dewaweb-blog-cara-mengetahui-dan-menyembunyikan-ip-address

Artikel ini akan menjelaskan apa itu IP Address dan bagaimana cara mengetahui alamatnya sekaligus sekaligus cara menyembunyikan IP Address. Artikel ini merupakan sebuah panduan lengkap namun singkat. Mari baca lebih lanjut!

Apa itu IP Address?

Alamat IP adalah alamat Internet Protocol yang fungsinya menghubungkan komputer atau router jaringan Anda dengan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan. Bagaimana cara kerjanya? Setiap kali Anda menjadi web visitor sebuah website maupun server lain di internet, alamat IP Anda inilah yang akan dimasukkan ke dalam file log atau disimpan di server itu. Jadi, Anda pastinya meninggalkan jejak akses log aktivitas internet Anda dengan adanya IP Address.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apa alamat IP Anda? Coba ikuti panduan berikut ini!

Cara Mengetahui IP Address di Semua Perangkat

Command Prompt bagi Windows 2000/XP/Vista

Anda dapat menuju ke Start Menu pada Windows Anda lalu klik Run. Setelah itu, Anda ketik cmd /k ipconfig /all. Alamat IP Anda nantinya bakal muncul pada sebuah jendela setelah beberapa detik lamanya.

Command (Perintah) bagi Linux
Jika Anda pengguna Linux, Anda bisa mencari alamat IP dengan cara mengetik ifconfig sebagai pengguna root-nya. Sebenarnya ada alternatifnya, yaitu Anda bisa mengetik /sbin/ifconfig pada console sebagai pengguna yang biasa.

Cara Mencari Public IP Address

Cara yang paling mudah supaya Anda bisa melihat alamat IP publik Anda adalah dengan membuka whatismyip . Lalu, bagaimana langkah selanjutnya? Anda tinggal klik pada link itu agar bisa melihat public IP address Anda.

Nah kalau Anda coba di website lain dan hasilnya berbeda, tidak perlu bingung. Beberapa website memang bisa saja menampilkan IP address yang berbeda-beda. Perintah ipconfig kadang-kadang juga menampilkan alamat IP yang beda dengan apa yang muncul pada website semacam whatismyip. Kalau hal sperti ini terjadi, ada dua kemungkinan. Pertama, Anda tidak memeriksa jaringan interface dengan tepat/benar, atau bisa saja mungkin Anda memang terdeteksi punya IP address lebih dari satu. Kok bisa? Ya ini terjadi mungkin dari koneksi modem atau Wi-Fi yang Anda gunakan dalam mengakses internet. Gunakanlah command ipconfig /all supaya bisa menampilkan semua interface jaringannya.

Perlu dicatat bahwa whatismyip cuma bisa melihat alamat internet router Anda, sementara ipconfig cuma bisa melihat alamat komputer Anda.

Cara Menyembunyikan IP Address

Jika Anda menyembunyikan IP Address Anda, server atau website jadinya tidak akan bisa melacak lokasi Anda maupun identitas Anda. Mengapa? Karena sudah disembunyikan dari jaringan internet.

Anda pastinya sudah mengetahui kalau dunia Internet penuh dengan scammer, spammer dan hacker. Para pelaku cyber crime ini bisa dengan mudah melacak apa saja aktivitas online Anda dan mencuri data pribadi Anda dengan menerobos keamanan sistem di perangkat Anda.

Selain itu, penyedia jasa layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) juga bisa saja melacak dan mengawasi aktivitas online yang Anda lakukan, memantau dan juga menyimpan semuanya. Untuk apa mereka melakukannya? Tentunya bagi kepentingan mereka sendiri, yang tujuannya tentunya bersifat komersil.

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk menyembunyikan IP Adress Anda. Simak penjelasannya ya!

Cara untuk Menyembunyikan Alamat IP di Windows PC

  1. Proxy Server yang Berbasis Web
    Web proxy bisa menjadi solusi yang paling baik dan paling mudah agar Anda bisa menyembunyikan IP address Anda. Ada banyak sebenarnya situs web proxy yang bisa digunakan. Anda tinggal menuju ke website itu, lalu lakukanlah penelusuran apa pun yang Anda inginkan seperti biasanya. Lewat web proxy, Anda jadi bisa menyembunyikan IP Address asli Anda dan Anda bebas surfing di internet lewat server mereka.Ada banyak situs berbasis web proxy yaitu HideMyAss, kproxy, Proxify, anonymous dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa coba sendiri dan tentukan yang mana yang lebih Anda suka untuk rutin digunakan.2. Gunakanlah Ekstensi VPN & Software Serupa
    VPN (Virtual Private Network) ini merupakan metode yang lain supaya Anda bisa menyembunyikan IP Address Anda. Senadainya Anda sedang di kantor atau kampus, Anda bisa buat new VPN semacam Ultra Surf. Ini adalah ekstensi VPN terbaik yang bisa Anda pakai di browser Mozilla atau juga di Chrome. Bagaimana cara pakainya? Tinggal install ekstensi di browser Anda lalu tool itu sudah dapat menyembunyikan IP address atau mengubah lokasi Anda agar Anda bisa surfing secara anonim di internet. Metode satu ini sebenarnya juga bisa membantu Anda untuk membuka website-website yang diblokir oleh kantor atau kampus Anda.3. Gunakanlah Software IP Address Hide
    Cara simple yang lainnya adalah dengan menggunakan IP Address Hide software. Anda bisa cari-cari di Google. Ada banyak sekali software bagus di internet yang bisa menolong Anda untuk dapat menyembunyikan IP address Anda.Software yang satu ini bisa sembunyikan IP address Anda secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu ribet setting sana-sini, hanya download saja dan install di PC/Laptop. Selanjutnya Anda langsung bisa dengan aman surfing anonim di web. Software yang ini benar-benar bisa sembunyikan IP address dari web dan tidak ada yang bisa melacak lokasi Anda atau mengawasi Anda ketika beraktivtas online.4. Gantilah IP Address Anda Secara Manual
    Nah, terakhir, Anda juga bisa mengubah alamat IP Anda secara manual di browser Anda dan browsing di internet secara anonim. Ada banyak website sebenarnya yang menyediakan proxy dengan pembaharuan terkini, Anda tinggal pilih saja salah satu dari mereka dan ubah pengaturan dari browser Anda.

Cara Ganti IP Address di Mozilla Firefox

  1. Bukalah Mozilla Firefox Anda seperti biasa
  2. Klik Tools, kemudian klik Options
  3. Klik New Tab lalu klik Advanced lalu klik Network lalu klik Settings
  4. Klik Manually Proxy Configuration lalu tuju HTTP proxy dan Port
  5. Pada kata “Use this proxy for all protocols” harus dicentang.
  6. Terakhir, klik OK dan proxy Anda akan bisa langsung bekerja.

Cara Ganti IP Address Di Google Chrome

  1. Buka Google Chrome Anda seperti biasa
  2. Pada sudut kanan atas, coba klik tombol Settings, lalu klikSettings
  3. Anda bisa melihat new window, arahkan kursor ke bawah dan klik yang bertulisan “Show Advanced settings”
  4. Di bagian Network cari yang bertulisan “change proxy settings”
  5. Lalu Anda akan melihat window dengan judul “Internet Properties”, lalu coba klik tab Connections.
  6. Setelah langkah di atas sekarang Anda bisa melihat pilihan pengaturan untuk koneksi Dial up dan pengaturan lainnya yaitu LAN
  7. Kalau Anda memakai koneksi dial up, coba klik pilihan settings di sisi kanan. Namun, kalau Anda menggunakan koneksi LAN klik pada LAN settings
  8. Di bagian proxy server >> Centang pada “use this proxy for LAN/Dial up connection”
  9. Tambahkanlah alamat Proxy dan Port Anda
  10. Centang pada “Bypass proxy server for local addresses”
  11. Terakhir, klik tombol save maka proxy Anda sudah dapat digunakan

Simpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda jadi tahu caranya untuk mendapat IP Address dan menyembunyikannya bagi keperluan Anda. Baca juga artikel menarik dari kami yang lainnya, soal internet positif di Indonesia dan ketahui bagaimana cara mengatasi http error . Sebagai provider hosting murah dan vps murah yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online. Jadi, mampirlah ke blog kami dan temukan berbagai tulisan menarik dari kami terkait pengembangan bisnis. Atau, subscribe dan dapatkan e-book gratis kami soal cara menghasilkan uang dari internet. Selamat membaca!

Cloud Server Terbaik di Indonesia
Cloud Hosting Terbaik di Indonesia