Cara Membuat Custom Subdomain di Blogger dengan Mudah

Cara Membuat Custom Subdomain di Blogger dengan Mudah

Cara membuat subdomain di blogger menjadi topik yang banyak dicari para pemilik website, terutama bagi mereka yang ingin memiliki berbagai laman web dalam satu domain.

Subdomain merupakan solusi yang tepat jika kamu ingin memiliki nama domain yang berbeda untuk masing-masing halaman situs, sehingga cukup dengan satu domain utama namun kamu bisa memiliki banyak halaman khusus seperti promo, support, dan lain-lain.

Bagi kamu yang tertarik meng-custom subdomain di blogger, yuk simak terus artikel Dewaweb kali ini karena kita akan membahasnya secara lengkap!

Baca Juga: Cara Membuat Blog Sendiri di Blogger dengan Mudah

Manfaat Custom Subdomain di Blogger

Menggunakan custom subdomain di Blogger memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Menghemat anggaran

Manfaat pertama dari penggunaan subdomain yaitu dapat menghemat anggaran. Biasanya, ketika ingin membuat halaman baru dengan URL yang berbeda, kamu harus membeli domain terpisah dan berlangganan layanan hosting tambahan. Hal ini tentu membutuhkan tambahan biaya.

Namun, dengan subdomain, kamu dapat menghemat anggaran karena hanya perlu menggunakan domain yang sudah ada untuk tujuan tersebut. Bahkan, kamu dapat menggunakan lebih dari satu subdomain sesuai dengan kebutuhan.

2. Meningkatkan kepercayaan

Pengguna internet umumnya lebih percaya kepada website dengan alamat domain khusus daripada alamat domain gratis yang umumnya digunakan oleh Blogger. Dengan begitu, penggunaan custom subdomain dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap konten yang kamu bagikan dalam blog-mu.

3. Memudahkan saat berpindah hosting

Jika suatu saat kamu ingin memindahkan blog dari Blogger ke platform blogging lain atau ke hosting sendiri, menggunakan custom subdomain akan memudahkan proses migrasi. Kamu hanya perlu mengatur DNS ke tempat baru tanpa kehilangan alamat blog-mu.

Baca Juga: Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress, Gampang!

4. Membantu menjangkau audiens lebih spesifik

Dengan menambahkan subdomain, kamu dapat mencapai audiens sesuai dengan tujuan. Artinya, kamu dapat membuat halaman website yang lebih relevan untuk pengunjung yang memiliki minat khusus.

Misalnya, kamu memiliki website dengan domain utama infoterkini.com, kamu bisa menggunakan subdomain jakarta.infoterkini.com untuk menjangkau pengunjung yang memang sedang mencari info khusus daerah Jakarta.

Dengan contoh tersebut, kamu dapat lebih efektif dalam mencapai target audiens yang sedang mencari info tersebut.

5. Meningkatkan SEO

Penggunaan subdomain pada website dapat membantu meningkatkan SEO karena memungkinkan pengunjung untuk menemukan informasi relevan sesuai konten dan memperluas jangkauan lalu lintas dengan subdomain yang sesuai. 

Contohnya, website infoterkini.com yang memiliki subdomain jakarta.infoterkini.com dan bandung.infoterkini.com dapat meningkatkan peringkat jika kontennya relevan. Setiap subdomain tersebut menyediakan konten secara spesifik. Dengan begitu peringkat SEO kamu bisa lebih meningkat sekaligus memaksimalkan local SEO.

6. Memudahkan berbagi URL

Dengan menggunakan custom subdomain, URL blog milikmu akan menjadi lebih pendek dan mudah diingat. Ini akan memudahkan dalam membagikan link blog-mu kepada orang lain.

Baca Juga: Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting dengan Mudah

Cara Membuat Subdomain di Blogger

Sekarang kamu sudah mengerti apa saja manfaat dari penggunaan subdomain di blogger, kali ini kita akan masuk pada panduan cara membuat subdomain di blogger, di antaranya:

  1. Login ke cPanel
  2. Pilih menu domains
  3. Klik create a new domain
  4. Masukkan subdomain
  5. Masuk halaman blogspot website
  6. Masuk zone editor
  7. Tambahkan CNAME record
  8. Kembali masukkan subdomain di blogger
  9. Tunggu proses resolving DNS

Simak langkah lebih rincinya berikut ini.

1. Login ke cPanel

Langkah pertama yaitu login ke cPanel hosting kamu kemudian masukkan username dan password hingga berhasil masuk.

login-cpanel

Baca Juga: 7 Tutorial Cara Menggunakan cPanel untuk Pemula

2. Pilih menu domains

Setelah berhasil login, kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu Domains > Domains seperti pada gambar berikut.

pilih menu domain di cpanel

3. Klik create a new domain

Setelah itu muncul halaman seperti berikut kemudian pilih Create a New Domain. 

cara membuat subdomain di blogger - create a new domain

4. Masukkan subdomain

Pada kolom berikut kamu perlu memasukkan subdomain yang diinginkan. Lalu centang pada bagian Share document root 

cara membuat subdomain di blogger - masukkan subdomain

Jika berhasil maka kamu akan mendapatkan notifikasi seperti berikut.

notifikasi berhasil buat subdomain di blogger

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil membuat subdomainnya. Langkah selanjutnya tinggal mengkonfigurasi di Blogger.

5. Masuk halaman blogspot website

Langkah berikutnya yaitu masuk ke halaman blogspot web kamu lalu pilih menu Settings dan pilih Custom domain.

pilih custom domain di blogspot

Kemudian pada menu custom domain, kamu perlu memasukkan nama domain yang sudah dibuat di cPanel sebelumnya lalu klik Save.

masukkan subdomain

Apabila berhasil maka muncul tampilan seperti berikut. Pada tampilan ini ada beberapa informasi yang perlu kamu simpan yaitu yang bergaris merah pada gambar berikut.

cnames

Informasi di atas merupakan CNAME yang perlu diverifikasi melalui cPanel.

6. Masuk zone editor

Buka cPanel kemudian pilih menu Domains > Zone Editor maka muncul tampilan seperti berikut. Pilih subdomain yang telah kamu masukkan di blogger, lalu klik Manage.

zone editor

7. Tambahkan CNAME record

Setelah memilih Manage lalu akan muncul tampilan seperti di bawah. Di sini kita akan membuat CNAME record, maka dari itu pilih Add record. 

masukkan cnames

Setelah memilih, kita akan membuat record yang pertama, di sini kamu perlu mengisi Name dan Record sesuai kode yang sudah disalin dari blogger tadi. Lalu pada kolom Type ganti dengan CNAME. Jika sudah pilih Save Record.

save record

Kemudian buat record satu lagi, pada bagian Name masukkan subdomain yang sudah kamu buat. Kolom Type pilih CNAME  ;alu bagian Record isikan ghs.google.com. Terakhir Save Record.

8. Kembali masukkan subdomain di blogger

Masuk ke halaman blogger kamu kemudian masukkan lagi subdomain yang sebelumnya. 

cara membuat subdomain di blogger - masukkan subdomain

Jika berhasil maka pada bagian Custom domains muncul subdomain yang kamu konfigurasi tadi dan pastikan Switch domains dalam keadaan aktif.

cara membuat subdomain di blogger - aktifkan switch domains

9. Tunggu proses resolving DNS 

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, subdomain kamu seharusnya sudah aktif. Selanjutnya, kamu perlu menunggu sekitar 24 jam untuk proses resolving DNS dan pembaruan konfigurasi, sebelum kamu dapat mengakses subdomain tersebut.

Baca Juga: Cara Mengubah DNS Environment di Dewacloud

Sudah Berhasil Buat Subdomain di Blogger?

Sampai sini kamu sudah tahu ‘kan cara membuat custom subdomain di blogger? Pastikan ikuti langkah-langkah di atas dengan benar agar kamu berhasil menambahkan subdomain.

Setelah berhasil custom subdomain di blogger, jangan lupa lindungi blog kamu agar tetap aman dengan mengaktifkannya di Cara Mengaktifkan HTTPS di Custom Domain pada Blogger.

Nah, bagi kamu yang belum memiliki domain dan hosting, Dewaweb menawarkan promo beli hosting dan mendapatkan gratis domain untuk ekstensi tertentu dengan minimal beli paket Hunter selama minimal satu tahun, selengkapnya kamu bisa cari tahu caranya di Cara Membeli Hosting Gratis Domain di Dewaweb.

Tunggu apa lagi, yuk registrasi domain dan hosting sekarang dan jangan lupa kunjungi artikel blog Dewaweb lainnya agar tak ketinggalan!