Setiap orang yang memiliki data di internet tentu saja ingin lebih aman, apalagi untuk data kantor dan data pribadi. Menggunakan password yang kuat belum tentu cukup untuk menunjang kata “aman” pada akunmu, termasuk untuk akun cPanel yang digunakan untuk mengelola website. Pada artikel ini kamu akan mempelajari cara mengaktifkan two-factor authentication pada cPanel.

cPanel

cPanel adalah control panel yang sangat populer digunakan untuk mengelola web hosting karena kemudahan penggunaan dan efektivitasnya. Ini adalah control panel yang digunakan pula oleh Dewaweb untuk mengelola website-mu. Saat ini cPanel telah menyediakan fitur Two-Factor Authentication (2FA) atau Verifikasi Dua Langkah untuk akun cPanel kamu. Jika menggunakan ini, seharusnya akun cPanel kamu sudah lebih aman dari ancaman pembobolan akun.

Pentingnya Mengaktifkan Two-Factor Authentication

Two-factor authentication sangat penting kamu lakukan di setiap akun yang kamu miliki, baik akun email, media sosial, bahkan cPanel. Pasalnya, dengan cara ini kamu telah menaikkan standar keamanan pada akunmu agar tidak mudah dibobol orang lain atau mendapat malware tanpa kamu sadari.

Di Dewaweb, kami sudah mengaktifkan fitur two-factor authentication di semua server sehingga dapat digunakan oleh semua customer yang ingin mengamankan akun cPanel-nya.

Cara Mengaktifkan Two-Factor Authentication pada cPanel

Sebelum memulai tutorial cara mengaktifkan two-factor authentication di cPanel, persiapkan username dan password yang kamu gunakan untuk login cPanel.

Step 1 – Login cPanel

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel login

Login ke cPanel terlebih dulu dengan menggunakan URL (namadomainkamu.com)/cpanel. Informasi username dan password didapatkan saat pertama kali order dan akan mendapatkan email berupa informasi login akun hosting.

Step 2 – Two-Factor Authentication

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel security

Setelah login cPanel, klik menu Two-Factor Authentication di section Security.

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel setup1

Kemudian klik “Set Up Two-Factor Authentication” untuk memulai proses aktivasi.

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel qr code

Akan muncul QR Code yang dapat kamu scan pada aplikasi Google Authenticator di smartphone kamu. Aplikasi ini bisa kamu download di AppStore atau PlayStore secara gratis.

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel authenticator

Setelah di-scan pada Authenticator akan langsung terdaftar di aplikasi Authenticator.

sg19.dewaweb.com: nama server pada akun hosting-mu.

384-026: kode yang perlu kamu masukkan ke dalam kolom “six code” di laman Two-Factor Authentication.

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel konfigurasi kode

Masukkan kode tersebut ke dalam six-digit code seperti gambar di atas dan klik “Configure Two-Factor Authentication”.

Jika sudah di-setup kamu akan mendapatkan informasi seperti di bawah ini.

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel sukses

Step 3 – Re-login cPanel

Jika sudah, coba logout cPanel lalu coba login ulang.

Ketika memasukkan username dan password yang valid, kamu akan langsung diminta memasukkan kode 6-digit yang ada pada aplikasi Authenticator milikmu.

cara mengaktifkan two-factor authentication cpanel relogin

Simpulan

Tidak sulit ‘kan mempelajari cara mengaktifkan Two-Factor Authentication untuk cPanel? Jika mengaktifkan two-factor authentication, kamu dapat menghindari kejadian akun cPanel kamu diakses oleh orang lain, karena untuk masuk ke dalam cPanel mereka membutuhkan kode 6-digit yang ada di aplikasi Google Authenticator milikmu. Oleh karena itu, jangan berikan kode tersebut ke orang yang tak dikenal, termasuk Google, ya!

Demikian artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan ide-ide topik yang ingin kamu baca di blog Dewaweb. Semoga artikel ini membantu!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks