Apa itu SMTP? Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa itu SMTP? Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Tahukah kamu apa itu SMTP dalam email? Kamu tentu pernah atau bahkan sering bertukar email dengan teman, rekan kerja, atau klien bisnis. Nah, SMTP inilah yang berperan sebagai protokol untuk mendukung proses transfer email atau pesan elektronik dari satu pengguna ke pengguna lain.

Dalam artikel ini, kami akan membahas protokol SMTP secara lengkap, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara setting-nya. Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Apa itu SMTP?

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, yang merupakan protokol standar komunikasi untuk mengirim email melalui jaringan komputer, terutama di internet. Sederhananya, protokol ini menjadi “otak” dibalik aktivitas pengiriman atau penerimaan email.

Jadi, ketika kamu mengirimkan sebuah email, SMTP akan bekerja di belakang layar untuk memastikan pesan tersebut dikirimkan ke alamat tujuan penerima yang benar. Kenapa ini bisa terjadi?

Dalam prosesnya, SMTP bekerja sama dengan MTA (Message Transfer Agent). MTA adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol proses transfer email yang dilakukan oleh SMTP dari satu server ke server tujuan.

Selain mengirim email, SMTP juga berfungsi untuk menyaring pesan elektronik sebagai langkah keamanan. Protokol ini dapat mengatur batas maksimum email yang dikirim untuk jangka waktu tertentu guna mencegah spam, penggunaan yang tidak sah, atau penyalahgunaan lainnya.

Baca juga: Email Marketing: Panduan Lengkap

Fungsi SMTP

Pada dasarnya, fungsi SMTP adalah mengirim pesan email dari pengirim ke server tujuan. Namun, protokol ini memiliki beberapa fungsi penting lain, di antaranya mencakup beberapa hal berikut:

1. Memudahkan proses pengiriman email

SMTP menggunakan protokol komunikasi standar yang diatur dengan jelas dan sistematis. Server pengirim maupun penerima email menerapkan peraturan yang sama persis, sehingga memudahkan server untuk saling berkomunikasi dan bertukar email.

Protokol ini juga merancang proses pengiriman email yang andal dan efisien. Aliran informasi yang memuat pesan elektronik diatur sedemikian rupa untuk memastikan email bisa sampai ke server tujuan dengan cepat.

2. Proses komunikasi menjadi lebih mudah

Fungsi SMTP selanjutnya adalah mempermudah proses komunikasi. Protokol ini memungkinkan pengguna mengirimkan email ke pengguna lain yang memiliki email valid tanpa memandang kompatibilitasnya.

Dengan kata lain, SMTP memungkinkan kamu berkomunikasi dengan lancar antara berbagai server email. Hal ini memastikan bahwa pesan bisa dikirimkan dari satu server ke server lain tanpa masalah, sekalipun server tersebut berbeda.

3. Otoritas dan keamanan

SMTP menyediakan fitur SSL/TLS yang memungkinkan kamu mengenkripsi email. Fitur ini cukup efektif untuk menjaga kerahasiaan pesan karena hanya penerima lah yang diberikan kata sandi untuk membuka email tersebut.

SMTP berperan penting dalam mengotentikasi pesan elektronik. Sebagian besar server menyediakan fitur autentikasi demi melindungi email dari upaya spam dan phising. Selain itu, protokol ini juga memastikan hanya pengguna sah dan terdaftar saja yang diperbolehkan untuk mengirim dan menerima email melalui server tersebut.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Plugin Email Marketing WordPress Terbaik

Cara Setting SMTP

Jika ingin menggunakan SMTP untuk mengirim surat elektronik, kamu dapat mengaturnya melalui pengaturan akun email. Di panduan ini, kami akan berikan contohnya menggunakan akun Gmail. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Login ke akun Gmail terlebih dahulu.

Langkah 2: Masuk ke setelan cepat dengan cara klik ikon Settings > Lihat semua setelan.

Asset Blog Dewaweb

Langkah 3: Buka tab Akun dan impor, lalu klik Tambahkan alamat email lainnya pada bagian “Kirim email sebagai”.

Asset Blog Dewaweb

Langkah 4: Muncul jendela baru berupa formulir penambahan email, silahkan isi kolom nama dan alamat email yang ingin ditambahkan, lalu klik tombol Langkah Berikutnya.

cara setting smtp

Langkah 5: Isi kolom konfigurasi email yang diminta, lalu klik tombol Tambahkan Akun.

apa itu smtp

  • Server SMTP – Isi dengan server Google.
  • Nama pengguna – Masukkan alamat Gmail kamu.
  • Sandi – Masukkan password Gmail.
  • Porta – Biarkan default saja “587”.

Langkah 6: Periksa kotak masuk email kustom yang ingin kamu tambahkan untuk melakukan verifikasi.

Selamat! Sekarang email kustom milikmu telah terhubung dengan SMTP Google. Jika kamu ingin menjalankan email marketing campaign, kamu juga bisa memanfaatkan layanan yang menyediakan tools AI milik MTARGET.

Sudah Paham Apa itu SMTP?

Sampai di sini, kamu tentu sudah lebih paham apa itu SMTP, bukan? Intinya, SMTP adalah sebuah protokol standar komunikasi yang memungkinkan satu pengguna mengirim dan menerima email dengan pengguna lainnya. Tanpa protokol ini, pertukaran email yang sering kamu lakukan mungkin tidak akan ada.

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya tentang digital marketing, silahkan kunjungi blog Dewaweb. Kami menyuguhkan konten informatif yang selalu di-update untuk menambah wawasanmu dengan berbagai perkembangan terbaru dalam industri ini.

Selain digital marketing, kami juga memuat berbagai topik lainnya seputar website, teknologi, cyber security, dan banyak lagi. Apa yang ingin kamu ketahui? Temukan jawabannya dengan membaca artikel lainnya di blog Dewaweb. Semoga bermanfaat, ya!