dewaweb-blog-kenalan-dengan-sololearn

Belajar pemrograman atau coding sekarang bisa juga dari tablet atau smartphone Anda. Solo Learn menjadi salah satu aplikasi canggih yang bisa bantu Anda untuk itu. Ini tentunya bisa mempermudah Anda para developer pemula atau anak kuliah IT yang mau mengasah kemampuan coding Anda. Jika biasanya Anda harus membuka laptop atau menyalakan PC Anda terlebih dahulu, kali ini Anda bisa belajar dari mana saja dan kapan saja Anda mau.

Mari kenali apa itu SoloLearn dan apa saja kelebihannya dibanding aplikasi serupa lainnya!

Kelebihan SoloLearn

Berikut merupakan beberapa kelebihan dari SoloLearn:

  • Aplikasi Telah Mendukung Banyak Sekali Bahasa Pemrograman

Tak hanya berfokus ke pembelajaran dengan satu bahasa pemrograman saja. Berikut adalah 23 bahasa pemrograman yang sudah didukung: Kotlin, JavaScript, HTML, CSS, C++, PHP, SQL, Java, Phyton 3, Swift 4, Ruby, jQuery, C, Regular Expressions, Git, Bootstrap 3, Data Structures, Algorithms, Machine Learning, ECMAScript 6, Python NumPy, AngularJS, dan Design Patterns.

  • Materi Pembelajaran yang disajikan Mudah dipahami dan Terstruktur

Materi pembelajaran akan diberikan secara bertahap. Jika Anda sudah menguasai dasar-dasarnya, barulah Anda akan diberi akses untuk memelajari materi yang lebih sulit, dan seterusnya. Materi yang disampaikan berupa tampilan contoh, dan kuis atau soal untuk setiap materi yang sedang dibahas.

  • Pengguna didukung Forum untuk Saling Membantu dalam Belajar

Pada saat Anda pertama kali hendak memakai aplikasi ini, Anda diwajibkan untuk membuat akun Anda. Akun ini juga bisa secara otomatis dibuat dengan login melalui Facebook ataupun GMail. Nantinya, pada akun ini, Anda juga dapat meninjau apa saja aktivitas yang telah Anda lakukan lewat dashboard. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan teman dan ikut berdiskusi dalam forum yang ada. Hal ini tentunya bisa memudahkan proses belajar Anda karena ada wadah bagi Anda untuk berbagi hasil pembelajaran atau sekadar tanya jawab dengan pelajar lainnya untuk menambah ilmu.

  • Ada Fitur Menarik berupa Challenge

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur challenge. Dengan fitur yang satu ini, Anda bisa menantang peajar atau programmer lainnya yang juga sedang online untuk sama-sama menjawab soal ataupun kuis yang diberikan. Kalau nantinya Anda menang maka Anda akan mendapat poin yang bisa menambah level Anda. Kalau Anda kalah maka berlaku sebaliknya, level Anda bisa saja turun karena kehilangan poin terus-menerus.

  • Pengguna Mendapat Sertifikat Jika Lulus

Setelah Anda berhasil melalui beberapa tahap pembelajaran dari aplikasi ini, Anda berhak mendapat suatu sertifikat yang akan menandakan pemahaman Anda terhadap pemrograman. Sertifikat ini nantinya bisa Anda unduh dan menjadi bukti kemampuan coding yang Anda miliki, baik untuk ditunjukkan pada perusahaan di mana Anda ingin bekerja maupun untuk disimpan pribadi.

Cara Download SoloLearn

Untuk mengunduh aplikasi ini, Anda dapat membuka aplikasi Google Play Store atau pengunduh aplikasi sejenis lainnya di smartphone maupun tablet Anda. Setelah itu silakan ketik “SoloLearn” di kolom pencarian atau langsung klik link: download SoloLearn. Jika Anda sudah tampak tampilan seperti di bawah ini, silakan klik “Install” atau unduh.

Jika sudah, Anda bisa langsung mengikuti petunjuk yang ada didalam aplikasi tersebut. Sebenarnya tidak sulit untuk mengikutinya, namun Anda memerlukan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik karena seluruh teks didalamnya menggunakan bahasa Inggris.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk belajar coding dari aplikasi yang kami bahas satu ini? Selamat belajar ya dan semoga berhasil!