Mengenal Shopify & Cara Menggunakannya untuk Toko Online

Mengenal Shopify & Cara Menggunakannya untuk Toko Online

Jika kamu berencana membuat toko online, Shopify adalah salah satu opsi yang bisa kamu coba. Platform ini memungkinkan kamu membuat toko online profesional secara mudah tanpa harus memiliki kemampuan coding sedikit pun.

Serius bisa bangun online shop tanpa coding? Tentu saja. Hebatnya lagi, platform ini menyediakan fitur builder sederhana, desain bervariasi, hingga fitur pengelolaan toko yang bisa kamu akses lewat smartphone.

Mulai tertarik menggunakan platform ini? Dewaweb telah merangkum semua informasi penting tentang apa itu Shopify, termasuk kelebihan dan cara menggunakannya. Yuk, simak pembahasannya sampai akhir.

Apa itu Shopify?

Shopify adalah platform web builder yang dirancang khusus untuk membuat website e-commerce atau toko online. Platform ini memiliki fitur lengkap yang memungkinkan kamu mengatur berbagai keperluan berjualan, seperti manajemen produk, inventory, payment, hingga shipping.

Shopify biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun toko online sendiri, namun minim pengetahuan tentang coding. Dengan platform pembuatan online shop ini, kamu hanya perlu melakukan registrasi dan mulai membangun website melalui dashboard.

Layanan Shopify bersifat hosted di mana seluruh data yang kamu unggah akan disimpan di server milik mereka. Oleh karena itu, pengguna diharuskan membayar biaya bulanan dengan tiga pilihan paket, yaitu Basic, Shopify, dan Advanced.

  • Basic – Harga langganan paling murah dengan biaya per transaksi 2%.
  • Shopify – Harga langganan sedikit lebih mahal dengan biaya per transaksi hanya 1%.
  • Advanced – Harga langganan paling mahal dengan biaya per transaksi 0,5%. Pengguna dapat menikmati semua fitur Shopify jika berlangganan paket ini.

Selain itu, kamu bisa membuat akun trial terlebih dahulu untuk mencoba layanan ini secara gratis selama 14 hari. Jika dirasa cocok, kamu dapat mulai berlangganan dengan memilih paket sesuai kebutuhan.

Kelebihan Shopify

Sebelum mempelajari cara berjualan di Shopify, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan yang ditawarkan oleh platform ini. Berikut beberapa kelebihannya:

1. Mudah untuk digunakan

Kelebihan pertama Shopify adalah mudah digunakan. Platform ini pada dasarnya dirancang khusus untuk siapa pun yang ingin membuat toko online tanpa keahlian programming. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop saja untuk mengatur tampilan website.

2. Tidak memberikan batas jumlah produk

Kelebihan selanjutnya adalah tidak ada batasan jumlah produk. Artinya, kamu bebas untuk menambah dan mengelola produk sesuka hati. Platform ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjual berbagai barang atau jasa tanpa harus khawatir tentang limit atau kapasitas hosting.

3. Memiliki manajemen toko yang mudah

Shopify memiliki fitur manajemen toko yang mudah di mana kamu dapat melakukannya melalui berbagai perangkat, termasuk smartphone. Pengelolaan pun bukan sebatas penerimaan order saja, kamu dapat memantau dan mengatur berbagai tugas, seperti mengupload produk, membuat koleksi, berkomunikasi dengan staf, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Auto Cuan! Ini 15+ Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Kekurangan Shopify

Selain kelebihan, Shopify juga memiliki kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mulai berlangganan. Berikut beberapa kekurangannya:

1. Biaya mahal

Salah satu kekurangan Shopify yang sering dikeluhkan calon pengguna adalah biaya langganan relatif mahal. Untuk paket basic saja, kamu harus menggelontorkan biaya sebesar US$25 atau sekitar Rp380 ribu per bulan. Apalagi jika kamu ingin menggunakan versi plusnya, biaya yang harus dikeluarkan tentu lebih mahal lagi.

2. Tidak ada hosting email

Shopify tidak menyediakan layanan hosting email, jadi kamu perlu menambahkan email pribadi (gratis) atau menggunakan penyedia layanan email pihak ketiga untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Meskipun bukan masalah besar, namun menggunakan layanan third party ini berarti kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan.

3. Fitur report bulanan yang terbatas

Kekurangan yang terakhir adalah fitur report bulanan yang terbatas pada paket basic. Kurangnya fleksibilitas dalam menghasilkan laporan membuat beberapa bisnis mungkin kesulitan untuk memahami tren, mengidentifikasi peluang, atau menganalisis kinerja produk tertentu.

Solusinya, kamu perlu meng-upgrade paket Shopify ke versi yang lebih tinggi untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga: Tutorial PrestaShop: Panduan Lengkap Membuat Website Toko Online

Cara Menggunakan Shopify

Bagaimana cara menggunakan Shopify? Setelah memahami apa itu Shopify, sekarang kamu akan belajar cara menggunakannya mulai dari proses awal hingga toko siap diluncurkan. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Melakukan pendaftaran Shopify

Sebelum mulai menggunakan Shopify, kamu harus registrasi akun terlebih dahulu melalui situs resminya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Shopify

Buka situs Shopify atau klik link  www.shopify.com, lakukan pendaftaran dengan klik Start free trial.

pendaftaran shopify - shopify adalah

2. Lengkapi data toko

Muncul beberapa pilihan terkait data website yang ingin dibuat. Pilih opsi sesuai tujuan dan lengkapi data toko yang diminta, kemudian klik Next.

lengkapi data toko

3. Isi email & password

Muncul form “Create a Shopify ID”, isi kolom email dan password dengan benar kemudian klik Create Shopify ID.

isi email dan password - shopify adalah

Sampai di sini, kamu telah berhasil membuat akun Shopify dan toko online dasar.

2. Pelajari fitur dashboard dan fungsinya

Selanjutnya, kamu perlu mempelajari fitur-fitur yang ada di dashboard. Platform ini menyediakan fitur dengan fungsi yang berbeda, mulai dari Home, Products, Orders, Customers, Content, Analytics, dan banyak lagi. Berikut penjelasan singkat mengenai fitur utamanya:

fitur-fitur shopify adalah

  • Home – Halaman utama untuk mengelola semua aktivitas toko.
  • Products – Berisi tentang pengelolaan aset atau produk yang dijual.
  • Orders – Berisi tentang pengelolaan pemesanan produk dan status pembayaran.
  • Customers – Memuat informasi detail konsumen yang pernah melakukan pembelian.
  • Content – Fitur untuk menambahkan objek khusus seperti keranjang belanja, panduan ukuran, highlight produk, dan lain sebagainya.
  • Analytics – Memuat informasi terkait transaksi, mulai dari keuntungan, kerugian, hingga report penjualan.
  • Marketing – Tempat untuk mengatur strategi pemasaran, di antaranya termasuk iklan berbayar yang terintegrasi dengan Facebook Ads dan Google Ads.
  • Discounts – Halaman untuk mengatur promo diskon dan kode pembelian.

Baca Juga: Lapak Instan: Platform Website Toko Online dengan Fitur Lengkap!

3. Tambahkan produk yang akan dijual

Setelah memahami fitur utama pada dashboard, selanjutnya kamu dapat mulai menambahkan produk yang ingin dijual. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik ‘Add Produk’

Buka menu products terlebih dahulu, kemudian pilih Add your product.

klik add your product

2. Lengkapi data & deskripsi produk

Pastikan isi kolom judul dan deskripsi produk secara jelas dan rinci. Jangan lupa atur kategori, tipe produk, vendor, dan tags pada bagian “Organization”.

lengkapi data dan deskripsi produk

3. Tambahkan gambar

Tambahkan gambar produk yang kamu jual. Klik Add files untuk mengunggah gambar dari perangkat atau klik Add from URL untuk menambahkan gambar dari situs lain.

tambahkan gambar produk

4. Lengkapi detail pengiriman

Selanjutnya, kamu harus mengatur detail shipping atau informasi pengiriman produk. Lengkapi detail pengiriman sesuai kebijakan toko.

lengkapi data pengiriman - shopify adalah

5. Tambahkan inventaris dan variasi produk

Bagian “Inventory” digunakan untuk menginput data berdasarkan kebijakan bisnis, seperti stok, SKU, barcode, dan lokasi toko. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan variasi produk, seperti warna, ukuran, motif, dan lainnya pada bagian “Variants”.

tambahkan inventaris

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online, Mudah Hanya 6 Langkah!

4. Siapkan payment gateway

Langkah terakhir cara berjualan di Shopify adalah menyiapkan payment gateway menggunakan metode pembayaran Shopify POS (Point of Sale). Fitur ini sudah terintegrasi dengan kartu kredit untuk mempermudah transaksi jual beli.

Jika semua informasi sudah lengkap, selanjutnya kamu perlu menyimpan produk dengan mengklik tombol Save di pojok kanan atas.

payment gateway - shopify adalah

Kesimpulan

Shopify adalah platform e-commerce web builder yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu opsi untuk membuat toko online. Dengan fitur dan antarmuka sederhana, platform ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengalihkan bisnis ke ranah digital secara mudah dan cepat tanpa perlu pengetahuan coding.

Cara menggunakannya pun tergolong praktis, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat toko online versimu sendiri.

Terlepas dari itu, jika kamu memerlukan hosting dan domain untuk kebutuhan website, sebaiknya gunakan layanan terpercaya dari Dewaweb. Kami menyediakan pilihan domain terlengkap dan layanan hosting berperforma tinggi untuk mendukung pertumbuhan bisnismu. Yuk, coba Dewaweb sekarang!