Mengenal Email Hosting dan Apa Bedanya dengan Web Hosting?

Mengenal Email Hosting dan Apa Bedanya dengan Web Hosting?

Tahukah kamu apa itu email hosting? Ketika menggunakan layanan email gratis, kamu mungkin sering mengalami kendala seperti kapasitas penyimpanan yang terbatas dan kurangnya keamanan.

Buruknya, keterbatasan tersebut dapat merugikan bisnis dan menciptakan kesan kurang profesional, lho! Terlebih di era bisnis modern seperti sekarang, di mana citra perusahaan harus dijaga demi keberlangsungan online.

Nah, salah satu cara untuk menangani masalah ini adalah dengan menggunakan email hosting. Menurut BigRock, selain memudahkan komunikasi di jaringan profesional, layanan ini juga dapat memudahkan siapa pun mengenali bisnismu sehingga kredibilitas dan kesadaran merek meningkat.

Mulai tertarik dan ingin mengenal layanan ini lebih jauh? Yuk, pelajari apa saja manfaat email hosting dan bedanya dengan web hosting.

Apa Itu Email Hosting?

Email hosting adalah layanan yang memungkinkan kamu membuat email menggunakan domain sendiri. Berbeda dengan webmail gratisan seperti Google atau Yahoo, layanan ini memiliki server khusus yang terpisah dari server web hosting sehingga kapasitas penyimpanan dan keamanannya lebih unggul.

Dalam dunia bisnis, banyak perusahaan menggunakan email hosting untuk mengatur email karyawannya. Cara ini sangat berguna dalam membangun identitas yang kredibel dan profesional. Contohnya: [email protected] atau [email protected].

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Manfaat Email Hosting

Manfaat utama email hosting adalah menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar agar pengguna dapat mengelolanya secara efisien. Selain itu, layanan ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, lho!

Berikut beberapa manfaat email hosting:

1. Kredibel dan profesional

Seperti disinggung di atas, email hosting memberikan identitas bisnis yang kredibel dan profesional. Pasalnya, kebanyakan orang menganggap bahwa alamat email dengan domain, brand, atau nama perusahaan terkesan lebih serius dan dapat dipercaya.

Sebagai contoh, coba perhatikan dua email berikut:

Email kedua ‘[email protected]’ tentu terlihat lebih profesional, bukan?

2. Skalabilitas

Dari segi skalabilitas, email hosting menawarkan fitur menarik di mana kamu bisa memilih opsi peningkatan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, kamu dapat menentukan kapasitas penyimpanan dan tools kolaborasi secara mudah tanpa mengalami gangguan layanan.

3. Keamanan lebih baik

Email hosting menyediakan lapisan keamanan tambahan, termasuk enkripsi data dan perlindungan terhadap ancaman keamanan email. Ini membantu melindungi informasi sensitif dan data dari serangan siber.

Selain melindungi email yang masuk, email hosting juga bisa mengurangi kemungkinan email yang kamu kirim masuk ke folder spam. Menurut Mailmodo, dari seluruh jumlah email spam, sebanyak 36% merupakan email berisi pemasaran/iklan.

Sekarang bayangkan kamu sudah berusaha melancarkan email marketing namun justru masuk ke folder spam. Hal ini tentunya akan merugikan bisnismu. Maka dari itu, sebaiknya memilih layanan email hosting yang memiliki fitur SPamExperts.

Hosting Dewaweb sudah dilengkapi fitur SpamExperts yang untuk memastikan email yang kamu terima bebas dari ancaman virus, spam, malware, dan email phishing. Semua pesan yang akan kamu kirim juga dijamin akan masuk ke Inbox penerima, bukan ke folder junk/spam.

Baca Juga: Mengenal SpamExperts, Fungsi & Manfaatnya untuk Email Marketing

4. Kapasitas penyimpanan lebih besar

Dibandingkan layanan email gratis yang memiliki batasan tertentu, email hosting umumnya hadir dengan kapasitas penyimpanan lebih besar. Hal ini memungkinkan kamu lebih leluasa untuk menyimpan dan mengelola email tanpa khawatir tentang masalah ruang penyimpanan. Penyimpanan email hosting sangat beragam seperti 25 GB, 50 GB, hingga ratusan gigabyte.

5. Backup email

Fitur backup sebenarnya bisa ditemui di hampir semua layanan email, termasuk yang gratisan. Tetapi, kapasitas backup-nya jelas berbeda di mana webmail gratis memiliki batasan tertentu, sedangkan hosting lebih besar. Selain itu, email hosting umumnya dibekali fitur backup otomatis sehingga proses pencadangan dan pemulihan data lebih efisien.

6. Fleksibilitas pengaturan akun

Dalam hal fleksibilitas, email hosting menawarkan kendali penuh atas pengaturan akun email. Layanan ini memungkinkan kamu mengelola semua akun dengan mudah dari satu tempat, termasuk filter, informasi akun, hingga pengelolaan kotak masuk. Fleksibilitas inilah yang tidak bisa kamu temukan pada layanan email gratis.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pesan siaran atau broadcast. Artinya, kamu bisa mengirimkan email (blast email) ke banyak penerima sekaligus dalam satu waktu.

Apa Bedanya Email Hosting dengan Web Hosting?

Meskipun berkaitan erat dengan website, ternyata email hosting dan web hosting merupakan dua layanan yang berbeda, lho! Sederhananya, web hosting adalah layanan penyimpanan dan pengelolaan data website, sedangkan email hosting difokuskan untuk manajemen email.

Apakah email dan web hosting bisa digunakan sekaligus? Tentu saja bisa. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan keduanya secara bersamaan berarti sama seperti mengelola dua hosting yang berbeda. Ini cukup merepotkan karena kamu harus mengeluarkan effort lebih jika ingin semuanya berjalan lancar.

Untungnya layanan hosting Dewaweb sudah mendukung email service di semua paket hosting yang ditawarkan. Artinya, kamu dapat dengan mudah mengelola data website dan email bersamaan dari satu dashboard. Menyenangkan dan memudahkan sekali, ‘kan?

Dapatkan Email dan Web Hosting Sekaligus di Dewaweb!

Sekarang kamu sudah tahu apa itu email hosting beserta manfaat dan perbedaannya dengan web hosting. Sederhananya, email hosting adalah layanan yang berfokus pada pengelolaan email di mana servernya terpisah dari web hosting.

Terlepas dari itu, tidak perlu repot-repot mencari dua penyedia layanan terpisah. Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan beli hosting Dewaweb berarti kamu bisa menikmati layanan email dan web hosting secara bersamaan.

Semua paket hosting di Dewaweb memiliki unlimited email account. Jadi, kamu bisa membuat akun email dengan jumlah tak terbatas selama ruang penyimpanan masih tersedia.

Lalu, berapa kapasitas email service di Dewaweb?

Storage email sepenuhnya mengikuti disk storage web hosting. Artinya, semakin besar penyimpanan pada paket yang kamu pilih, maka storage email pun jadi lebih fleksibel saat mengelola penyimpanan hosting-nya. Menarik bukan?

Selain itu, hosting Dewaweb adalah solusi email service andal karena mampu menangani volume email besar dengan cepat dan efisien. Layanan kami memungkinkan kamu untuk mengirimkan ratusan hingga ribuan email dalam sejam, tergantung paket yang dibeli.

  • Scout – 100 email/jam
  • Hunter – 200 email/jam
  • Warrior – 300 email/jam
  • Guardian – 500 email/jam
  • Crusader – 1.000 email/jam
  • Paladin – 1.500 email/jam
  • Oracle – 2.000 email/jam

Tunggu apalagi? Yuk, segera beli hosting Dewaweb untuk menikmati kemudahan pengelolaan email dan web hosting sekaligus. Jika belum tahu caranya, silakan baca Cara Membeli Domain dan Hosting untuk Pemula. Semoga bermanfaat, ya!