Rekomendasi 7 CMS Website Terbaik di 2024

Rekomendasi 7 CMS Website Terbaik di 2024

Bagi pemilik situs, CMS website adalah platform penting yang digunakan untuk mengelola konten. Platform ini memungkinkan konten/halaman dibuat, diedit, dan diatur dengan mudah tanpa memerlukan keahlian coding atau pemrograman web. Alhasil, website dapat dikelola menggunakan cara yang lebih praktis dan efisien.

Inilah yang membuat CMS sering kali dijadikan sebagai opsi utama dalam mengelola situs, baik oleh pemula maupun perusahaan. Menurut Storyblok, penggunaan CMS di tingkat perusahaan terus meningkat dari 14% pada tahun 2022 menjadi 27% pada tahun 2024, di mana sebagian besar perusahaan memakai dua atau lebih CMS sekaligus.

Lalu, apa saja Content Management System (CMS) terbaik di 2024? Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa rekomendasi platform CMS yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi. Langsung saja, simak pembahasannya sampai akhir!

Rekomendasi CMS Website Terbaik

Dari sekian banyak pilihan, ada beberapa CMS populer yang sering kali dimanfaatkan untuk me-manage halaman/website. Sebut saja seperti WordPress, Drupal, Joomla, Wix, dan banyak lagi. Daripada penasaran, berikut rekomendasi 7 CMS website terbaik versi Dewaweb:

1. WordPress

cms website wordpress

WordPress adalah salah satu CMS populer dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia. Berdasarkan data dari W3Tech, CMS WordPress tercatat telah digunakan oleh 43,2% dari seluruh website dengan market share lebih dari 62%.

Popularitas tersebut bukan diraih tanpa alasan. WordPress memang sudah dikenal sebagai CMS yang powerful berkat fleksibilitasnya. Platform ini menyediakan ribuan plugin dan tema yang menarik untuk mengatur tampilan dan fungsionalitas website. Oleh karena itu, WordPress cocok digunakan untuk berbagai jenis situs, mulai dari blog, website perusahaan, bisnis, forum, toko online, dan banyak lagi.

Fitur-fitur unggulan WordPress:

  • Beautiful Themes: Tersedia ratusan tema siap pakai yang dapat disesuaikan.
  • Block Editor: Atur konten dengan mudah menggunakan alat drag and drop.
  • Advanced Design Tools: Sesuaikan desain sesuka hati dengan skema warna yang luas, tipografi, dan kontrol penuh atas CSS.
  • Pre-Built Block Patterns: Buat layout secara mudah hanya dengan memasukkan pola blok.
  • SEO Tools: Menyediakan banyak alat canggih untuk keperluan Search Engine Optimization (SEO), termasuk Yoast dan Rank Math.
  • Plugins: Menyediakan lebih dari 50 ribu plugin untuk meningkatkan fungsionalitas website.

2. Drupal

cms website drupal

Drupal adalah salah satu CMS andalan para developer yang membutuhkan fleksibilitas dan kontrol penuh atas tampilan dan fungsionalitas website. Platform ini menawarkan pengelolaan konten yang lebih kompleks dan skala yang lebih besar dibandingkan WordPress. Berkat fleksibilitasnya, Drupal cocok digunakan untuk website dengan tingkat kustomisasi tinggi seperti seperti portal berita, situs pemerintah, komunitas online, dan e-commerce.

Fitur-fitur unggulan Drupal:

  • Advanced API Support: Dukungan API tingkat lanjut untuk membangun konten dinamis, sinkronisasi ke server Drupal, dan integrasi sistem lain seperti CRM.
  • Scalability: Menyediakan fitur caching yang kuat untuk menangani banyak konten.
  • Multisite: Kelola dua atau lebih website dari satu tempat.
  • Layout Flexibility: Menyediakan layout builder untuk membangun tata letak dan tema yang intuitif.
  • Automatization: Menyediakan Drush dan Composer tools untuk mengotomatisasi berbagai tugas.

3. Joomla

cms website - joomla

Joomla adalah CMS yang menawarkan kustomisasi tingkat lanjut untuk mengelola website/aplikasi. Melalui platform ini, kamu dapat meningkatkan fungsionalitas dan tampilan situs dengan berbagai macam ekstensi dan tema yang tersedia. Berkat fitur dan fleksibilitasnya yang tinggi, Joomla cocok digunakan untuk berbagai jenis siuts, di antaranya termasuk website pribadi, blog, portal berita, dan e-commerce.

Fitur-fitur unggulan Joomla:

  • Multilingual: Mendukung lebih dari 70 bahasa berbeda.
  • Menu management: Buat dan kelola menu beserta itemnya sebanyak yang diperlukan.
  • Template assignment: Terapkan template khusus untuk halaman tertentu.
  • Responsive: Buat desain responsif dengan dukungan Bootstrap.
  • Install from web: Instalasi mudah melalui website tanpa harus meninggalkan backend.
  • Extendable: Menyediakan lebih dari 8 ribu ekstensi untuk meningkatkan fungsionalitas website.

4. Wix

Wix

Rekomendasi selanjutnya adalah Wix yang merupakan platform web builder untuk membangun situs dengan cepat dan mudah. Platform ini menyediakan banyak template responsive guna membantu pemilik situs mendesain tampilan yang sesuai dengan preferensi mereka. Selain itu, Wix hadir dengan antarmuka intuitif serta fitur drag and drop sehingga cocok untuk pemula yang ingin membangun website bisnis, portofolio, toko online, dan blog.

Berkat kemudahan yang ditawarkan, tidak heran jika Wix menjadi salah satu platform CMS populer. W3Tech mencatat bahwa platform ini menempati peringkat ketiga sebagai CMS website terbaik dengan market share sebesar 3,8%.

Fitur-fitur unggulan Wix:

  • Background scroll effects: Tambahkan efek gulir pada latar belakang halaman.
  • Mobile site editor: Sesuaikan layout dan desain untuk membangun pengalaman seluler yang lebih baik.
  • Custom interactions: Tingkatkan interaktivitas dengan menambahkan efek khusus pada setiap tindakan, seperti klik atau gulir.
  • Image filters: Menyediakan opsi filter untuk keperluan editing gambar.
  • Entrance animations: Tambahkan lusinan efek animasi untuk menarik perhatian pengunjung.

5. Shopify

contoh landing page cms - shopify

Shopify adalah platform e-commerce web builder yang dirancang untuk memudahkan pembuatan dan pengelolaan toko online. Platform ini memiliki fitur manajemen konten yang lengkap mulai dari pengelolaan inventaris, pemrosesan pembayaran, hingga integrasi marketplace. Berkat kemampuannya dalam membangun toko online, tidak heran jika Shopify menjadi CMS populer peringkat kedua dengan market share sebesar 6,3%.

Fitur-fitur unggulan Shopify:

  • Online Store Builder: Buat toko online tanpa keahlian coding menggunakan fitur drag and drop.
  • Craft the brand you want: Menyediakan template menarik yang dibuat oleh desainer kelas dunia dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.
  • Level up with apps: Tingkatkan fungsionalitas toko online dengan menambahkan lebih banyak fitur.
  • Oversee your operations: Kelola inventaris, monitoring pembayaran, dan wawasan bisnis secara real-time.
  • Manage money where you make it: Kelola seluruh keuangan bisnis dari satu tempat.

6. Magento

Sama seperti Shopify, Magento (sekarang menjadi Adobe Commerce) adalah platform e-commerce web builder yang cocok untuk toko online dengan kompleksitas tinggi. Platform ini memungkinkan pemilik situs membangun pengalaman pengguna (UI/User Experience) yang dapat disesuaikan sepenuhnya. Ini bisa dilakukan karena Magento memiliki sistem manajemen inventaris yang canggih, personalisasi produk, serta integrasi backend yang kompleks.

Fitur-fitur unggulan Magento:

  • Quick checkout: Tingkatkan pengalaman pengguna dengan menghadirkan sistem pembayaran yang cepat dan aman.
  • Page Builder: Buat halaman dengan mudah tanpa membatasi kreativitas.
  • Inventory and order management: Kelola ketersediaan dan visibilitas inventaris produk secara real-time.
  • Reporting and visualizations: Fitur laporan otomatis dalam bentuk visual.
  • Mobile centricity: Menggunakan PWA (Progressive Web Applications) untuk memberikan rute konversi yang lancar pada setiap perangkat.

7. Squarespace

CMS Squarespace

Terakhir, ada Squarespace yang merupakan CMS website untuk mengelola situs tanpa coding. Dengan fitur drag and drop, platform ini menawarkan kemudahan dalam manajemen halaman web menggunakan cara yang lebih praktis, termasuk pembuatan situs bisnis, portofolio, blog, dan resume. Selain itu, Squarespace menyediakan banyak template elegan yang dapat disesuaikan sesuka hati tanpa mengabaikan fungsionalitas website.

Fitur-fitur unggulan Squarespace:

  • Website Builder: Ubah ide apa pun menjadi situs web dengan mudah dan cepat.
  • Customizable Templates: Menyediakan berbagai macam template yang dapat disesuaikan.
  • Pre-Built Layouts: Buat tata letak halaman dengan struktur yang sudah ada.
  • Duplicate Pages and Content: Salin halaman dan konten untuk keperluan pengujian.
  • Asset picker: Tarik aset dari tempat yang sama untuk ditampilkan di halaman produk.
  • Custom CSS: Terapkan CSS khusus melalui editor CSS bawaan Squarespace.

Mana CMS Pilihanmu?

Itulah rekomendasi 7 CMS website terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi di tahun 2024. Seluruh platform di atas pada dasarnya menawarkan kemudahan dalam pembuatan dan pengelolaan website. Namun, setiap platform memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing, sehingga penting untuk mempertimbangkan CMS yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, mana CMS pilihanmu?

Terlepas dari itu, secanggih apa pun CMS yang dipilih rasanya akan sia-sia jika kualitas hosting atau server website kurang baik dan lambat. Alih-alih membuat pengunjung betah, loading yang lemot malah berpotensi membuat mereka pergi dan beralih ke situs lain.

Solusinya, kamu bisa beli hosting Dewaweb yang telah dipercaya oleh lebih dari 80 ribu pelanggan berkat kecepatan dan keamanannya. Dewaweb menggunakan web server LiteSpeed Enterprise yang mampu mendongkrak kecepatan hingga 40x lebih cepat. Dari sisi keamanan, Dewaweb dipersenjatai fitur lengkap seperti Premium Anti DDoS dari Cloudflare Magic Transit, Imunify360 WAF, dan SSL Grade A.

Kamu juga bisa sewa VPS Dewaweb jika menginginkan bandwidth unlimited tanpa biaya, loh! Dengan VPS Dewaweb, kamu bisa menikmati kecepatan jaringan tingkat tinggi tanpa limit data transfer, baik untuk trafik dalam negeri maupun internasional.

Selain hosting, kamu tentu memerlukan domain website, bukan? Di Dewaweb, kamu bisa beli domain murah dengan pilihan ekstensi terlengkap, mulai dari .com, .net, .org, .sch, hingga domain Indonesia seperti .id, .co.id, .or.id, .ac.id, dan banyak lagi. Yuk, cek ketersediaannya dan beli domain incaranmu di Dewaweb!