9 Cara Membuat Website Content Kamu Diklik Banyak Orang

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman, membuat konten website bukanlah pekerjaan yang sulit. Banyak perusahaan yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada kamu yang ingin memiliki website sendiri. Mau perseorangan atau perusahaan, semua bisa mendapatkan website yang mereka mau dengan mudah.

Namun pertanyaan selanjutnya adalah apakah konten website kamu sudah menarik? Apakah orang lain mau membuka website kamu dengan kesadaran untuk mencari info-info yang bagus serta memiliki point of view yang berbeda? Itulah yang terkadang tidak bisa dipenuhi oleh konten-konten yang ada di website-mu.

Tapi tenang saja, di bawah ini ada sembilan cara agar konten website bisa diklik oleh banyak orang. Kamu tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas konten website setelah membaca cara-cara berikut. Perhatikan dengan baik, ya!

Cara Agar Konten Website Kamu Diklik Banyak Orang

Bahas peristiwa yang sedang viral

Tipe konten pertama yang bisa kamu bahas di website adalah peristiwa yang sedang viral. Apapun itu, di mana pun itu, asalkan viral, kamu wajib menulisnya. Jangan pernah melewatkan kesempatan ini karena ketika ada peristiwa yang sedang viral, para pengguna internet akan berbondong-bondong mencari lewat mesin pencari. Dengan melakukan hal ini, bisa dipastikan traffic website kamu akan naik dengan sendirinya dan kamu berarti sudah memanfaatkan satu peristiwa untuk menjaring pengunjung website.

Aktif di website tanya jawab

Pernah mendengar nama website seperti Yahoo! Answer, Quora atau Brainly? Itulah yang disebut sebagai website tanya jawab. Sebenarnya, kamu sangat bisa dan seharusnya menggunakan website model ini untuk menaikkan traffic website kamu.

Pertama, kamu bisa mencari pertanyaan yang topiknya berkaitan dengan website kamu. Misalnya tentang personal finance. Setelah kamu menemukan pertanyaan itu, kamu bisa mencoba menjawabnya dengan setengah informasi saja alias tidak dijawab secara penuh. Tapi di akhir jawaban kamu, sisipkan link konten yang ada di website kamu agar orang yang melihatnya akan tergoda untuk mengklik link itu.

Aktif di media sosial

Media sosial tidak hanya digunakan untuk tempat bernarsis ria dan menumpahkan pemikiran-pemikiran para pemakainya. Kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menaikkan traffic website kamu.

Dengan membuat akun media sosial, kamu bisa menyediakan konten-konten menarik di dalam akun itu sehingga menjalin followers dengan sendirinya. Kalau perlu, sediakan giveaway agar jumlah orang yang mengetahui website kamu bisa meningkat tajam. Kamu bisa memilih media sosial yang paling tepat untukmu. Bisa Twitter untuk menyebarkan informasi secara cepat, Instagram dengan menyediakan konten visual yang menarik, atau Facebook yang bisa memberikan semuanya di dalam satu laman. Kamu tidak perlu memilih salah satu saja karena kamu bisa mengombinasikan semua agar jumlah pengunjung website kamu semakin naik dengan cepat.

Menjalin hubungan dengan influencer

Setelah memiliki akun media sosial, jangan lupa peran influencer yang banyak terdapat di media sosial. Kamu bisa menggunakan jasa mereka untuk menaikkan pengunjung website kamu. Sinkronisasikan konten dengan profil influencer yang kamu pakai agar selaras dan sejalan dengan apa yang ingin ditampilkan kepada masyarakat.

Kelebihan lainnya ketika menggunakan influencer adalah kamu bisa memilih influencer yang paling tepat dengan kamu. Sangat banyak influencer yang ada di media sosial. Dengan berbagai citra yang mereka bawakan, jumlah followers hingga tarif yang berbeda-beda pula. Kamu tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan dana yang tersedia sehingga tidak muncul masalah sejak awal.

Pakai judul yang menarik perhatian

Kamu pasti sering melihat beberapa media online yang menggunakan judul fantastis, bukan? Memang mungkin terasa aneh ketika memakainya, tapi ingat misi awal kamu: mendapatkan traffic tinggi. Oleh karena itu, memakai judul yang bisa menarik perhatian pengguna internet adalah salah satu kewajiban.

Misalnya kamu membahas topik tentang bagaimana caranya menaikkan berat badan. Maka judul yang tepat adalah “10 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Mudah.” Penggunaan kata “mudah” pada judul bisa menarik pembaca untuk mengklik link artikel tersebut.

Gunakan gambar

Ketika kamu ingin mengunggah artikel ke website, selalu disediakan fitur untuk memasukkan gambar yang beriringan dengan judul artikel. Kamu harus memanfaatkan fitur itu agar orang lebih tertarik untuk membaca artikel kamu.

Apalagi ketika link artikel dimasukkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter, biasa akan menyertakan gambar yang ada di dalam artikel itu juga sehingga orang yang melihatnya tidak segan-segan untuk masuk ke dalam website kamu. Jadi jangan sampai lupa gunakan gambar. Untuk gambarnya sendiri, kamu bisa mencari di berbagai website yang menyediakan gambar secara gratis, seperti Unsplash, Pixabay, Pexels, Stock Up, dan StockSnap.

Isi artikel SEO friendly

Dengan membuat konten yang SEO (Search Engine Optimization) friendly, kamu akan mendapatkan bantuan secara tidak langsung ketika orang-orang sedang mencari topik yang memang kamu sediakan di dalam website kamu.

Namun jangan sampai kamu terlalu berfokus juga dengan SEO karena ketika kamu terlalu ingin mendapatkan imbas dari penggunaan SEO, artikel yang kamu miliki biasanya malah dianggap tidak menarik karena menjadi sulit dibaca. Penggunaan keyword yang sama secara berlebihan tidak akan bisa diterima dengan mudah di pikiran pembaca sekaligus oleh Google sendiri karena bisa dianggap sebagai spam.

Newsjacking

Pernah mendengar istilah newsjacking? Atau malah belum pernah mendengarnya sama sekali? Newsjacking adalah sebuah cara menyajikan konten yang berbeda dibandingkan yang lainnya. Ketika ada sebuah peristiwa, website lain biasanya hanya akan mengabarkan peristiwa itu secara normal saja. Tidak ada bumbu-bumbu yang berbeda di antara satu dengan yang lainnya sehingga akan terasa membosankan dan tidak menarik untuk dibaca.

Namun dengan newsjacking, kamu bisa menambahkan gagasan, opini atau pandangan yang berbeda dari peristiwa itu sehingga orang lain akan merasa ada informasi yang baru yang bisa mereka dapatkan sekaligus berbeda daripada website yang lainnya. Hal ini tentunya sangat bagus untuk diikuti karena akan membedakan website milik kamu dengan website-website lainnya yang ada di internet.

Gunakan keyword yang paling tepat

Saat kamu mau membuat konten tentang sebuah topik, kamu jangan segera membuatnya saat itu juga. Kamu bisa mengoptimalkan kinerja konten kamu dengan menggunakan Google Keyword Planner (GKP).

Di sana akan terpampang berbagai keyword yang paling tepat untuk menonjolkan konten kamu di dalam mesin pencari. Contohnya kamu ingin menulis tentang cara untuk menurunkan berat badan. Kamu tidak memasukkan kalimat itu di dalam GKP dan secara otomatis keluar hasil keyword yang paling tepat unutk topik itu. Dengan memilih keyword yang paling banyak dicari oleh orang, konten kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih tinggi lagi di mesin pencari.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Strategi SEO dalam Membuat Website

Itulah sembilan cara membuat konten website agar banyak diklik banyak orang. Dengan mengikuti semua cara di atas, website kamu akan mendapatkan jumlah pengunjung yang optimal.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia