Cara Memasang SSL di cPanel bagi Pemula

Cara Memasang SSL di cPanel bagi Pemula

Untuk mengamankan website kamu dari serangan siber, kamu wajib tahu cara instal SSL di cPanel. Hanya beberapa langkah mudah, kok!

Sebab, perlu diketahui bahwa keberadaan SSL untuk website adalah hal yang penting. Berdasarkan data dari Fundera, setidaknya 43% serangan siber menargetkan bisnis-bisnis kecil. Ternyata, 47 persen pemilik website dari bisnis kecil tidak memahami cara menghindari serangan ini.

Berikut ini Dewaweb sudah rangkum cara mudah untuk memasang sertifikat SSL yang bisa kamu lakukan di control panel untuk melindungi website-mu.

Baca Juga: Panduan cPanel untuk Pemula

Apa Itu SSL?

Secure Socket Layer atau SSL adalah “sertifikat” yang digunakan untuk melakukan pemindaian (scanning) terhadap berbagai data di website-mu dan mengenkripsi transaksi data.

Artinya, ketika seorang pengunjung memasuki website-mu, koneksi mereka terenkripsi, baik dari penerima data (receiver) dan dari server.

Biasanya, website yang bersertifikat SSL ditandai dengan “HTTPS” yang berarti “secure” atau aman.

Lantas, SSL ini untuk apa? Tentu saja untuk mengamankan website kamu sehingga terhindar dari kejahatan siber dan tidak mengandung malware ketika diakses pengunjung.

Salah satu penyedia sertifikat SSL yang diandalkan oleh Dewaweb adalah Let’s Encrypt.

Di Let’s Encrypt, kamu bisa mendapatkan perlindungan enkripsi level standar. Tapi tenang, kamu tetap bisa melakukan upgrade sertifikat SSL di Dewaweb.

Baca Juga: Google Sangat Menyukai Website yang Menggunakan HTTPS atau SSL

Bagaimana Cara Kerja SSL?

Adapun cara kerja SSL dalam mengamankan data website adalah dengan metode end-to-end encryption atau enkripsi ujung-ke-ujung.

Dengan begitu, tidak akan ada komputer atau pihak ketiga yang dapat membaca informasi yang sedang ditransfer karena sudah diacak oleh SSL.

Cara kerja SSL menggunakan kombinasi public key dan private key sebagai enkripsi dan dekripsi proses transportasi data.

Public key berguna untuk mengacak atau mengenkripsi data yang akan dikirim. Private key berguna untuk mendekripsi atau mengembalikan data yang telah diacak menjadi format yang dapat dibaca kembali oleh pengguna.

Baca Juga: Masalah SSL Error pada Website dan Cara Mengatasinya

Cara Instal SSL di cPanel

Sebelum mempelajari cara memasang sertifikat SSL di cPanel, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Mempunyai akses ke akun cPanel dan pastikan kamu sudah login ke dashboard cPanel.
  • Website yang ingin dipasangkan sertifikat SSL sudah aktif.
  • Sebaiknya kamu belum menginstal aplikasi website apapun sebelum menginstal sertifikat SSL.

Sebelum dipasangkan SSL, mungkin tampilan website-mu terlihat seperti gambar di bawah:

 

not secured website the connection is not private

Nah, berikut Dewaweb akan menampilkan cara pasang SSL di cPanel menggunakan website “cikenblekpaper.com“. Langsung simak, ya!

1. Di dashboard cPanel, klik “Lets Encrypt SSL” di section Security atau cari “Lets Encrypt” di kolom Search.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel search

2. Klik “+Issue” untuk membuat sertifikat SSL seperti pada gambar berikut.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel issue

3. Beri tanda centang untuk semua domain terkait yang ingin dipasangkan sertifikat SSL. Biasanya, domain yang direkomendasikan sudah mendapat tanda centang. Pilih “dns-01” sebagai metode validasi SSL, lalu klik “Issue”.

cara memasang sertifikat ssl di cpanel issue certificate

4. Pemasangan selesai.

let's encrypt ssl certificate installed

5. Cek hasil instalasi sertifikat SSL di SSLLabs.com. Kamu tahu nggak, semua sertifikat SSL yang diinstal di server Dewaweb dijamin mendapat grade A hingga A+ lho!
cara memasang sertifikat ssl di cpanel grade aplus

6. Jika kamu mengalami kendala saat pemasangan sertifikat SSL atau ingin melakukan upgrade sertifikat SSL, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah atau hubungi Ninja Support 24/7 Dewaweb, ya!

Saat ini sertifikat SSL sudah terpasang di website-mu, tapi jika ingin meyakinkan para pengunjung website dan menghilangkan tanda “Not Secure” di search bar web browser Google Chrome, kamu dapat mengubah “HTTP” menjadi “HTTPS”. Ikuti langkah di bawah ini.

1. Di menu bar sebelah kiri, arahkan kursor ke “Settings”, lalu klik “General”.wordpress settings general

2. Di halaman General Settings, ubah WordPress Address dan Site Address dari “http” menjadi “https”.general settings http to https

3. Kemudian, klik “Save Changes” di bagian bawah halaman General Settings. Selesai!

Baca Juga: Tutorial Cara Redirect HTTP ke HTTPS untuk Website

Simpulan

Bagaimana, ternyata cara instal sertifikat SSL di cPanel tidak begitu sulit, ‘kan? Pemasangan SSL adalah langkah penting yang wajib kamu lakukan mengingat berhubungan langsung dengan keamanan website.

Masalah keamanan website memang tidak boleh disepelekan sehingga sebaiknya kamu menggunakan layanan web hosting yang sudah bersertifikasi keamanan internasional seperti Dewaweb.

Tak hanya keamanan, kecepatan website juga harus menjadi perhatian. Jadi, pastikan kamu memilih dan menggunakan cloud hosting yang sudah dijamin cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb.

Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!