Sucuri: Perlindungan Efektif Terhadap Serangan di WordPress

Untuk melindungi situs berbasis WordPress dari serangan malware, ada banyak plugin keamanan yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi, Sucuri menjadi salah satu yang terbaik dan layak untuk dipertimbangkan. Plugin keamanan WordPress ini mampu mendeteksi dan melihat berbagai jenis virus, baik yang tersusun dari kode HTML, PHP, maupun Javascript. Dengan begitu, website yang kamu kelola terjaga keamanannya dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak berpengaruh pada SEO

Sucuri tidak berpengaruh pada SEO yang sudah dilekatkan pada halaman website. Hal ini dikarenakan plugin ini bekerja tanpa banyak sisipan kode HTML hidden sehingga tidak akan muncul pada SERP maupun konten yang dibagikan itu sendiri. Artinya, seluruh trafik kunjungan yang didapatkan tidak akan menghilang begitu saja hanya karena pemasangan plugin keamanan.

Mendeteksi seluruh aktivitas perubahan

Lebih lanjut, Sucuri juga mampu mendeteksi segala aktivitas perubahan atau penambahan di dalam website. Mulai dari aktivitas admin hingga perubahan seluruh file. Apabila terjadi hal-hal mencurigakan maka kamu akan memperoleh notifikasi. Ini dikirimkan oleh sistem melalui email terdaftar. Pengaturan ini bisa dilakukan setiap waktu, sehingga keamanan data di dalam website tetap terjamin dari serangan malware maupun hacker.

Pemindaian server

Seiring berkembangnya ilmu dan teknologi, hacker bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Untuk itu, kamu harus siap menghadapi serangan hacker yang semakin canggih. Beberapa bahkan menambahkan iklan banner atau mengganti tautan di dalam website. Meski terlihat sepele, tetapi tetap hal ini akan berpengaruh pada kredibilitas website-mu. Karena alasan inilah Sucuri hadir dengan kemampuan pemindaian server canggih. Plugin keamanan terbaik ini mampu menelusuri seluruh file, termasuk file non-WordPress demi memastikan server aman.

Menyediakan jasa monitoring malware

Kalau kamu punya dana lebih untuk keamanan website, Sucuri juga menyediakan jasa berbayar dalam hal monitoring malware. Melalui layanan ini, kamu bisa melindungi atau bahkan membersihkan website yang sudah terlanjur terkena serangan malware. Menariknya, melalui fitur ini juga kamu bisa lebih dini mendeteksi virus yang muncul melalui spam, termasuk yang disematkan dalam javascript, frame, atau embed.

Sebelum instalasi Sucuri, lakukan dua hal ini:

Tentu saja, kamu tidak perlu tergesa-gesa memasang Sucuri untuk menjamin keamanan situs WordPress. Dua hal berikut ini bahkan bisa dicoba untuk mengatasi trafik website yang buruk atau terganggu, yaitu

  1. Mengunci alamat IP

Pertama, cobalah melakukan penguncian pada alamat IP tertentu yang terdeteksi membahayakan keamanan website. Cara ini dapat membantu kamu memblokir dan memberi batasan akses untuk pengunjung tertentu. Dengan begitu, seluruh trafik kunjungan bisa terpantau dengan baik. Namun demikian, perlu diingat bahwa mengunci alamat IP secara manual juga berpengaruh pada kinerja website. Hal ini dikarenakan proses pemindaian IP berlangsung secara terus menerus atau berkelanjutan.

2. Memblokir geografis

Selain mengunci alamat IP tertentu, kamu juga bisa memblokir lalu lintas kunjungan dari wilayah geografis tertentu. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah serangan malware maupun hacker dari kunjungan trafik luar negeri. Melalui pemblokiran geografis ini, kamu berarti memberikan proteksi lebih untuk situs website dan hosting yang digunakan.

Baca Juga: Cara Mengetahui dan Menyembunyikan IP Address

Dengan memahami serba-serbi Sucuri secara mendalam, kini kamu bisa mempertimbangkan penggunaan plugin keamanan WordPress yang satu ini. Jangan lupa, selalu percayakan cloud hosting situs WordPress bersama Dewaweb yang terbukti cepat dan aman dari serangan malware dan hacker. Pilih sendiri berbagai paket web hosting sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari paket personal, corporates, e-commerce, maupun developers.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia