Blogger: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Blogger: Pengertian, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangannya

Blogger adalah salah satu platform pembuatan website yang memiliki banyak fitur pendukung. Saat ini blogger digunakan oleh banyak pengguna yang hobi menulis di internet karena dapat digunakan secara gratis dan menyediakan banyak fitur.

Jika kamu tertarik menggunakan blogger sebagai media pembuatan website atau blog, yuk kenali lebih dalam apa itu blogger, kelebihan dan kekurangannya agar kamu bisa mengenali fitur-fitur yang ditawarkan.

Apa itu Blogger?

Blogger.com atau Blogger adalah satu dari sekian banyak platform yang menyediakan layanan pembuatan website secara gratis. Meskipun gratis, namun blogger memiliki kelebihan dan fitur-fitur yang sangat menguntungkan kamu sebagai pengguna. 

Blog sendiri berdiri sejak tahun 1999 oleh Pyra Labs namun setelah itu Blogger diakuisisi Google sejak tahun 2003. Sejak diakuisisi dan dikembangkan oleh Google, Blogger mengalami banyak kemajuan salah satunya adalah fitur yang diberikan secara gratis untuk semua pengguna, di mana fitur ini sebelumnya adalah premium. 

Kemudian, Google juga mendesain ulang tampilan Blogger dan menambahkan beberapa fitur Blogger seperti posting melalui email, komentar, hingga template standar web. Lalu pada tahun 2006 Blogger resmi beralih sepenuhnya ke server Google. Hal inilah yang memberikan kemudahan bagi para pembuat blog. 

Salah satu ciri khas jika seorang pengguna menggunakan platform Blogger yaitu menggunakan domain dengan nama .blogspot.com. pada situsnya. 

Baca Juga: Cara Membuat Blog Sendiri dan di Blogger dengan Mudah

Fitur-Fitur Blogger

Blogger adalah platform gratis yang menyediakan banyak fitur dukungan bagi para penggunanya, lantas apa saja fitur-fitur Blogger yang bisa kamu gunakan? Diantaranya sebagai berikut.

1. Template Designer

Fitur Blogger pertama adalah template designer, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit tampilan blog sesuai keinginan. Ada beberapa bagian yang dapat kamu atur diantaranya seperti header, footer, font, sidebar, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatur tampilan blog dan mengedit penempatannya, kamu hanya perlu drag & drop kemudian geser sesuai keinginan. Tapi jika hal tersebut dirasa kurang maksimal, tersedia fitur edit HTML, di sana kamu bisa langsung menuliskan script kode untuk tampilan website.

Baca Juga: 9 Contoh Header Website Terbaik, Bikin Website Tampil Keren!

2. Earning Tabs

Seorang penulis blog memungkinkan mereka mendapatkan penghasilan dari iklan yang dipasang yaitu Google AdSense. Untuk memantau penghasilan tersebut dengan mudah, Blogger menyediakan fitur earning tabs. 

Pada tab tersebut tidak langsung muncul tampilan penghasilan AdSense kamu, melainkan terdapat button View Earnings yang akan mengarahkan kamu ke website Google AdSense.

3. Stats Tab

Fitur Blogger berikutnya adalah halaman statistik. Stats tab merupakan salah satu fitur penting bagi para pengguna karena dari sanalah mereka bisa memantau kinerja artikel yang sudah mereka buat.

Pada tab statistik kamu akan mendapatkan informasi seperti jumlah pengunjung hari ini, kemarin, dan total seluruh pengunjung serta dari mana saja pengunjung tersebut berasal. 

4. Blogger Buzz

Blogger Buzz adalah blog resmi yang dikelola oleh tim Blogger.com. Pada blog ini terdapat informasi dan berita terkait Blogger.

Blogger Buzz menyediakan berbagai konten yang bermanfaat bagi pengguna Blogger, termasuk pembaruan fitur terbaru, tips dan trik untuk meningkatkan pengalaman blogging, pengumuman tentang acara dan komunitas Blogger, serta inspirasi dari blogger sukses di seluruh dunia.

Artikel dan informasi yang dipublikasikan di Blogger Buzz membantu pengguna Blogger menjalankan blog mereka dengan lebih efektif, meningkatkan kehadiran online, dan mencapai tujuan blogging yang mereka inginkan.

Baca Juga: Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress, Gampang!

5. Google Video

Blogger memiliki fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya yaitu Google Video, yang memudahkan kamu untuk menambahkan video ke posting blog. 

Fitur ini dapat ditemukan di bagian atas formulir Buat posting baru, yang dapat kamu klik. Ketika tombol tersebut di klik, akan muncul kotak pilihan dengan beberapa opsi. Diantaranya kamu dapat mencari video di YouTube untuk menyisipkannya ke dalam postingan, atau kamu juga dapat menambahkan video yang telah diunggah ke YouTube secara pribadi.

6. Blogging By Phone

Fitur Blogger berikutnya adalah blogging by phone, fitur ini memungkinkan pengguna melakukan blogging dari mana saja dan kapan saja hanya melalui ponsel.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat dengan mudah membuat posting baru, mengedit konten, mengunggah gambar, dan bahkan mempublikasikan posting langsung dari ponsel. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot membawa laptop ke mana pun.

Baca Juga: 9 Cara Jitu Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan Besar

7. Google+

Pada tahun 2011, Google mengintegrasikan Google+ dengan platform blogging mereka yaitu Blogger.com. Integrasi ini memungkinkan pengguna Blogger untuk berbagi posting blog secara langsung di Google+ dan menghubungkan akun Blogger mereka dengan profil Google+ mereka.

8. Blogger Widgets

Fitur widgets adalah sebuah script yang dapat ditambahkan pada sebuah website sebagai fitur tambahan. Kamu dapat dengan mudah menambahkan widget melalui tab Layout yang tersedia di Blogger. Di dalam tab Layout, pengguna akan menemukan berbagai opsi, salah satunya adalah opsi add a gadget. Gadget ini sebenarnya adalah widget yang disediakan oleh Google secara internal. 

Melalui gadget, pengguna dapat memperoleh banyak manfaat, diantaranya menampilkan daftar blog populer yang dimiliki pengguna, menampilkan posting terbaru dari akun media sosial Twitter pengguna hingga menerjemahkan tulisan ke dalam bahasa lain.

Baca Juga: Menambahkan dan Menggunakan Widget Di WordPress

Kelebihan Blogger

Setiap platform pembuatan blog pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa kelebihan platform Blogger yang harus kamu tahu.

1. Gratis 100%

Blogger adalah layanan pembuatan blog yang dapat digunakan secara gratis selamanya, kamu bisa menggunakan layanan ini sampai bertahun-tahun tanpa dipungut biaya sedikitpun. 

Meskipun gratis, namun Blogger menawarkan custom domain bagi kamu yang ingin membuat domain lebih profesional dan lebih mudah diingat.

Bahkan, untuk custom domain Blogspot saja kamu hanya perlu membayar biaya sewa domainnya saja, setelah itu hubungkan domain dengan blog kamu. Jika perlu, kamu juga bisa membuat subdomain di Blogger agar website-mu bisa memiliki beberapa halaman khusus.

Baca Juga: Cara Membuat Custom Subdomain di Blogger dengan Mudah

2. SEO Friendly

Selain 100% gratis, Blogger juga mendukung optimasi SEO karena didukung oleh tools Google Search Console. Dengan demikian, kamu hanya perlu mengoptimasi blog menggunakan Search Console agar muncul pada mesin pencarian Google.

Baca Juga: Kriteria Desain Web yang SEO Friendly

3. Lebih mudah untuk digunakan

Blogger.com adalah kemudahannya dalam penggunaan. Blogger.com dirancang dengan antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah pengguna, sehingga bahkan pemula sekalipun dapat dengan mudah mengelola dan membuat blog mereka sendiri.

Kemudahan ini dimulai dari cara pendaftarannya, antarmuka penggunaannya, sudah terintegrasi dengan Google, dan template yang dapat disesuaikan dengan mudah.

4. Bisa Mendaftarkan AdSense

Kelebihan lainnya dari Blogger.com adalah kemampuannya untuk dengan mudah terhubung dengan program periklanan Google AdSense. Google AdSense adalah program periklanan yang memungkinkan pemilik blog untuk menghasilkan pendapatan melalui penempatan iklan di blog mereka.

Agar bisa didaftarkan AdSense, pastikan kamu rajin mengupload konten dan terapkan teknik SEO agar lalu lintas website semakin tinggi sehingga berpotensi mendapatkan penghasilan dari iklan AdSense. 

Baca Juga: Panduan Cara Daftar Google AdSense, Mudah dan Praktis!

Kekurangan Blogger

Selain menawarkan banyak kelebihan, tidak menutup fakta bahwa Blogger.com masih memiliki kekurangan, diantaranya sebagai berikut.

1. Tidak memiliki plugin bawaan

Salah satu kekurangan dari Blogger.com adalah platform ini tidak menyediakan plugin bawaan seperti yang tersedia pada platform blogging lainnya. Plugin adalah tambahan perangkat lunak yang dapat memperluas fungsionalitas blog dan memberikan fitur-fitur khusus yang mungkin tidak tersedia secara default.

Salah satunya seperti plugin SEO yang dapat digunakan untuk memantau kinerja SEO website. Dengan begitu, pengguna Blogger.com tidak bisa memantau kinerjanya melalui plugin.

Baca Juga: 15 Plugin WordPress yang Wajib Diinstal di Website Kamu

2. Pilihan template terbatas

Selain tidak memiliki plugin bawaan, Blogger.com juga menyediakan pilihan template yang kurang bervariasi. Hal tersebut tentu belum memenuhi kebutuhan blogger dalam memiliki situs dengan template yang SEO friendly.

Apabila kamu ingin custom template dari luar mau tidak mau kamu harus membayar dengan biaya pribadi.

Baca Juga: 20+ Template WordPress Premium Terbaik dan Terpopuler

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah paham kan apa yang dimaksud Blogger? Blogger adalah sebuah platform layanan pembuatan blog secara gratis milik Google. Walaupun gratis, Blogger.com memiliki fitur-fitur menarik yang mampu membantu penggunanya dalam memaksimalkan blogging.

Bagaimana, sampai sini kamu semakin tertarik untuk mulai membuat blog? Bagi kamu yang tertarik menggunakan Blogger.com, jangan lupa untuk custom domain agar terlihat lebih profesional. 

Dewaweb menyediakan berbagai ekstensi domain dengan pilihan beragam dan harga yang terjangkau. Selain domain, Dewaweb juga menyediakan pilihan hosting blog agar penyimpanan situs kamu lebih luas. Yuk, segera pilih nama domain favorit kamu sekarang!

Asset Blog Dewaweb
Aorinka Anendya

Gemar menulis tentang teknologi, bisnis, digital marketing, dan banyak topik lain. Sedang belajar untuk terus membuat tulisan berkualitas.