Apa itu React Native?

Membuat aplikasi yang berbasis Android maupun iOS memang tidak mudah dan membutuhkan banyak kode-kode khusus yang harus dibuat. Hal tersebut tentu akan memakan banyak waktu dan bagi para pemula, cukup rumit. Namun, kini kekhawatiran tersebut dapat tertangani dengan adanya react native.

Pada dasarnya react native adalah sebuah framework dari Javascript yang banyak dikembangkan oleh perusahaan besar dalam bidang teknologi seperti Facebook. Jadi, dengan react native kamu tidak perlu membuat aplikasi hybrid. Selain itu, react native mampu mengkompilasi aplikasi ke dalam sebuah native code pada Android maupun iOS. Ulasan kali ini akan membahas mengenai apa saja keunggulan yang ada dalam react native dan bagaimana cara menerapkannya dalam membuat sebuah aplikasi.

Keunggulan react native

Beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan react native adalah kemudahan yang diberikan dan sudah memiliki reputasi yang terbaik. Maka sebagai bahan pertimbangan mengapa kamu harus menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • React native digunakan oleh beberapa perusahaan besar di dunia. Sebut saja mulai dari perusahaan sekelas Tesla, Walmart, hingga Instagram. Selain itu, Facebook juga menggunakannya begitu pula dengan Airbnb, Baidu, dan Gyroscope.
  • React native memberikan kemudahan bagi para pemula, khususnya bagi kamu yang belum begitu mahir soal coding. Kamu bisa melihat tutorial yang ada dan tutorial ini akan dibawakan dengan gaya yang mudah dipahami baik itu oleh developer dan beberapa praktisi lain di bidangnya.
  • Dalam proses pembuatan, aplikasi react native memiliki keunggulan, yakni lebih cepat dan lebih efisien di dalam pengeluaran. Di sini akan ada banyak template dengan cara copy paste dari kode tersebut dan kamu langsung bisa melihat hasilnya.
  • Keunggulan react native adalah juga sangat cocok digunakan untuk startup. Hal ini karena dibangun dengan Javascript sehingga sangat mudah ketika diprogram. Selain itu, dalam proses pembuatannya juga bisa cross platform.

Cara belajar react native bagi pemula

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan pemula yang ingin mempelajari react native. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab react native adalah sebuah program khusus yang dirancang untuk memudahkan penggunanya dengan langkah-langkah mudah. Berikut di antaranya yang wajib kamu perhatikan.

  • Pertama kamu harus menginstal Nodejs. Nodejs ini adalah runtime untuk kamu bisa menjalankan semua program Javascript di luar browser yang kamu gunakan.
  • Kedua, setelah kamu instal Nodejs lalu instal NPM atau Yarn yang bisa kamu gunakan untuk mengelola Project Nodejs. NPM akan terinstall secara otomatis pada komputer ketika kamu menginstal Nodejs. Sementara untuk Yarn sedikit berbeda dan kamu harus menginstalnya terlebih dahulu.
  • Kamu juga bisa menginstal Java JDK untuk mengkompilasi sebuah aplikasi menjadi sebuah APK.
  • Langkah berikutnya, kamu juga membutuhkan Android SDK. Kemudian setelah diunduh dan diinstal, kamu akan memiliki direktori Android di dalam direktori home. Direktori tersebut akan berisi Android SDK yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi Android.

Baca Juga: Node.js untuk Pemula

Dari ulasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa react native adalah pilihan tepat untuk merancang sebuah aplikasi Android. Meski begitu, untuk menunjang pemrograman aplikasi Android maupun website ini kamu membutuhkan layanan hosting terbaik untuk kelancaran. Oleh karena itu, memilih hosting website yang terpercaya memang dianjurkan untuk hal ini. Selamat mencoba membuat aplikasi baru dengan react native.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia