Apa Itu WordPress Hosting? Apakah Cocok untuk Situsmu?

Apa Itu WordPress Hosting? Apakah Cocok untuk Situsmu?

Tahukah kamu apa itu WordPress Hosting? Jika kamu memiliki website berbasis WordPress, penurunan kecepatan loading mungkin menjadi salah satu kendala yang sering kali ditemui. Bahkan, terkadang situs tidak dapat diakses karena website down.

Berdasarkan survei dari Infrascale, lebih dari 37% partisipan UKM mengaku telah kehilangan pelanggan dan 17% kehilangan pendapatan karena downtime. Masalah tersebut tentu sangat menjengkelkan dan merugikan. Terlebih jika situs merupakan website bisnis atau toko online yang memiliki trafik tinggi dan memerlukan ketersediaan 24/7.

Maka dari itu, diperlukan hosting yang tepat untuk menunjang kinerja, keandalan, dan keamanan situs. Nah, bagi pemilik website WordPress, WP Hosting mungkin bisa menjadi salah satu opsi yang layak dipertimbangkan. Mengapa demikian? Yuk, telusuri lebih lanjut!

WordPress Hosting, Apa Itu?

Sebelum mengetahui apa itu WordPress Hosting, sebaiknya kenali istilah ‘hosting’ terlebih dahulu. Singkatnya, hosting adalah layanan untuk menyimpan file website seperti teks, gambar, video, dan script. Layanan inilah yang membuat website dapat online dan diakses oleh pengguna di internet.

Lalu, apakah WordPress termasuk hosting?

Sebelumnya, WordPress bukanlah layanan hosting, melainkan sebuah platform CMS (Content Management System) paling populer untuk membangun website. Ini selaras dengan data yang dimuat di ScalaHosting, di mana WordPress mendominasi 43,1% pasar website dunia dengan 38,539,556 situs aktif di tahun 2023.

Baca Juga: Apa itu WordPress? Fitur, Fungsi, dan Keunggulannya

Saking populernya, WordPress membuat layanan hosting sendiri untuk mendongkrak performa website penggunanya. Hal ini diikuti oleh provider-provider web hosting lain yang mulai memperkenalkan layanan serupa, yakni WordPress Hosting.

Jadi, WordPress Hosting adalah sub kategori atau jenis hosting yang diperuntukkan bagi pengguna CMS WordPress. Layanan ini dirancang khusus untuk mengoptimalkan performa situs WordPress dengan memenuhi seluruh kebutuhannya, mulai dari teknologi hingga arsitektur server yang dipakai.

Fitur WordPress Hosting yang Menguntungkan

Jika kamu berpikir fungsi dan fitur Hosting WordPress hanya sebatas penyimpanan, itu tidak sepenuhnya benar, lho! Layanan ini juga menawarkan sejumlah fitur menguntungkan yang bisa dinikmati ketika menggunakannya, mulai dari segi performa, keandalan, skalabilitas, hingga keamanan.

1. Performa

WP Hosting menggunakan server yang dioptimalkan khusus untuk mendongkrak performa dan kecepatan website. Hal ini didukung oleh beberapa fitur berikut:

  • High-Frequency CPU: Menggunakan CPU berperforma tinggi untuk menghasilkan kecepatan luar biasa.
  • Automated Burst Scaling: Sistem manajemen resources otomatis untuk mengatasi lonjakan trafik.
  • Superior Image Management: Pembuatan thumbnail gambar dan kompresi data super cepat untuk menghemat penyimpanan tanpa mengganggu kinerja.
  • Global Distribution: Didukung oleh lebih dari 28 data center di 6 benua.

2. Keandalan

WP Hosting dilengkapi infrastruktur andal dan mumpuni untuk menjaga stabilitas serta meminimalisir risiko downtime. Berikut fitur-fitur yang menunjang keandalannya:

  • Unmetered Traffic and Uptime: Waktu aktif dan lalu lintas tidak terukur.
  • Automated Data Center: Replikasi website dilakukan secara real-time ke beberapa data center di region berbeda sehingga website selalu aktif.
  • Real-Time Backup: Pencadangan data real-time serta fitur pemulihan dalam sekali klik.

3. Skalabilitas

Layanan Hosting WordPress memberikan fleksibilitas pengembangan situs tanpa mengabaikan performa yang dihasilkan. Hal ini didukung dengan beberapa fitur berikut:

  • Jetpack Advanced: Alat untuk meningkatkan keamanan, kinerja, dan fitur tambahan lainnya.
  • Dukungan Plugin, Tema, dan Kode Kustom: Mendukung lebih dari 50 ribu plugin dan tema disertai dengan opsi pembaruan otomatis. Kamu juga dapat menggunakan kode buatan sendiri.
  • Staging Sites: Fitur untuk menguji setiap perubahan pada website.

4. Keamanan

Hosting WP dilengkapi lapisan keamanan tingkat tinggi demi memastikan website tetap aman dari berbagai serangan siber. Fitur keamanan yang dimaksud antara lain:

  • DDoS dan WAF Protection: Seluruh data dan lalu lintas situs tetap aman sepanjang waktu. WordPress selalu memblokir permintaan tidak sah dan mencurigakan.
  • Real-Time Activity Log: Fitur untuk memantau seluruh aktivitas website secara real-time.
  • Automatic Malware Scanning: Fitur pemindai malware otomatis dengan perbaikan instan dalam sekali klik.

Kekurangan WordPress Hosting

Kekurangan terbesar WordPress Hosting adalah hanya suitable dengan CMS WordPress. Meskipun mampu mengoptimalkan website WP, namun layanan ini kurang efektif jika diterapkan pada CMS lain.

Artinya, web hosting biasa lebih direkomendasikan, baik bagi pengguna ataupun yang berencana beralih ke CMS lain di masa mendatang.

Untungnya Dewaweb menyediakan layanan cloud hosting yang cocok untuk berbagai CMS, termasuk WordPress. Menariknya, cloud hosting Dewaweb dapat langsung kamu install saat melakukan pembelian, lho!

Yuk, cek cara beli hosting agar dapat promo recurring di artikel Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula.

Apakah WordPress Hosting Cocok Untukmu?

Sekarang kamu sudah tahu apa itu WordPress Hosting dan fitur-fitur yang ditawarkannya. WP Hosting adalah layanan hosting khusus untuk para pegiat website yang menggunakan WordPress sebagai CMS-nya.

Penggunaan layanan ini memang sangat efektif dalam mengoptimalkan situs WordPress. Namun, kalau kamu tidak ingin membuat website menggunakan WP atau ingin beralih ke CMS lain, maka pilihlah web hosting biasa/umum. Jadi, hosting mana yang cocok untuk website-mu?