Cara Menyembunyikan IP Address di Perangkat dengan Mudah

Cara Menyembunyikan IP Address di Perangkat dengan Mudah

Setiap perangkat yang terhubung ke internet tentu mendapatkan IP address untuk berkomunikasi dengan situs web dan perangkat lainnya. Tahukah kamu, alamat IP ternyata bisa dimanfaatkan untuk melacak aktivitas dan mengetahui lokasi kamu berada? Untuk itu, cara menyembunyikan identitas seperti IP address adalah langkah yang tepat untuk menjaga privasi dan keamanan.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu IP Address dan bagaimana cara menyembunyikan alamat IP kamu untuk tujuan keamanan di dunia online. Artikel ini merupakan sebuah panduan lengkap untuk bisa kamu terapkan. Mari baca lebih lanjut!

Baca Juga: Cara Cek IP Address di Laptop & HP [Update 2022]

Apa itu IP Address?

Sebelum masuk ke cara menyembunyikan IP address, kamu mungkin perlu memahami pengertian alamat IP secara singkat. Pada dasarnya, alamat IP atau IP address adalah alamat Internet Protocol yang fungsinya menghubungkan komputer atau router jaringan dengan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan.

Bagaimana cara alamat IP bekerja? Setiap kali kamu menjadi web visitor sebuah website maupun server lain di internet, alamat IP kamu yang akan dimasukkan ke dalam file log atau disimpan di server itu. Jadi, kamu pastinya meninggalkan jejak akses log aktivitas internet dengan adanya IP Address.

Lalu, bagaimana cara menyembunyikan IP address? Coba ikuti panduan berikut ini!

Cara Menyembunyikan IP Address

Menyembunyikan IP address bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika kamu memutuskan untuk menyembunyikan IP Address, server atau website tidak akan bisa melacak lokasi maupun identitas kamu. Mengapa? Karena sudah disembunyikan dari jaringan internet.

Kamu pastinya sudah mengetahui kalau dunia Internet penuh dengan scammer, spammer dan hacker. Para pelaku cyber crime ini bisa dengan mudah melacak apa saja aktivitas online kamu dan mencuri data pribadi dengan menerobos keamanan sistem di perangkat.

Selain itu, penyedia jasa layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) juga bisa saja melacak dan mengawasi aktivitas online yang kamu lakukan, memantau dan juga menyimpan semuanya. Untuk apa mereka melakukannya? Tentunya bagi kepentingan mereka sendiri, yang tujuannya tentunya bersifat komersil.

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan IP Adress kamu. Simak penjelasannya ya!

Gunakan Proxy Server yang Berbasis Web

Web proxy bisa menjadi solusi yang paling baik dan paling mudah agar bisa menyembunyikan IP address. Ada banyak sebenarnya situs web proxy yang bisa digunakan. Kamu tinggal menuju ke website itu, lalu lakukanlah penelusuran apa pun yang diinginkan seperti biasanya.

Lewat web proxy, kamu bisa menyembunyikan IP Address asli dan bebas surfing di internet lewat server mereka. Ada banyak situs berbasis web proxy yaitu HideMyAss, kproxy, Proxify, anonymous dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa coba sendiri dan tentukan yang mana yang lebih Anda suka untuk rutin digunakan.

Gunakanlah Ekstensi VPN & Software Serupa

VPN (Virtual Private Network) ini merupakan metode yang lain supaya Anda bisa menyembunyikan IP Address kamu. Senadainya sedang di kantor atau kampus, kamu bisa membuat new VPN semacam Ultra Surf. Ini adalah ekstensi VPN terbaik yang bisa kamu pakai di browser Mozilla atau juga di Chrome.

Bagaimana cara pakainya? Tinggal install ekstensi di browser, lalu tool itu sudah dapat menyembunyikan IP address atau mengubah lokasi agar kamu bisa beraktivitas di internet secara anonim. Metode satu ini sebenarnya juga bisa membantumu untuk membuka website-website yang diblokir oleh kantor atau kampus.

Gunakanlah Software IP Address

Cara menyembunykan IP address yang lainnya adalah dengan menggunakan IP Address Hide software. Ada banyak sekali software bagus di internet yang bisa menolongmu  untuk dapat menyembunyikan IP address. Software IP Address Hide bisa sembunyikan IP address secara otomatis. Jadi, ksmu tidak perlu ribet setting sana-sini, hanya download saja dan install di PC/Laptop. Selanjutnya kamu bisa dengan aman beraktivitas anonim di web. Software yang ini benar-benar bisa sembunyikan IP address dari web dan tidak ada yang bisa melacak lokasi atau mengawasimu ketika beraktivtas online.

Ganti IP Address secara Manual

Cara selanjutnya untuk menyembunyikan IP address adalah dengan mengubah alamat IP secara manual. Betul sekali,  kamu juga bisa mengubah alamat IP secara manual di browser dan browsing di internet secara anonim. Ada banyak website sebenarnya yang menyediakan proxy dengan pembaharuan terkini, kamu bisa pilih saja salah satu dan ubah pengaturan dari browser Anda.

Cara Ganti IP Address di Mozilla Firefox

  1. Bukalah Mozilla Firefox
  2. Klik Tools, kemudian klik Options
  3. Klik New Tab lalu klik Advanced lalu klik Network lalu klik Settings
  4. Klik Manually Proxy Configuration lalu tuju HTTP proxy dan Port
  5. Pada kata “Use this proxy for all protocols” harus dicentang.
  6. Terakhir, klik OK dan proxy Anda akan bisa langsung bekerja.

Cara Ganti IP Address Di Google Chrome

  1. Buka Google Chrome
  2. Pada sudut kanan atas, coba klik tombol Settings, lalu klik Settings
  3. Anda bisa melihat new window, arahkan kursor ke bawah dan klik yang bertulisan “Show Advanced settings”
  4. Di bagian Network cari yang bertulisan “change proxy settings”
  5. Lalu Anda akan melihat window dengan judul “Internet Properties”, lalu coba klik tab Connections.
  6. Setelah langkah di atas sekarang Anda bisa melihat pilihan pengaturan untuk koneksi Dial up dan pengaturan lainnya yaitu LAN
  7. Kalau Anda memakai koneksi dial up, coba klik pilihan settings di sisi kanan. Namun, kalau Anda menggunakan koneksi LAN klik pada LAN settings
  8. Di bagian proxy server >> Centang pada “use this proxy for LAN/Dial up connection”
  9. Tambahkanlah alamat Proxy dan Port Anda
  10. Centang pada “Bypass proxy server for local addresses”
  11. Terakhir, klik tombol save maka proxy Anda sudah dapat digunakan

Cara Mengetahui IP Address di Semua Perangkat

Command Prompt bagi Windows 2000/XP/Vista

Kamu dapat menuju ke Start Menu pada Windows lalu klik Run. Setelah itu, ketik cmd /k ipconfig /all. Alamat IP kamu nantinya bakal muncul pada sebuah jendela setelah beberapa detik lamanya.

Command (Perintah) bagi Linux

Jika pengguna Linux, kamu bisa mencari alamat IP dengan cara mengetik ifconfig sebagai pengguna root-nya. Sebenarnya ada alternatifnya, yaitu kamu bisa mengetik /sbin/ifconfig pada console sebagai pengguna yang biasa.

Cara Mencari Public IP Address

Cara yang paling mudah supaya kamu bisa melihat alamat IP publik adalah dengan membuka whatismyip. Lalu, tinggal klik pada link itu agar bisa melihat public IP address kamu.

Nah kalau dicoba di website lain dan hasilnya berbeda, tidak perlu bingung. Beberapa website memang bisa saja menampilkan IP address yang berbeda-beda. Perintah ipconfig kadang-kadang juga menampilkan alamat IP yang beda dengan apa yang muncul pada website semacam whatismyip.

Kalau hal sperti ini terjadi, ada dua kemungkinan. Pertama, Anda tidak memeriksa jaringan interface dengan tepat/benar, atau bisa saja mungkin Anda memang terdeteksi punya IP address lebih dari satu. Kok bisa? Ya ini terjadi mungkin dari koneksi modem atau Wi-Fi yang Anda gunakan dalam mengakses internet. Gunakanlah command ipconfig /all supaya bisa menampilkan semua interface jaringannya.

Perlu dicatat bahwa whatismyip cuma bisa melihat alamat internet router kamu, sementara ipconfig cuma bisa melihat alamat komputer kamu.

Sudah Tahu Cara Menyembunyikan IP Address?

Dengan membaca artikel ini, kamu jadi tahu cara menyembunyikan IP address untuk kepentingan keamanan privasi. Di artikel ini juga kamu sudah mengetahui cara melihat alamat IP publik. Semoga artikel ini membantumu ya! Baca juga artikel menarik dari kami yang lainnya, soal internet positif di Indonesia dan ketahui bagaimana cara mengatasi http error.

Sebagai provider hosting murah dan vps murah yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskanmu secara online. Jadi, mampirlah ke blog kami dan temukan berbagai tulisan menarik dari kami terkait pengembangan bisnis. Selamat membaca!