Cara Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain

Cara Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain

Bagi kamu pemilik blog berakhiran “.blogspot.com”, jangan buru-buru menghapus blogmu demi mengganti domainnya karena kamu bisa melakukan custom domain di Blogspot, lho! Jadi, blogmu akan tetap sama seperti semula, hanya saja domain bawaannya berubah menjadi domain yang kamu inginkan.

Custom domain adalah nama domain yang kamu pilih untuk menjadi identitas website kamu. Jika di Blogspot, nama domain kamu nantinya berisi embel-embel “.blogspot.com” di belakang nama blogmu. Misalnya www.websiteku.blogspot.com. Tentunya domain seperti itu terlihat kurang apik dan kurang profesional sehingga kamu perlu melakukan custom domain.

Baca juga: 12 Cara Memilih Domain yang Baik untuk Website Kamu

Di artikel ini, Dewaweb sudah mengumpulkan dan menguraikan cara custom domain di Blogspot dari client area Dewaweb. Langsung simak, ya!

Panduan ini umumnya digunakan jika kamu hanya membeli domain saja (tanpa hosting).

Cara Setting Custom Domain Blogspot

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatur custom domain dari Dewaweb untuk situs Blogger atau Blogspot.

  1. Login ke akun Blogger dan klik pada menu Settings.
    Buka settings di Blogger
  2. Geser ke bawah dan klik menu Custom Domain.
    Pilih Custom Domain
  3. Ketikkan nama domain yang ingin digunakan untuk situs Blogger.
  4. Kamu akan melihat notifikasi yang berisi records CNAME yang perlu kamu atur di domain registrar. Salin pesan ini dan simpan di Notepad atau aplikasi teks lain.
    Asset Blog Dewaweb
  5. Login ke Client Area Dewaweb dengan akun kamu dan buka menu Manage Domains atau Kelola Domain.
  6. Buka menu Nameservers dan pastikan bahwa pengaturan nameserver kamu terlihat seperti di bawah ini.
    Cek nameservers
  7. Pilih menu DNS Management, kemudian klik tombol UPDATE jika notifikasi muncul.
    Klik tombol Update jika muncul notifikasi
  8. Kemudian, klik Add New Record dan buat buat A record dengan rincian sebagai berikut:
    • Domain name = (kosong)
    • TTL = 14400
    • Record Type = A
    • Hostname = 216.239.32.21

    Buat A Record

  9. Buat dua CNAME record yang berisi informasi yang ada di pesan error dari Blogger. Di contoh ini, kami menggunakan informasi berikut:
    • Domain name = www
    • TTL = 14400
    • Record Type = CNAME
    • Hostname = ghs.google.com

    cara custom domain blogspot - Buat CNAME pertama
    dan

    • Domain name = x7zwciuzhck3 (sesuaikan dengan pesan error dari Blogger)
    • TTL = 14400
    • Record Type = CNAME
    • Hostname = gv-zjma27pnkuhill.dv.googlehosted.com (sesuaikan dengan pesan error dari Blogger)

    cara custom domain blogspot - Buat CNAME kedua

  10. Tunggu periode propagasi DNS selama 1-24 jam, lalu ulangi proses penghubungan custom domain di Blogger.
  11. Setelah domain berhasil tersimpan di Blogger/Blogspot, aktifkan pengaturan redirect domain seperti di bawah ini.
    Aktifkan redirect WWW
  12. Jika kamu sudah mengonfigurasi SSL/TLS untuk domain tersebut, kamu juga dapat mengaktifkan pengaturannya di Blogger.

cara custom domain blogspot - Aktifkan redirect HTTPS

Baca Juga : Propagasi Domain: Cara Cek, Penyebab, dan Cara Percepat

Pentingkah Mengganti Domain di Blogspot?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus custom domain Blogspot:

  1. Agar lebih kredibel dan profesional. Tentunya seberapa profesionalnya sebuah website pertama kali dilihat dari nama domain. Hal ini karena impresi pertama pengunjung sebuah website pasti tertuju pada nama domain. Bayangkan saja jika kontenmu seputar ilmu pengetahuan namun domainnya berakhiran “.blogspot.com”, tentu akan terlihat kurang kredibel, kan?
  2. Agar fleksibel. Jika kamu ingin beralih dari Blogspot ke Content Management System (CMS) lain seperti WordPress, alamat blog yang sudah ada tidak dapat digunakan di CMS yang baru.
  3. Sulit ditemukan di mesin pencari. Ketika pengguna memasukkan sebuah kata kunci di mesin pencari seperti Google, kemungkinan besar tidak ada blog dari Blogspot yang muncul.
  4. Agak sulit mendapatkan backlink. Backlink merupakan salah satu cara agar blogmu mudah ditemukan oleh Google. Namun kebanyakan pemilik blog atau website lain enggan memberikan backlink jika kamu menggunakan Blogspot.
  5. Dapat digunakan membuat email resmi. Pemilik domain juga dapat membuat email resmi perusahaan seperti [email protected] sehingga akan terlihat semakin profesional dan kredibel.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Saatnya Ganti Domain Blogspot Kamu!

Ternyata cara mengganti domain bawaan dari Blogspot menjadi custom domain itu cukup mudah bukan? Adapun pentingnya custom domain untuk website Blogger/Blogspot ini adalah agar website kamu terlihat lebih profesional dan kredibel sebagai bahan bacaan.

Perlu diingat, untuk melakukan custom domain Blogspot ini kamu harus memiliki nama domainnya terlebih dahulu dengan cara membelinya. Jika kamu belum memiliki domain, kamu dapat membelinya di Dewaweb dengan harga yang terjangkau! Langsung cek dengan klik tombol di bawah ini:

Semoga artikel ini membantumu, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!