Panduan Lengkap Instalasi Plugin AMP WordPress

Plugin AMP WordPress sangat penting untuk meningkatkan kecepatan halaman mobile dan performa server. Berdasarkan hasil riset Google, lebih dari 50% query pencarian di seluruh dunia dilakukan melalui perangkat mobile.

Karena itulah, kecepatan loading situs WordPress milikmu harus diprioritaskan. Untuk mengelola kecepatan situs, kamu bisa melakukan instalasi plugin AMP WordPress.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Cara Instalasi Plugin AMP WordPress, kamu harus mengetahui apa itu AMP sebagai berikut.

Pengertian Plugin AMP WordPress

panduan-lengkap-instalasi-plugin-amp-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Google AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah open-source library yang bisa kamu gunakan untuk membuat versi halaman website yang lebih cepat dan mulus di perangkat mobile.

AMP mudah digunakan dan bisa diinstall di platform dan framework yang sudah terkelola dengan baik. Lebih kerennya lagi, Google AMP sudah sepenuhnya kompatibel dengan WordPress.

Intinya, Google AMP memungkinkan kamu untuk membuat copy/salinan situs menggunakan AMP HTML. Proses penyalinan ini menyingkirkan sebagian besar elemen yang menyebabkan loading website menjadi lebih lambat (JavaScript, script pihak ketiga, dan lain-lain).

Setelah proses tersebut selesai, Google akan mempersempit situs sehingga waktu loading menjadi semakin cepat.

Baca Juga: LiteSpeed Cache Plugin untuk WordPress: Object Cache dengan Redis

Cara Instalasi Plugin AMP WordPress

panduan-lengkap-instalasi-plugin-amp-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Untuk mengaktifkan AMP WordPress, kamu membutuhkan 2 opsi plugin. Sebelum melangkah ke proses selanjutnya, kami sarankan untuk membuat backup situs terlebih dulu.

Opsi 1: Gunakan Plugin AMP for WordPress

  • Buka Plugins > Add New di dashboard WordPress.
  • Ketikkan AMP for WordPress di kolom pencarian.
  • Cari plugin AMP for WordPress.
  • Setelah itu, install dan aktifkan plugin tersebut.
  • Buka tab baru Appearance > AMP di dashboard.
  • Pilih tab Design di halaman AMP customizer. Di halaman ini, kamu bisa mengelola tampilan AMP WordPress serta meninjau ulang perubahan yang dilakukan sebelum mengaktifkannya di situs. Kamu bisa mengatur teks situs, link, dan warna background. Di samping itu, kamu juga bisa memilih skema warna gelap (misalnya hitam atau putih) di situs.
  • Jika sudah yakin dengan perubahan yang dilakukan, klik Publish di atas layar.

Kamu juga bisa mengatur tampilan postingan dan halaman di AMP WordPress.

  • Masuk ke dashboard WordPress
  • Pilih AMP > General
  • Beri tanda centang pada box yang ada di bawah Post Type Supper untuk memasukkan berbagai opsi yang ingin kamu tampilkan di AMP WordPress.
  • Setelah itu, klik Save Changes.

Untuk menambah banyak pilihan kustomisasi, kamu bisa menggunakan beberapa WordPress AMP plugin seperti Glue for Yoast SEO & AMP untuk mengintegrasikan plugin Yoast SEO ke setup AMP.

  • Buka Plugins > Add New,
  • Kemudian install
  • Aktifkan plugin Yoast SEO
  • Setelah itu, buka SEO > AMP melalui dashboard. Tentukan apakah kamu ingin mengaktifkan AMP di postingan dan media atau tidak
  • Klik Save Changes. Kamu juga bisa mengonfigurasikan pengaturan tambahan di tab Design. Di tab tersebut, buat ikon untuk situs AMP WordPress, atur skema warna, dan tambahkan custom CSS

Baca Juga : Tingkatkan SEO Anda dengan AMP

Opsi 2: Install Plugin AMP for WP – Accelerated Mobile Pages

Untuk menggunakan Plugin AMP WordPress ini, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan adalah:

  • Masuk ke dashboard
  • Pilih Plugins > Add New
  • Cari AMP for WP
  • Kemudian install dan unduh plugin tersebut.
  • Buka tab AMP baru di dashboard WordPress. Kamu akan lihat drop-down menu dengan bagian untuk Settings, Design, Extensions, dan lain-lain.
  • Klik Save Changes untuk masing-masing pengaturan di atas segera setelah kamu selesai melakukan konfigurasi.
  • Pilih tab Design: Di sinilah biasanya kamu dapat mengkustomisasi tampilan situs AMP WordPress.
  • Pilih tema AMP yang dedicated dari berbagai tema yang terdaftar di drop-down menu Theme Selector.
  • Setelah memilih tema yang diinginkan, kelola tampilannya sesuai keinginanmu. Opsi tampilan header, Skema warna dan tipografi, footer, opsi sidebar beranda utama, dan lainnya berada di pengaturan desain (yang dimuat di tab Global). Sementara itu di bagian Social, kamu bisa memilih media sosial mana saja untuk menampilkan situs AMP WordPress.
  • Jika sudah yakin dengan setiap perubahan serta pengaturan yang dilakukan, klik opsi simpan.
  • Untuk melihat preview/pratinjau situs AMP WordPress, buka Appearance > AMP:

Versi Premium

Versi gratis AMP for WP menawarkan berbagai fitur. Namun, untuk mendapatkan tampilan dan fitur yang lebih baik, kamu bisa meningkatkannya ke layanan premium.

Dengan layanan premium ini, kamu bisa menggunakan star rating (opsi ini sangatlah tepat untuk review atau penjualan produk atau profil real-estate), berintegrasi dengan AMP WooCommerce Pro, menggunakan custom post types, dan lain-lain:

Kamu harus membayar untuk mendapatkan tema AMP premium. Untuk melihat opsi tersebut, buka kembali Design > Themes di dashboard. Ada banyak opsi tersedia untuk tipe-tipe website tertentu, seperti situs berita, majalah online, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga ada beberapa tema multiguna.

Jika menginginkan lebih banyak fitur premium, pilih Pro plans. Layanan ini menyediakan berbagai paket yang bisa kamu pilih, mulai dari paket Personal (untuk satu situs mulai dari $149 per tahun) sampai ke paket Agency (untuk situs unlimited seharga $499 per tahun).

Baca Juga: Cara Menggunakan Heading pada WordPress bagi Pemula

Cara Validasi Situs AMP WordPress

panduan-lengkap-instalasi-plugin-amp-wordpress
[Foto: Developers.google.com]
Setelah mengetahui cara mengaktifkan WordPress AMP plugin, langkah selanjutnya adalah memvalidasi AMP WordPress, memastikannya bisa diakses, dan terhubung ke platform yang mendukung. Validasi juga merupakan cara yang praktis untuk mendeteksi error AMP.

Cara tercepat dan termudah untuk memvalidasi AMP adalah menggunakan tool developer browser. Buka halaman AMP di browser (Untuk contohnya, kami menggunakan Google Chrome). Setelah itu, tambahkan ini di akhir URL halaman:

#development=1

Buka console tool developer browser. Untuk Google Chrome, toolnya adalah Chrome DevTools console. Jika error terdeteksi, maka akan ditandai dengan warna merah. Anda juga akan melihat analisa penyebab error tersebut.

Umumnya, error validasi disebabkan oleh prefix yang tidak valid, format dan entry kode yang salah, dan/atau tag yang tidak diperlukan. Di sebagian besar kasus, opsi untuk mengatasi error ini akan ditampilkan dan bisa kamu baca.

Baca Juga: Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips ini!

Simpulan

Hubungan yang sangat bagus antara kecepatan website, page views, dan ranking SEO pada AMP dapat membantu website-mu mencapai ranking tinggi di halaman mesin pencarian. Jika kamu ingin bisa membangun halaman AMP dengan cepat, kamu bisa menggunakan plugin untuk membantumu.

Plugin AMP WordPress ini sangat cocok untuk website yang memuat banyak artikel dalam websitenya, seperti website portal berita maupun toko belanja online karena kemampuan AMP yang sangat membantu membuat beban konten website yang dimuat melalui ponsel menjadi lebih ringan.

Terlebih lagi, pengaturan konfigurasi plugin AMP for WordPress sangatlah mudah, sama seperti ketika kamu menggunakan plugin Accelerated Mobile Pages WordPress.

Demikian beberapa informasi mengenai AMP WordPress yang lengkap disertai dengan panduan lengkap instalasi plugin AMP WordPress. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu dan membantumu untuk melakukan instalasi plugin AMP WordPress. Selamat mencoba.

Adakah yang belum kamu pahami dari tutorial di atas? Syarat utama agar dapat melakukan instalasi AMP yaitu kamu harus mempunyai website terlebih dulu.

Pastikan juga website yang kamu miliki tidak lelet atau sering eror dengan menggunakan hosting serta VPS dari Dewaweb. Kamu akan mendapatkan hosting murah dan domain murah lengkap dengan SSL dan online backup.

Tak hanya itu, Dewaweb juga menyediakan hosting gratis dan program afiliasi yang tentunya berguna untukmu.

Kalau kamu punya pertanyaan lebih lanjut terkait cara instalasi plugin amp WordPress, tinggalkan komentar di bawah ini, ya!