Google AdMob: Monetisasi Iklan Dalam Aplikasi

Google AdMob: Monetisasi Iklan Dalam Aplikasi

Dengan semakin berkembangnya internet, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang di internet. Salah satunya adalah melalui iklan. Iklan adalah cara yang mudah dan efektif untuk menghasilkan pendapatan. Sekarang, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan melalui iklan di aplikasi loh! Nah, Google sudah punya produk yang bisa membantu kamu, yaitu Google AdMob.

AdMob menghadirkan teknologi khusus untuk membantu kamu mendapat penghasilan dari iklan aplikasi mobile. Untuk ini, kamu tidak perlu bergantung pada advertising tools lainnya untuk membangun marketing aplikasi kamu. Sebelum kita bahas Google AdMob, yuk bahas dulu apa itu mobile advertising.

Apa itu Mobile Advertising?

Mobile advertising adalah sebuah jenis iklan yang ditampilkan melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Iklan-iklan ini bisa diperlihatkan melalui beberapa channel yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah:

  • SMS

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis mobile advertising yang satu ini. SMS adalah salah satu cara untuk mengiklankan sebuah bisnis langsung ke pelanggan dengan mengirimkan informasi langsung ke handphone mereka.

  • Native Ads

Native ads adalah jenis iklan yang berbaur dengan website atau aplikasi dimana iklan tersebut ditampilkan sehingga terlihat seperti bagian dari website atau aplikasi tersebut. Iklan seperti ini biasa dibuat agar user experience penggunanya tetap bagus.

  • Interstitial Ads

Iklan interstisial adalah format iklan layar penuh yang memenuhi interface aplikasi dan muncul di titik transisi aplikasi alami seperti misalnya mengunjungi halaman baru. Pengguna memiliki opsi untuk melewati iklan jika mereka mau. Berikut contoh interstitial ads di perangkat mobile.

contoh interstitial ads
gambar: mobileaction

Mungkin kamu sudah tertarik nih untuk melakukan mobile advertising. Tapi bagaimana caranya? Jangan khawatir. Ada cara yang sangat mudah untuk melakukannya, yaitu dengan Google AdMob.

Baca Juga: Apa Itu Google AMP?

Apa itu Google AdMob

AdMob adalah platform pengiklanan Google yang digunakan untuk memonetisasi aplikasi mobile. Dengan Google AdMob, developer bisa mempromosikan aplikasi mereka melalui iklan in-app, memonetisasi aplikasi mereka dengan memperbolehkan in-app advertising, dan memberikan mereka insight melalui Google Analytics.

Nama AdMob sendiri merupakan kombinasi dari “Advertising” dan “Mobile”. Dengan AdMob, kamu bisa membuat iklan untuk berbagai platform mobile seperti Android, iOS, WebOS, dan Windows.

AdMob adalah salah satu perusahaan mobile advertising terbesar di dunia yang melayani lebih dari 40 juta iklan mobile dalam rupa banner atau teks yang dipasang di berbagai platform seperti website dan aplikasi mobile setiap bulannya.

Akun AdMob juga terhubung dengan akun Google Ads agar bisa mendistribusikan iklan untuk aplikasi dan permainan Android. Dengan menghubungkan AdMob ke Google Ads, kamu dapat membuat kampanye pemasangan aplikasi mobile secara lebih praktis.

Dengan Google Ads, kamu bisa menggunakan target kata kunci khusus, iklan berdasarkan ID aplikasi, dan banyak pilihan penargetan lainnya. Salah satu fitur unik dari mobile advertising adalah Mediasi AdMob yang memungkinkan pembuatan kampanye iklan internal, kampanye yang menayangkan iklan ke aplikasi dengan inventaris sendiri tanpa biaya.

Kamu dapat mengevaluasi performance dari kampanye tersebut dengan mudah melalui conversion tracking. Sistem terintegrasi penuh dengan Google Analytics juga memudahkan pengguna dalam mengakses semua metrik dan dimensi yang penting bagi aplikasi, seperti keterlibatan pengguna (user engagement), akuisisi pengguna (user acquisition), revenue, sessions, screen views, screen size, app version, dan masih banyak lagi.

Google Admob
gif: Google Admob

Selain itu, kamu juga dapat membentuk segmentasi audiens untuk mengetahui bagaimana user menggunakan aplikasi. AdMob dapat membantu developer untuk membangun aplikasi yang mendukung mobile advertising serta membuka jalur pemasukan baru bagi mereka.

Baca Juga: Brotli: Algoritma Kompresi Google Untuk Mempercepat Website

Fitur-fitur Google AdMob

AdMob memiliki mekanisme bawaan, yang memungkinkan developer menampilkan “iklan internal” untuk mempromosikan secara silang portofolio aplikasi lain mereka secara gratis. Kerangka kerja ini juga dapat digunakan untuk penawaran langsung, memungkinkan menjalankan kesepakatan iklan yang dinegosiasikan langsung dengan pengiklan.

Fitur lain AdMob adalah Mediation, teknologi yang membantu aplikasi memaksimalkan jumlah iklan yang ditampilkan dalam aplikasi, dan membantu meningkatkan pendapatan.

Melalui mediation, kamu dapat mengintegrasikan hampir 40 jaringan iklan mobile yang berbeda dan bahkan terlibat dalam mediasi pengembangan software untuk jaringan tertentu.

Dengan mediation, aplikasi dapat menikmati integrasi langsung dan penawaran dinamis dengan jaringan iklan lain yang memungkinkan pembaruan CPM otomatis. Hal ini tentunya memperhemat upaya dan waktu untuk menyesuaikan penawaran secara manual. Ketika menyangkut monetisasi, AdMob adalah alat yang berguna karena memiliki semua fitur yang dibutuhkan.

Selain fitur yang disebutkan di atas, AdMob juga memiliki tiga fitur tak kalah menarik lainnya:

  • AdMob In-App Purchase House Ads

Format baru benar-benar dapat mengubah cara orang berpikir tentang strategi monetisasi pembelian dalam aplikasi. Format ini dapat digunakan untuk membuat iklan yang disesuaikan untuk mempromosikan item yang dijual kepada pengguna.

AdMob dapat menampilkan iklan reguler. Pendekatan ini berarti bahwa seseorang dapat mempertahankan pengguna bernilai tinggi yang terlibat dalam aplikasi, dan untuk orang lain.

  • Audience Builder

Ini adalah fitur canggih yang membantu kamu membuat daftar audiens berdasarkan cara orang menggunakan aplikasi dan membuat user experience yang disesuaikan untuk pengguna yang belum menggunakan aplikasi dalam dua minggu.

Impor daftar ke Google AdWords dan tampilkan iklan sesuai dengan daftar tersebut untuk melibatkan kembali pengguna saat mereka berada di aplikasi atau website lain.

  • AdMob Native Ads

Developer yang berpartisipasi dapat menampilkan iklan asli dalam aplikasinya dan menyesuaikannya agar berbaur dengan bentuk dan fungsi aplikasinya. Dengan native ads, kamu dapat membangung user experience yang lebih menyenangkan untuk pengguna aplikasi kamu.

Baca Juga: Panduan Google Tag Manager, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Cara Menggunakan AdMob

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mendapat penghasilan dari AdMob? Yuk, ikuti langkah di bawah ini untuk mulai menggunakannya.

Sign in ke akun AdMob Anda dengan mengunjungi https://apps.admob.com/

  • Klik “Monetize New App”
  • Beri nama aplikasi dan detail platform kemudian klik “Add App”
  • Pilih satu aplikasi untuk memonetisasi dengan memilih di antara 3 metode ini:
    • Search for your Apps

      Cari aplikasi Anda di Google Play, kemudian klik “+ Select” untuk memilih aplikasi tertentu.

    • Add your App manually

      Jika aplikasi kamu belum di-publish atau dirilis, kamu bisa memasukkan nama dan platformnya, lalu klik “+ Select to add the App manually“.

    • Select from Apps you have added

      Di daftar aplikasi yang sudah ada di akun AdMob, klik “+ Select” untuk memilih aplikasi yang Anda mau.

  • Untuk membuat sebuah iklan, pilih salah satu format iklan dan masukkan data yang relevan untuk iklan banner atau interstitial
  • Klik “Save”
  • Jangan lupa untuk menyimpan Ad Unit ID. Ini akan berguna untuk keperluan coding nantinya
  • Periksa ulang instruksi on-screen untuk mempelajari cara terbaik untuk mengimplementasikan iklan kamu
    Catatan: Iklan tidak akan muncul sampai kamu memasukkan Ad Unit ID ke dalam koding aplikasi.

Simpulan

Untuk developer aplikasi mobile, Google AdMob benar-benar membantu kamu untuk memonetisasi aplikasi melalui iklan terutama untuk platform Android. Dengan framework Google AdMob, kamu akan mendapat banyak sekali keuntungan dari aplikasi kamu.

Dengan fitur-fiturnya, Google AdMob juga membantu kamu untuk beriklan dan mendapatkan penghasilan dari internet dengan lebih mudah. Semoga artikel ini membantu!

Sebagai penyedia web hosting Indonesia yang terpercaya, kami ingin membantu berbagai bisnis untuk sukses online. Salah satunya adalah dengan menyediakan paket VPS Indonesia yang aman, cepat, dan dapat diandalkan. Selain itu, kami menyediakan berbagai promo menarik juga loh. Semuanya bisa kamu lihat di halaman promo Dewaweb.