membuat website yang tak memerlukan kredibilitas atau menduduki peringkat SEO. Selain itu, kamu juga bisa bereksperimen dengan website gratis yang kamu miliki dengan jangka waktu sesuai hosting yang kamu sewa.

Namun di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan yang sebaiknya kamu hindari. Misalnya, kamu akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain jika website-mu berakhiran domain gratis di atas sehingga website-mu tidak kredibel. Selain itu, jika kamu menggunakan layanan hosting selama satu bulan, apakah kamu yakin waktu tersebut cukup untuk mengutak-atik seluruh website?

Meski gratis, tapi kelima domain tersebut mungkin hanya cocok jika kamu gunakan sebagai website simulasi saja. Kalau kamu mau mempunyai website yang lebih kredibel dan dikenal oleh Google Bot, mau tak mau kamu harus menggunakan domain berbayar. Tapi di Dewaweb, kamu bisa mendapatkan domain berbayar secara gratis! Mau tau caranya? Simak langkah berikut!

Cara Mendapatkan Domain Gratis

  1. Kunjungi halaman hosting murah Dewaweb.

domain-gratis-hosting-murah

2. Pilih paket hosting Warrior selama setahun. Selain Warrior, kamu juga bisa mendapatkan domain gratis dari paket Guardian, Crusader, Paladin, sampai Oracle.

3. Cek ketersediaan nama domain yang ingin kamu gunakan, pastikan paket yang kamu pilih sudah sesuai, pilih server hosting dan CMS jika perlu. Setelah itu, klik Tambahkan ke Cart.

domain-gratis-paket-warrior

4. Perhatikan kembali biaya yang harus kamu bayarkan. Jangan lupa klik “Click here to add it” untuk menambah kode voucher dari promo yang sedang berlangsung, lalu klik “Checkout”.

domain-gratis-review

5. Di halaman Checkout, isi data yang diminta untuk mendaftar sebagai member atau login jika kamu sudah mempunyai akun klien di Dewaweb. Jika sudah selesai, jangan lupa beri tanda centang pada persetujuan syarat dan ketentuan. Klik “Selesaikan Order”.

domain-gratis-checkout

6. Ikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk menjalankan proses pembayaran dan pilih metode pembayaran sesuai keinginanmu seperti gambar berikut:

domain-gratis-payment1domain-gratis-payment

 

7. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima email konfirmasi pembayaran yang diikuti oleh informasi mengenai pesananmu beserta link untuk login sebagai pengguna di akun cPanel. Cara lainnya, kamu bisa mengetikkan (namadomainmu).com/cpanel di web browser milikmu lalu masukkan username dan password. Perhatikan baik-baik karena email ini berisi informasi yang akan kamu butuhkan ketika mengurus website melalui cPanel.

Simpulan

Jika menggunakan domain gratis dari Dewaweb, pilihanmu tak terbatas pada beberapa domain yang tertera di atas, tapi masih ada berbagai gTLD lain yang bisa memangkas pengeluaranmu hingga Rp300 ribu per tahun. Sudah mulai memperkirakan nama domain gratis apa yang hendak kamu pakai? Kalau belum, jangan bimbang. Simak artikel berikut untuk tips memilih nama domain: 12 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat.

Selain domain gratis, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan dengan memilih paket Warrior ke atas. Mulai dari tema dan plugin premium sampai page builder bisa kamu dapatkan tanpa biaya tambahan. Cara klaimnya, cukup hubungi Ninja Support 24 jam untuk melakukan instalasi. Tunggu apa lagi? Segera tentukan nama domain gratis dan pilih paket cloud hosting-mu sekarang juga!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks