cara memasang sertifikat ssl di cpanel featured image

Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel bagi Pemula

Ketika mempunyai website, terlebih untuk berbisnis, keamanan adalah faktor penting yang wajib dipertimbangkan. Berdasarkan data dari Fundera, setidaknya 43% serangan siber (cyber attack) menargetkan bisnis-bisnis kecil. Tidak heran, penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa 47% pemilik website dari bisnis kecil tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghindari serangan ini. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara memasang sertifikat SSL di cPanel dari artikel berikut sebagai langkah awal menjaga keamanan website-mu dari serangan siber.

Apa Itu SSL dan Mengapa Perlu SSL?

Secure Socket Layer atau SSL adalah “sertifikat” yang digunakan untuk melakukan pemindaian (scanning) terhadap berbagai data di website-mu dan mengenkripsi transaksi data. Artinya, ketika seorang pengunjung memasuki website-mu, koneksi mereka terenkripsi, baik di web browser yang mereka gunakan untuk menerima data dengan server host yang mengirimkan informasi kepada pengguna. Biasanya, website yang sudah menggunakan sertifikat SSL ditandai dengan “HTTPS” yang berarti “secure” atau aman.

Salah satu penyedia sertifikat SSL yang diandalkan oleh Dewaweb adalah Let’s Encrypt. Penyedia sertifikat SSL ini merupakan sebuah organisasi non-profit yang dijalankan oleh Internet Security Research Group. Di Let’s Encrypt, kamu bisa mendapatkan perlindungan enkripsi level standar. Tapi tenang, kamu tetap bisa melakukan upgrade sertifikat SSL di Dewaweb.

Cara Memasang Sertifikat SSL di cPanel

Berikut ini ada persiapan sebelum memasang sertifikat SSL dan langkah untuk cara memasang sertifikat SSL di cPanel.

Persiapan

Sebelum mempelajari cara memasang sertifikat SSL di cPanel, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Mempunyai akses ke akun cPanel dan pastikan kamu sudah login ke dashboard cPanel.

  • Website yang ingin dipasangkan sertifikat SSL sudah aktif.

  • Sebaiknya kamu belum menginstal aplikasi website apapun sebelum menginstal sertifikat SSL.

  • Last but not least, koneksi internet.

Pemasangan sertifikat SSL

cara memasang sertifikat ssl di cpanel not secure

Sebelum dipasangkan SSL, mungkin tampilan website-mu terlihat seperti gambar di atas. Berikut ini adalah cara memasang sertifikat SSL di cPanel menggunakan contoh website “cikenblekpaper.com“.

  1. Di dashboard cPanel, klik “Lets Encrypt SSL” di section Security atau cari “Lets Encrypt” di kolom Search.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel search

  2. Klik “+Issue” untuk membuat sertifikat SSL seperti pada gambar berikut.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel issue

  3. Beri tanda centang untuk semua domain terkait yang ingin dipasangkan sertifikat SSL. Biasanya, domain yang direkomendasikan sudah mendapat tanda centang. Pilih “dns-01” sebagai metode validasi SSL, lalu klik “Issue”.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel issue certificate

  4. Pemasangan selesai.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel certificate installed

  5. Cek hasil instalasi sertifikat SSL di SSLLabs.com. Kamu tahu nggak, semua sertifikat SSL yang diinstal di server Dewaweb dijamin mendapat grade A hingga A+ lho!
    cara memasang sertifikat ssl di cpanel grade aplus

  6. Jika kamu mengalami kendala saat pemasangan sertifikat SSL atau ingin melakukan upgrade sertifikat SSL, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah atau hubungi Ninja Support 24/7 Dewaweb, ya!

Saat ini sertifikat SSL sudah terpasang di website-mu, tapi jika ingin meyakinkan para pengunjung website dan menghilangkan tanda “Not Secure” di search bar web browser Google Chrome, kamu dapat mengubah “HTTP” menjadi “HTTPS”. Ikuti langkah di bawah ini.

Mengubah HTTP menjadi HTTPS

Meski website-mu sudah dijamin terenkripsi setelah melakukan cara memasang sertifikat SSL di cPanel seperti di atas, namun kamu masih perlu mengubah link “HTTP” menjadi “HTTPS”. Ada dua cara yang bisa kamu pilih, yaitu melalui .htaccess dari cPanel atau menggunakan plugin.

Melalui .htaccess

  1. Dari dashboard cPanel, klik File Manager di section Files.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 1

  2. Pilih public_html, lalu klik kanan pada .htaccess dan klik “Edit”, lalu saat sebuah popup muncul, pilih “Edit” di bagian bawah popup. Namun, jika kamu tidak menemukan “.htaccess”, klik “Settings” di kanan atas seperti pada gambar, lalu beri tanda centang pada “Show Hidden Files (dotfiles)”.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 2

  3. Salin kode berikut, lalu tempelkan di halaman HTML website-mu.

    RewriteEngine On
    
    RewriteCond %{HTTPS} off
    
    RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 3

  4. Setelah itu, jangan lupa klik Save Changes!

Menggunakan plugin

Cara yang satu ini mengharuskan kamu menggunakan CMS WordPress dan mempunyai akses administrator agar dapat mengelola plugin. Jika kamu belum mengetahui cara menginstal CMS WordPress, pelajari caranya dari artikel “Cara Install WordPress di cPanel”. Jika sudah berhasil menginstalasi, login ke dashboard WordPress Admin dan ikuti cara berikut:

  1. Dari dashboard WP Admin, arahkan kursor ke pilihan “Plugins” di menu bar, lalu klik “Add New”.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 4

  2. Klik kolom Search lalu ketikkan “ssl” dan akan muncul berbagai plugin terkait. Kamu bisa memilih plugin manapun yang kamu inginkan, tapi di contoh ini kita akan coba menggunakan “Really Simple SSL” karena berada di rekomendasi teratas. Klik “Install Now” dan “Activate” setelah plugin selesai diinstal.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 5

  3. Setelah itu kamu akan diarahkan kembali ke dashboard dan Really Simple SSL akan mengirimkan notifikasi untuk memintamu mengonfirmasi keaktifan plugin, klik “Go ahead, activate SSL!” untuk mengaktifkan plugin sesegera mungkin.

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 6

  4. Selesai, sekarang website-mu sudah diawali dengan “HTTPS”!

    cara memasang sertifikat ssl di cpanel https 7

Tip: Jika kamu tidak memiliki kendala saat mengubah “HTTP” menjadi “HTTPS” menggunakan .htaccess, sebaiknya kamu tak perlu lagi menggunakan plugin. Sebab, penggunaan plugin dapat memengaruhi kapasitas penyimpanan di akun hosting. Terlebih, jika kamu sudah menggunakan cukup banyak plugin, hal ini tidak baik karena terlalu banyak plugin malah dapat menimbulkan risiko keamanan hingga dapat terjadi kerusakan atau eror pada website-mu.

Simpulan

Bagaimana, ternyata cara memasang sertifikat SSL di cPanel tidak sulit, ‘kan? Meski perlu memakan waktu untuk belajar, namun ini adalah langkah penting yang wajib kamu lakukan ketika mempunyai website, terlebih jika website-mu digunakan untuk berbisnis atau sebagai portofolio yang membutuhkan kredibilitas agar image-mu terlihat baik.

Selain mengamankan website dengan sertifikat SSL, kamu juga perlu memerhatikan poin penting lainnya, yaitu bagaimana cara mempercepat website. Pasalnya, selain memberikan kenyamanan bagi pengunjung, kecepatan website yang baik juga “disukai” oleh Google sehingga bisa mendapat peringkat lebih tinggi di Google SERP. Dampaknya, traffic di website-mu perlahan akan terus naik!

Namun, tak hanya keamanan dan kecepatan website, apalagi jika kamu ingin meningkatkan traffic website, pemilihan hosting pun penting untuk mengoptimalkan website-mu. Jadi, pastikan terlebih dulu, bahwa kamu sudah memilih provider hosting yang cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan. Setelah itu, maksimalkan usaha dan kreativitas yang kamu miliki untuk mempelajari bagaimana mengembangkan website-mu dengan membaca blog di Dewaweb atau menonton video langsung dari akun YouTube Dewaweb. Salam sukses online!