Facebook Business Manager: Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Facebook Business Manager: Keunggulan dan Cara Menggunakannya

Di era serba digital seperti sekarang, banyak bisnis mulai beralih ke basis teknologi. Salah satunya yaitu penggunaan media sosial seperti Facebook sebagai media pemasaran dan pengelolaan bisnis. Facebook business manager adalah tools wajib untuk melindungi aset secara terpusat di platform Facebook.

Facebook sendiri merupakan platform media sosial yang masih banyak digunakan sampai sekarang. Bagi pelaku bisnis, mengiklankan produk secara efektif tentu sangat penting. Untuk menunjang hal tersebut sudah selayaknya FB business manager dimanfaatkan dengan optimal.

Lantas apa itu FB Business Manager? Bagaimana cara menggunakannya? Tenang saja, Dewaweb akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara lengkap dan ringkas. Ikuti langkah-langkahnya dan simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: Cara Gunakan Facebook Ads Library untuk Intip Iklan Kompetitor

Apa itu Facebook Business Manager?

Melansir Hubspot, Facebook business manager adalah tools yang berfungsi untuk membantu pengguna memantau, melaporkan, dan menerbitkan berbagai aset bisnis. Aset yang dimaksud termasuk iklan dan halaman Facebook yang digunakan untuk berbisnis. Business manager memungkinkan pengguna memberi akses ke karyawan dengan peran dan fungsi yang berbeda.

FB business manager atau yang sekarang berganti nama menjadi Meta business suite merupakan tempat pengelolaan seluruh aktivitas marketing. Facebook Ads dan segala jenis iklannya dikelola di tools satu ini, tak terkecuali kontrol akses pengguna semua akun seperti Instagram dan product catalogs.

Berikut ini fungsi utama Facebook business manager:

  • Melacak iklan Facebook. Semua kinerja iklan akan disajikan dalam bentuk sebuah laporan yang lengkap dan terperinci.
  • Memecah aktivitas bisnis dengan profil pribadi. Kamu tidak akan terganggu oleh postingan atau video yang biasa muncul di halaman profil pribadi. Dengan begitu, kamu dapat fokus pada bisnis yang sedang dijalankan.
  • Memungkinkan kamu memberi agensi, vendor, dan mitra bisnis. Semua itu bisa kamu lakukan tanpa khawatir tentang kepemilikan aset.
  • Membuat bisnis terlihat lebih profesional. Rekan kerja tidak akan melihat profil pribadimu, melainkan nama kantor atau bisnis, email, dan halaman Facebook.

Baca Juga: Cara Menambah Likes dan Follower Facebook dengan Mudah

Keunggulan FB Business Manager

Sebelum mulai menggunakan FB business manager, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja keunggulan yang ditawarkan. Hal ini cukup penting karena kamu perlu mengetahui benefit apa saja yang akan diperoleh. Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah keunggulan FB business manager.

Kemudahan manajemen tagihan

Facebook business manager memungkinkan pengguna mengelola dan melacak penagihan secara cepat dan mudah. Kamu bisa me-manage penagihan untuk vendor dan klien berbeda secara rinci guna menetapkan limit pembelanjaan di berbagai campaign.

Akses data penting

Selain kemudahan manajemen tagihan, Facebook business manager juga memungkinkan pemberian akses ke data piksel. Dengan kata lain, kamu dapat menempatkan sepotong kode pada website untuk membangun audiens, melaporkan conversion, hingga melacak insight.

Split testing

Facebook business manager menawarkan split testing atau pengujian terpisah yang berguna untuk strategi pemasaran. Kamu dapat menguji dua iklan sekaligus untuk mengetahui iklan mana yang paling cocok untuk kampanye pemasaran. Jika pengujian dilakukan dengan baik, ROI bisa meningkat hingga sepuluh kali lebih besar.

User friendly

FB business manager hadir sebagai tools yang ramah pengguna atau user friendly. Kamu tidak akan kesulitan dan dijamin bisa mempelajari tools dengan cepat, tak terkecuali orang awam yang belum memiliki pengalaman dalam manajemen iklan. Selain itu, masalah tercampurnya akun dan halaman bisa dihindari karena kamu dapat memisahkan halaman bisnis dan profil pribadi secara mudah.

Akuntabilitas

Akuntabilitas tentu sangat penting terutama jika bisnismu sudah mulai besar dan terdapat cukup banyak karyawan. Facebook business manager memungkinkan kamu memberikan dan mengubah izin akses sesuai peran masing-masing karyawan di tim pemasaran. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pelacakan peran tim dalam platform.

Keamanan dan aksesibilitas

Akses ke klien, vendor, dan mitra bisnis dapat dilindungi dengan sistem keamanan two-factor authentication. Selain itu, kamu juga dapat memantau akses FB business manager melalui audit rutin. Semua pengeluaran iklan di beberapa akun berbeda bisa dilihat secara rinci guna memastikan otorisasi benar-benar bekerja dengan baik.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Berjualan di Facebook untuk Pemula

Cara Menggunakan Facebook Business Manager

Facebook business manager adalah tools yang bisa digunakan dan dibuat dengan mudah. Meski saat ini terdapat sedikit perubahan dan muncul fitur-fitur baru, kamu dapat pelajari semuanya tanpa menemukan kesulitan besar. Agar lebih paham, simak ulasan berikut:

Buat akun FB business manager

FB business manager memang mengalami perubahan, tetapi cara buat akun masih sama seperti sebelumnya. Untuk membuatnya, kamu wajib memiliki akun Facebook terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah pembuatan FB business manager:

1. Buka halaman atau URL business.facebook.com.

2. Jika halaman sudah dibuka, klik ‘Buat akun’.cara buat akun fb business manager

3. Selanjutnya, isi kolom informasi yang disediakan sesuai dengan data identitasmu.isi kolom informasi

4. Jika semua kolom sudah diisi, klik ‘Daftar’.klik daftar

 

Nah, sampai di sini kamu telah berhasil membuat akun dan bisa menuju ke langkah berikutnya yaitu membuat page atau halaman FB. Jika sudah memiliki akun Facebook, kamu bisa melewati step ini.

Membuat page pada FB business manager

Di tahap ini, kamu perlu membuat halaman pada FB business manager. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Di dashboard Meta business suites, klik ‘Aset Bisnis’ > ‘Halaman’ > ‘Tambahkan Halaman’.cara menggunakan fb business manager - menambahkan page

2. Muncul jendela pop up, klik ‘Buat Halaman Facebook Baru’.

membuat halaman fb business manager

3. Isi semua kolom informasi yang disediakan, lalu ikuti setiap step-nya.

isi kolom informasi

Selamat, kamu telah berhasil membuat dan menambahkan halaman bisnis di Facebook. Selanjutnya kamu akan pelajari tentang cara menambahkan akun Facebook Ads.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Iklan di Facebook Ads dari Awal Sampai Publish!

Menambahkan akun FB Ads

Di dashboard Meta business suite, kamu dapat dengan mudah menambahkan akun FB Ads. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pada dashboard, klik menu ‘Pengaturan’.

menambahkan akun fb business manager

2. Lalu pilih ‘Pengaturan akun iklan’.

3. Muncul jendela baru, kemudian klik ‘Buka Pengaturan Bisnis’.

buka settings akun iklan

4. Klik tombol warna biru bertuliskan ‘Tambahkan’.

tambahkan akun

5. Muncul pop up berisi beberapa opsi, pilih dan klik ‘Tambahkan Akun Iklan’.

cara menambahkan akun fb business manager

Ikuti langkah-langkahnya dan isi kolom informasi yang telah disediakan hingga akun iklan berhasil dibuat.

Menambahkan orang ke akun FB business manager

Menambahkan orang ke FB business manager bertujuan untuk menempatkan orang terbaik dalam pengelolaan suatu campaign pemasaran. Tanpa panjang lebar, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka menu ‘Pengaturan’ pada dashboard.

Asset Blog Dewaweb

2. Klik menu ‘Pengaturan bisnis lainnya’.

buka pengaturan bisnis

3. Muncul jendela baru, klik tombol warna biru bertuliskan ‘Tambahkan’ (di sebelah kanan fitur filter pencarian).

klik tambahkan orang

4. Masukkan email orang yang ingin ditambahkan sekaligus atur perannya dalam bisnis, kemudian klik ‘Selanjutnya’.

masukkan email

5. Pilih jenis aset yang aksesnya akan diberikan kepada orang atau karyawan baru, lalu klik ‘Undang’.

pilih akses

6. Klik ‘Selesai’. Orang yang baru saja ditambahkan harus mengkonfirmasi undangan lewat email.

klik selesai

Baca Juga: Apa itu Creator Studio Facebook, Fitur, dan Cara Aksesnya?

Penutup

Sampai di sini kamu tentu mulai mengerti apa itu FB business manager mulai dari pengertian, keunggulan, hingga cara menggunakannya. Facebook business manager adalah tools yang memiliki banyak fungsi dan fitur menarik untuk memantau, melaporkan, dan menjaga aset bisnis. Kamu dapat menggunakan alat ini dengan beberapa langkah, yaitu:

  • Membuat akun FB business manager;
  • Membuat halaman atau page;
  • Menambahkan akun FB Ads; dan
  • Menambahkan orang ke akun FB business manager.

Sudah siap memulai bisnis di Facebook? Ikuti langkah-langkahnya, bangun dan buat strategi bisnis impianmu. Semoga bermanfaat dan salam sukses online, ya!