Bagaimana Cara Mencegah Serangan Kejahatan Cyber

Bagaimana Cara Mencegah Serangan Kejahatan Cyber

Menurut sebuah survei yang dilakukan pada 2013 lalu oleh Small Business Technology, sebanyak 845 pemilik usaha kecil dan menengah dari berbagai jenis industri di Amerika Serikat menderita kerugian sekitar $8700 (sekitar 950 juta rupiah) dalam setahun akibat serangan-serangan kejahatan internet (kejahatan cyber).

Untuk melindungi diri Anda dan juga untuk mencegah kerugian-kerugian yang tidak diinginkan pada bisnis Anda (dan juga kepusingan yang mungkin menyertai serangan-serangan kejahatan cyber tersebut), ikutilah 5 saran Dewaweb berikut ini:

Update Setiap Perangkat PC dan Laptop

Salah satu cara paling sederhana (dan juga termasuk yang paling efektif) dalam mencegah hacker-hacker dan para kriminil cyber lainnya dalam melakukan hacking dan mencuri informasi sensitif milik Anda adalah dengan tetap menjaga setiap komputer (PC dan Laptop serta perangkat gadget milik Anda lainnya) agar tetap ter-up-to-date.

Vendor-vendor PC dan Laptop serta perangkat gadget milik Anda akan secara berkala mengeluarkan update-update untuk perangkat Anda.  Seringkali update-update ini memang ditujukan untuk menutup celah keamanan yang mungkin ada pada perangkat milik Anda tersebut.

Agar supaya Anda bisa mencegah para penjahat cyber dalam mencuri informasi sensitif milik Anda, selalu ikuti rekomendasi update yang diberikan oleh para vendor perangkat milik Anda tersebut.  Tak lupa Anda juga harus senantiasa melakukan update terhadap browser dan plugin-plugin lain yang mungkin Anda gunakan juga.

Baca juga: Lynus Security Scan dan Audit di VPS Linux

Pastikan Password Aman dan Terenkripsi

Saat ini ada begitu banyak situs online yang akan menyimpan informasi pribadi Anda (email, berbagai situs sosial media, situs-situs toko online yang mungkin meminta Anda untuk mendaftar sebagai membernya, dll).

Oleh karena itu, amatlah penting bagi kita semua untuk melindungi informasi-informasi penting tersebut terutama sekali dengan cara menggunakan password yang baik dan kuat.

Bacalah artikel kami mengenai bagaimana caranya membuat password yang kuat.

Beri Pengetahuan IT Cyber Kepada Staff

Dalam suatu artikel yang dituliskan di majalah Forbes mengenai serangan-serangan cyber terhadap usaha kecil dan menengah, George Westerman menulis demikian, “keamanan internet bukanlah hanya masalah teknologi belaka; ini juga merupakan masalah masyarakat. Menurut CyberFactors, dilaporkan bahwa para pegawai kantor adalah orang-orang yang menerobos keamanan perusahaan sebanyak 40%.

Beberapa diantara nya adalah para pegawai yang mungkin merasa kesal terhadap perusahaan atau bahkan sudah berstatuskan ex-pegawai; beberapa lainnya adalah para pelaku kejahatan yang amat serius.  Namun seringkali yang terjadi adalah orang-orang melakukan hal-hal yang tidak mereka sadari bahwa apa yang sedang mereka lakukan tersebut sebenarnya tidaklah aman.”

Baca juga: iThemes Security: Plugin Keamanan Website Dari WordPress

Menurut artikel tersebut, Westerman merekomendasikan beberapa hal berikut untuk mencegah terjadinya kejahatan cyber untuk menyerang bisnis Anda:

  1. Berikan pelatihan kepada para staff Anda mengenai resiko-resiko IT.
  2. Buatlah kebijakan-kebijakan perusahaan yang sederhana dan jelas mengenai penggunaan teknologi.
  3. Tempatkanlah seseorang secara khusus yang menangani bidang keamanan.

Install Antivirus

Software antivirus digunakan untuk mencegah, mendeteksi dan menghilangkan berbagai malware seperti: virus komputer, hijackers, ransomware, keyloggers, backdoors, rootkits, trojan horse, worms, malicious LSPs, dialers, fraudtools, adware dan spyware.

Sebagai seorang pemilik bisnis, adalah amat krusial bagi Anda untuk melakukan investasi pada sebuah software antivirus untuk digunakan di berbagai komputer perusahaan Anda.  Software antivirus wajib adanya terkhusus bagi komputer yang menyimpan informasi sensitif milik customer-customer Anda.

Baca juga: Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula

Bayar Konsultan IT Security

Cara lainnya dimana Anda bisa mencegah para kriminil cyber atau para hacker untuk menyerang bisnis Anda adalah dengan memiliki seorang konsultan keamanan IT untuk melakukan evaluasi mengenai seberapa amannya bisnis Anda.

Para spesialis keamanan ini bisa melakukan pemeriksaan keamanan untuk Anda, memberitahu Anda dimana letak titik-titik lemah keamanan Anda, dan membuat rekomendasi-rekomendasi tentang bagaimana hal-hal tersebut bisa diperbaiki.

Sebagaimana semakin hari semakin banyak hacker-hacker yang terus menerus mencari-cari cara untuk mendapatkan akses ke data pribadi dan mencuri informasi sensitif dari berbagai bisnis, semakin banyak pula perusahaan-perusahaan yang menyewa konsultan keamanan IT.

Menyewa white-hat hackers (orang-orang yang tahu bagaimana caranya hacking, namun menggunakan kemampuannya untuk menolong bisnis-bisnis menjadi lebih aman) untuk membantu meningkatkan infrastruktur keamanan.

Baca juga: Bagaimana mengecek status ISO 27001 dari PT Dewaweb?

Selalu Update Mengenai Keamanan Cyber

Salah satu cara terbaik dimana Anda bisa melakukan pencegahan terhadap serangan cyber kadang sesederhana mendapatkan informasi terbaru.  Anda harus secara teratur mendidik diri Anda sendiri terhadap berbagai topik keamanan cyber sebagaimana mereka berkaitan dengan bisnis Anda.

Dengan demikian Anda bisa secara terus menerus bekerja untuk senantiasa meningkatkan keamanan Anda seperti juga yang sudah dilakukan oleh bisnis-bisnis lain yang juga menghadapi permasalahan yang serupa dengan Anda.

Anda bisa selalu dapatkan informasi terbaru dengan membaca blog-blog tentang usaha kecil dan menengah, melihat-lihat artikel tentang para penjahat cyber dan bagaimana mereka bekerja, dan men-download laporan-laporan berkala yang memberikan informasi data up-to-date mengenai serangan-serangan cyber.

Baca juga: Loading website saya terasa lambat, pemakaian CPU dan RAM juga tinggi.

KESIMPULAN

Sebagaimana sudah disebutkan di bagian awal artikel ini, usaha kecil dan menengah bisa menderita kerugian bahkan hingga $8700 akibat serangan kejahatan cyber.  Sebagai pemilik bisnis, adalah merupakan tugas Anda untuk secara proaktif melakukan tindakan pencegahan terhadap serangan-serangan cyber ini.  Anda bisa memulai hal ini dengan mengikuti berbagai rekomendasi yang sudah disebutkan diatas tadi.

Masukan?  Kritik dan saran?  Berikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ini ya!