Headline: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Tips Menulisnya

Headline: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Tips Menulisnya

Headline adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi minat baca dan ketertarikan audiens terhadap artikel, berita, atau kolom majalah. Pada umumnya, headline digunakan untuk konten tertulis seperti artikel, berita, kolom majalah, dan sebagainya. Selain itu, headline juga biasanya digunakan untuk meringkas sebuah liputan berita berbentuk video.

Di artikel ini, Dewaweb akan berbagi informasi tentang apa itu headline dan bagaimana cara menulis headline yang menarik minat pembaca. Simak pembahasan ini hingga selesai, ya!

Baca juga: Meta Tag: Pengertian, Fungsi, dan Cara Memasangnya

Apa Itu Headline?

Headline adalah judul utama dari suatu karya tertulis seperti artikel, kolom majalah, dan berita. Biasanya, headline diletakkan pada bagian awal atau sampul konten. Selain itu, headline juga menjadi salah satu faktor yang menentukan ketertarikan pembaca terhadap konten.

Jadi, menulis headline yang menarik adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan agar konten yang kamu buat semakin menarik perhatian. Itulah alasan mengapa banyak website, blog, dan toko memiliki headline yang sangat memancing rasa ingin tahu pembacanya. Berikut adalah contoh gaya penulisan headline yang menarik dari Gojek untuk mempromosikan artikel promo mereka.

Sebuah survey dari clickgiant menemukan bahwa 80% orang mengingat headline yang mereka baca. Sebaliknya, hanya 20% orang mengingat keseluruhan isi konten.

Fungsi utama dari headline sendiri adalah memancing orang untuk menarik perhatian pembaca, dengan harapan mereka akan meng-klik artikel, video, atau berita. Namun tak sedikit juga website, blog, dan kreator yang menggunakan headline bersifat clickbait yang tidak ada kaitannya dengan isi artikel atau video.

Hal ini tentu meningkatkan risiko munculnya reaksi negatif dari pengunjung dengan memberikan feedback negatif dan menyematkan citra buruk terhadap website atau kreator tersebut. Dengan kata lain, headline adalah hal yang sangat penting bagi segala bentuk konten, serta untuk memberikan daya tarik pembaca untuk melihat isi dari konten yang dibuat.

Baca juga: Begini Cara Menulis Meta Description yang Mampu Menghasilkan Traffic

Jenis-Jenis Headline

Untuk membantu kamu dalam menulis headline yang tepat, ada baiknya memami apa saja jenis-jenis headline yang menarik dan cocok untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Lebih lengkapnya, berikut jenis-jenis headline:

  • Direct headline adalah jenis headline yang menuliskan tujuan sebuah artikel dan biasanya melibatkan fakta yang ada di dalam artikel untuk merangkum ide keseluruhan.
  • Indirect headline adalah headline yang mengisyaratkan poin utama dari artikel yang ditulis, jadi tidak langsung menyatakan tujuan untuk menarik keingintahuan.
  • How to headline adalah jenis headline yang cocok digunakan untuk tipe konten yang mengajarkan audiens tentang cara untuk mempelajari keterampilan baru atau memecahkan masalah melalui panduan.
  • News headline adalah jenis headline yang berisikan pengumuman penting tentang perusahaan atau produknya.
  • Command headline adalah jenis headline yang memberitahu audiens apa yang harus dilakukan atau apa yang dapat dipelajari dengan membaca artikel yang diberikan.
  • Brand name headline adalah judul headline yang berisi brand name agar para pembaca dapat mengenali sebuah perusahaan atau organisasi yang menjalankan bisnis.
  • Claim headline adalah judul berisi klaim atau sesuatu yang mencirikan produk atau layanan dari perusahaan kamu, agar para pembaca dapat tergerak hatinya untuk mengetahui lebih lanjut isi dari artikelnya.
  • You and I headline adalah judul headline yang menciptakan kedekatan antara pembaca dengan pengiklannya. Sederhananya, kata-kata yang digunakan harus terkait atau sesuai dengan para pembaca.
  • Question headline adalah jenis headline yang memancing keingintahuan audiens dengan cara mengajukan pertanyaan yang nantinya akan memberikan jawaban dalam artikel tersebut.
  • Emotional headline adalah jenis headline yang bertujuan untuk menargetkan perasaan audiens dan mendorong mereka untuk membaca artikel yang sudah ditulis.

Baca juga: Pengertian Bridge, Fungsi dan Cara Kerjanya dalam Jaringan Komputer

Fungsi Headline untuk Bisnis Online

Content marketing merupakan salah satu jalur pemasaran paling berpengaruh dalam lingkup digital, dan headline adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari konten — terlepas dari jenisnya. Maka dari itu, headline memiliki peranan besar bagi para pebisnis yang menjalankan content marketing sebagai salah satu upaya mengembangkan usahanya. Berikut ini adalah beberapa fungsi headline dalam bisnis digital.

Menarik minat pembaca

Pertama kali pembaca yang melihat headline yang kamu buat pastinya sesuai dengan konten apa yang ingin kamu jelaskan. Jika headlinenya menarik, konten kamu akan di dibaca hingga selesai, apalagi jika konten kamu isinya sesuai dan relevan dengan headlinenya.

Jika konten kamu bagus, tentunya pembaca juga akan menyelesaikan bacaannya dan kemungkinan kalau mereka suka, maka mereka akan menyukai konten tersebut dan membagikannya kepada yang lain. Sehingga, kemungkinan konten yang kamu buat akan dijangkau lebih luas lagi.

Inilah strategi yang bisa kamu kembangkan untuk bisnis online, kamu bisa membuat sebuah konten yang berkualitas untuk mendapatkan pembaca yang tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Optimasi untuk Search Engine (SEO)

Headline adalah yang pertama kali dilihat oleh para pembaca setelah melakukan search dengan keyword yang sesuai di search engine. Dalam konteks artikel online, headline biasanya diletakkan pada judul halaman dengan tag HTML <h1> atau <title>.

Tidak hanya itu, kamu dapat menggunakan keyword tersebut di dalam headline konten agar dapat memenuhi apa yang dicari oleh pembaca. Penggunaan keyword ini, tentunya akan memudahkan penulis untuk membuat konten yang sesuai dengan keyword dan pembaca juga dengan mudah mendapatkan konten menarik dengan keyword yang mereka cari.

Kamu juga bisa membuat konten yang bagus, serta memberikan headline untuk menarik pembaca supaya melihat isi konten yang kamu buat. Perlu diingat bahwa konten kamu tidak akan bisa memiliki kesempatan untuk dilihat oleh siapapun jika para pembaca tidak dapat menemukannya. Maka dari itu, kamu harus teliti mengenai pemilihan kata untuk membuat headline yang menarik.

Baca juga: 8 Manfaat SEO untuk Bisnis, Yakin Tidak Perlu?

Cara Ampuh Tulis headline Menarik

Menulis headline yang menarik tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang, terutama bagi para content writer atau copywriter. Untuk menulis headline yang akan memberikan dampak positif terhadap minat baca dan konten, kamu perlu mempelajari cara penulisan headline yang ampuh untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

1. Tulis headline yang unik

Headline yang unik adalah headline yang memiliki keunikan dari segi bahasa penulisan, pilihan kata, atau penyusunan kalimat. Lalu, bagaimana cara menulis headline yang berbeda dan unik? Kamu bisa ikuti cara sederhananya, seperti ini:

headline adalah - contoh headline unik

Melihat dari contoh yang ada di atas, kamu bisa menggunakan tanda ‘petik dua’ untuk mencari headline yang belum digunakan oleh orang lain. Pada gambar di atas, headline yang kamu cari ‘tidak ditemukan’ pada search engine saat ini. Sehingga, kamu bisa menggunakan headline tersebut untuk konten kamu selanjutnya.

2. Jelaskan isi konten secara spesifik

Selanjutnya, kamu bisa menulis konten yang spesifik. Karena, konten kamu harus sesuai isinya dengan headline yang kamu berikan. Oleh karena itu, para pembaca juga akan dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Konten yang spesifik tentunya menjelaskan secara lengkap bagaimana konten tersebut memberikan informasi yang relevan dan memiliki kebenaran yang bisa ditanggung jawabkan. Contohnya, kamu bisa mencari ‘contoh database terpopuler’ melalui search engine, hasilnya akan memberikan beberapa konten yang membahas keyword tersebut.

headline adalah - contoh headline database

Misalnya pada contoh gambar di atas. Secara spesifik, headline akan memberikan informasi mengenai ‘contoh database terpopuler’ dan isi dari kontennya secara lengkap membahas mengenai database yang terpopuler saat ini.

Baca juga: 10 Database Terpopuler di Dunia & Contoh Penggunaanya

3. Gunakan kata-kata yang menarik

Headline adalah kalimat pertama yang akan dibaca audiens kamu. Artinya, pemilihan kata yang mengundang rasa penasaran sangat dianjurkan untuk menulis headline untuk dapat menarik perhatian pembaca.

Pembaca akan dengan mudah terpancing dengan kata-kata yang menurut mereka menarik dan bisa memberikan informasi mengenai hal yang mereka cari. Misalnya, kamu membuat headlinePengertian, Jenis, dan Fungsi Node Pada Komputer’ yang berfokus pada Node jaringan yang ada di komputer.

headline adalah - contoh headline node jaringan

Ketika seseorang mencari tahu mengenai Node dalam jaringan komputer, maka konten ini bisa sesuai dengan apa yang mereka cari. Serta tak hanya menjelaskan pengertiannya saja, melainkan juga memberikan informasi mengenai jenis dan fungsi dari Node yang ada di jaringan komputer itu sendiri.

Maka dari itu, memberikan kata-kata menarik untuk para pembaca, harus dilakukan dengan cara yang benar dan harus unik.

4. Tawarkan manfaat bagi pembaca

Dan cara yang terakhir, yaitu kamu bisa menawarkan manfaat bagi pembaca mengenai isi konten yang kamu buat dengan headline yang menarik.

Headline yang tepat dan menarik, tentu saja akan memberikan manfaat bagi pembaca agar informasi yang mereka dapatkan sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan tidak out of topic. Misalnya, kamu ingin membuat pembahasan mengenai bahasa pemrograman Python untuk pemula. Adapun headlinenya, bisa kamu tulis seperti ini:

headline adalah - contoh headline phyton

Bisa kamu lihat penulisan headlinenya yang tertuju untuk pembaca pemula mengenai bahasa pemrograman Python. Sehingga, penulisan headline seperti ini direkomendasikan untuk menarik minat pembaca, mau itu orang yang awam hingga orang yang sudah mengerti akan pembahasan dari headline tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Instalasi & Konfigurasi Node.js, PHP, Ruby, dan Python

Siap Tulis Headline Apik Untuk Kontenmu?

Headline adalah elemen yang sangat krusial untuk meningkatkan minat untuk meng-klik sebuah konten. Tanpa headline yang menarik, maka kemungkinan besar audiens kamu tidak akan tertarik untuk membaca atau menonton konten yang telah kamu buat. Ketika hal tersebut sudah kamu ketahui, apakah kamu siap menulis headline apik untuk kontenmu selanjutnya?