Panduan Lengkap Cara Membuat Live Chat di WordPress

Website korporat atau situs yang dimiliki oleh suatu perusahaan berskala besar, biasanya mempunyai fitur live chat. Hal ini berguna agar lebih memudahkan komunikasi secara langsung dengan para pengunjung atau pelanggan. Kabar baiknya, fitur tersebut juga bisa kamu pasang dengan sangat mudah pada website WordPress.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat live chat di WordPress dengan menggunakan fitur plugin WP Live Chat Support. Apa saja yang kamu perlukan? Sebelum memulai langkah pada tutorialnya maka pastikan jika kamu mempunyai akses ke halaman dashboard WordPress.

Plugin WP Live Chat Support

Plugin WP Live Chat Support merupakan salah satu plugin chat WordPress terbaik dengan server powerful. Sebenarnya terdapat beberapa pilihan plugin lainnya untuk dapat mengaktifkan live chat di WordPress. Namun sebaiknya menggunakan plugin ini sebab lebih mudah untuk digunakan dan memiliki fitur yang lengkap.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan instalasi dan mengaktifkan plugin WP Live Chat Support. Untuk melakukan instalasi plugin tersebut, pertama-tama kamu harus masuk ke halaman dashboard WordPress kemudian pilih opsi menu Plugins, pilih Add New dan ketik WP Live Chat Support di kolom pencarian.

Konfigurasi Plugin WP Live Chat Support

panduan-lengkap-cara-membuat-live-chat-di-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Langkah pertama cara membuat live chat di WordPress yaitu melakukan konfigurasi Plugin WP Live Chat Support. Setelah kamu berhasil menginstal plugin WP Live Chat Support, selanjutnya pilih menu Live Chat lalu “Settings”. Kemudian kamu menuju ke halaman tab General Settings secara langsung. Pada bagian ini kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur chat sesuai dengan yang diinginkan. Kamu juga bias mengaktifkan fitur agar para pengguna harus memasukkan nama dan alamat email sebelum memulai chatting dengan customer service di situs web kamu.

Jika terdapat pengunjung yang tak ingin melakukan login ke member area website sebelum membuka chat, kamu dapat melakukan konfigurasi plugin sehingga mereka tidak perlu lagi memasukkan nama atau email sebelum memulai chatting di WordPress.

Dengan pengaturan dan cara membuat live chat di WordPress tadi, kamu juga bisa mengaktifkan live chat ke perangkat mobile, merekam alamat IP serta mengaktifkan notifikasi suara saat ada pesan masuk pada perangkat mereka. Pada umumnya secara default plugin ini akan merekam alamat IP tersebut. Namun kamu juga bisa menonaktifkannya apabila ingin menjaga privasi pengguna.

Kamu juga bisa menghubungkan fitur live chat ini dengan plugin Google Analytics. Fitur ini hanya dapat berfungsi jika website yang kamu gunakan telah menginstal Google Analytics. Bagi yang membutuhkan data para pengguna live chat website, melakukan integrasi dengan Google Analytics ini tentu saja akan bermanfaat banyak buat kamu.

Mengatur Live Chat Box

Langkah kedua cara membuat live chat di WordPress adalah dengan mengatur Live Chat Box. Berkaitan dengan masalah pengalaman para pengguna, WP Live Chat Support juga mempermudah untuk melakukan perubahan tampilan yang ada. Silahkan pilih opsi menu Live Chat pilih Settings selanjutnya pilih tab  Chat Box. Kamu juga bisa mengatur letak posisi chat box. Walaupun demikian, sebaiknya kamu menggunakan letak posisi default yang berada di sebelah kanan bawah. Terdapat juga pilihan untuk membuat pop up otomatis, kamu bisa mengaktifkannya dengan mencentang pada bagian Auto Pop-up.

Baca Juga : Plugin Popup WordPress Terbaik di Tahun 2019

Jika kamu ingin terlihat memiliki website yang profesional, Kamu dapat menunjukkan nama serta avatar yang nantinya akan terlihat oleh para pengunjung yang melakukan chatting. Hal ini tentu saja bersifat optional, kamu bisa mengaktifkannya jika ingin mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Tahapan serta cara membuat live chat di WordPress ini perlu diperhatikan dengan teliti.

Pada bagian Only show the chat window to users that are logged in bertujuan menampilkan chat hanya kepada user yang telah melakukan login. Sebaiknya kamu mengaktifkan fitur chat hanya untuk pengunjung yang telah melakukan login. Sebab jika ada pengunjung yang ingin berkomunikasi melalui live chat, mereka terlebih dahulu harus mendaftar di website. Setelah kamu melakukan konfigurasi pengaturan pada tampilan, Kini selanjutnya kamu harus mengatur warna pada jendela chatbox. Silahkan pilih menu Settings lalu Styling.

Kini kamu harus menentukan tema warna yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk memeriksa perubahan yang sudah kamu lakukan, sebaiknya bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan mengakses website tersebut.

Balas Pesan Live Chat

panduan-lengkap-cara-membuat-live-chat-di-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Langkah ketiga cara membuat live chat di WordPress, kamu harus rajin memantau dan balas pesan Live Chat. Secara default, WP Live Chat Support akan terpasang di website kamu sesudah  mengaktifkan plugin ini. Ini artinya, kamu sudah bisa menerima pesan secara langsung dari para pengunjung yang ingin berkomunikasi dengan kamu. Setiap kali para pengunjung mengirimkan pesan melalui chat, kamu akan mendapatkan suara notifikasi saat dashboard dibuka dan mengaktifkan fitur suara tersebut. Untuk membalas pesan, kamu bias menekan menu Live Chat, kemudian pilihlah chat pada daftar yang sesuai, lalu klik tombol Open Chat.

Sesudah itu akan segera terlihat tampilan halaman pop-up chat yang bisa kamu gunakan untuk membalas chat para pengunjung website. Apabila percakapan sudah selesai, kamu bisa menekan tombol End chat dan halaman chatting akan tertutup secara otomatis. Tidak terlalu sulit dan sangat memudahkan pengguna.

Cek History Live Chat

panduan-lengkap-cara-membuat-live-chat-di-wordpress
[Foto: WordPress.org]
Langkah keempat adalah mengecek History Live Chat. Fitur lain yang terdapat dari plugin WP Live Chat Support ini kamu dapat melihat history chatting yang dilakukan. Pilih tab History untuk mengaksesnya dan kamu akan melihat history sebelumnya. Plugin ini sendiri mempunyai fitur untuk melakukan pengecekan pesan pada live chat saat ada user yang telah mengirimkan pesan ketika live chat kamu sudah offline. Untuk dapat mengeceknya kamu bias pilih menu Offline Messages.

Fitur live chat di sebuah situs web seringkali dianggap sebagai suatu fitur yang tak terlalu diperlukan. Hal ini dikarenakan adanya anggapan sulit untuk melakukan pemasangan serta pengelolaannya. Kabar baiknya, hal yang tersebut tak akan terjadi pada WordPress yang kamu miliki. Cara di atas dapat kamu gunakan untuk WordPress yang kamu kelola sehingga akan lebih lengkap dengan adanya fitur live chat. Sekilas mungkin tampak rumit namun jika lebih teliti maka kamu tidak akan mengalami kesulitan.

WordPress sendiri memang mempermudahkan para pengguna untuk melakukan konfigurasi live chat pada website yang menggunakan CMS tersebut. Dengan aktifnya fitur live chat ini maka kamu akan lebih mudah untuk melakukan komunikasi secara langsung dengan para pelanggan. Ini merupakan salah satu cara terbaik dalam melayani konsumen. Oleh karena itu, cara membuat live chat di WordPress dengan menggunakan plugin ini merupakan pilihan yang paling mudah. Dilengkapi dengan beberapa fitur lain maka akan sangat berguna untuk kemajuan website yang kamu kelola.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia