Kemajuan teknologi membuat industri mendapatkan dampak positif yang tidak bisa diremehkan atau malah tidak diikutsertakan di dalam bisnis yang dijalankan. Pada dasarnya, dengan kemajuan teknologi yang ada, maka kinerja bisnis di beberapa sektor bisa dilakukan dengan lebih mudah dan hanya perlu mengandalkan teknologi saja, bukan manusia.

Salah satu kemajuan teknologi yang membawa dampak positif adalah Chatbot. Apakah kamu pernah mendengar kata itu? Jika belum, mari membahas salah satu aplikasi yang sebenarnya bisa menurunkan cost operasional dan mempermudah dalam menyebarkan informasi kepada para konsumen.

Pengertian

Chatbot adalah layanan obrolan yang sebenarnya menjadi fitur yang sudah sangat sering digunakan oleh masyarakat yang melek teknologi. Tapi bedanya, yang membalas di dalam proses chatting itu adalah robot atau tokoh virtual. Ini memang sesuai namanya yang memuat kata “bot” yang merupakan kependekan dari internet robot.

Dengan chatbot, maka robot/tokoh virtual di dalamnya diberikan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk menirukan percakapan manusia seperti kamu sedang chatting atau mengobrol dengan suara bersama orang biasa saja. Dan ini tentunya memberikan banyak kemudahan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Kemampuan AI yang memberikan kecerdasan virtual kepada chatbot membuatnya bisa menilai jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan yang dilontarkan kepadanya. Cara yang dipakai chatbot agar bisa mendapatkan jawaban terbaik adalah melalui keyword. Ya, dengan sistem pengoperasian yang sudah ditanamkan kepadanya, maka chatbot bisa melihat keyword yang diberikan kepadanya dan melihat mana jawaban yang paling dekat dengan keyword tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan cepat.

Ada beberapa teknologi lainnya yang digunakan oleh chatbot agar menghasilkan aplikasi yang tepat untuk memberikan informasi yaitu Machine Learning, Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP). Khusus untuk NLP, ini adalah teknologi yang cukup penting karena dengan NLP, chatbot bisa memiliki kemampuan untuk mengerti dan memahami bahasa yang dipakai di dalam pertanyaan dan memberikan respon dengan bahasa yang sama pula.

Itulah pengertian dari chatbot yang sangat bisa digunakan di dalam bisnis. Namun setiap teknologi pastinya memiliki kelebihan serta kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari teknologi robot tersebut? Itu yang akan diulas di bawah ini.

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang bisa diberikan oleh chatbot untuk kamu:

  • Lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen

Ketika konsumen ingin menanyakan sesuatu hal lewat website, maka robot ini bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cepat tanpa bertele-tele. Ini pastinya akan sangat disenangi oleh konsumen juga.

  • 24 Jam

Jika menggunakan manusia di dalam urusan customer service seperti ini, terkadang ada kendala yang bisa didapatkan seiring pengoperasian, khususnya jam kerja. Namun tidak dengan chatbot karena teknologi ini tidak akan pernah tidur layaknya manusia sehingga kapan dan jam berapapun ada pertanyaan, maka bisa segera dijawab.

  • Kemudahan untuk bisnis

Kelebihan chatbot juga pastinya dirasakan oleh pihak pebisnis. Mereka tidak perlu lagi berurusan dengan manusia yang terkadang mengalami masalah, padahal yang namanya pebisnis, pastinya ingin mendapatkan kinerja terbaik. Dengan teknologi robot, maka urusan customer service menjadi mudah.

Kekurangan

Tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki chatbot, kekurangan pun juga pastinya ada seperti:

  • Mematikan peran customer service

Lapangan kerja yang biasa dikerjakan oleh manusia ini pastinya akan pelan-pelan mati ketika teknologi mulai masuk. Yang biasanya diisi manusia, kini diisi oleh robot. Dan itu sangat merugikan dari pihak yang bekerja di bagian customer service karena kehilangan lapangan pekerjaan.

  • Tidak bisa menjawab seluruh keluhan

Di dalam menjalankan bisnis, pasti ada saja masalah yang menimpa konsumen dan meminta pertanggung jawaban. Sayangnya ketika berhubungan dengan chatbot, maka bisa saja apa yang diinginkan oleh konsumen tidak bisa dijawab dan dipenuhi olehnya sehingga tidak memberikan rasa puas dan malah menambah masalah baru.

Baca Juga: 7 Strategi SEO Kuno yang Sebaiknya Mulai Kamu Tinggalkan

Chatbot pasti akan semakin banyak dipakai agar memberikan kemudahan dan menekan cost bisnis karena bisa diganti robot. Sekarang pilihan ada ditangan kamu. Apakah sudah percaya dengan kemampuan robot yang sudah dilengkapi AI atau masih ingin menggunakan tenaga manusia.

Daftar dan tonton webinar Dewatalks